August 3, 2021

130 Singkatan Bahasa Inggris, Kata Gaul, dan Artinya di Media Sosial

August 3, 2021

Daftar singkatan, slang (bahasa gaul), dalam bahasa Inggris dan artinya yang sering digunakan di media sosial, blog/web development, atau teknologi informasi dan komunikasi internet.

130 Singkatan Bahasa Inggris, Kata Gaul, dan Artinya di Media Sosial

SEBELUMNYA CB sudah berbagi Daftar Kata Gaul di Media Sosial, juga daftar kata gaul yang sudah resmi masuk kata baku KBBI.


Media sosial telah mengubah cara berkomunikasi, dalam hal ini penggunaan kata atau bahasa. Warganet sering menyingkat kata atau kalimat untuk efektivitas komunikasi.


Namun, sering juga justru menggunakan kata gaul, misalnya cupu, komunikasi jadi terhambat. Pesan tidak sampai karena yang menerima pesan tidak mengerti atau belum tau arti sebuah kata gaul/slang.


Dalam bahasa Inggris, banyak serkali singkata, akronom, atau bahasa slang yang digunakan, termasuk oleh netizen Indonesia. Kadang kita harus Googling untuk mencari arti kata/singkatan tertentu, biar ngerti.


Nah, berikut ini Daftar Kata Gaul Singkatan Bahasa Inggris dan Artinya di Media Sosial. CB sadur dari laman Sprout Social.


Daftar singkatan bahasa Inggris di bawah ini termasuk istilah di dunia blogging, website development, dan periklanan online seperti Google AdSense.

Daftar Singkatan Bahasa Inggris dan Artinya 

Jadi, ketika Anda bertanggung jawab untuk membuat konten media sosial atau menanggapi pelanggan, penting bagi Anda untuk mempersenjatai diri dengan pengetahuan tentang akronim dan bahasa gaul media sosial yang paling umum. 


Ini akan membantu Anda memahami apa yang dikatakan audiens Anda dan bagaimana berbicara dalam bahasa mereka.


Plus, ada beberapa akronim yang mungkin ditemukan dalam laporan pemasaran atau penjualan dan pertemuan bisnis. Ini membuatnya semakin penting untuk mengetahui apa yang mereka perjuangkan sehingga Anda menjadi lebih baik dalam pekerjaan Anda.

Akronim media sosial

Pertama, mari kita mulai dengan akronim umum yang terkait dengan jaringan media sosial tertentu. Meskipun akronim khusus jaringan ini umumnya intuitif, penting bagi Anda untuk mengetahuinya luar dalam.

  • FB – Facebook
  • IG – Instagram
  • LI – LinkedIn
  • YT – YouTube
  • TW – Twitter


Anda mungkin juga menemukan beberapa akronim yang merujuk pada fitur di jaringan tersebut. Ini sangat penting jika Anda menggunakan Twitter, di mana singkatan media sosial adalah hal biasa. 

Mengetahui mereka akan membantu Anda meningkatkan komunikasi Anda dengan anggota tim dan pengikut.


DM – Direct message

Pesan langsung. Mengacu pada pesan yang dikirim antara dua pengguna. Sebagian besar digunakan di Twitter dan Instagram. 


Anda biasanya akan menemukan pengguna dan perusahaan yang meminta pengikut untuk "DM untuk pertanyaan". Anda dapat menggunakannya di bio Twitter atau bio Instagram Anda untuk jenis pesan tertentu jika cocok dengan bisnis Anda.


MT – Modified tweet


Ini adalah saat Anda mengubah teks tweet sebelum membagikannya kembali. Anda biasanya akan membuat tweet yang dimodifikasi untuk mempersingkat teks dan menyesuaikan batas karakter atau menghapus pegangan poster (jika mereka memiliki akun pribadi).


PM – Private message


Ini adalah istilah yang lebih umum untuk komunikasi satu lawan satu yang tidak terlihat oleh publik dan juga mencakup DM.


RT – Retweet.


Tweet ulang. Saat Anda membagikan Tweet seseorang ke umpan Anda sendiri, Anda me-Retweet mereka. 


Perusahaan, influencer, dan selebriti sama-sama sering meminta pengikut mereka untuk "RT" sebuah pos jika mereka setuju dengannya. Ini adalah cara yang bagus untuk mendapatkan lebih banyak pembagian dan visibilitas untuk Tweet Anda

Akronim media sosial untuk bisnis

Selanjutnya kita memiliki akronim yang sering digunakan dalam lingkungan bisnis. Meskipun Anda biasanya menggunakan akronim ini dalam rapat dan komunikasi pemasaran Anda, mereka sama-sama berguna untuk komunikasi media sosial, terutama jika Anda berada di ceruk yang relevan.


