Sejarah komputer berawal dari abad ke-19, ketika Charles Babbage mencoba untuk mendesain komputer mekanik yang bernama Mesin Analitikal. Desain ini menjadi basis kerangka desain komputer sekarang.


Sejarah Komputer

Sebagai pengguna komputer, tentu kita ingin tahu dong sejarah komputer? Generasi Z yang lahir tahun setelah tahun 2000-an mungkin tidak mengalami penggunaan komputer "jadul" berukuran besar, meski sekarang masih ada.

Kini eranya komputer portabel yang disebut laptop atau notebook dan yang berukuran lebih kecil bernama netbook.

Setelah netbook, muncul lagi tablet dan kini ponsel pintar (smartphone) yang juga bisa menjalankan fungsi komputer.

Saat ini jenis-jenis komputer memang beragam, mulai dari Personal Computer (PC), Desktop, Laptop, Netbook, Personal Digital Assistant (PDA), Workstation, Server, Mainframe, Superkomputer, dan Wearable Computer seperti Apple iWatch. (Howstuffwork)

Sejarah Komputer

Sejarah komputer bermula ketika seorang profesor matematika Inggris Charles, Babbage, tahun 1822, merancang komputer era Victoria yang disebut Analytical Engine. 


Komputer lahir bukan untuk hiburan atau email, tetapi karena kebutuhan untuk memecahkan krisis angka yang serius. 

Tahun 1880, populasi Amerika Serikat tumbuh pesat sehingga butuh lebih dari tujuh tahun untuk membuat tabulasi hasil sensus penduduk. Pemerintah mencari cara yang lebih cepat untuk menyelesaikan pekerjaan, memunculkan komputer berbasis punch-card yang memenuhi seluruh ruangan.

Sejarah singkat komputasi berikut adalah garis waktu (time line) tentang bagaimana komputer berevolusi, dari awal yang sederhana menjadi mesin saat ini yang menjelajahi Internet, bermain game, dan streaming multimedia, selain menghitung angka.

1801: Di Prancis, Joseph Marie Jacquard menciptakan alat tenun yang menggunakan kartu kayu berlubang untuk menenun desain kain secara otomatis. Komputer awal akan menggunakan kartu punch serupa.

1822: Matematikawan Inggris Charles Babbage menyusun mesin hitung bertenaga uap yang dapat menghitung tabel angka. Proyek yang didanai oleh pemerintah Inggris itu gagal. Namun, lebih dari satu abad kemudian, komputer pertama di dunia benar-benar dibuat.

1890: Herman Hollerith merancang sistem kartu punch untuk menghitung sensus 1880, menyelesaikan tugas hanya dalam tiga tahun dan menghemat $ 5 juta pemerintah. Dia mendirikan sebuah perusahaan yang pada akhirnya akan menjadi IBM.

1936: Alan Turing menyajikan gagasan tentang mesin universal, yang kemudian disebut mesin Turing, yang mampu menghitung apa pun yang dapat dihitung. Konsep sentral dari komputer modern didasarkan pada ide-idenya.

1937: J.V. Atanasoff, seorang profesor fisika dan matematika di Iowa State University, mencoba membangun komputer pertama tanpa roda gigi, cam, sabuk, atau poros.

1939: Hewlett-Packard didirikan oleh David Packard dan Bill Hewlett di garasi Palo Alto, California, menurut Museum Sejarah Komputer.

1941: Atanasoff dan mahasiswa pascasarjananya, Clifford Berry, merancang komputer yang dapat menyelesaikan 29 persamaan secara bersamaan. Ini menandai pertama kalinya komputer dapat menyimpan informasi pada memori utamanya.

1943-1944: Dua profesor Universitas Pennsylvania, John Mauchly dan J. Presper Eckert, membangun Electronic Numerical Integrator and Calculator (ENIAC). Dianggap sebagai kakek dari komputer digital, ia mengisi ruangan berukuran 20 kali 40 kaki dan memiliki 18.000 tabung vakum.

1946: Mauchly dan Presper meninggalkan Universitas Pennsylvania dan menerima dana dari Biro Sensus untuk membangun UNIVAC, komputer komersial pertama untuk aplikasi bisnis dan pemerintahan.

1947: William Shockley, John Bardeen dan Walter Brattain dari Bell Laboratories menemukan transistor. Mereka menemukan cara membuat saklar listrik dengan bahan padat dan tidak membutuhkan ruang hampa.

1953: Grace Hopper mengembangkan bahasa komputer pertama, yang akhirnya dikenal sebagai COBOL. Thomas Johnson Watson Jr., putra CEO IBM Thomas Johnson Watson Sr., menyusun IBM 701 EDPM untuk membantu PBB mengawasi Korea selama perang.

