March 14, 2021

Etika Menggunakan ATM

March 14, 2021

Etika Menggunakan ATM

ATM adalah singkatan dari Anjungan Tunai Mandiri atau Automatic Teller Machine. Mesin ATM menjadi tempat favorit bagi para pemilik rekening bank untuk mengambil uang tunai atau transaksi lainnya. 


Salah satu masalah dalam penggunaan ATM adalah antrean. Kadang antre di mesin ATM bikin kesal, apalagi ada orang yang transaksi terlalu lama dan banyak sampai menyebabkan antrean yang panjang.

Etika Menggunakan ATM

Berikut ini etika transaksi di mesin ATM. Memang tak ada aturan tertulis dalam menggunakan ATM. Namun, karena mesin ATM adalah fasilitas bersama, dibutuhkan attitude yang baik saat menggunakannya.


1. Antre di Luar Bilik


Jika ada mesin ATM yang stand alone di dalam satu bilik, kita harus mengantre di luar karena ruangan yang hanya muat satu orang. Apalagi kalau tak berkepentingan ya memang lebih baik menunggu di luar.


2. Jarak Antrean


Beri jarak, jangan sampai terlalu rapat. Biasanya jarak antre adalah 1 meter di belakang orang yang sedang menggunakan mesin.


3. Jangan Kepo Intip Layar


Saat mengantre di depan ATM, jangan selalu ingin tahu berapa uang yang ada di layar orang yang menggunakan mesin ATM. 


Namun, memang saat ini sudah banyak mesin ATM yang menggunakan screen protector sehingga layar tak akan bisa diintip dari sisi kiri dan kanan orang lain.


4. Kalau Transaksi Banyak, Antre Lagi


Jika memang jumlah transaksi banyak. Bisa menyelesaikan dulu 2 transaksi kemudian ikut antre lagi di paling belakang. Hal ini agar tak terjadi antrean yang terlalu panjang dan tak membuat orang lain kesal.


5. Siapkan Kartu dan Nomor Tujuan Sebelum Transaksi


Hal ini harus dilakukan sejak masih di rumah. Sehingga ketika sudah di depan mesin ATM tak perlu lagi mencari-cari kartu atau nomor rekening atau nomor untuk bertransaksi. Proses pencarian ini biasanya cukup memakan waktu lho.


6. Hitung Uang, Kemudian Bergeser


Jika melakukan tarik tunai, setelah proses selesai. Maka hitung uang jangan di depan mesin ATM jika masih ada orang yang mengantre di belakang.


Itu dia etika menggunakan ATM. 


Sebagai tambahan, tips aman menggunakan ATM antara lain Ganti nomor PIN secara berkala dan Ajak Teman saat mengambil uang! Usahakan jangan sendirian, apalagi di ATM yang ada di kawasan sepi.

Sumber


Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Etika Menggunakan ATM

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *