Tips SEO Agar Blog atau Web Bisnis Anda di Halaman Pertama Google

Tips SEO Agar Blog atau Web Bisnis Anda di Halaman Pertama Google

Kenapa blog Anda sepi pengunjung? Salah satu faktornya karena tidak berada di halaman pertama Google, apalagi di peringkat satu. SEO-nya kurang ampuh atau bahkan tidak menerapkan SEO.

Pengunjung CB juga tidak banyak-banyak amat belakangan ini. Dulu bisa tembus 25.000-30.000 pageviews per hari. 

Belakangan ini satu nolnya lenyap "digerus" blog lain, terutama direnggut situs-situs berita yang juga banyak posting topik-topik yang tadinya didominasi blogger.

Banyak postingan CB yang tidak lagi ada di halaman satu Google, apalagi di peringkat satu. Banyak blog sejenis yang bahkan beralih ke wordpress yang memang lebih SEO.

Banyak blogger "menyerah" dan berhenti blogging akibat blognya sepi pengunjung atau tidak berhasil diindeks di halaman satu Google.

Namun demikian, tips SEO masih berlaku. SEO terbaik masih berupa konten berkualitas atau postingan unik dan beda dengan yang lain.

Tips SEO Supaya Blog di Halaman Pertama Google

Berikut ini tip SEO agar blog bisa menembus halaman pertama Google. Anda tidak perlu mengoptimalkan mesin telusur seluruh situs Anda sekaligus, melainkan setiap halaman individual di situs Anda. Berikut cara melakukannya:

1. Tentukan kata kunci (keyword)

Memainkan kata kunci masih menjadi fokus SEO. Kata kunci bisa berupa satu kata atau dua kata atau lebih (frasa).

Contoh kata kunci: tips seo, cara membuat blog, teknik seo blog, HP murah terbaik.

Setiap halaman di blog Anda harus menargetkan sekumpulan kata kunci yang berbeda sehingga halaman tidak bersaing satu sama lain.

Kata kunci yang tepat untuk bisnis Anda adalah kata kunci yang diketik oleh pelanggan ideal Anda untuk mendapatkan produk dan layanan yang mereka butuhkan.  

2. Beri tahu Google kata kunci apa yang digunakan

Google bekerja dengan merayapi web, memeringkat jutaan halaman yang ada, dan menyimpannya dalam sebuah indeks. 

Saat pengguna melakukan penelusuran, Google kemudian dapat memindai melalui indeksnya yang lebih terorganisir (daripada seluruh web) untuk mendapatkan hasil yang relevan dengan cepat.

Oleh karena itu, langkah penting lainnya untuk muncul di halaman pertama Google adalah membuatnya semudah mungkin bagi Google untuk memindai, mengindeks, dan mengambil situs Anda. 


Tempatkan kata kunci di judul, alinea pertama, di tengah, dan di akhir tulisan secara "natural". Kata kunci juga sebaiknya ada di subjudul, nama file dan alt text gambar, permalink, dan tentu saja di deskripsi pencarian.

Tempatkan kata kunci di tempat-tempat berikut ini:

a. Judul 

Setiap posting blog dan halaman situs Anda memiliki judul meta. Judul ini muncul di bagian atas halaman Anda dalam bentuk tajuk, tetapi juga sebagai judul dari daftar halaman tersebut di hasil penelusuran.

b. Deskripsi meta

Deskripsi meta adalah uraian kecil yang muncul di bawah judul dalam hasil pencarian Google.

Selain memberi tahu Google tentang apa halaman Anda, deskripsi meta dengan cepat memberi tahu pencari apa yang dapat mereka harapkan jika mereka mengklik halaman Anda, meningkatkan klik yang relevan ke halaman itu. 

Oleh karena itu, deskripsi meta membantu Google untuk menempatkan bisnis Anda di halaman pertama yang tepat untuk pencarian yang tepat dan membantu pencari Google untuk menyimpannya di sana.

c. URL

URL atau permalink terdiri dari nama domain Anda (seperti contohblog.com), diikuti dengan garis miring, diikuti dengan teks yang dipisahkan oleh tanda hubung. 

Contoh URL/Permalink: https://www.contohblog.com/2020/05/masa-bodoh-dengan-seo.html

Menyertakan kata kunci dalam URL postingan akan membantu Google lebih cepat mengidentifikasi tentang apa halaman blog Anda. 