1954: Bahasa pemrograman FORTRAN, singkatan dari FORmula TRANslation, dikembangkan oleh tim programmer di IBM yang dipimpin oleh John Backus, menurut University of Michigan.

1958: Jack Kilby dan Robert Noyce mengungkap sirkuit terintegrasi, yang dikenal sebagai chip komputer. Kilby dianugerahi Hadiah Nobel dalam Fisika pada tahun 2000 untuk karyanya.

1964: Douglas Engelbart menunjukkan prototipe komputer modern, dengan mouse dan antarmuka pengguna grafis (GUI). Ini menandai evolusi komputer dari mesin khusus untuk ilmuwan dan matematikawan ke teknologi yang lebih mudah diakses oleh masyarakat umum.

1969: Sekelompok pengembang di Bell Labs memproduksi UNIX, sebuah sistem operasi yang menangani masalah kompatibilitas. Ditulis dalam bahasa pemrograman C, UNIX portabel di berbagai platform dan menjadi sistem operasi pilihan di antara mainframe di perusahaan besar dan entitas pemerintah. Karena sifat sistem yang lambat, tidak pernah cukup menarik di antara pengguna PC rumahan.

1970: Intel yang baru dibentuk memperkenalkan Intel 1103, chip Dynamic Access Memory (DRAM) pertama.

1971: Alan Shugart memimpin tim insinyur IBM yang menemukan "floppy disk", yang memungkinkan data dibagikan di antara komputer.

1973: Robert Metcalfe, anggota staf peneliti untuk Xerox, mengembangkan Ethernet untuk menghubungkan banyak komputer dan perangkat keras lainnya.

1974-1977: Sejumlah komputer pribadi memasuki pasar, termasuk Scelbi & Mark-8 Altair, IBM 5100, TRS-80 Radio Shack — dikenal sebagai "Trash 80" — dan Commodore PET.

1975: Majalah Popular Electronics edisi Januari menampilkan Altair 8080, digambarkan sebagai "kit komputer mini pertama di dunia yang menyaingi model komersial." Dua "geek komputer," Paul Allen dan Bill Gates, menawarkan untuk menulis perangkat lunak untuk Altair, menggunakan bahasa BASIC yang baru. Pada tanggal 4 April, setelah keberhasilan usaha pertama ini, dua teman masa kecil membentuk perusahaan perangkat lunak mereka sendiri, Microsoft.

1976: Steve Jobs dan Steve Wozniak memulai Apple Computers pada April Mop dan meluncurkan Apple I, komputer pertama dengan papan sirkuit tunggal, menurut Stanford University.

TRS-80, diperkenalkan pada tahun 1977, adalah salah satu mesin pertama yang dokumentasinya ditujukan untuk non-geeks

1977: Produksi awal TRS-80 Radio Shack hanya 3.000. Itu dijual seperti orang gila. Untuk pertama kalinya, non-geeks bisa menulis program dan membuat komputer melakukan apa yang mereka inginkan.

1977: Jobs dan Wozniak menggabungkan Apple dan menunjukkan Apple II di Pameran Komputer Pantai Barat pertama. Ini menawarkan grafis warna dan menggabungkan drive kaset audio untuk penyimpanan.

1978: Akuntan bersukacita atas pengenalan VisiCalc, program spreadsheet terkomputerisasi pertama.

1979: Pengolah kata menjadi kenyataan saat MicroPro International merilis WordStar. "Perubahan yang menentukan adalah menambahkan margin dan bungkus kata," kata pencipta Rob Barnaby dalam email ke Mike Petrie pada tahun 2000. "Perubahan tambahan termasuk menghilangkan mode perintah dan menambahkan fungsi cetak. Saya adalah otak teknis — saya menemukan caranya untuk melakukannya, dan melakukannya, dan mendokumentasikannya."

1981: Komputer pribadi IBM pertama, dengan kode nama "Acorn," diperkenalkan. Ini menggunakan sistem operasi Microsoft MS-DOS. Ini memiliki chip Intel, dua floppy disk dan monitor warna opsional. Sears & Roebuck dan Computerland menjual mesin, menandai pertama kalinya komputer tersedia melalui distributor luar. Ini juga mempopulerkan istilah PC.

Laptop Pertama

Masih pada tahun 1981, Osborne Computer Corporation berhasil membuat perangkat yang dinamai Osborne 1. Meskipun masih mempunyai banyak kekurangan, perangkat ini dapat disebut sebagai komputer portabel atau laptop yang pertama di dunia.

Sebelumnya, pada Maret 1980 Adam Osborne mendekati Lee Felsenstein seorang mantan insinyur Intel, Steve Jobs dar Apple, Steve Leininger, dan Steve Wozniak untuk melakukan kerja sama untuk mendirikan perusahaan komputer portabel.

