5 Tema WordPress Paling SEO Friendly

Top 5 Best SEO Friendly WP Themes Free Download. Posting ini untuk Anda yang sedang mencari template atau Tema WordPress paling SEO Friendly.


Sebelumnya, CB sudah berbagi 10 tema WordPress Gratis Terbaik Free Download, bagi Anda yang membuat website atau blog di WordPress, tepatnya blog selfhosted dengan CMS WordPress, seperti Contoh Blog ID.


Itu postingan sudah lama sekali, meski masih berlalu bagi pencari tema wordpress gratis SEO Friendly. Anggap saja ini updatenya.


Soal Tema WordPress Paling SEO Friendly ini, CB nggak sok tau! CB share tema WP terbaik ini dari ulasan Search Engine Journal (SEJ). Judulnya: "Best WordPress Theme for SEO" atau Tema WordPress Terbaik untuk SEO.


Kenapa tema harus SEO? Ini dibahas lebih awal, sebelum ke daftar 5 Tema WordPress Paling SEO Friendly.

Pentingnya Tema WordPress SEO Friendly

Menggunakan tema WordPress ramah SEO sangat penting untuk peringkat blog atau web di hasil pencarian.

Berikut ini Cara Memilih Tema WordPress Terbaik untuk SEO. 

Hal pertama perlu diingat, desain website/blog tidak mengutamakan keindahan, namun kecepatan tampilan (fast loading), ramah seluler (mobile-friendly), ramah pengguna (user friendly), dan navigasi menu yang baik untuk pengguna dan mesin telusur.

Lihat alasan mengapa website harus fast loading menurut Google sendiri.

Tema WordPress Anda merangkum aura brand web Anda dan membantu memberikan pengalaman pengguna (user experience) yang baik. Tetapi orang sering melupakan aspek optimisasi mesin pencari (SEO).

Tema WordPress yang tidak ramah-SEO (atau lebih buruk, membengkak dan lambat) dapat menjadi penghalang nyata dalam pertempuran yang sangat kompetitif untuk tampil di peringkat atas halaman hasil mesin pencari (SERP).

Peringkat yang lebih tinggi di SERP dapat mendorong lebih banyak lalu lintas pengunjung organik, prospek, dan pendapatan — ini adalah salah satu elemen yang benar-benar ingin Anda perbaiki.

Dalam panduan ini, Anda akan mempelajari apa itu tema ramah-SEO, apa yang harus Anda pertimbangkan saat memilih satu, dan lima tema WordPress mana yang terbaik untuk SEO.

Ciri-Ciri Tema WordPress SEO

Tema WordPress yang dibangun dengan optimasi mesin pencari membantu situs web mencapai peringkat yang lebih baik di SERP.

Tema WordPress yang dioptimalkan dibuat untuk meningkatkan upaya SEO Anda dan memberikan pengalaman pengguna yang luar biasa.

Ada ribuan tema untuk dipilih pengguna WordPress dan ribuan lainnya dari penyedia pihak ketiga. 

Sebagian besar dari tema-tema ini membuat situs web WordPress Anda terlihat memukau, tetapi sekilas di bawah tenda bisa menceritakan kisah yang berbeda.

Pengkodean yang buruk, kecepatan pemuatan yang lambat, dan kurangnya dukungan plugin dapat bersembunyi di balik fasad yang indah. Semua kekurangan ini mempengaruhi peringkat mesin pencari.

Ketika Anda memiliki masalah SEO teknis yang signifikan, Google tidak akan mempercayai situs web Anda sebagai otoritas industri, dan Anda mungkin akan kesulitan untuk mencapai halaman pertama hasil pencarian.

Di sisi lain, tema WordPress terbaik untuk SEO sama-sama menakjubkan dan dioptimalkan dengan teknik SEO terbaru. Mereka akan memiliki:
  1. Desain yang responsif (mobile friendly).
  2. Kode bersih.
  3. Kecepatan pemuatan cepat (fast loading).
  4. Dan mereka akan membiarkan Anda mengoptimalkan situs WordPress Anda dengan mudah.

Cara Memilih Tema WordPress Terbaik untuk SEO

Jadi, bagaimana Anda memilih tema WordPress yang SEO-friendly?

Anda harus:

1. Pilih Tema Responsif

Perangkat seluler (tidak termasuk tablet) menyumbang lebih dari 54% tampilan halaman web di seluruh dunia.