Selain itu, URL muncul di antara judul dan deskripsi meta dalam hasil pencarian. URL bersih yang cocok dengan judul halaman lebih menarik dan dapat dipercaya oleh pengguna, dan lebih cocok untuk tampilan halaman pertama.

d. Alt tag

Google hanya dapat melihat gambar jika gambar tersebut memiliki alternatif teks (alias alt tag). Jika tag alt Anda menyertakan kata kunci, Google dapat mendeteksi relevansi lebih lanjut dari halaman tersebut dan merasa lebih nyaman menempatkan Anda di halaman pertama hasil pencarian.

Alt tag adalah alternatif teks yang akan muncul jika gambar hilang atau lambat tampil. Ini bagus buat SEO. Pastikan gambar/foto yang Anda sertakan dalam tulisan berisi alt text atau teks alternatif dan teks judul.

Caranya: klik sekali gambar yang sudah diupload, lalu klik icon gear untuk edit gambar. 


3. Menulis untuk manusia

Maksudnya, buatlah postingan yang ditujukan untuk dibaca oleh pengguna (user, manusia), bukan ditujukan untuk indeks dan peringkat Google. 

Isi konten laman atau artikel Anda adalah tempat paling penting untuk memasukkan kata kunci yang Anda coba rangking. 

Namun, sangat penting bahwa kata kunci ini tidak dimasukkan secara sistematis dan berlebihan, tetapi secara alami digabungkan. 

Faktanya, Google sekarang dapat mendeteksi penjejalan kata kunci dan jika itu dilakukan akan menempatkan Anda jauh, jauh dari halaman pertama hasilnya.

Kunci untuk berada di halaman pertama Google adalah menyediakan konten yang bermanfaat, dapat dipercaya, mudah dibaca, tetapi informatif yang akan membuat audiens target Anda tetap di halaman Anda dan kembali lagi. 

Berbagi pengetahuan yang sudah ada di kepala Anda sambil mengobrol itu gratis dan mudah. Ingatlah bahwa jika Anda ingin memberi peringkat pada halaman pertama Google untuk pencarian kata kunci tertentu, halaman Anda harus memberikan informasi, dan bukan hanya kata kunci, yang coba diperoleh pengguna saat mereka mengetik pencarian itu ke Google.

4. Tekankan lokasi

Cara gratis lain untuk menempatkan halaman situs Anda di halaman pertama Google adalah dengan menargetkan kueri berbasis lokasi. 

Pastikan situs web Anda dengan jelas menunjukkan kota dan/atau wilayah geografis Anda, melalui halaman kontak Anda dan kemungkinan juga melalui halaman posting blog dan layanan. 

Dengan begitu, saat orang menelusuri: "industri Anda" + "kota Anda", Google akan mengambil informasi tersebut dan menampilkan bisnis Anda sebagai hasil penelusuran "di dekat saya".

Bahkan jika pengguna tidak mencari menggunakan lokasi tertentu, Google akan tetap menyajikan hasil yang relevan secara geografis berdasarkan alamat IP mereka, jadi SEO lokal tidak hanya gratis, tetapi selalu penting (bahkan selama pandemi).

5. Optimalkan untuk seluler

Pastikan Anda menggunakan template blog ramah seluler (mobile-friendly). Anda bisa pilih tema premium di Galeri Template.

Anda tidak akan menemukan situs web di bagian atas pencarian Google yang tidak responsif. Konsumen sekarang lebih sering menggunakan ponsel dan tablet daripada komputer dan laptop, dan sebagian besar penelusuran lokal dilakukan pada perangkat seluler. 

Hasilnya, Google lebih menyukai situs web yang ramah seluler.

Responsif sangat ideal, karena situs web Anda akan beradaptasi dengan layar ukuran apa pun dan mempertahankan fungsionalitas. 

Namun, jika Anda tidak memiliki situs web yang responsif, ada penyesuaian yang dapat Anda lakukan pada situs Anda untuk memastikan pengalaman yang paling mulus bagi pengguna seluler.

6. Fokus pada pengalaman pengguna

Ramah seluler saja tidak cukup untuk sebuah blog atau situs web. Blog juga harus menarik dan ramah pengguna (user friendly). 

Blog dengan navigasi yang intuitif, ajakan bertindak yang jelas, dan jawaban atas pertanyaan pengunjung Anda yang paling cepat akan membuat pengunjung Anda berada di sana lebih lama dan kembali lagi nanti — yang akan dilihat Google dan, pada gilirannya, memberi Anda peringkat lebih tinggi. 

