Monetisasi: 10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog

 Setiap pemilik blog (blogger) atau website mengharapkan uang dari blognya. Berikut ini panduan monetisasi blog untuk pemula berupa 10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog.

Monetisasi: 10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog

Baik Anda memiliki blog atau situs web (website), e-commerce, atau aplikasi (app) baru, Anda ingin menghasilkan uang darinya. Tentunya, Anda pernah mendengar kata "monetisasi" dalam hal mendapatkan uang dari properti digital Anda.

Jika Anda bingung dengan semua pilihan monetisasi, jangan khawatir, berikut ini tips monetisasi blog dari CodeFuel berisi semua yang perlu Anda ketahui untuk memulai menjadikan blog sebagai mesin uang.

Dasar-dasar Monetisasi Blog

Apa Arti Monetisasi?

Jika Anda berada di industri pemasaran digital, kemungkinan besar Anda pernah mendengar kata monetisasi

Monetisasi adaah istilah yang mengacu pada proses menghasilkan uang dari blog, situs web, atau properti digital lainnya, termasuk kanal YouTube dan Podcast

Istilah ini tidak selalu mengacu pada penjualan produk atau layanan, tetapi memperoleh pendapatan dari situs web Anda dengan cara lain.

Sebenarnya, situs web atau aplikasi Anda bisa menjadi tempat yang tepat untuk memasarkan produk, dan ada banyak sekali strategi untuk melakukannya. Anda dapat memonetisasi aplikasi, perangkat lunak, atau ekstensi browser Anda.

Bagaimana Cara Kerja Memonetisasi Situs Web?

Jika Anda adalah penerbit atau situs non-e-niaga, Anda mungkin bertanya-tanya bagaimana cara menghasilkan uang dari situs web mereka. Properti digital Anda sangat berharga, dan ada banyak strategi untuk menghasilkan uang.

# 1. Iklan afiliasi

Afiliasi pemasaran berarti Anda dibayar untuk setiap referensi yang Anda buat ke perusahaan lain. 

Saat Anda menambahkan tautan afiliasi ke situs web Anda, Anda akan menerima komisi dari setiap orang yang mengeklik tautan afiliasi Anda. Tautan dapat membuka halaman produk atau penawaran di mana pengguna dapat membeli produk.

Anjuran dan larangan periklanan afiliasi:

  • Jelaskan di situs web Anda bahwa Anda menggunakan tautan afiliasi dan dengan siapa.
  • Rekomendasikan produk dan layanan yang relevan dengan audiens Anda.
  • Jangan terlalu banyak mempromosikan, mengacaukan situs web Anda dengan semua jenis tautan afiliasi.

# 2. PPC

PPC adalah singkatan dari Pay Per Click, dibayar tiap kali iklan diklik. Ini adalah salah satu cara paling umum untuk memonetisasi blog. 

Anda bermitra dengan jaringan periklanan yang menampilkan iklan relevan di situs web dan banner Anda dan mendapatkan bayaran setiap kali pengunjung mengekliknya.

Jaringan iklan paling populer adalah Google Adsense. Ingin tahu cara menghasilkan uang dengan Google Adsense? Lihat artikel Cara Menghasilkan Uang Dengan Google AdSense.

Jangan mulai dengan PPC jika Anda tidak memiliki cukup trafik atau blog Anda masih sepi pengunjung. Untuk AdSense, misalnya, minimal blog Anda sudah dikunjungi 250 visitor unik per hari.

Setiap jaringan memiliki persyaratan yang berbeda, dan perlu beberapa saat untuk membangun komunitas pengunjung yang cukup untuk mendapatkan penghasilan yang bagus dari PPC.

Anda dapat menjual ruang iklan sebagai cara lain untuk meningkatkan penghasilan Anda. Ini memungkinkan Anda untuk mengatur harga secara langsung dengan pengiklan, mendapatkan pembayaran keseluruhan, bukan persentase. 

Tentu saja, ini juga membutuhkan promosi ruang iklan Anda dan negosiasi dengan pengiklan. Anda dapat menjual ruang untuk berbagai jenis iklan, video, interaktif, multimedia, dan banner.

