7 Cara Agar Baterai HP Awet Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak

7 Cara Agar Baterai HP Awet Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak


BATERAI adalah komponen terpenting bagi Hand Phone (HP) atau telepon seluler (ponsel) pintar alias smartphone.

Baterai akan cepat habis jika HP terus-menerus digunakan untuk chat, telepon, main game, dan sebagainya. Membuka blog, website, aplikasi, atau terus terkoneksi ke internet juga menyerap daya baterai.

7 Cara Agar Baterai HP Awet Tahan Lama

Berikut ini beberapa cara untuk menjaga baterai HP Android atau smartphone Anda agar awet, tahan lama, dan tidak cepat rusak.

1. Isi Ulang Teratur

Menurut riset Battery University, mengisi daya HP dalam kisaran 30-80 persen, itu membuat voltase lebih rendah dan memperpanjang masa pakai.

Riset tersebut juga mengatakan, isi ulang daya meski hanya sedikit tetapi teratur, jauh lebih baik untuk baterai Li-ion ketimbang siklus pengisian penuh yang lama.

2. Jangan Isi Baterai Semalaman

Tips lain agar bateri HP tahan lama dan awet adalah sebaiknya pengguna bisa menghindari pengisian baterai secara idle seperti saat malam hari.

Mengisi daya semalaman sambil ditinggal tidur adalah kebiasaan yang sangat umum, tetapi tidak disarankan.

Pengisian daya terus menerus dari baterai penuh dalam mengurangi stabilitas dalam jangka panjang dan dapat menyebabkan kerusakan sistem.

Pengisian daya semalaman menciptakan panas berlebih yang disebabkan oleh disipasi daya yang terbuang percuma.

3. Jangan Gunakan Saat Ngecas

Tips lain agar baterai HP Anda awet dan tahan lama adalah jangan gunakan smartphone untuk main game atau nonton video ketika sedang diisi daya karena bisa mengganggu siklus pengisian daya.

4. Hindari Overcharging

Untuk menjaga umur panjang baterai smartphone Anda, salah satu kuncinya ada pada pengisian daya. 

Jangan mengisi daya ketika ponsel benar-benar kosong. Disarankan untuk mengisi data saat baterai mencapai 10 persen. Segera cabut pengisian data ketika sudah 100 persen. Hindari pengisian daya secara berlebihan (overcharging).

5. Matikan Notifikasi

Munculnyan notifikasi atau push notifications membuat HP Anda mengonsumsi baterai. Bila ingin agar baterai ponsel tetap tahan lama, Anda bisa mematikan fitur push notifications serta fitur layanan lokasi saat benar-benar tidak sedang diperlukan.

6. Tutup Aplikasi yang Tidak Dipakai

Selain membuat HP Anda cepat, tidak lelet, menutup aplikasi yang tidak digunakan juga berguna untuk membuat baterai ponsel Anda awet dan tahan lama.

Aplikasi yang bekerja secara background bisa membuat sistem dalam smartphone terus bekerja, yang berujung pada berkurangnya daya smartphone. Pengguna juga dapat mengatur agar menerima email setiap 15 menit sekali atau bahkan waktu yang lebih lama.

7. Matikan GPS

Fitur Global Positioning System (GPS) diperlukan saat pengguna mengakses layanan peta. Namun, bila sedang tidak menggunakan GPS, pengguna bisa mematikan fitur tersebut. 

Untuk lebih memaksimalkan daya tahan baterai, pengguna juga dapat mematikan Live Wallpaper.

Itu dia 7 Cara Agar Baterai HP Awet Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak. Aktivitas bisnis online dan blogging Anda pun akan lancar jika baterai HP tahan lama. (Sumber1/Sumber2).*


Thanks for reading 7 Cara Agar Baterai HP Awet Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak | Labels: Gadget, Tips edit this post
0 Komentar untuk "7 Cara Agar Baterai HP Awet Tahan Lama dan Tidak Cepat Rusak"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top