August 19, 2021

Pengertian Propagasi DNS dalam Custom Domain Blogger dan Website WordPress

August 19, 2021

Pengertian Propagasi DNS dalam Custom Domain Blogger dan Website WordPress


Jadi begini. Salah satu blog atau website klien Layanan Premium CB tidak bisa diakses. Website ini dibuat menggunakan CMS WordPress (WP). Blog selfhosted dengan nama domain dan hosting sendiri dan dibuat pake WP.

Cara terbaik mengatasi web tidak bisa diakses adalah kontak atau tanyakan kepada provider hosting. Tentu saja, minta bantuan.

Ini jawabannya. Ternyata ada masalah dengan DNS.

"Saat ini bisa menunggu propagasi terlebih dahulu. Masa Propagasi adalah waktu yang dibutuhkan oleh domain untuk dapat tersambung dengan server di seluruh dunia."

"Untuk masa Propagasi DNS sendiri mempunyai beragam variasi waktu bergantung DNS provider internet yang Anda gunakan, umumnya 1 x 24 Jam. Anda bisa cek prosesnya di sini: Propagasi. Tunggu hingga semua ikon berubah menjadi centang hijau (selesai)."

Dari jawaban CS provider domain hosting via Chat Online itu jadi jelas ya, apa itu propagasi (propagation).

Propagasi juga terkait dengan Custom Domain Blogger. Jika kita gunakan nama domain sendiri untuk blog di Blogger, maka ada masa propagasi. Bisa hitungan menit, bisa juga jam. Biasanya sih hitungan menit.

Untuk memahami pengertian propagasi DNS, kita harus paham dulu pengertian DNS.

    Pengertian DNS

    Apa itu DNS dan bagaimana cara kerjanya?

    Menurut laman Whats My DNS, DNS merupakan singkatan dari Domain Name System. DNS adalah sistem yang digunakan untuk mengubah nama (seperti www.google.com) menjadi alamat IP (seperti 192.168.2.1). 

    Alamat ini digunakan oleh komputer untuk berkomunikasi satu sama lain di internet. Kebanyakan orang menganggap mengingat nama jauh lebih mudah daripada angka, jadi DNS mempermudah proses ini.

    Saat Anda mengunjungi situs web, komputer, ponsel, atau tablet, pertama-tama akan memeriksa cache DNS lokal Anda untuk alamat IP yang sesuai. 

    Jika perangkat Anda belum lama ini mencari situs web ini, maka perangkat tersebut perlu menanyakan server DNS Anda yang dikonfigurasi yang akan meneruskan permintaan ke server DNS yang bertanggung jawab untuk mengelola catatan. Proses ini dikenal sebagai permintaan pencarian DNS.

    Setelah alamat IP diketahui, itu disimpan secara lokal (di perangkat komputer/HP yang Anda gunakan) untuk jangka waktu tertentu yang dikenal sebagai Time To Live (TTL) dan digunakan untuk mempercepat permintaan di masa mendatang. 

    Pengertian Propagasi

    Secara bahasa, pengertian propagasi terkait konteksnya: teknologi internet, pertanian, dan gelombang radio.

    Menurut KBBI, propagasi artinya:
    • pembiakan tanaman atau binatang: -- vegetatif
    • perbanyakan tanaman dengan menggunakan biji atau stek: -- klona
    • perambatan gelombang bunyi, gelombang cahaya, dan sebagainya melalui medium tertentu (udara dan sebagainya): -- bunyi; -- cahaya.
    Kayaknya KBBI harus menambahkan pengertian propagasi yang keempat ya, yaitu terkait DNS atau konteks website (internet).

    Apa itu propagasi DNS?

    Propagasi DNS adalah istilah yang umum digunakan untuk memeriksa status hasil DNS saat ini secara global dan sering ditanyakan tentang kapan perubahan yang dilakukan pada zona DNS tampaknya tidak berfungsi seperti yang diharapkan. 