Iklan pop-up adalah cara lain untuk mendapatkan keuntungan dari iklan. Meskipun pop-up dapat terlihat mengganggu, faktanya pop-up efektif. Munculan bisa menyampaikan pesan pengiklan tepat di depan pengunjung dan itulah sebabnya keterlibatan dan rasio klik biasanya tinggi.

# 4 Posting Bersponsor

Postingan berbayar (paid post) atau artikel bersponsor dapat memberi Anda sumber pendapatan yang stabil. 

Bagaimana cara kerjanya? Anda berkolaborasi dengan bisnis untuk membuat atau menerbitkan materi promosi. Ini bisa berupa ulasan, posting bersponsor, atau fitur.

Anda dapat mempublikasikan konten di situs web Anda atau membuat konten sendiri. Jika Anda membuat konten untuk merek, Anda dapat meminta tarif yang lebih tinggi dari sekedar penerbitan.

Banyak bisnis yang memerlukan blog dengan trafik tinggi untuk content placement atau membangun backlink ke situs mereka. Blog yang banyak pengunjung akan dengan sendirinya mengundang agensi menghubungi Anda untuk posting berbayar atau backlink building.

# 5. Monetisasi pencarian

Menambahkan kotak telusur ke situs web Anda dapat memberikan sumber pendapatan tambahan. 

Setiap kali pengunjung menggunakan halaman pencarian Anda disajikan iklan yang relevan sesuai dengan kata kunci pencarian mereka. Saat Anda menggunakan kotak pencarian yang dimonetisasi, Anda mendapatkan komisi setiap kali orang tersebut melakukan pencarian.

Bagaimana Cara Kerja Memonetisasi Aplikasi?

Jika Anda mengembangkan aplikasi baru yang hebat, kemungkinan besar Anda ingin menghasilkan uang darinya. Jadi, di sinilah monetisasi membantu. Monetisasi aplikasi adalah proses menghasilkan pendapatan dari aplikasi Anda.

Karena setiap aplikasi berbeda, beberapa model monetisasi dapat berfungsi untuk satu aplikasi dan tidak untuk yang lain. 

Bagaimana Anda tahu model monetisasi mana yang cocok untuk Anda? Apakah Anda akan mengenakan biaya untuk aplikasi Anda? Jika tidak, bagaimana Anda bisa menghasilkan pendapatan darinya?

Kuncinya adalah merencanakan monetisasi sejak awal proses pengembangan. Dengan demikian, Anda dapat memastikan aplikasi Anda menghasilkan pendapatan yang terus meningkat, dan Anda membuat pengalaman pengguna tetap menyenangkan.

Strategi monetisasi aplikasi bervariasi, Anda dapat fokus pada satu atau menggabungkan beberapa. Misalnya, Anda dapat menambahkan iklan dalam aplikasi dan juga mengizinkan pembelian dalam aplikasi. Lebih lanjut tentang metode monetisasi aplikasi di bawah ini.

Saluran Monetisasi

Ada tiga saluran monetisasi yang tidak boleh Anda lewatkan untuk aplikasi atau situs web Anda:

1. Seluler

Tampaknya setiap hari kita menghabiskan lebih banyak waktu di ponsel kita. Orang Amerika menghabiskan rata-rata 5,4 jam di ponsel mereka setiap hari. 

Dengan angka tersebut, tidak mengherankan jika Google menerapkan algoritme yang mengutamakan seluler yang menghukum situs yang tidak ramah seluler. 

Memastikan situs Anda ramah seluler membantu Anda menjangkau pengguna di mana pun mereka berada: ponsel mereka. Itu bahkan lebih benar dengan monetisasi aplikasi.

2. Sosial

Saat Anda mencoba memonetisasi aplikasi, blog, atau situs Anda, jangan lupakan media sosial. 

Facebook dan Instagram sekarang memungkinkan fitur e-commerce, menghubungkan halaman media sosial Anda ke situs Anda dengan mulus. Anda dapat menggunakan platform video mereka, pos yang dapat dibeli, dan fitur lainnya untuk meningkatkan penghasilan Anda.

3. Video

Video dan sosial berjalan seiring sekarang dan Anda dapat menambahkan saluran video ke strategi monetisasi Anda. 

YouTube, khususnya, memiliki program monetisasi saluran yang dapat Anda ikuti. Peluang memonetisasi YouTube sangat besar. 

Menurut survei Google, 70% pembeli akan mempelajari produk dan merek di YouTube. Dan terlepas dari krisis tahun 2020, pendapatan iklan YouTube diperkirakan akan tumbuh menjadi $ 6,87 miliar pada tahun 2022, dari $ 4,04 miliar pada tahun 2020.

Optimalkan Desan dan Konten Blog 

1. Pastikan situs web Anda responsif

Seluler telah mengambil alih desktop di sebagian besar wilayah sekarang, termasuk konsumsi media dan pencarian. 

Pastikan situs Anda responsif sehingga Anda tidak hanya dapat menjangkau audiens Anda tetapi juga mendapat peringkat lebih tinggi di SERP. Gunakan template blog SEO Friendly dan Mobile Friendly. Lihat di Galeri Template.

2. Sertakan gambar dan media

Gambar adalah pokok konten digital, menarik perhatian penonton dan memberikan konteks pada konten. Ini meningkatkan posting blog dan tayangan media sosial. 

Video membuat info lebih mudah dikonsumsi, semakin menjadi saluran teratas untuk konten, jadi pastikan Anda menyertakan video dalam strategi Anda.

3. Tambahkan data visual

Infografis, bagan, dan visual lainnya menceritakan sebuah cerita dengan data. Mereka menyajikan informasi dalam format yang mudah dimengerti. Itu membuat mereka sangat populer di kalangan pengguna. 

Faktanya, 65% pemasar menggunakan infografis dalam pemasaran mereka. Jadi pastikan Anda menambahkan infografis dan grafik ke konten Anda.

4. Berinteraksi dengan pembaca

Audiens Anda adalah calon pelanggan, jadi beri mereka cara untuk menghubungi Anda dan berinteraksi dengan mereka.

a. Izinkan komentar dan komentar balik. 

Pastikan situs atau aplikasi Anda mengizinkan pengguna untuk berkomentar. Libatkan pengguna Anda dalam percakapan dengan menjawab kembali. Ini akan membantu Anda membuat komunitas pengguna.

b. Integrasikan sosial

Saat Anda mengintegrasikan media sosial ke situs Anda, Anda memperluas jangkauan upaya pemasaran Anda. Pastikan untuk memiliki strategi yang mencakup saluran media sosial.

5. Tulis konten berkualitas baik

Konten berkualitas masih menjadi kriteria utama untuk mendapatkan peringkat yang baik untuk situs Anda, menarik perhatian pemirsa, dan lebih banyak konversi.

Berikut beberapa tips untuk membuat konten Anda lebih menarik:

a. Skimmable

Studi menunjukkan bahwa kebanyakan orang tidak membaca, tetapi membaca sekilas konten untuk mencari apa yang mereka inginkan. Gunakan poin, daftar bernomor, banyak subpos, dan kata-kata tebal. Paragraf pendek dan spasi juga membantu.

b. Bercerita

Orang lebih mengingat cerita daripada mengingat isinya. Cerita bekerja dengan emosi, menyampaikan informasi, dan membuat konten lebih berkesan daripada data dingin.

c. Ringkas

Uraian yang berbelit-belit adalah untuk makalah akademis. Langsung ke pokok permasalahan dengan tulisan Anda.

d. Relevan

Pengguna ingin menemukan apa yang mereka cari. Pastikan semua elemen di situs Anda relevan dengan audiens Anda. Ini termasuk iklan, dan konten bersponsor. Jangan gunakan bulu halus untuk mengisi ruang atau informasi yang tidak akan menjadi perhatian audiens Anda.

e. Buat konten panjang

Meskipun Anda harus ringkas, bukan berarti konten situs web Anda harus berukuran tweet. Sebenarnya, konten bentuk panjang (lebih dari 1.500 kata) telah terbukti mendorong lebih banyak keterlibatan. 

Artikel panjang membuat pengguna lebih lama berada di situs, yang menghasilkan peringkat lebih tinggi.

f. Konten yang selalu menarik

Konten "Evergreen" mengacu pada kumpulan konten yang tetap relevan bagi pengguna dalam jangka waktu yang lama. Juga disebut konten pilar, jenis konten SEO ini dapat meningkatkan otoritas Anda dengan mesin pencari.

6. CX, CX, CX (pengalaman pelanggan)

a. Sedikit pilihan

Ketika pengguna memiliki terlalu banyak pilihan, mereka kewalahan dan dapat meninggalkan situs Anda. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa terlalu banyak pilihan menurunkan tingkat konversi. 

