Tidur Setelah Sahur, Sebaiknya Berapa Jam?

Tidur Setelah Sahur, Sebaiknya Berapa Jam

Ngakulah... setelah sahur untuk puasa Ramadhan, banyak dari kita tidur lagi kan? Sehabus shalat Subuh tentunya. Nah, berapa jam atau berapa lama sebaiknya tidur setelah sahur? 

Menurut ahli kesehatan, tidur seusai sahur diperlukan, agar tubuh kembali bugar saat menjalankan puasa Ramadan.

Soal berapa durasi tidur usai sahur, spesialis Neurologi Rumah Sakit Memorial Sisli di Turki, Abdullah Ozkardes, mengatakan, masalah tidur kerap terjadi pada Ramadan akibat pola dan waktu tidur sehari-hari mengalami perubahan. 

Oleh karena itu, tidurlah dua jam setelah sahur guna membuat kita lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Kalau lebih dari dua jam, berdampak buruk! Gak bagus buat kesehatan.

"Tapi, tidur lebih dari waktu itu memiliki efek negatif bagi kinerja tubuh sepanjang hari," kata Abdullah dikutip dari situs Today's Zaman.

Ozkardes juga menjelaskan, makanan dan minuman yang dikonsumsi selama Ramadan turut memengaruhi perilaku tidur kita. 

"Orang yang mengonsumsi banyak teh dan kopi saat buka puasa dan sahur memiliki perasaan lebih mudah cemas dan mengalami kesulitan untuk tidur teratur," kata dia.

Tidur Bermanfaat bagi Otak

Tidur, jelas Abdullah, bermanfaat bagi otak kita. 

Otak akan mampu bekerja dengan maksimal, asalkan kita tidur dengan waktu yang cukup. Tidak kurang dan tidak juga berlebihan.

Masing-masing orang memiliki waktu tidur yang bervariasi. Dari empat sampai 11 jam. Namun, tidur selama tujuh sampai delapan jam akan mendatangkan manfaat bagi kita. (Sumber)

Jangan Langsung Tidur Usai Sahur

Jangan langsung tidur usai sahur. Tunggu Shalat Subuh dulu! Makanya, sahurnya sekitar jam 04.00 lah, Cukup setengah jam kali buat sahur?

Menurut halodoc, langsung tidur setelah sahur dapat berdampak buruk bagi kesehatan. Hal tersebut dikarenakan makanan yang baru dimasukkan ke dalam tubuh harus dicerna terlebih dahulu. Apabila langsung tidur, sistem pencernaan yang ada menjadi tidak bekerja dengan baik.

Ketika seseorang langsung tidur setelah sahur, tubuh sedang berusaha untuk mencerna makanan yang masuk. Sehingga, kebanyakan oksigen akan berpindah ke lambung untuk memperlancar pencernaan. 

Namun, karena tubuh dalam posisi tidur, lambung menjadi tidak dapat bekerja dengan cepat. Selain itu, oksigen di dalam otak juga menjadi berkurang.

Anjuran dokter agar jangan langsung tidur setelah makan ini, termask sahur, cocok dengan hadits Nabi Muhammad Saw:

"Cairkan makanan kalian dengan berdzikir kepada Allah SWT dan salat, serta janganlah kalian langsung tidur setelah makan, karena dapat membuat hati kalian menjadi keras." (HR Abu Nu'aim dari Aisyah r.a.).

Nah, sudah jelas ya, jangan langsung tidur setelah sahur, dan kalaupun tidur, lakukan usai Subuh.

Lamanya tidur, maksimal dua jam saja tidur usai sahur. Jadi, misalnya kita tidur habis shalat Subuh, mulai jam 05.00 misalnya, maka sebaknya jam 07.00 sudah bangun. Kalau masih ngantuk? Ya... tidur lagi! He he..!


Thanks for reading Tidur Setelah Sahur, Sebaiknya Berapa Jam? | Labels: Ramadhan, Tips edit this post
0 Komentar untuk "Tidur Setelah Sahur, Sebaiknya Berapa Jam?"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top