Semakin tinggi peringkat Anda, semakin banyak lalu lintas yang akan Anda dapatkan ke situs Anda, dan semakin besar kemungkinan Anda untuk muncul di halaman pertama.

Selain halaman situs web Anda, daftar direktori bisnis online Anda juga dapat muncul di halaman pertama pencarian Google. Inilah yang perlu Anda lakukan:

7. Buat akun Google Bisnisku

Google Bisnisku berkembang menjadi salah satu alat yang paling kuat (belum lagi gratis) untuk pemilik bisnis lokal. 

Baik Google Maps dan Penelusuran menarik dari Google Bisnisku untuk menghasilkan listingan lokal (dikenal sebagai Profil Bisnis). 

Membuat akun Google Bisnisku adalah cara cepat dan mudah untuk menambahkan lebih banyak informasi ke Profil Bisnis Anda, yang membantunya untuk muncul di halaman pertama Google Maps dan Penelusuran (di bagian hasil okal). 

Pastikan Anda menindaklanjuti dengan mengklaim dan memverifikasi listing Anda sehingga Anda dapat memantau, memelihara, dan mengoptimalkan listing Anda.

8. Optimalkan listingan bisnis Google Anda (Profil Bisnis)

Berbicara tentang mengoptimalkan daftar Anda, saya menganggap strategi ini sebagai entitas yang terpisah karena meskipun membuat daftar Google dapat membantu Anda dengan visibilitas Anda, itu hanya dapat membawa Anda sejauh ini dalam hal peringkat. 

Daripada membuat daftar sederhana dan berharap itu muncul untuk satu atau dua pencarian, optimalkan daftar bisnis Google Anda untuk visibilitas maksimum. Begini caranya:

a. Lengkapi setiap bagian profil Anda

Semakin banyak informasi yang Anda sertakan dalam listingan Google Bisnisku, semakin banyak penelusuran yang dapat menampilkannya di halaman pertama. Faktanya, listingan Google Bisnisku yang lengkap mendapatkan rata-rata 7X lebih banyak klik daripada listingan yang tidak lengkap.

b. Jaga agar nama Anda konsisten

Gunakan nama yang persis sama untuk bisnis Anda setiap saat. Google tidak menyukai perbedaan — bahkan yang kecil seperti "Co." vs "Perusahaan"

c. Perbarui informasi Anda

Tidak dapat menemukan bisnis Anda, muncul untuk menemukannya tutup, atau mendapatkan operator saat mencoba menelepon tidak hanya dapat menghalangi pelanggan, tetapi juga membuat mereka tidak mempercayai bisnis Anda atau menulis ulasan negatif. 

Tetap di atas daftar Google Anda dan lakukan pembaruan dan perubahan yang diperlukan sehingga cukup dipercaya untuk berada di bagian atas daftar.

d. Unggah foto ke daftar Anda

Google Bisnisku berusaha untuk membekali konsumen dengan informasi sebanyak mungkin tentang bisnis, bahkan sebelum menemukan bisnis itu. 

Ini termasuk bagaimana rasanya berada di bisnis tersebut, jadi pastikan untuk mengupload foto yang tidak hanya menggambarkan produk dan layanan yang ditawarkan bisnis Anda, tetapi juga suasana dan orang yang sering melakukannya.

9. Dapatkan ulasan pelanggan

Penelusur Google senang melihat pendapat orang lain tentang sebuah bisnis, jadi tidak mengherankan jika bisnis dengan ulasan Google yang lebih positif muncul di halaman pertama. 

Tanyakan langsung kepada pelanggan dan buat tautan pintasan ulasan sehingga Anda dapat dengan mudah mendorong ulasan di seluruh saluran online Anda. 

Meskipun secara teknis ini termasuk dalam daftar pengoptimalan Google Bisnisku, jangan lupa bahwa ada banyak situs ulasan lainnya — semuanya berdampak pada peringkat Anda.

Ulasan dapat membawa Anda ke "Paket Lokal" yang muncul di bagian atas SERP Google

Itu dia Tips SEO Agar Blog atau Web Bisnis Anda di Halaman Pertama Google. SEO memang menjadi bagian dari pengembangan website dan salah satu kunci sukses blogging dan bisnis online. (Sumber).


Thanks for reading Tips SEO Agar Blog atau Web Bisnis Anda di Halaman Pertama Google | Labels: Blogging, Tips SEO
0 Komentar untuk "Tips SEO Agar Blog atau Web Bisnis Anda di Halaman Pertama Google"

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top