    Proses ini dapat memakan waktu hanya beberapa menit, tetapi seringkali memakan waktu hingga 48-72 jam dan terkadang lebih lama.

    Meskipun secara teknis DNS tidak menyebar, ini adalah istilah yang sudah dikenal orang. Permintaan DNS diteruskan secara rekursif dan dicari dari resolver yang digunakan secara lokal ke server nama otoritatif sesuai permintaan, lalu di-cache untuk mempercepat permintaan pencarian di masa mendatang. 

    Untuk alasan ini, server DNS yang umum digunakan dari penyedia jaringan besar yang berlokasi di seluruh dunia telah dipilih saat melakukan pemeriksaan DNS.

    Untuk situs web populer, hasil DNS dapat di-cache untuk orang-orang di berbagai belahan dunia menggunakan banyak resolver DNS rekursif yang berbeda. 

    Jika Anda baru saja membuat perubahan pada konfigurasi Anda, dan TTL belum kedaluwarsa, maka beberapa orang mungkin menerima hasil kedaluwarsa yang dapat berarti bahwa mereka melihat versi lama situs web Anda.

    Berapa lama waktu propagasi DNS?

    Berapa lama propagasi DNS biasanya tergantung pada pengaturan TTL record Anda. Ini bisa di mana saja dari beberapa menit hingga 48-72 jam atau lebih lama. 

    Namun, terkadang ada alasan lain untuk waktu propagasi yang lama. Masa propagasi nama domain adalah jeda waktu yang diperlukan sebuah nama domain untuk mengenali atau tersambung dengan server hosting.

    Masalah utama mengapa propagasi DNS bisa memakan waktu lama adalah:

    1. DNS Cache - The Time to Live (TTL)

    DNS Cache - The Time to Live (TTL) adalah durasi di mana data DNS diizinkan untuk 'hidup' di cache perangkat lokal atau resolver DNS. 

    Ketika durasi ini berakhir, perangkat atau server lokal menghapus informasi DNS yang ada dan melakukan pencarian DNS lain untuk mengambil informasi baru. Pengaturan TTL yang lebih tinggi sering kali dapat menyebabkan penundaan dalam propagasi DNS.

    2. ISP

    Penyedia Layanan Internet - ISP Anda juga menyimpan hasil DNS, yang memungkinkan banyak pengguna mengakses situs lebih cepat. 

    Untuk setiap situs web yang diminta, mereka akan meminta server DNS yang bertanggung jawab hanya sekali tetapi mengembalikan hasil yang sama untuk banyak pengguna. 

    Beberapa ISP juga mengabaikan aturan TTL, menyimpan catatan DNS yang di-cache meskipun TTL telah kedaluwarsa. Ini dapat membuat propagasi DNS memakan waktu lebih lama dari yang seharusnya.

    3. Server DNS Lain

    Anda mungkin tidak menggunakan server DNS ISP Anda, jika ini masalahnya, maka masalah yang sama yang mungkin menyebabkan penundaan masih dapat berlaku.

    4. Registrar Domain Name

    Pencatat Nama Domain. Saat mengubah hosting web atau penyedia DNS untuk domain Anda, seringkali juga diperlukan untuk memperbarui server nama otoritatif Anda. 

    Perubahan ini perlu tercermin dalam server nama TLD yang sesuai untuk nama domain Anda. Misalnya, jika Anda ingin mengubah catatan NS untuk example.com, maka server nama TLD .com juga perlu diperbarui yang dapat menyebabkan penundaan dalam propagasi DNS.

    Nah, itu dia pengertian propagasi DNS, terkait website tidak bisa diakses, baik karena baru dibuat maupun ada masasalah error. Propagasi juga terkait proses Custom Domain Blogger.*

    Previous
    « Prev Post
    Author Image

    CB Blogger

    Recommended Posts

    Related Posts

    Show comments
    Hide comments

    No comments on Pengertian Propagasi DNS dalam Custom Domain Blogger dan Website WordPress

    Post a Comment

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *