Bagaimana Tips Menjadi Blogger untuk Pemula

Judul postingan ini, "Bagaimana Tips Menjadi Blogger untuk Pemula", adalah pertanyaan seorang newbie blogger di page Facebook Blogger Indonesia. CB coba jawab di sini, meski sudah ada juga postingan tentang Tips Sukses Blogging bagi Pemula.


Blogger pemula adalah orang yang baru membuat blog, khususnya di Blogger. Hal pertama yang harus diperhatikan blogger pemula adalah "niat", motivasi, atau tujuan membuat blog atau blogging.


Umumnya, seseorang membuat blog untuk online presence (kehadiran online), personal branding, dengan berbagi (sharing) pengalaman dan pengetahuan yang dimiliki.


Semua orang punya sesuatu untuk dibagikan, minimal pengalaman. Dengan menuliskan pengalaman, dijamin postingan atau tulisan Anda unik, karena pengalaman setiap orang berbeda-beda.


Postingan pertama Anda sebagai blogger pemula bisa tentang mengapa Anda tertarik ngeblog? Apa yang menjadi motivasi Anda?


Yang jelas, apa pun motif blogging Anda, baik Anda pemula di bidang bisnis, pebisnis mapan, pekerja lepas, magang, musisi, atau siapa pun, blog dapat membantu Anda:

  1. Jadikan nama atau merek Anda terlihat
  2. Terhubung dengan orang lain dalam bisnis atau minat Anda
  3. Jangkau publik tentang masalah yang Anda sukai
  4. Ekspresi diri
  5. Beri tahu klien atau audiens tentang proyek yang Anda kerjakan
  6. Bagikan pengetahuan Anda
  7. Belajar menulis lebih baik
  8. Bagikan hidup Anda dengan orang-orang yang penting bagi Anda
  9. Terhubung dengan penggemar atau pelanggan Anda
  10. Menghasilkan uang


CB sendiri ketika mulai serius ngeblog tahun 2014 --karenanya email CB adalah cbblogger2014@gmail.com-- berkeinginan menjadi fulltime blogger, yaitu menjadikan blog sebagai sumber penghasilan.


CB termotivasi kisah-kisah blogger sukses. Ada blogger yang mengundurkan diri sebagai pegawai sebuah perusahaan besar, gaji besar, tapi ternyata bisa punya penghasilan lebih besar dari blogging.

Tips Blogging bagi Blogger Pemula

1. Niche vs General Blog


Hal terpenting dari blogging adalah menentukan fokus konten atau isi blog, apakah fokus pada niche atau general blogging. Baca deh: Niche Blog vs General Blogging.


Jika memilih niche blog, pastikan tema atau topik blog Anda adalah masalah yang Anda kuasai, sesuai dengan latar belakang pendidikan, keahlian, dan bakat-minat atau passion.


Blogger sendiri menyarankan Anda membuat blog sesuai passion


2. Memilih Nama Blog

Setelah menentukan jenis blog (niche atau general), langkah berikutnya adalah memilih nama blog yang unik, ringkas, mudah diingat, dan bagus. Anda bisa baca Cara Memilih Nama Blog.


Anda bisa memilih nama blog dari nama Anda, nama panggilan, atau sesuai niche. Pastikan nama blog Anda mudah ditulis, mudah diucapkan, ringkas, dan mudah diingat.


3. Pilih Platform Blog


Ada beberapa layanan yang menawarkan blog gratis bagi siapa saja yang menginginkannya. Layanan yang paling populer adalah WordPress.com dan Blogger.


CB sarankan Blogger. Keunggulan Blogger antara lain ia milik Google, sehingga terintegrasi dengan email Gmail, Google AdSense, dan fasilitas Google lainnya seperti Google Analytics dan Google Photo.


4. Membuat blog


Setelah menentukan niche, topik, nama, dan memilih platform blogging, saatnya Anda membuat blog. CB sudah share Cara Membuat Blog di Blogger.


Di posting itu juga ada panduan mengganti template atau desain tampilan blog Anda. Untuk template premium, Anda bisa cek di Galeri Template Blog.


Ringkasnya, berikut ini cara membuat blog di Blogger:

  1. Buka www.blogger.com/about
  2. Login menggunakan Gmail yang sudah ada atau bikin email baru
  3. Ikuti panduan berikutnya, termasuk memilih nama blog dan alamatnya (URL).

5. Belajar SEO


Jangan malas baca. Googling tentang SEO! Banyak sekali tips SEO yang bisa kita baca, pelajari, dan terapkan, termasuk Tips SEO Blog untuk Blogger Pemula.


SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin pencari. Dengan menerapkan SEO, blog Anda akan mudah diindeks Google dan mendatangkan pembaca/pengunjung.


Jangan lupa, sempatkan baca Panduan SEO dari Google. Sering kali, pengoptimalan mesin telusur (SEO) adalah tentang melakukan perubahan-perubahan kecil di beberapa bagian situs Anda. 


Di antara SEO dasar adalah mendaftarkan blog Anda ke Google. Buka juga Submit URL untuk mendaftarkan blog Anda.


SEO Blog



6. Monetisasi Blog

Menghasilkan uang dari blog adalah keinginan semua blogger. Sebagai blogger pemula, jangan pikirkan dulu monetisasi. 

Butuh proses dan waktu agar blog menghasilkan uang, khususnya dari Google AdSense. Usia blog dan jumlah postingan blog turut menentukan bisa diterima-tidaknya blog Anda oleh AdSense.

Karenanya, setelah membuat blog, fokus dulu aja ke konten. Usahakan bikin postingan setiap hari. Tulis saja pengalaman atau pengetahuan Anda. Bagikan ilmu Anda ke pembaca.

Jangan lupa, promosikan blog Anda di Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya. Anda bisa gabung dengan grup blogger di Facebook dan aktif di forum-forum seperti Quora untuk promosi blog Anda.

Konten Blog 

Blog Anda harus rutin diisi dengan postingan, baik berupa tulisan, gambar (foto), maupun video. Konten video bisa diupload langsung di Blogger, namun sebaiknya upload di Youtube dan ambil kode tempelnya untuk dimuat di blog Anda.


Usahakan konten blog Anda mudah dipindai (scannable) dan mudah dibaca (readable). Konten blog Anda, khususnya berupa teks (tulisan), haris ramah pengguna (user friendly) dan ramah mesin pencari (seo friendly).


Mengutip laman Life Hack, ada beberapa hal yang harus Anda ketahui tentang menulis di blog. Meskipun ada contoh dari setiap gaya penulisan blog yang memungkinkan di seluruh Web, ada beberapa kualitas yang cenderung dimiliki oleh penulisan blog:


1. Singkat


Membaca di layar tidak semenyenangkan membaca di atas kertas, jadi orang cenderung menghindari bagian yang sangat panjang. 


2.000 kata itu panjang untuk sebuah posting blog; 1.000 kata adalah tujuan yang cukup bagus; potongan pendek yang terdiri dari 300 kata atau lebih bisa diterima.


2. Paragraf pendek


Karena Anda harus banyak menggulir saat membaca di layar, paragraf cenderung lebih pendek sehingga keseluruhan pemikiran dapat masuk ke dalam jendela browser.


Gunakan alinea pendek, maksimal lima baris per alinea. Ini agar teks atau tulisan Anda mudah dipindai, enak dibaca, dan mudah dipahami.


3. Highlights


Poin-poin penting disoroti: Pembaca online cenderung membaca sekilas, jadi penulis web sering kali menuliskan poin-poin penting dalam huruf tebal sehingga pembacanya dapat dengan mudah memilih hal-hal penting.


4. Link


Pastikan minimal ada satu link (tautan) internal dan satu link eksternal. Blogging cenderung memanfaatkan kemampuan untuk menautkan ke pekerjaannya, baik untuk menawarkan referensi (misalnya tautan ke definisi kata atau konsep yang sulit di Wikipedia) atau untuk melanjutkan percakapan yang dimulai di tempat lain (mis. tautan ke posting di blog lain yang Anda tanggapi).


5. Bernada percakapan


Penulisan blog cenderung sedikit lebih pribadi daripada kebanyakan tulisan. Yang cenderung direspon oleh pembaca adalah suara unik penulis, kepribadian mereka yang diungkapkan melalui tulisan mereka. 


Itu berarti Anda dapat menggunakan "saya" dan "Anda", Anda dapat menggunakan bahasa gaul, Anda bahkan dapat bersumpah jika itu sesuai dengan tujuan situs Anda.


6. Update


Ketika Anda memulai blog Anda, berkomitmen untuk memposting sekali seminggu, atau setiap dua minggu sekali, dan blokir beberapa waktu di jadwal Anda untuk melakukannya. 


Untuk inspirasi atau memilih topik postingan yang sedang hangat di kalangan warganet, kita bisa intip Google Trends.


Itu dia tips menjadi blogger bagi pemula atau tips blogging bagi pemula. Baca juga: 5 Kesalahan Blogger Pemula


Good Luck and Happy Blogging!


2 Comments

Post a Comment