B2B – Business to business. Mengacu pada perusahaan yang memenuhi kebutuhan bisnis lain.


B2C – Business to consumer. Mengacu pada perusahaan yang menjual produk atau jasa secara langsung kepada pelanggan.


CMGR – Community manager. Mereka bertanggung jawab untuk mengelola dan memelihara hubungan merek dengan komunitasnya – jangan disamakan dengan manajer media sosial.


CMS – Content management system. Alat yang Anda gunakan untuk mengedit, menjadwalkan, dan menerbitkan segala bentuk materi tertulis untuk web. CMS adalah software atau aplikasi untuk membuat website, misalnya WordPress.


CPC – Cost per click. Biaya per klik. Ini adalah jumlah dolar yang Anda bayar untuk setiap orang yang mengklik iklan Anda.


CPM – Cost Per Mille or cost per thousand impressions. Biaya per 1000 tayangan. Digunakan untuk mengukur tayangan iklan, bukan klik.


CR – Conversion rate. Pengukuran jumlah orang yang mengambil tindakan yang diinginkan dibagi dengan jumlah orang yang dapat melakukannya.


CRO – Conversion rate optimization. Ini mengacu pada langkah-langkah yang Anda ambil untuk meningkatkan tingkat konversi.


CTA – Call to action. Pernyataan yang mendorong audiens untuk melakukan tindakan tertentu. Misalnya: tombol/link BELI SEKARANG, DOWNLOAD, atau DAFTAR SEKARANG. Contoh CTA ada di Galeri Template, di bawah gambar template blog.


CTR – Click-through rate. Persentase orang yang melakukan tindakan mengeklik tautan saat diberi opsi.


ROI – Return on investment. Ini adalah ukuran berapa banyak yang Anda peroleh dengan mempertimbangkan jumlah uang yang Anda keluarkan untuk mendapatkan penghasilan tersebut. ROI bisa diterjemahkan sebagai laba atas investasi.


SMB – Small and midsize/medium businesses. Semacam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.


SMP – Social media platform. Platform media sosial. Di Indonesia, SMP juga sering diartikan sebagai kependekan dari "Sudah Makan Pergi".


SMM – Social media marketing. Pemasaran atau promosi melalui iklan di media sosial.


SMO – Social media optimization. Pengoptimalan media sosial.


SoLoMo – Social, local and mobile. Penggabungan pemasaran seluler dengan upaya pemasaran media sosial yang ditargetkan secara lokal.


SRP – Social relationship platform. Platform terpusat yang memungkinkan Anda mempublikasikan konten di beberapa jaringan media sosial dan kemudian memantau dan menganalisis hasilnya


TOS – Terms of service. Persyaratan layanan (juga dikenal sebagai syarat penggunaan dan syarat dan ketentuan, biasa disingkat KL atau ToS, ToU atau T&C) adalah perjanjian hukum antara penyedia layanan dan orang yang ingin menggunakan layanan itu. Orang tersebut harus setuju untuk mematuhi persyaratan layanan untuk menggunakan layanan yang ditawarkan.


UGC – User-generated content. Isi buatan pengguna. Mengacu pada segala bentuk konten dalam format apa pun yang dibuat oleh pengguna jejaring sosial.

Istilah teknis untuk diketahui pemasar

Singkatan teknis mungkin tidak muncul secara teratur dalam percakapan sehari-hari orang. Tetapi jika Anda bekerja di perusahaan teknologi atau mengelola sosial untuk perusahaan, mengetahui istilah teknis ini dapat membantu Anda terlibat dengan audiens merek Anda. 


Mereka juga bisa berguna dalam percakapan Anda dengan tim TI.


API – Application programming interface. Ini mengacu pada seperangkat aturan yang menentukan bagaimana perangkat lunak berinteraksi satu sama lain.


CX – Customer experience. Pengalaman pelanggan.


ESP – Email service provider. Perangkat lunak (software) yang Anda gunakan untuk mengirimkan email.


GA – Google Analytics. Google Analytics adalah layanan analisis web yang ditawarkan oleh Google yang melacak dan melaporkan lalu lintas situs web, saat ini sebagai platform di dalam merek Google Marketing Platform. Google meluncurkan layanan tersebut pada November 2005.


ISP – Internet service provider. Perusahaan yang mendukung layanan internet Anda.


PV – Page views. Jumlah pengunjung yang mendarat di halaman tertentu.