Mayoritas pengguna ponsel cerdas mencari situs web, produk, dan konten terkait di ponsel mereka. Lagi pula, ketika Anda mendengar tentang produk keren, Anda biasanya tidak ingin menunggu sampai di rumah untuk memeriksanya.

Tema WordPress yang ramah SEO memiliki tata letak yang responsif. Situs web WordPress yang responsif akan menyesuaikan dengan berbagai ukuran layar di seluruh perangkat dengan mudah.

Dengan begitu, pembeli seluler tidak akan disambut dengan beranda e-niaga yang tidak disesuaikan dengan baik saat mereka mengeklik.

Google lebih menyukai situs web yang ramah seluler dan menawarkan alat di mana Anda dapat menguji bagaimana tarif situs web Anda.

2. Pilih Tema yang Mendukung Sebagian Besar Plugin

Plugin WordPress membantu membuka potensi sejati situs web Anda dengan fitur tambahan untuk pengguna dan pemilik situs web.

WooCommerce, Jetpack, Akismet, dan Google Analytics adalah plugin yang populer. Anda juga dapat mengunduh plugin SEO terbaik untuk mempermudah pengoptimalan.

Tema WordPress yang Anda pilih harus mendukung plugin populer, terutama yang Anda gunakan secara teratur.

W3 Super Cache adalah contoh plugin yang selalu aktif karena mempertahankan kecepatan halaman yang optimal. Anda tidak ingin itu gagal karena Anda mengganti tema.

3. Pilih Tema dengan Kode Bersih

Situs web Anda terdiri dari kode-kode. Jika kode ini ditulis dengan buruk, ini dapat memengaruhi keamanan, kecepatan, dan sumber daya situs web Anda.

Hal yang sama berlaku untuk tema WordPress.

Tema WordPress terbaik untuk SEO memiliki kode bersih yang membuatnya lebih aman dan andal, dengan waktu henti yang lebih sedikit.

Kode bersih dan SEO berjalan beriringan. Ini karena tema kode-WordPress yang bersih meningkatkan kecepatan memuat halaman dan peringkat SEO.

Misalnya, tema yang dioptimalkan dengan kode bersih mempercepat pembaruan elemen SEO penting seperti meta, judul, dan tag header. Ini membantu mesin pencari untuk:
  • Menemukan tag ini dengan cepat.
  • Menjelajahi situs web Anda dengan mudah.

Untuk menganalisis tema WordPress pilihan Anda dan memastikannya memiliki kode bersih yang sesuai dengan konvensi pengkodean WordPress standar, Anda dapat menggunakan plugin Theme Check.

Yang harus Anda lakukan adalah:
  1. Instal tema pilihan Anda ke WordPress.
  2. Instal dan aktifkan plugin Theme Check.
  3. Pergi ke Appearance dan pilih Theme Check dari daftar.
  4. Klik pada tema yang Anda pilih dari drop-down.
  5. Tekan Periksa!
Perhatikan bahwa tema WordPress gratis tidak memiliki kode terbersih dan dapat menimbulkan ancaman keamanan, terutama jika pengembang menyalin dan mengubah kode dari sumber online.

4. Pilih Tema yang Berfungsi di Banyak Peramban (Browser)

Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, dan Opera adalah browser desktop dan seluler yang umum digunakan, tetapi ada beberapa lagi. 

Anda tidak perlu memenuhi semuanya, tetapi tema Anda harus berfungsi di semua browser paling populer.

Tema WordPress yang ramah SEO melayani semua browser populer, membuatnya nyaman bagi pengguna untuk membaca dan membagikan konten Anda, apa pun pilihan browser mereka.

Selain mendukung browser yang berbeda, periksa kompatibilitas versi. Tidak semua orang menggunakan versi browser terbaru. Seringkali pembaruan tertunda berdasarkan perangkat atau sistem operasi yang mereka gunakan.

Idealnya, situs web Anda harus bekerja dengan lancar di lima versi terakhir dari peramban Windows, iOS, Android, dan Linux paling populer.

5. Pilih Tema dengan Plugin Pembuat Halaman (Page Builder)

Pembuat halaman adalah plugin WordPress yang memudahkan untuk membuat tata letak situs web Anda melalui fitur drag-and-drop. 

Anda dapat dengan cepat memilih dari opsi tata letak yang dibuat sebelumnya dan menyeret dan melepaskan elemen untuk menempatkannya di tempat yang Anda inginkan.

Pembuat halaman adalah pilihan yang sangat baik untuk pembuatan situs web yang mudah, dan sebagian besar tema WordPress premium menawarkannya. 

Jika Anda adalah agensi pemasaran digital yang bekerja dengan banyak klien, Anda dapat menggunakan pembuat halaman untuk menyiapkan beberapa situs web dengan cepat.

Tetapi pembuat halaman memiliki beberapa masalah.

Pembuat halaman menghasilkan banyak kode, dan, seperti yang disebutkan sebelumnya, situs web yang membengkak itu lambat. Ini buruk untuk SEO.

Lebih penting lagi, ketika Anda membuat situs web menggunakan pembuat halaman dan kemudian mengganti tema, tata letak — dan akibatnya, konten di dalamnya — akan memerlukan beberapa pengeditan. 

SEO teknis dan pada halaman Anda dapat terpengaruh, jadi pastikan untuk memperhitungkan SEO selama modifikasi desain web WP Anda.

Pilih tema yang memiliki built-in plugin pembuat halaman populer. Atau, instal plugin pembuat halaman terpisah yang berfungsi di sebagian besar tema.

6. Pilih Tema Cepat Tampil (Fast Loading)

Pengguna memiliki rentang perhatian yang sangat pendek. Banyak yang akan pergi jika situs web membutuhkan waktu lebih dari beberapa detik untuk dimuat. Kecepatan halaman sangat penting untuk SEO.

Meningkatkan kecepatan halaman telah menunjukkan hasil yang luar biasa. Sebuah studi Deloitte Digital dan Google menunjukkan bahwa penurunan waktu buka sebesar 0,1 detik menyebabkan peningkatan 8% dalam konversi di situs web e-niaga.

Sangat menggoda untuk memilih tema dengan harga terjangkau dengan daftar fitur, seperti widget khusus atau Google Font. Tetapi jika Anda tidak benar-benar menggunakan fungsi-fungsi ini, maka itu hanya memperlambat situs web Anda.

Anda harus memilih tema WordPress yang cepat, ringan, dan dapat disesuaikan hanya dengan fitur yang Anda butuhkan. Atau, Anda dapat memilih tema yang dioptimalkan untuk SEO yang memungkinkan Anda menonaktifkan fungsi yang tidak Anda gunakan.

Gunakan Google Search Console untuk mengetahui seberapa cepat situs web Anda dan lihat apakah itu melambat setelah Anda memasang tema.

7. Pilih Tema yang Diperbarui Secara Teratur

Pembaruan tema reguler sangat penting untuk keamanan dan perbaikan bug. Anda tidak ingin tema WordPress yang diperbarui setahun sekali.

Pengembang menggunakan pembaruan untuk menyediakan patch keamanan terbaru, memperbaiki bug, mengatasi masalah kompatibilitas dengan browser dan plugin terbaru, dan membersihkan kode lama.

SEO Anda terpukul saat Anda menggunakan tema yang sudah ketinggalan zaman. Jika tema Anda tidak kompatibel dengan versi terbaru Google Chrome, itu tidak akan dimuat. Anda akan kehilangan potensi lalu lintas yang dihasilkan oleh pengguna Chrome dan memberi pesaing Anda kesempatan untuk melompati Anda.

Tema usang mungkin juga memiliki fungsionalitas terbatas pada perangkat dan browser yang lebih baru.

8. Pilih Tema dengan Rating Bagus

Cara termudah untuk mengidentifikasi tema WordPress terbaik untuk SEO adalah dengan memeriksa ulasan dan peringkat pengguna. Jangan hanya memeriksa ulasan dan testimonial di situs web resmi tema — periksa juga peringkat di situs web pihak ketiga dan media sosial.

Pengguna mungkin tidak meninggalkan ulasan yang berfokus pada SEO, tetapi mereka akan sering mencantumkan hal-hal seperti "kecepatan pemuatan lambat" atau "tidak ramah seluler". Bandingkan ini dengan daftar periksa SEO Anda untuk memahami seberapa dapat digunakan dan dibangun dengan baik tema tersebut.

Bandingkan masalah umum pengguna dengan masalah yang dapat memengaruhi situs web Anda secara umum, dan hindari tema tersebut.

