Bisnis Online: 5 Cara Menghasilkan Uang dari Internet bagi Pemula

Bisnis Online: 5 Cara Menghasilkan Uang dari Internet bagi Pemula

Internetan tidak hanya bermedia sosial atau nonton video. Sayang kuota! Berikut ini cara menghasilkan dari internet paling mudah bagi pemula. 

Strategi bisnis online ini pun jadi alternatif bagi pencari kerja atau yang mau wirausaha online, mencari duit sendiri lewat internet. Anda bisa bekerja di rumah. Menghasilkan uang di rumah, tanpa kantor.

5 Cara Menghasilkan Uang dari Internet bagi Pemula

Berikut ini cara mendapatkan uang dari internet. CB pilihkan lima saja bagi pemula. Daftat lengkap bagaimana "make money online" antara lain ada di Oberlo.

1. Blogging

Blogging adalah cara tertua untuk menghasilkan uang secara online di internet. Situs-situs berita pun bisa dibuat dengan platform blog.

Orang yang suka menulis cenderung memulai blog dengan fokus khusus (niche). Misalnya, blog tentang penundaan, mobil, games, dll. 

Blog dengan topik khusus (niche blog) seringkali membangun pengikut atau pembaca setia atau membangun komunitas. Ini berdampak pada trafik atau pengunjung.

Konten blog Anda bisa berisi pengalaman dan pengetahuan. Anda berbagi pengalaman dan pengetahuan sesuai bidang yang Anda kuasai. Anda juga bisa mengisi blog dengan foto dan video. 

Blog dapat dimonetisasi dengan berbagai cara. Ada beberapa cara menghasilkan uang dari blog. 

  1. Anda dapat menambahkan link afiliasi di postingan Anda. 
  2. Anda dapat memonetisasi dengan Google AdSense dengan menempatkan iklan secara strategis di situs web Anda. 
  3. Posting bersponsor dapat membantu Anda menghasilkan uang dari merek tertentu - ini populer di kalangan blogger ulasan. 
  4. Blogger juga dapat menjual produk digital atau fisik. 
  5. Anda juga dapat menggunakannya untuk membangun otoritas sehingga pada akhirnya Anda bisa diundang menjadi pembicara, trainer, tampil di televisi, atau kontrak besar dari klien.

Tidak seperti beberapa jenis situs web lainnya, Anda tidak perlu memiliki pengalaman teknis apa pun untuk memulai blog. Anda hanya perlu bersemangat tentang sesuatu.

Seluruh proses pembuatan blog sangatlah mudah dan gratis! Yang perlu Anda lakukan hanyalah memilih platform blog, mendaftarkan nama domain, lalu memilih hosting. Bisa juga menggunakan domain dan hosting gratis di Blogger atau WordPress.

2. Vlogging, Youtuber

Blogging umumnya berisi tulisan (teks). Anda harus mengisi blog dengan artikel plus gambar dan video agar ramah mesin pencari (SEO friendly).

Jika Anda "malas" menulis atau tidak tertarik berbagi pengalaman dan pengetahuan dengan tulisan, vlogging atau video blogging merupakan pilihan. Anda membuat video blog.

Namun, yang paling populer adalah vloging di Youtube. Membuat saluran (channel) Youtube dan mengisinya dengan video-video menarik. Jadilah Anda Youtuber.

Jika orang lain dapat menghasilkan uang dari YouTube, Anda juga bisa. YouTuber dengan bayaran tertinggi adalah Ryan yang berusia 7 tahun, yang mengulas mainan di saluran YouTube-nya, yang menghasilkan $ 22 juta tahun 2018. 

Penghasilan tinggi lainnya adalah Jeffree Star, yang menghasilkan lebih dari $ 18 juta di YouTube dan memiliki merek kosmetik yang menjual sekitar $ 100 juta produk setiap tahun. 

Ketenarannya di YouTube (dan Myspace) membantunya menggunakan pengaruhnya untuk menghasilkan uang secara online di luar penghasilannya di YouTube.

Saluran YouTube Anda harus fokus pada satu nice atau topik tertentu, sehingga Anda dapat membangun penonton dan subsriber yang kuat dan setia. 

Misalnya, Anda dapat membuat tutorial tata rias, streaming video game, mengulas produk, mengajarkan keterampilan, membuat video lelucon, atau apa pun yang menurut Anda akan ada pemirsanya.

Rahasia menghasilkan uang di YouTube adalah membuat konten yang diinginkan orang-orang yang mendidik atau menghibur. 

Anda dapat menggunakan judul yang cerdas untuk menarik orang agar menonton, atau Anda dapat menggunakan kata kunci yang dioptimalkan untuk penelusuran YouTube. 

Setelah Anda mencapai pencapaian 1.000 pelanggan, Anda dapat secara resmi memonetisasi saluran Anda dengan iklan YouTube.

3. Monetisasi Media Sosial

Media Sosial adalah media berbagi (sharing). Jika followers Anda banyak berkat postingan atau updata status yang menarik, maka media sosial Anda bisa berubah menjadi mesin uang. Anda bisa menghasilkan uang dari medsos.

Media sosial telah mengubah cara kita berkomunikasi di internet dan memberi setiap orang platform untuk menyuarakan pendapat mereka.

