Cara Menghasilkan Uang dari Internet


Internet bukan hanya sumber informasi dan memudahkan koneksi, tapi juga bisa menjadi sumber penghasilan. Berikut ini 21 cara menghasilkan uang dari internet atau make money online.

Blogging dan Vlogging di Youtube (jadi Youtuber) hanyalah dua dari sekian cara untuk menjadi technopreneur --sebutan bagi wirausaha yang memanfaatkan teknologi internet. 

Youtuber bahkan menjadi "impian" banyak orang, dalam arti Youtuber dengan jutaan subscriber dan penghasilan ratusan juta hingga miliaran rupiah.

Dari cara-cara menghasikan uang dari internet di bawah ini, sebagian mungkin sudah Anda lakukan. Sebagian lagi bisa menjadi peluang dan inspirasi baru.

12 Cara Menghasilkan Uang dari Internet juga semoga bermanfaat bagi yang terdampak pandemi --kehilangan pekerjaan.

Dalam laporan ketenagakerjaan terbaru, Departemen Tenaga Kerja mengatakan bahwa empat juta orang Amerika berhenti dari pekerjaan mereka pada April 2021 saja—lonjakan terbesar dalam sejarah. 

Tentu, ekonomi sedang booming dan ada lebih banyak peluang kerja, tetapi ada motivasi lain yang dipicu oleh pandemi: menghasilkan uang secara online. 

Lagi pula, siapa yang ingin kembali ke kantor setelah lebih dari setahun bekerja dari jarak jauh atau work from home (WFH)? 

Ternyata hari-hari ini, Anda tidak perlu pergi ke kantor jika memungkinkan untuk mendapatkan uang secara online, sehingga Anda dapat berkeliling dunia atau tinggal di mana pun Anda suka.

Plus, sementara pandemi menghancurkan banyak industri, itu memicu pertumbuhan pesat di industri lain—terutama perusahaan online yang membantu orang menghasilkan uang. 

Misalnya, bisnis bidang pendidikan, bermunculan "les online" atau "bimbel online", yang menghubungkan siswa dengan pakar materi pelajaran. Bidang ini mengalami lonjakan penggunaan empat kali lipat pada tahun 2020. 

Demikian pula, komunitas pembelajaran bahasa yang menghubungkan siswa dan guru untuk satu-on- satu pelajaran bahasa online, mengalami peningkatan lebih dari 100% dalam pertumbuhan penggunaan pelanggan pada tahun lalu. 

Ternyata, banyak orang melihat pandemi virus corona sebagai peluang untuk mengubah gaya hidup dan untuk mengganti beberapa aktivitas lama dengan yang baru (new normal).

12 Cara Menghasilkan Uang dari Internet 

Berikut adalah beberapa ide segar untuk cara mudah menghasilkan uang dan bekerja dari rumah—atau di mana saja. Atau mungkin Anda bahkan tidak bekerja sama sekali dan hanya ingin melakukan tugas online sederhana yang akan menghasilkan uang. 

1. Ajarkan Bahasa Asing

Anda tidak perlu menjadi guru terlatih untuk menghasilkan uang dari internet dengan bisnis bidang pendidikan.

Anda bisa merintis sebuah platform di mana jutaan pengguna membayar penutur asli di seluruh dunia untuk belajar bahasa asing. Mulai dari pelajaran bahasa hingga sesi percakapan. 

Anda menetapkan harga, dan semakin banyak ulasan bagus yang Anda dapatkan, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan. 

Tidak seperti mengajar di sekolah, ada banyak kebebasan—Anda dapat memilih siswa yang ingin diajak bekerja sama, membuat pelajaran yang disesuaikan, merencanakan kelas sesuai jadwal, dan mengajar dari mana pun Anda mau. 

Bahasa seperti Inggris dan Spanyol sangat diminati, tetapi langit adalah batasnya —orang-orang bahkan mengajarkan bahasa langka seperti Basque, Esperanto, dan bahasa isyarat. 

2. Isi Survei

Apakah Anda suka berbagi pendapat tentang berbagai hal? Survei adalah alat yang hebat—dan mudah—untuk menghasilkan uang secara online. 

Salah satu outlet terbesar untuk ini adalah Vindale. Cara kerjanya: Anda membagikan informasi demografis tentang diri Anda, kemudian perusahaan akan mencocokkan Anda dengan survei yang membayar Anda untuk menjawab pertanyaan atau menguji produk. 

Situs survei serupa lainnya termasuk Survey Junkie, InboxDollars, Product Report Card dan Survey Club. Dan inilah masalahnya: Semakin banyak Anda mendaftar, semakin banyak uang yang dapat Anda hasilkan.

3. Lakukan Apa yang Selalu Anda Lakukan

Ingin mendapatkan uang di samping? Salah satu perusahaan populer, Swagbucks, menjalankan program loyalitas dan penghargaan konsumen gratis yang membayar Anda untuk menyelesaikan aktivitas sehari-hari yang sudah Anda lakukan secara online—seperti menelusuri web, bermain game, menonton video, atau berbelanja online. 

Anda akan mendapatkan hadiah dalam bentuk poin, yang disebut SB, yang dapat ditukarkan dengan kartu hadiah atau uang tunai.

4. Guru Seseorang

Karena begitu banyak sekolah yang online selama setahun terakhir, dunia bimbingan belajar telah meledak, membuka jalan bagi perusahaan platform bimbingan belajar online.

Pandemi tidak hanya menciptakan kebutuhan mendesak untuk solusi pembelajaran jarak jauh seperti les online, tetapi juga menerangi kebutuhan berkelanjutan akan dukungan akademik yang dipersonalisasi untuk siswa, baik untuk mengatasi kesenjangan pembelajaran atau untuk membantu siswa mencapai tujuan yang lebih tinggi untuk diri mereka sendiri.

5. Afiliasi

Pernahkah Anda mendengar bahwa pemasaran afiliasi bisa menguntungkan, tetapi tidak benar-benar tahu apa itu atau harus mulai dari mana? 

Afiliasi pemasaran (affiliate marketing) adalah cara untuk menghasilkan uang dengan merekomendasikan produk atau layanan yang akan pay Anda komisi untuk merujuk pengguna. 

Ini dapat dilakukan dengan meluncurkan blog, kanal YouTube, situs web, daftar email, atau halaman media sosial, lalu memasukkan tautan afiliasi. 

Tapi di sinilah hal itu menjadi luar biasa: Pilihannya tidak terbatas ketika datang ke perusahaan dengan program afiliasi yang akan membayar Anda uang. 

Cuelinks membantu memotong kekacauan dengan menghubungkan Anda ke perusahaan yang akan membayar Anda untuk tautan Anda, dan ini membantu pengusaha yang memiliki keterampilan membuat konten tetapi tidak memiliki jangkauan dan lalu lintas. 

Cara kerjanya: Perusahaan mengirimkan lalu lintas keluar dengan cara Anda dan membantu Anda memonetisasi konten Anda secara efektif dengan sedikit usaha.


6. Jaringan

Apakah Anda seorang ahli jaringan? Lihat WebTalk, yang menggunakan platform jaringan pribadi dan profesional generasi berikutnya dan berbagi pendapatan dengan penggunanya. 

Dengan alat ini, siapa pun yang ingin menggunakan media sosial untuk memulai atau mengembangkan bisnis (apakah itu penuh waktu atau pekerjaan sampingan) dapat mengatur kontak media sosial mereka dan menargetkan konten yang khusus untuk grup. 

Pengguna mendapatkan poin—dan pendapatan—hanya dengan menggunakan situs. Keuntungan lain dari WebTalk: Anda dapat memposting di media sosial secara publik atau menargetkan postingan, membuatnya lebih mudah untuk mendapatkan informasi yang tepat di depan orang yang tepat—dan menghasilkan uang.

7. Mulai Bisnis Anda Sendiri

Ingin meluncurkan bisnis dan menciptakan karir yang menggiurkan yang bisa Anda lakukan dari rumah? 

Breakaway Bookkeeping & Advising memiliki model waralaba unik yang memungkinkan Anda meluncurkan bisnis sebagai akuntan, pemegang buku, CFO virtual atau lebih, menawarkan layanan akuntansi jarak jauh untuk bisnis kecil. 

Selain itu, Anda tidak perlu menjadi seorang akuntan untuk bergabung, jadi ini adalah karir yang ideal bagi seseorang yang ingin benar-benar berpindah bidang atau mencari lebih banyak fleksibilitas dalam keseimbangan kerja/kehidupan mereka. 

8. Membuat Produk

Apakah Anda memiliki keterampilan kreatif? Di Etsy, pengrajin dapat memperoleh uang dari menjual produk yang mereka buat—meski kenyataannya dibutuhkan banyak kerja keras untuk benar-benar bersaing di dunia itu, karena penjual harus mengurus setiap aspek bisnis mereka, mulai dari pembuatan hingga eksekusi. untuk pengiriman. 

Konsep baru yang membuat segalanya lebih mudah bagi seniman independen adalah Redbubble, layanan print-on-demand yang memungkinkan pengguna mendesain dan menjual karya mereka. 

Seniman memilih karya mana yang ingin mereka tampilkan, lalu Redbubble mengatur semua pencetakan pada lebih dari 60 produk (termasuk T-shirt, mug, dan tatakan gelas), lalu mengirimkannya ke hampir semua tempat di dunia.

9. Jual Barang Baru

Inilah kata baru dan konsep baru untuk ditambahkan ke kotak alat penghasil uang online Anda: dropshipping. 

Dengan konsep pintar ini, Anda bisa menjual barang yang tidak Anda miliki. Apa yang Anda lakukan adalah merancang situs web e-commerce dan membuat daftar produk untuk dijual. 

Tetapi tidak seperti toko tradisional yang menyimpan inventaris, Anda tidak benar-benar memesan produk sampai pelanggan memesan dengan Anda. Kemudian dikirim langsung ke klien Anda. 

Clearinghouse utama untuk dropshipping adalah perusahaan bernama Shopify, yang menawarkan solusi satu atap yang mudah untuk memulai, menjalankan, dan mengembangkan bisnis seperti ini.

10. Jual Barang 

Lihatlah ke sekeliling Anda—mungkin ada banyak sekali barang yang dapat Anda jual, termasuk ponsel cerdas, tablet, laptop, CD, DVD, buku, dan banyak lagi. 

Faktanya, menurut survei baru-baru ini, orang Amerika memiliki $43 miliar produk teknologi yang tidak terpakai di rumah mereka, yang menghasilkan teknologi senilai sekitar $199 per rumah tangga. 

Dengan situs Decluttr, konsumen dapat menjual teknologi mereka secara gratis dan mendapatkan pembayaran sehari setelah barang mereka diterima di gudang. 

Decluttr menyediakan label pengiriman gratis, memungkinkan Anda untuk mencetak, mengemas, dan mengirim langsung dari rumah Anda, tanpa harus pergi ke toko fisik. 

Perusahaan lain yang membantu orang-orang menjual kembali produk teknologi mereka dengan cara yang ramah lingkungan adalah ecoATM Gazelle, peredam limbah elektronik yang menyediakan platform yang aman dan sederhana untuk menjual barang elektronik lama, sekaligus membuat dunia menjadi tempat yang lebih hijau dan lebih bahagia. 

11. Beli Barang

Apakah Anda berbelanja online? Daftar ke Rakuten, yang bekerja dengan ribuan pengecer online dan akan memberi Anda uang kembali untuk semua pembelian. 

Ini juga akan membayar Anda uang untuk orang yang Anda referensikan. Platform serupa lainnya adalah Honey, yang mengatur penjualan internet dan juga akan membayar Anda untuk merujuk teman.

12. Investasi

Selalu ingin berinvestasi di pasar saham tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Lihat Robinhood, aplikasi yang memelopori perdagangan bebas komisi. 

Perusahaan—yang baru-baru ini go public—bertekad untuk mendemokratisasikan investasi dan membuka pasar bagi investor muda. Selain itu, karena Robinhood tidak memiliki minimum akun, Anda dapat segera memulai perdagangan saham hanya dengan fdolar baru. Alat investasi mudah lainnya adalah Acorns. 

Begini cara kerjanya: Setiap kali Anda melakukan pembelian, Acorns mengumpulkan jumlahnya, mengambil selisihnya dan menginvestasikan dana untuk Anda, menciptakan aliran pendapatan pasif yang dapat berubah menjadi uang sungguhan.

Sumber: Forbes.


Post a Comment