Pastikan situs Anda memiliki perjalanan pelanggan yang bersih yang membantu pengguna mencapai tujuan mereka.

b. Desain yang jelas dan mudah

Desain blog Anda perlu menemani dan membantu pengguna, bukan membingungkan mereka. Situs web yang dirancang dengan baik membantu keterlibatan dan tingkat konversi.

c. Kegunaan sebelum penjualan

Kunci dari pengalaman pengguna adalah kegunaan situs. Antarmuka harus mudah dinavigasi dan situs harus fokus pada nilai dan pengalaman pengguna.

d. Pastikan situs Anda dimuat dengan cepat aka fast loading.

Situs yang memuat lambat adalah salah satu penyebab utama rasio pentalan. Pastikan situs Anda memuat dalam waktu kurang dari 3 detik untuk memastikan situs Anda melibatkan pemirsa Anda.

7. Gunakan solusi monetisasi satu atap

Solusi monetisasi lengkap dapat membuat hidup Anda lebih sederhana. Platform monetisasi yang tepat tidak hanya dapat meningkatkan pendapatan Anda tetapi juga jangkauan Anda.

8. Buat strategi keterlibatan pengguna

Anda dapat melibatkan pengguna secara lebih efektif jika Anda memiliki strategi yang jelas, dengan sasaran, pencapaian, dan metrik. Rencanakan strategi Anda sebelumnya dan ikuti dengan analitik untuk tetap pada jalurnya.

9. Bawalah bukti sosial

Bukti sosial, seperti testimonial, membawa kredibilitas ke situs Anda. Semakin banyak yang Anda miliki dan semakin banyak detail yang Anda miliki, semakin banyak orang yang akan mempercayai Anda.

10. Gunakan corong pemasaran omnichannel

Sebarkan pemasaran Anda di seluruh saluran, tarik pengguna ke saluran dari media sosial, iklan berbayar, dan upaya pemasaran lainnya. Ingatlah untuk tidak membahas terlalu luas, lebih baik fokuslah pada saluran yang sebenarnya digunakan pengguna Anda.

Mendapatkan Uang Tanpa Berinvestasi

1. Loker konten sosial

Teknik ini memungkinkan Anda untuk menghasilkan uang melalui jaringan PPD (Pay per Download). 

Saat Anda mendaftar ke jaringan, saat pengguna Anda ingin mendownload aplikasi atau file, mereka diminta untuk menyelesaikan penawaran, seperti kuis atau survei. Setiap kali mereka melakukannya, Anda dibayar.

Bagaimana Anda menemukan penawaran yang relevan? Gunakan akun media sosial terkait, dan buat komunitas dengan menambahkan konten yang bermanfaat dan relevan. Setelah Anda melakukannya, mulailah memposting tautan PPD Anda. Setiap unduhan akan memberi Anda penghasilan.

2. Bayar per blogging

Anda dapat menggunakan layanan hosting blog gratis seperti WordPress atau Blogger, untuk membuat blog seputar konten yang dapat diunduh. Untuk menarik orang ke blog Anda, tentu saja, Anda perlu menambahkan postingan informatif dan menghibur yang terkait dengan penawaran Anda.

Ini akan membuat platform tempat Anda dapat menambahkan tautan PPD ke konten Anda, sebaiknya di dalam artikel dengan konten terkait. Anda dapat menggunakan media sosial dan saluran video untuk mempromosikan blog Anda dan menarik orang untuk mengunduh penawaran Anda.

3. Bayar per Youtube

Jika Anda memiliki konten yang berharga bagi audiens Anda, Anda dapat menggunakan YouTube untuk mempromosikannya melalui jaringan PPD. Anda harus membuat akun YouTube di sekitar niche Anda. Saat Anda mengupload konten Anda ke jaringan PPD, Anda akan mendapatkan URL yang terkunci.

Bagaimana Anda menggunakan YouTube untuk mempromosikan konten? Sederhana, cukup buat video dengan tautan PPD di deskripsi video. Setelah pemirsa Anda mengunduh konten, Anda akan dibayar.

