Apakah Blog Masih Relevan Saat Ini? Ya, Bisnis Anda Butuh Blogging!


Maraknya media sosial, media berbagi video dan vlogging, dan streaming (YouTube, Facebook, Instagram, Twitter, TikTok) tampaknya telah menggantikan blogging

Tetapi, itu tidak benar! Blogging hanya berkembang. Jadi, apakah blogging masih relevan? Bagaimana masa depan blog? Apakah blog masih relevan di tahun 2021?

Vlogging hakikatnya adalah blogging juga. Hanya format kontennya yang berbeda, yaitu video. 

Blogging itu sejatinya membuat konten internet. Para blogger membuat konten tulisan. Vlogger atau Youtuber membuat konten video. Sama-sama konten.

Jadi, apakah blog atau blogging masih relevan saat ini? Apakah layak menghabiskan waktu dan uang di blog perusahaan Anda atau membuat blog di era dominasi media sosial?

Singkatnya: ya. Apalagi jika yang dimaksud adalah blogging untuk marketing atau business blogging. Ini justru sedang trend --content marketing terbukti efektif menjadi strategi pemasaran online.

Jadi, blogging tidak mati. Blogging baru saja bereinkarnasi. Blog pribadi masih eksis. Blog perusahaan berkembang dengan dukungan blog pribadi.

Jika perusahaan Anda memerlukan content writer untuk blog bisnis Anda. rekrut saja blogger. Mereka sudah terbiasa dengan SEO yang penting bagi trafik pengunjung website perusahaan Anda.

Atau, Anda bisa mendidik karyawan Anda untuk menjadi blogger dan nantinya mendukung blog bisnis perusahaan Anda.

Blog untuk Pemasaran

Sepuluh tahun yang lalu, blogging muncul sebagai taktik digital perusahaan arus utama. Sebelum itu, blog politik, perjalanan, memasak, dan teknologi bermunculan di mana-mana. 

Para blogger menawarkan sumber nasihat dan informasi khusus yang dapat diandalkan.

Tentu saja, para pemasar yang berpikiran strategis dengan cepat menangkap janji blogging yang menghasilkan keuntungan yang diadakan untuk perusahaan.

Blogging terbukti menjadi cara ampuh untuk muncul di mesin pencari dan di depan audiens yang sudah tertarik. 

Tidak hanya itu, blogging adalah cara yang sangat efektif untuk berbagi pendapat ahli dan memungkinkan perusahaan menunjukkan bahwa mereka tahu apa yang mereka bicarakan.

Sekarang, tidak ada yang berubah.

Blogging adalah sebagai alat pemasaran yang efektif seperti biasa. Bahkan, situs-situs berita ternama juga melakukan blogging untuk content marketing --inilah yang "melindas" para blogger di mesin pencari.

Sebuah studi baru-baru ini oleh Data Box menunjukkan bahwa 68% pemasar menemukan blogging lebih efektif daripada yang mereka lakukan 2 tahun lalu.

Tapi, internet dibanjiri dengan blog! Bagaimana kita memiliki kesempatan?

Triknya adalah, Anda harus menyesuaikan pendekatan Anda.

Apakah Blog Masih Relevan Saat Ini? Ya, Bisnis Anda Butuh Blogging!


Kualitas di atas kuantitas

Blogging adalah tentang membangun hubungan. Ini tentang memainkan permainan panjang alias butuh proses dan, tentu saja, kesabaran.

Tidak meyakinkan? Perhatikan dunia offline.

Apakah Anda akan mendekati pelanggan pada jam 9.30 pagi pada hari Senin pagi dan hanya mengatakan: “beli produk saya”, lalu menghilang?

Apakah Anda akan muncul di meja mereka pada waktu yang sama Senin pagi berikutnya jam 9.30 pagi dan berkata “beli produk saya”, lalu menghilang?

Dan ini berlanjut setiap minggu ... Anda mendapatkan gambarannya.

Namun, jika Anda menghabiskan waktu berbicara dengan pelanggan itu tentang topik yang mereka minati. Topik yang membantu mereka. Memberikan nasihat yang berharga. Kemudian Anda memosisikan diri Anda sebagai seseorang yang mereka andalkan dan percayai.

Logika dan strategi yang sama berlaku untuk blog Anda. Luangkan waktu untuk menulis posting Anda. Bicaralah dengan pelanggan Anda dan bangun percakapan.

Konsumen sehari-hari cerdas dan memiliki waktu terbatas. Mereka membuat pilihan berdasarkan informasi, tidak hanya tentang apa yang ingin mereka beli, tetapi apa yang ingin mereka baca.

Hanya dengan menawarkan pembaca Anda sesuatu yang benar-benar berharga, Anda akan memulai percakapan.

Blog Anda harus selalu bertujuan untuk menjawab pertanyaan audiens Anda.

Bagaimana konsumen menemukan konten Anda pasti akan berkembang, tetapi apa yang mereka cari mungkin tidak. 

Membuat konten asli berkualitas tinggi akan sangat membantu untuk mendapatkan hasil dari blogging.

