Remote PC: Cara Membuka Komputer Orang Lain dari Jarak Jauh

Remote PC adalah cara membuka komputer atau laptop orang lain dari jarak jauh. Remote PC menyambungkan atau menghubungkan dua komputer/laptop atau dengan HP Android.

Remote PC: Cara Membuka Komputer Orang Lain dari Jarak Jauh

CB baru saja membantu seorang blogger di India yang membeli salah satu Template Blog CB. Memasangkan kode dan membuatkan halaman statis utama blog --About, Diclaimer, Contact, dan Sitemap.

CB mengerjakannya langsung di komputer dia, tentu dari jarak jauh, yaitu dengan menggunakan aplikasi Remote PC AnyDesk. Delay atau lemot, tapi lancar kok! 

Membuka komputer atau laptop orang lain dari jarak jauh atau mengontrol komputer dari tempat berbeda disebut Remote PC.

Banyak aplikasi Remote PC yang bisa kita gunakan selain AnyDesk. Remote PC memudahkan pekerjaan karena komputer di tempat lain bisa diakses dari mana saja, asal terhubung dengan jaringan internet.

Aplikasi Remote PC ini sangat berguna untuk berbagai keperluan, salah satunya untuk meremote komputer dari jarak jauh, bahkan antar negara sekalipun. Kita bisa mengakses penuh komputer di tempat lain.

Untuk bisa melakukan Remote PC, kedua komputer harus menginstall software. Jika semuanya sudah ada tinggal menyambungkan. 

Daftar palikasi Remote PC berikut ini tentu mendukung kerja dari rumah (work from home). Kita bisa mengakses komputer di kantor dan mengerjakan tugas di rumah. Tentu, komputer di kantornya harus menyala dan terkoneksi dengan internet.

Aplikasi Remote PC untuk Akses Komputer Jarak Jauh

Cukup banyak Aplikasi Remote PC untuk Akses Komputer Jarak Jauh. Sejauh ini CB menggunakan AnyDesk dan Chrome Remote Desktop. Menurut CB AnyDesk lebih mudah, meski harus menggunakan koneksi internet.

1. AnyDesk

Fitur baru AnyDesk ini yaitu kolaborasi dengan pengguna lain untuk melakukan remote komputer dari jarak jauh.

AnyDesk ini juga bisa untuk merekam pada saat sesi remote. Hasil rekaman remote akses ini bisa Anda jadikan sebagai report kepada atasan sebagai laporan pekerjaan. 

AnyDesk juga termasuk ringan untuk digunakan karena ukurannya hanya 3 MB.

Cara menggunakannya:

  1. Download software AnyDesk dan install di kedua komputer. Install pula di HP jika diperlukan.
  2. Buka aplikasi, maka akan muncul kode (ID) berupa nomor.
  3. Terima akses (Accept) dan kedua komputer sudah tersambung.
AnyDesk

Aplikasi remote desktop kedua rekomendasi dari Kami adalah Chrome Remote Desktop. Aplikasi ini bisa Anda dapatkan secara gratis untuk mendukung pekerjaan Anda menggunakan browser Chrome. 

Sesuai namanya aplikasi ini masih milik Google Chrome, Anda bisa gunakan untuk melakukan remote antar platform yang berbeda secara aman. Chrome Remote Desktop ini juga mendukung untuk operating system Windows, Linux, Mac, iOS, dan Android.

Untuk mendownloadnya bisa langsung saja menulis di browser dengan kata kunci “Chrome Remote Desktop”, nanti paling atas akan muncul website remotedesktop.google.com.

Cara menggunakannya, pada menu windows yang ada di PC / desktop, pilih menu berikut :

  1. Start - All Programs - Accessories - Remote Desktop Connection
  2. Pada menu Remote Desktop Connection lakukan setting seperti berikut: Option - Display (256 Colors) - Experience (Modem 28.8 Kbps)
  3. Untuk melakukan login pada menu Remote Desktop Connection silahkan masukan keterangan berikut :
  • Computer: (isi dengan IP Address yang telah kami kirimkan diemail)
  • Username: (isi dengan username yang sudah kami kirimkan diemail anda)
  • Password : (isi dengan password yang sudah kami kirimkan diemail anda)

3. TeamViewer

TeamViewer menjadi aplikasi remote PC terbaik dan terfavorit. Tersedia di berbagai platform seperti Windows, Mac, Linux, Android dan iOS. Aplikasi TeamViewer ini bisa Anda dapatkan secara gratis dengan mengunjungi websitenya di TeamViewer.com.

TeamViewer merupakan aplikasi yang berfungsi untuk melakukan aktivitas remote desktop. Aplikasi ini berguna untuk mengakses sebuah komputer dari tempat yang berbeda, hanya melalui suatu jaringan.

Cara kerja TeamViewer sejatinya mirip dengan sistem kerja HP.

Setiap akun TeamViewer itu akan memiliki ID khusus. Nah, ID tersebutlah yang dipakai sebagai aksesnya.

Aplikasi ini bisa digunakan untuk berkolaborasi dengan pengguna lain secara realtime, selain itu Anda juga bisa melakukan chatting, panggilan suara dan juga video call. 

Fitur lainnya seperti melakukan transfer file, modifikasi file dan kegiatan lainnya. tercatat sudah ada 45 juta pengguna TeamViewer dalam website resminya dengan download harian mencapai 400.000 lebih. 

Cara menggunakannya:

  1. Download dan install aplikasi TeamViewer terbaru.
  2. Buka dan pastikan komputer Anda telah tersambung ke jaringan internet.
  3. Klik Sign In dan Login, untuk masuk ke akun TeamViewer milik Anda. Kalau Anda belum memiliki akun TeamViewer, silakan klik Sign Up untuk membuat akun baru.
  4. Klik menu Remote Control. Selanjutnya, masukkan ID dari TeamViewer teman Anda pada kolom Partner ID. Kemudian klik Connect.
  5. Tunggu beberapa saat sampai TeamViewer tersambung. 
Kalau Anda melihat tab baru dari aplikasi TeamViewer yang memperlihatkan tampilan layar teman Anda, berarti langkah-langkah tadi sudah sukses.

4. Microsoft Remote Desktop

Aplikasi hanya bisa digunakan untuk sistem operasi dari Microsoft Windows dan perangkat Android.

Untuk fitur yang tersedia tidak berbeda dengan aplikasi remote PC sejenis seperti transfer file, modifikasi file, chatting, call dan lainnya. 

Jika pada Komputer Anda belum ada silahkan download terlebih dahulu Remote Desktop Assistant  pada link di atas.

Cara menggunakannya, silakan buka laman Setting Microsoft Remote Desktop.

Itu dia Remote PC: Cara Membuka Komputer Orang Lain dari Jarak Jauh. CB baru mencoba dua aplikasi, yaitu AnyDesk dan Chrome Remote Dekstop. Good Luck!


Thanks for reading Remote PC: Cara Membuka Komputer Orang Lain dari Jarak Jauh | Labels: Komputer, Software, Tips edit this post
0 Komentar untuk "Remote PC: Cara Membuka Komputer Orang Lain dari Jarak Jauh"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top