4. Strategi promosi

Anda dapat menggunakan situs web outsourcing seperti Fiverr atau Upwork untuk menyelesaikan pekerjaan dengan beberapa dolar dengan menggunakan freelancer.

Temukan pemasar media sosial yang akan men-tweet produk Anda ke pengikut mereka. Blogger dapat memposting review produk Anda. Produser video dapat membuat presentasi video.

Tidaklah sulit untuk mempromosikan konten Anda, tetapi ingatlah untuk fokus pada niche Anda untuk menghindari spam.

Ringkasan program monetisasi blog

1. Program afiliasi

Ini adalah sistem pendapatan berbasis komisi. Anda mempromosikan sekaligus menjual produk atau layanan orang lain di blog Anda.

Beberapa perusahaan menjalankan program afiliasi mereka sendiri, tetapi banyak juga yang dijalankan oleh agen independen, yang disebut jaringan afiliasi. 

Mereka menengahi hubungan antara pedagang dan afiliasinya, mengembangkan aturan program dan perangkat lunak yang digunakan semua pihak untuk berkomunikasi.

Program afiliasi bisa sangat efektif sebagai opsi monetisasi karena komisi biasanya didasarkan pada harga jual item yang dipermasalahkan. Semakin tinggi harga produk, semakin tinggi komisinya.

Anda dapat menghasilkan uang dalam program afiliasi sebagai pedagang atau sebagai afiliasi. Jika Anda memiliki produk untuk ditawarkan, afiliasi lain dapat membantu Anda memasarkan produk Anda, dan Anda membayar komisi untuk setiap penjualan. Jika Anda ingin menjual produk orang lain, Anda memperoleh pendapatan berbasis komisi. Anda juga bisa melakukan keduanya.

2. Program periklanan

Periklanan masih menjadi salah satu cara paling umum untuk memonetisasi situs web, perangkat lunak, aplikasi, konten digital. Semua jejaring sosial memiliki program periklanannya sendiri, dari Facebook hingga Twitter, Instagram, serta Google dan Microsoft.

Jaringan periklanan dapat menawarkan solusi lintas platform dan beriklan di berbagai tempat. Anda dapat mengintegrasikan iklan ke dalam aplikasi, pemasang, atau menayangkan iklan penelusuran. 

Jaringan periklanan menguntungkan pengiklan dan penerbit. Pengiklan mendapatkan properti digital terbaik untuk iklan mereka, dan penerbit mendapatkan tawaran terbaik untuk ruang digital mereka.

3. Bayar per unduhan

Program Pay per Download (PPD) menghasilkan pendapatan setiap kali file, aplikasi, atau konten diunduh. Mereka bekerja dalam dua metode pembayaran utama:

Penguncian konten: metode ini "mengunci" konten di belakang tautan, dan pengguna akhir harus melakukan tindakan (mengisi survei, menjawab jajak pendapat, mengisi formulir) untuk membuka konten tersebut. Setelah selesai, pengiklan pihak ketiga akan mengirimkan pembayaran kepada Anda.

Unduhan berbayar: metode ini mengharuskan pengguna membayar untuk mengunduh konten atau perangkat lunak dan Anda dibayar untuk setiap unduhan.

Bayar per unduhan dapat menghasilkan pendapatan yang layak bila Anda menawarkan sesuatu yang memiliki nilai yang cukup bagi pengguna. Konten yang memiliki nilai lebih rendah seperti gambar, barang cetakan, wallpaper lebih cocok untuk program penguncian konten.

4. Bayar per pemasangan

Pemasang cerdas dan modul pemasangan bertenaga iklan menggabungkan distribusi perangkat lunak dan program periklanan. Program ini memungkinkan Anda untuk mengintegrasikan iklan ke dalam penginstal desktop. Saat pengguna menindaklanjuti iklan itu, Anda dibayar.

Program monetisasi ini membantu pengembang, penerbit, dan pengiklan. Anda dapat mempromosikan produk Anda sendiri melalui penginstal, dan jika Anda memiliki perangkat lunak, Anda dapat menambahkan penginstal untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan.

5. Opsi hibrida

Ini adalah kombinasi dari dua atau lebih metode monetisasi. Anda dapat menggabungkan tautan afiliasi dengan iklan tampilan, misalnya.