Meskipun sejumlah kecil keluhan terkait kecepatan di lautan ulasan positif tidak masalah, Anda harus menghindari tema dengan sebagian besar ulasan buruk.

Tema WordPress Paling SEO Friendly

Ini dia Top 5 Tema WordPress Terbaik untu SEO:
  • Neve
  • Astra.
  • Kadence.
  • Hello by Elementor.
  • GeneratePress.

Jika Anda mencari tema WordPress terbaik untuk SEO, ini dia. Mari kita lihat lebih dalam masing-masing:

1. Neve

Neve adalah tema WordPress terbaik yang fleksibel sekaligus serbaguna. Tema ini cocok untuk berbagai jenis website. Walau tema WP SEO Friendly ini dikemas dengan desain yang ringan dan minimalis, Neve pun dilengkapi dengan fitur yang dapat dikembangkan.

Neve WP Theme SEO

Tema ini teroptimasi dengan SEO dan loadingnya cepat, sehingga membuat website yang menggunakan tema ini mudah mencapai ranking tinggi pada SERP. Neve juga kompatibel dengan editor Gutenberg WordPress dan page builder populer lainnya seperti Beaver Builder, Divi, Elementor, StiteOrigin, dan Visual Composer.

Catatan: 5 Tema WordPress Paling SEO Friendly versi SEJ sebenarnya nomor 1 Divi. Namun, karena Divi hanya ada premium, maka CB ganti dengan Neve yang juga bagus banget buat SEO web WP Anda.

2. Astra

Astra adalah tema WordPress yang kuat dengan templat halaman siap pakai retina yang sesuai dengan bisnis yang berbeda. Kodenya yang ringan dan kecepatan memuatnya yang cepat menjadikannya pilihan yang sangat baik untuk tema WordPress yang ramah SEO.

Astra Tema WP SEO

Astra mendukung plugin WordPress paling populer, termasuk Yoast SEO dan All in One SEO. Ini juga mendukung pembuat halaman drag-and-drop seperti WPBakery.

3. Kadence

Kadence adalah tema WordPress multiguna yang memungkinkan Anda membuat situs web secepat kilat dalam hitungan menit. Ini memiliki template untuk merek, influencer, usaha kecil, e-commerce, dan agensi.

Kadence Tema WP SEO

Tema WP untuk SEO ini juga terintegrasi dengan plugin utama, termasuk Elementor, WooCommerce, dan Beaver Builder.

Kadence dibangun dengan praktik SEO terbaik untuk markup dan skema dan memungkinkan Anda menyesuaikan setiap elemen situs web Anda — termasuk gaya tajuk, warna, dan tipografi — dengan mudah.

4. Hello by Elementor

Dibangun dengan kode ramping dan tidak mengganggu, Hello by Elementor adalah tema WordPress yang sempurna untuk SEO.

Hello by Elementor

Ini sangat ringan, responsif, dan mengklaim memuat situs web dalam seperempat detik. Situs web yang lebih cepat menghasilkan rasio pentalan yang lebih rendah dan pengguna yang lebih bahagia.

Meskipun fokus pada kecepatan dan menggunakan sumber daya minimal, Hello masih menawarkan ratusan template, banyak opsi penyesuaian, dan pembaruan rutin. Ini juga memiliki dukungan RTL.

5. GeneratePress

Baik Anda seorang freelancer, startup, atau agensi, GeneratePress adalah tema WordPress yang bagus untuk SEO.

GeneratePress

Cepat, ringan, dan mudah diakses. Versi gratis dari tema ini difokuskan pada kecepatan dan kinerja, yang merupakan elemen SEO yang penting.

Itu dia 5 Tema WordPress Paling SEO Friendly. Lebih SEO lagi jika menggunakan versi premiumnya. Semua tema wordpress terbaik untuk SEO di atas tersedia versi gratis. 

Di Dashboard WP Anda, tinggal klik Theme > New Theme dan cari nama temanya.

Rekomendasi CB

Jika memilih tema premium, CB rekomendasikan membeli tema WP buatan dalam negeri alias anak bangsa Indonesia. 

CB rekomendasikan Tema Premium Kentooz Theme yang sudah terbukti bagus, SEO, full support, dan terpenting... konsultasinya bisa dalam bahasa Indonesia.

Kentooz Tema WP SEO Indonesia

Untuk hostingnya, CB rekomendasikan Niagahoster yang terbukti terbaik!

Good Luck and Happy Blogging!

Post a Comment