3 SEO Blog Paling Dasar di Setting Dashboard Blogger Terbaru

3 SEO Blog Paling Dasar di Setting Dashboard Blogger Terbaru

NGEBLOG (blogging) bukan hanya membuat konten (posting), tapi juga menerapkan optimalisasi mesin telusur yang disebut SEO. Berikut ini cara setting SEO blog paling dasar untuk blogger pemula.

Setelah Anda membuat blog di Blogger, sebaiknya jangan lewatkan menerapkan SEO dasar di blog Anda. 

Ini agar blog Anda cepat dan mudah diindeks Google atau mesin pencari lainnya, sehingga segera mendatangkan pengunjung (pembaca).

3 SEO Blog Paling Dasar di Setting Dashboard

Minimal tiga SEO dasar Blogger berikut ini Anda terapkan di blog, yaitu setting deskripsi, meta tags, dan membuat halaman statis blog.

Tips ini CB share mengingat sering melihat blog klien yang "lupa" melakukan setting mendasar ini. Memang tidak masalah jika settingan SEO dasar ini tidak dilakukan, tapi nantinya blog Anda sulit dikenali Google ataupun pengunjung.

Mari kita mulai. Ini dia seo dasar untuk blog di Blogger atau Blogspot. Setelah Login, lakukan ini di Dashboard Blogger Anda.

1. Setting Deskripsi

Klik Setting > kilik Deskripsi (Description). Isi dengan gambaran umum tentang blog Anda. Misalnya, blog tentang apa. 

Dulu Google kasih contog "sebuah blog tentang media sosial dan gadget". Nah, seperti iku kira-kira. Deskripsi ini semacam identitas untuk mengenalkan blog kita ke mesin telusur dan pengguna internet.

Setting Deskripsi

Setting Deskripsi

2. Setting Meta Tags

Langkah berikutnya adalah Setting Meta Tags atau Tags Meta. Ini identik dengan deskripsi. Boleh sama isinya. Meta Tags ini hanya bisa dibaca oleh mesin telusur atau Google, namun nanti ditampilkan di halaman hasil pencarian.

Meta Tags ini juga terkait Search Description (Deskripsi Pencarian) yang ada di sidebar kanan, saat kita menulis posting. Pastikan Anda isi juga nanti saat nulis.

Klik Setting > Klik Search Description > Isi dengan keterangan tentang blog Anda.

Setting Meta Tags

Setting Meta Tags

3. Membuat Halaman Statis

Ini juga sering terlupakan. Padahal, halaman statis (static page), khususnya About (Tentang), Kontak (Contact), dan Disclaimer, sangat penting bagi Otoritas Domain dan SEO juga.

Halaman About berisi tentang profil pemilik blog dan/atau deskripsi tentang konten blog secara umum. Bisa juga tujuan blog, visi-misi, dan keterangan lainnya.

Klik Pages > NEW PAGE
Membuat Halaman Statis


Membuat Halaman Statis


Ulangi untuk membuat halaman statis lainnya, seperti Kontak, Disclaimer, dan sebagainya. Untuk mengisi halaman disclaimer, Anda bisa gunakan situs Privacy Online atau Disclaimer Generator.

Khusus halaman kontak, itu wajib banget, khususnya pengguna template dari CB Blogger. Soalnya selama ini banyak email "nyasar". Disangkanya CB yang punya blog dimaksud, padahal hanya menggunakan template hasil desain CB Blogger.


Itu dia Cara Setting SEO Blog Paling Dasar untuk Blogger Pemula. SEO lainnya bisa Anda simak di Label Tips SEO di blog ini. Blogging bukan hanya menulis, tapi juga belajar dan menerapkan SEO.

Good Luck and Happy Blogging!

Thanks for reading 3 SEO Blog Paling Dasar di Setting Dashboard Blogger Terbaru | Labels: Blogger, Blogging, Tips SEO
0 Komentar untuk "3 SEO Blog Paling Dasar di Setting Dashboard Blogger Terbaru"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top