Metode monetisasi aplikasi

a. Premium

Freemium dan aplikasi berbasis langganan sangat populer akhir-akhir ini. Anda dapat memberikan uji coba gratis kepada pengguna selama jangka waktu tertentu mereka dapat mencoba semua fitur premium. Ini memberi Anda kesempatan untuk mendidik pengguna Anda dan mungkin mendorong konversi. Anda juga dapat memberikan versi gratis dengan fitur dasar dan kemudian menagih untuk fitur premium.

Ingatlah untuk menjelaskan dengan pengguna Anda dan ungkapkan sejak awal bahwa aplikasi Anda adalah freemium.

b. Bayar untuk Unduh

Anda dapat menagih orang untuk mengunduh aplikasi. Beri harga (misalnya, $ 0,99) dan berharap upaya pemasaran Anda akan membuat banyak orang membelinya. Namun, sebagian besar pengguna mengharapkan aplikasi gratis akhir-akhir ini. 

Jadi, jika ada aplikasi gratis serupa, mereka mungkin akan mengunduhnya. Itu tidak berarti Anda tidak dapat menagih untuk aplikasi Anda. Pastikan Anda memberikan nilai yang cukup bagi pengguna sehingga itu sangat berharga.

c. Iklan dalam aplikasi

Sebagian besar aplikasi gratis menampilkan iklan dalam aplikasi yang mempromosikan segalanya, mulai dari penawaran hingga aplikasi lain, penawaran, dan diskon. Keuntungannya adalah banyak pengguna tidak keberatan dengan iklan untuk mendapatkan aplikasi gratis. Namun, pengembalian iklan dalam aplikasi seringkali rendah.

d. Bundling

Bagi banyak pengembang, ini adalah model monetisasi termudah. Gabungkan perangkat lunak Anda dengan pihak ketiga yang memiliki platform monetisasi sendiri. Pihak ketiga ini memberikan penawaran kepada pengguna Anda saat aplikasi Anda diinstal. Saat pengguna menerima penawaran, Anda dibayar. Jadi, Anda bisa mendapatkan uang tanpa kerja keras monetisasi.

e. Pembelian dalam aplikasi

Ini adalah metode monetisasi aplikasi yang dapat menghasilkan lebih banyak konversi dan loyalitas dari pengguna. Misalnya, untuk aplikasi game. Pengembang game melibatkan pengguna terlebih dahulu dan kemudian memberikan opsi untuk membayar untuk mengakses paket dan fitur baru.

5 Platform Monetisasi Teratas

Sekarang setelah Anda mengetahui tentang monetisasi, platform monetisasi mana yang harus Anda pilih? Jangan khawatir, kami telah menjelajahi dan memberi peringkat 5 teratas untuk Anda:

1. CodeFuel

Platform monetisasi lengkap ini memungkinkan Anda memanfaatkan penelusuran, iklan, belanja, dan berita untuk memonetisasi properti digital apa pun.

2. AudiencePlay

Program ini berfokus pada memonetisasi data dengan aman dan terjamin. Memungkinkan untuk memonetisasi data dan dapat digabungkan dengan metode monetisasi lainnya.

3. AdSense

Google AdSense adalah salah satu platform monetisasi paling populer. Saat Anda mendaftar untuk program Google AdSense, Google akan menayangkan iklan yang relevan untuk audiens Anda.

4. Exoclick

Adalah program monetisasi situs web untuk penerbit dan pengiklan. Menyediakan opsi dan analitik monetisasi otomatis.

5. Clickky

Clickky biz mempermudah Anda membuat penempatan iklan untuk situs web Anda dan memilih kategori iklan. Anda dapat memilih jenis dan format iklan untuk seluler dan desktop.

Agensi periklanan online sangat banyak. Anda akan dihubungi mereka jika blog atau situs web Anda populer, banyak pengunjung, berkat konten atau postingan Anda yang unik, menarik, dan bermanfaat bagi user internet.

Itu dia cara menghasilkan uang dari blog. Yang CB alami melalui contohblog.com, ada 4 sumber penghasilan teratas, yaitu Google AdSense, pasang iklan display (banner), content placement, dan backling building.

Good Luck and Happy Blogging!


Thanks for reading Monetisasi: 10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog | Labels: Bisnis Online, Blogging, Make Money edit this post
0 Komentar untuk "Monetisasi: 10 Cara Menghasilkan Uang dari Blog"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top