RSS – Really simple syndication or rich site summary. Umpan (feed) dari semua konten yang diterbitkan dari suatu sumber, biasanya blog.


SaaS – Software as a service. Bagian dari perusahaan yang menyediakan program perangkat lunak yang dapat diakses secara online dan dibayar melalui langganan.


SEM – Search engine marketing. Praktik meningkatkan visibilitas di mesin telusur melalui iklan berbayar. Pasang iklan di Google termasuk SEM.


SEO – Search engine optimization. Pengoptomalan mesin telusur. Sering kali melibatkan perbaikan pada konten situs web Anda dengan tujuan utama peringkat lebih tinggi dalam hasil pencarian yang relevan.


SOV – Share of voice. Jumlah eksposur yang dimiliki perusahaan Anda dibandingkan dengan pesaing.


UI – User interface. Aspek visual dari alat yang digunakan seseorang untuk mengendalikannya. UI adalah bagian visual dari website, aplikasi, software, atau hardware.


URL – Uniform resource locator. Alamat web yang digunakan untuk mengidentifikasi situs web atau halaman. Contohnya: https://www.contohblog.com, https://news.contohblog.com, atau www.sport.contohblog.com


UV – Unique views. Jumlah pengunjung halaman individual. Itu juga bisa berlaku untuk video atau gambar.


UX – User experience. Pengalaman pengguna. Ini mengacu pada praktik terbaik tentang bagaimana orang dapat dengan mudah berinteraksi dan melakukan tindakan dalam situs web atau aplikasi.


130 Singkatan Bahasa Inggris, Kata Gaul, dan Artinya di Media Sosial

Akronim dan slang percakapan internet 

Sebagian besar akronim atau singkatan di media sosial kurang terkait dengan bisnis dan lebih santai dan percakapan. 


Banyak dari mereka telah ada secara online selama bertahun-tahun, sementara yang lain sedikit lebih baru. 


Anda akan sering menemukan akronim ini digunakan di pos publik yang dibuat atau dibagikan pengikut Anda, atau di komentar mereka di pos Anda.


Ada baiknya untuk mengetahui apa arti singkatan media sosial ini sehingga Anda tahu apa yang dikatakan audiens Anda dan memberi mereka tanggapan yang relevan jika diperlukan. 


Beberapa singkatan ini juga digunakan sebagai tagar, dan Anda dapat memanfaatkannya untuk visibilitas yang lebih baik.


AFAIK – As far as I know. Setahu saya.


AMA – Ask me anything. Sering digunakan oleh selebriti, influencer, pakar industri, dan pengguna media sosial biasa sebagai undangan terbuka untuk pertanyaan.


BRB – Be right back. Akan kembali.


BTAIM – Be that as it may.


BTS – Behind the scenes. Di belakang layar, di balik layar. Gunakan akronim media sosial ini saat Anda memberi pengikut Anda tampilan di belakang layar tentang apa yang dilakukan merek Anda.


BTW – By the way


DAE – Does anyone else…?


DYK – Did you know…?


ELI5 – Explain like I’m five. Sering digunakan di forum seperti Reddit ketika orang mencari penjelasan paling sederhana untuk topik yang lebih kompleks. Postingan Reddit di bawah eli5 mengajukan pertanyaan kepada orang-orang tentang topik biologi.


FBF – Flashback Friday. Sebuah tema di mana orang-orang berbagi foto atau postingan lama dengan pengikut mereka.


FBO – Facebook official. Saat Anda membuat pengumuman publik di Facebook tentang acara langsung seperti hubungan baru, perubahan pekerjaan, dll.


FF – Follow Friday. Tren yang dimulai di Twitter dan melibatkan pemberian teriakan kepada orang-orang yang menurut Anda pantas mendapatkan lebih banyak pengakuan dan pengikut.


FOMO – Fear of missing out. Hal ini seringkali memacu keinginan masyarakat untuk mengikuti perkembangan media sosial secara umum, dan juga sering dimanfaatkan untuk pemasaran seperti melalui penawaran terbatas, pengungkapan produk eksklusif dan taktik lainnya..


FTFY – Fixed that for you


FTW – For the win


FYI – For your information


G2G or GTG – Got to go


GG – Good game


GTR – Got to run


HBD – Happy birthday


HIFW – How I feel when…


HMB – Hit me back


HMU – Hit me up


HT or H/T – Hat tip. Digunakan untuk mengakui, menghargai atau berterima kasih kepada pengguna lain.


HTH – Here to help or happy to help


ICYMI – In case you missed it. Biasanya digunakan saat berbagi konten yang tidak terlalu terkini.


IDC – I don’t care. Saya tak peduli.