1983: Lisa Apple adalah komputer pribadi pertama dengan GUI. Ini juga memiliki menu drop-down dan ikon. Itu gagal tetapi akhirnya berkembang menjadi Macintosh. Gavilan SC adalah komputer portabel pertama dengan faktor bentuk flip yang sudah dikenal dan yang pertama dipasarkan sebagai "laptop".

1985: Microsoft mengumumkan Windows, menurut Encyclopedia Britannica. Ini adalah tanggapan perusahaan terhadap GUI Apple. Commodore memperkenalkan Amiga 1000, yang menampilkan kemampuan audio dan video tingkat lanjut.

1985: Nama domain dot-com pertama didaftarkan pada 15 Maret, bertahun-tahun sebelum World Wide Web menandai awal resmi sejarah Internet. The Symbolics Computer Company, produsen komputer kecil Massachusetts, mendaftarkan Symbolics.com. Lebih dari dua tahun kemudian, hanya 100 dot-com yang terdaftar.

1986: Compaq membawa Deskpro 386 ke pasar. Arsitektur 32-bitnya memberikan kecepatan yang sebanding dengan mainframe.

1990: Tim Berners-Lee, seorang peneliti di CERN, laboratorium fisika energi tinggi di Jenewa, mengembangkan HyperText Markup Language (HTML), sehingga memunculkan World Wide Web.

1993: Mikroprosesor Pentium memajukan penggunaan grafik dan musik pada PC.

1994: PC menjadi mesin game karena "Command & Conquer", "Alone in the Dark 2", "Theme Park", "Magic Carpet", "Descent" dan "Little Big Adventure" adalah beberapa game yang akan dipasarkan.

1996: Sergey Brin dan Larry Page mengembangkan mesin pencari Google di Universitas Stanford.

1997: Microsoft menginvestasikan $150 juta di Apple, yang sedang berjuang pada saat itu, mengakhiri kasus pengadilan Apple terhadap Microsoft di mana ia menuduh bahwa Microsoft menyalin "tampilan dan nuansa" dari sistem operasinya.

1999: Istilah Wi-Fi menjadi bagian dari bahasa komputasi dan pengguna mulai terhubung ke Internet tanpa kabel.

2001: Apple memperkenalkan sistem operasi Mac OS X, yang menyediakan arsitektur memori yang dilindungi dan multi-tasking pre-emptive, di antara manfaat lainnya. Tidak mau kalah, Microsoft meluncurkan Windows XP, yang memiliki GUI yang didesain ulang secara signifikan.

2003: Prosesor 64-bit pertama, AMD's Athlon 64, tersedia untuk pasar konsumen.

2004: Mozilla Firefox 1.0 menantang Microsoft Internet Explorer, browser Web yang dominan. Facebook, situs jejaring sosial, diluncurkan.

2005: YouTube, layanan berbagi video, didirikan. Google mengakuisisi Android, sistem operasi ponsel berbasis Linux.

2006: Apple memperkenalkan MacBook Pro, komputer seluler dual-core pertama berbasis Intel, serta iMac berbasis Intel. Konsol game Nintendo Wii memasuki pasar.

2007: iPhone membawa banyak fungsi komputer ke smartphone.

2009: Microsoft meluncurkan Windows 7, yang menawarkan kemampuan untuk menyematkan aplikasi ke bilah tugas dan kemajuan dalam pengenalan sentuhan dan tulisan tangan, di antara fitur-fitur lainnya.

2010: Apple memperkenalkan iPad, mengubah cara konsumen melihat media dan memulai tablet yang tidak aktif segmen rahim.

2011: Google merilis Chromebook, laptop yang menjalankan Google Chrome OS.

2012: Facebook memperoleh 1 miliar pengguna pada 4 Oktober.

2015: Apple merilis Apple Watch. Microsoft merilis Windows 10.

2016: Komputer kuantum pertama yang dapat diprogram ulang telah dibuat. “Sampai sekarang, belum ada platform komputasi kuantum yang memiliki kemampuan untuk memprogram algoritma baru ke dalam sistem mereka. Mereka biasanya masing-masing dirancang untuk menyerang algoritma tertentu,” kata penulis utama studi Shantanu Debnath, seorang fisikawan kuantum dan insinyur optik di University of Maryland, College Park.

2017: Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA) sedang mengembangkan program "Molecular Informatics" baru yang menggunakan molekul sebagai komputer. 

DARPA menawarkan serangkaian manfaat untuk penyimpanan dan pemrosesan informasi yang cepat dan terukur. 

Itu dia sejarah komputer dan perkembangannya hingga saat ini. (Sumber)

Post a Comment