Jika Anda aktif di layanan seperti Instagram atau Twitter, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk memonetisasi keberadaan media sosial Anda.

Salah satu cara untuk melakukannya adalah dengan mempromosikan produk dan layanan perusahaan lain. 

Pesan bersponsor biasa terjadi di media sosial dan biasanya diberi tag dengan #sponsor dan #ad agar iklan dapat dikenali.

Pengiklan mencari keterlibatan dengan pengikut Anda, oleh karena itu Anda perlu memastikan produk bersponsor relevan dan kreatif dengan cara Anda mempromosikan perusahaan. Jika tidak, Anda berisiko mengasingkan pelanggan.

Pasar influencer adalah titik awal yang bagus untuk menemukan sponsor karena mereka memberi Anda akses ke ribuan perusahaan potensial, tetapi Anda juga harus mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan perusahaan secara langsung.

Anda dapat menggunakan kehadiran media sosial Anda sebagai batu loncatan untuk meluncurkan produk Anda sendiri. 

Sebagai contoh, jika Anda sering memposting tentang fitnes, Anda dapat menjual produk terkait kebugaran seperti kaos, batang protein, dan botol air. 

Yang lain memilih menggunakan media sosial untuk mempromosikan kursus online dan posting blog terbaru mereka.

Baik Anda menjual iklan di akun media sosial Anda secara langsung, atau menggunakannya sebagai platform untuk mempromosikan minat Anda yang lain, tujuannya adalah untuk membuat pengikut Anda terhibur sambil tetap menghasilkan uang.

4. Menghasilkan Uang dari Pemasaran Afiliasi

Pemasaran afiliasi (affiliate marketing) adalah salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang secara online. 

Selama bertahun-tahun, popularitasnya naik dan turun, tetapi terus terbukti menjadi cara yang stabil untuk menghasilkan uang secara online. 

Bagian terbaik tentang pemasaran afiliasi adalah Anda dapat menjadi afiliasi untuk hampir semua perusahaan, dari Amazon hingga Uber.

Pemasaran afiliasi memungkinkan Anda mencari nafkah dengan mempromosikan merek lain. Jika Anda seorang pemasar yang cerdas, Anda bisa mendapatkan komisi dari penjualan dengan mempromosikan produk ritel, perangkat lunak, aplikasi, dan lainnya. 

Meskipun mendapatkan komisi mungkin tampak kecil, perlu diingat bahwa Anda dapat menjadi afiliasi untuk beberapa merek dan menyertakan beberapa tautan afiliasi pada satu posting blog.

Jika Anda benar-benar ingin menghasilkan uang secara online dengan melakukan pemasaran afiliasi, taruhan terbaik Anda adalah fokus pada pemasaran konten. 

Dengan membangun blog dengan beberapa halaman konten berkualitas tinggi, pada dasarnya Anda membuat aset yang dapat Anda sebut milik Anda. 

Bagian terbaik tentang fokus pada pemasaran konten adalah jika program afiliasi ditutup, Anda dapat mengalihkan tautan afiliasi ke pesaing tanpa berdampak negatif pada pendapatan sampingan Anda.

5. Dropshipping

Jika menjadi pembuat konten (content creator) bukan passion Anda, karena harus menulis (blogging) atau syuting (vlogging/youtuber), maka cara kelima ini menjadi solusi.

Dropshipping menjadi salah satu cara paling populer untuk menghasilkan uang secara online, tanpa harus membuat konten, juga tanpa harus punya modal dan menyediakan barang atau membuat produk.

Menurut Google Trends, popularitas dropshipping berkembang pesat, menyoroti kelayakannya sebagai cara untuk menghasilkan uang secara online. 

Dengan kisah sukses tentang bagaimana seorang pengusaha menghasilkan $ 6.667 dalam delapan minggu atau bagaimana pemilik toko menghasilkan enam digit dengan hanya menjual satu produk, ada banyak bukti bahwa dropshipping adalah cara nyata untuk menghasilkan uang secara online.

Jika Anda tidak tahu apa itu dropshipping, dropshipping adalah model bisnis tempat Anda menjual produk ke pelanggan, tetapi pemasok menyimpan, mengemas, dan mengirimkan produk ke pelanggan atas nama Anda. 

"Pengiriman drop"  adalah bentuk bisnis ritel di mana penjual menerima pesanan pelanggan tetapi tidak menyimpan barang yang dijual dalam persediaan.

Model bisnis dropship meminta pemasok barang kirim barang ke pembeli atas nama dropshipper. Seolah-olah dropshipper lah yang menjadi penjual pertama dari produk. Padahal, dropshipper hanya memanfaatkan barang yang dimiliki pemasok.

Itu dia model bisnis online bagi pemula atau cara menghasilkan uang dari internet bagi pemula. CB sendiri fokus di blogging, plus desain template blog dan dijual di Galeri Template.

Good Luck and Happy Make Money Online!


Thanks for reading Bisnis Online: 5 Cara Menghasilkan Uang dari Internet bagi Pemula | Labels: Bisnis Online, Internet edit this post
0 Komentar untuk "Bisnis Online: 5 Cara Menghasilkan Uang dari Internet bagi Pemula"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top