IDK – I don’t know. Saya tidak tahu.


IKR – I know, right?


ILY – I love you


IMHO – In my humble opinion. Menurut pendapat saya.


IMO – In my opinion


IRL – In real life. Dalam kehidupan nyata.


JK – Just kidding. Hanya bercanda. Digunakan untuk menyampaikan nada ringan.


LMAO – Laughing my a** off


LMK – Let me know


LMS – Like my status. Digunakan untuk mengundang orang untuk terlibat dengan postingan.


LOL – Laughing out loud. Tertawa terbahak-bahak. 


MCM – Man crush Monday. Chipotle menempatkan sentuhannya sendiri pada singkatan ini agar sesuai dengan produk.


MFW – My face when…


MTFBWY – May the Force be with you. Referensi "Star Wars" yang biasa digunakan untuk memberikan dorongan.


NBD – No big deal


NM – Not much


NSFW – Not safe for work

NVM – Never mind

OH – Used as context for quotes

OMW – On my way

OOTD – Outfit of the day


OOT -- Out of Topic. Di luar topik bahasan.

OP – Original poster


OTP – One true pairing. Biasa digunakan di fandom. Mengacu pada dua orang atau karakter fiksi yang Anda anggap pasangan/pasangan yang sempurna.


PPL – People

ROFL – Rolling on the floor laughing

ROFLMAO – Rolling on the floor laughing my a** off

SFW – Safe for work


SMH – Shaking my head. Bikin pusing! Digunakan untuk mengungkapkan keterkejutan atau kekecewaan.


TBH – To be honest

TBBH – To be brutally honest


TBT – Throwback Thursday. Seperti FBF, ini melibatkan berbagi foto atau postingan lama.


TFW – That feeling when… Digunakan untuk berbagi pengalaman yang berhubungan.


TGIF – Thank God it’s Friday

TIL – Today I learned…

TL;DR – Too long; didn’t read


Berikut adalah contoh Slack menggunakan akronim ini bersama dengan beberapa yang lain yang telah kami sebutkan sebelumnya. Ini mungkin terlihat berlebihan, tetapi dalam kasus Slack, ini sesuai dengan kepribadian merek dan menunjukkan upaya untuk menyampaikan pesan dengan jelas dengan sedikit humor.:


TMI – Too much information

WBU – What about you?


WBW – Way back Wednesday. Follows the same theme as FBF and TBT

WFH – Work from home

YOLO – You only live once

Social media slang, bahasa gaul medsos

Sementara akronim media sosial sangat berguna bagi siapa saja yang menangani sosial, pengetahuan tentang bahasa gaul internet sama pentingnya. 


Pengguna media sosial selalu menggunakan bahasa gaul dan singkatan baru. Ini akan membantu Anda memahami audiens Anda dengan lebih baik ketika Anda memahami bahasa gaul media sosial yang paling populer digunakan.


¯\_(ツ)_/¯ – Ekspresi mengangkat bahu digunakan untuk menyampaikan ketidakpedulian. Sering digunakan sebagai pengganti "apa pun", "tidak masalah", "siapa tahu" atau "mengapa tidak"


Clickbait – umpan klik. Praktik menggunakan judul yang provokatif dengan tujuan tunggal untuk mendorong klik. Ini tren situs berita saat ini. Baca: Judul Umpan Klik


Cray – Singkatan dari "crazy" (gila).


Crush it – Ketika seseorang melakukan sesuatu dengan sangat baik, mereka menghancurkannya.


Facepalm – Ketika seseorang melakukan atau mengatakan sesuatu yang sangat bodoh.


Fam – Singkatan dari "family" (keluarga). Mengacu pada seseorang atau sekelompok orang yang Anda anggap keluarga.


Fire – Ketika sesuatu sangat baik. Emoji api sering digunakan untuk tujuan yang sama.


I can’t even – Menunjukkan ketidakmampuan pembicara untuk menyampaikan emosinya karena mereka sangat senang atau frustrasi.


It me – Digunakan ketika seseorang dapat berhubungan dengan sesuatu, biasanya kutipan atau meme. Evernote dengan cerdik menggunakannya dalam tweet berikut di mana ia membagikan fungsi teratas alat dan menggunakan "itu saya" sebagai keterangan.


Lit – Digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang "terjadi" (happening).


On fleek – On point


Savage – Ketika seseorang atau sesuatu sangat keras. Sering digunakan sebagai pujian. Savage dimaknai pula sebagai "nekad".


Slay – Seperti "crsuh it", Anda "membunuh" sesuatu jika Anda melakukannya dengan sangat baik.


Slide into someone’s DMs – Praktik mengirim DM secara acak ke seseorang.


Squad goals – Sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sesuatu yang Anda ingin kelompok Anda untuk menjadi atau capai.


Thirsty – Ketika seseorang terlalu bersemangat atau tampak terlalu putus asa.


Throwing shade – Tindakan mencela atau tidak menghormati seseorang di depan umum. Sering digunakan untuk merujuk pada komentar sarkastik terhadap seseorang atau sesuatu.


Trendjacking – Saat pengguna mengambil alih topik yang sedang tren dengan konten yang tidak relevan.


Yaas – A particularly enthusiastic form of “yes.” You could use as many A’s as you’d like.


Troll -- Orang-orang di dunia internet yang suka memulai perdebatan demi mencari kesenangan. Troll biasanya menuliskan komentar yang bisa memicu seseorang marah atau terganggu.


Flaming -- Setara dengan trolling, tetapi berbeda arti. Flaming lebih mengarah kepada postingan yang sengaja menjelek-jelekkan seseorang. Bukan hanya sekadar memancing saja.


Lurker -- Orang yang datang ke forum, blog, atau situs tapi tidak pernah meninggalkan komentar apa pun. Pada dasarnya kata lurk sendiri memiliki arti bersembunyi. (a person who lurks, in particular a user of an internet message board or chat room who does not participate). Bahasa Indonesia: Lurker artinya "pengintai".


ICD/Idc -- I don’t care. Singkatan yang menyatakan jika sang penulis tidak peduli; masa bodo.

Praktik terbaik dalam menggunakan bahasa gaul dan akronim media sosial

Meskipun pengetahuan tentang akronim media sosial dan slang internet ini penting, itu tidak berarti Anda harus mengisi posting media sosial Anda dengan mereka. 


Berikut adalah beberapa praktik terbaik untuk membantu Anda menggunakannya dengan benar:


1: Pertahankan suara merek Anda


Terlepas dari seberapa baik Anda mengetahui dan memahami bahasa media sosial, Anda harus menggunakannya hanya jika itu benar-benar sesuai dengan suara merek Anda. 


Beberapa akronim yang lebih teknis dan spesifik bisnis akan menjadi kebutuhan bagi perusahaan B2B dan perusahaan yang ingin mempertahankan suara profesional. Tapi itu akan terlihat benar-benar tidak pada tempatnya jika mereka mencoba memanggil pengikut mereka "fam" atau menyebut acara mereka "menyala."


Misalnya, perusahaan seperti Canva mungkin mempertahankan suara merek yang kasual, tetapi tidak berusaha terlalu keras untuk menggunakan singkatan dan slang media sosial populer ini. 


Masih menggunakan nada santai saat menyapa pengikut di media sosial tetapi tidak memaksakan bahasa media sosial yang sedang tren di tempat yang tidak sesuai.


2: Ketahui kapan harus menggunakan bahasa gaul atau akronim yang tepat


Bahkan dalam kasus perusahaan yang memiliki suara merek yang lebih kasual, tidak selalu merupakan ide yang baik untuk menggunakan bahasa media sosial yang kasual. 


Anda harus hati-hati menilai situasi dan mengetahui waktu yang tepat untuk menggunakan akronim yang tepat. Misalnya, pelanggan yang datang kepada Anda dengan keluhan mungkin tidak terlalu menghargainya jika Anda meminta mereka untuk "memukul Anda". Sebaliknya, Anda dapat memberi tahu mereka bahwa Anda "hth."


3: Jangan berusaha terlalu keras


Salah satu hal terburuk yang bisa dilakukan sebuah merek adalah berusaha terlalu keras untuk tetap relevan dan berakhir menjadi bahan tertawaan. 


Praktik terbaik ini sejalan dengan dua tips pertama. Cobalah untuk tidak memaksakannya jika tidak sesuai dengan suara merek Anda atau situasinya. 


Tetapi bahkan jika Anda sendiri tidak akan menggunakan banyak bahasa gaul, memahami akronim media sosial populer ini akan membantu Anda memahami audiens Anda dan balasan mereka dengan lebih baik.


4: Ketahui bahasa gaul yang digunakan audiens Anda


Yang terpenting, ketahuilah dengan tepat bahasa gaul internet seperti apa yang digunakan audiens Anda melalui social listening


Seberapa sering Anda menggunakan akronim dan slang dalam posting di akun media sosial Anda? 


Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on 130 Singkatan Bahasa Inggris, Kata Gaul, dan Artinya di Media Sosial

Contact Form

Name

Email *

Message *