Mudah untuk Skim

Ketika waktu sangat penting, Anda tidak ingin membaca esai untuk mendapatkan info yang Anda butuhkan.

Fakta. Orang tidak punya waktu.

Jika Anda ingin menyampaikan maksud Anda dan membuat pembaca tetap terlibat, buat mereka mudah.

Pisahkan konten Anda menjadi tajuk yang dipikirkan dengan matang dan buat kalimat tetap pendek. Pastikan paragraf panjang dan "renungan" seperti prosa dijauhkan dari blog Anda.

Aturan praktis: batasi satu pemikiran per kalimat agar tetap dapat dicerna.

Daftar (bullet and number list) juga merupakan cara fantastis untuk membuat konten Anda lebih mudah dibaca.

Pastikan Konten Anda Unik

Ingat betapa kesalnya Anda dulu ketika ibu Anda menceritakan kembali kisah yang Anda ceritakan kepadanya seolah-olah dia ada di sana?

Jangan membuat kesalahan itu dengan pelanggan Anda.

Istilah 'pemikir-pemikir' banyak beredar di mana-mana akhir-akhir ini. Buat konten dengan putaran Anda sendiri, bagikan keahlian dan pengetahuan Anda dengan dunia yang haus informasi.

Konten unik tidak bagus untuk dimiliki, itu harus dimiliki.

Tapi bagaimana Anda membuat konten yang unik?

Berikut sedikit kutipan dari dalang iklan kreatif, David Ogilvy, untuk memberi Anda petunjuk:

“Ide besar datang dari alam bawah sadar. Ini benar dalam seni, sains, dan periklanan. Tetapi alam bawah sadar Anda harus diinformasikan dengan baik, atau ide Anda akan menjadi tidak relevan. Isi pikiran sadar Anda dengan informasi, lalu lepaskan proses berpikir rasional Anda. Anda dapat membantu proses ini dengan berjalan-jalan, atau mandi air panas, atau minum setengah liter anggur merah. Tiba-tiba, jika saluran telepon dari alam bawah sadar Anda terbuka, sebuah ide besar muncul di dalam diri Anda.”

Saran saya? Baca baca, Baca. Semakin banyak Anda menyerap, semakin Anda bisa membuka garis dari ketidaksadaran Anda. Blog, media sosial, buku fiksi… apa pun yang bisa Anda dapatkan.

Lelah jalan-jalan itu? Menguping percakapan di kereta. Selalu ada perengek kereta yang berbicara tentang masalah yang mereka hadapi di tempat kerja atau dalam kehidupan sehari-hari mereka.

Pertahankan Percakapan

Ketika perusahaan bersusah-payah menulis posting yang sangat berharga dan ditulis dengan baik... dan mereka tidak menanggapi komentar.

Audiens mereka menanggapi posting mereka. Menanyakan pertanyaan. Mengomentari dengan pengalaman mereka sendiri.

Dan semua yang mereka dapatkan sebagai imbalannya adalah tumbleweed yang bagus dan gemuk yang bergulir melewati mereka.

Mari kita offline lagi.

Anda menghabiskan banyak waktu untuk membangun hubungan dengan pelanggan. Anda dapat mengetahui bahwa minat mereka terganggu oleh saran dan wawasan Anda yang luar biasa.

Mereka berkata: “Saya setuju dengan Anda. Sebenarnya, bisakah Anda memberi tahu saya apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu saya?

Anda menatap melewati mereka dari balik bahu mereka, lalu berbalik dan berjalan pergi.

Anda mendapatkan apa yang saya katakan. KASAR.

Jawab saja, orang-orang. Itu sopan dan membuat percakapan mengalir sampai ke konversi.

Mudahkan Berlangganan

Anda perlu membuat blog Anda mudah bagi pembaca untuk berlangganan.

Jawabannya? Kumpulkan email.

Miliki kotak keikutsertaan yang dipicu gulir di halaman Anda, sehingga pembaca, yang terlibat dan ingin konten Anda langsung masuk ke kotak masuk mereka, dapat dengan mudah mendapatkannya.

Ini adalah taktik menang-menang, yang akan membantu Anda memelihara audiens Anda dan terus membangun hubungan yang sangat penting itu.

Tautan Seperti Tidak Ada Hari Esok

Banyak perusahaan merasa takut untuk menautkan ke blog lain. Bahkan, mereka menatapku dengan ngeri.

Mengapa saya mengirim pembaca dari blog saya ke situs web lain?

Ada satu alasan utama: ini akan memberi pembaca Anda informasi yang lebih berharga. Jika blog lain memiliki informasi mendalam yang akan menguntungkan pembaca Anda, menautkannya hanya akan membuat mereka melihat blog Anda dengan baik.

Ini juga dapat membantu blog Anda mendapatkan kredibilitas. Menautkan ke sumber, studi, dan data eksternal akan memberi bobot pada topik yang Anda diskusikan.

Poin plus lainnya adalah menautkan ke blogger lain dapat membantu Anda membangun hubungan di industri itu, yang selalu membantu Anda.

Ada kekuatan dalam jumlah dalam hal pemasaran konten, dan kolaborasi influencer dapat meningkatkan upaya Anda.

Mengintensifkan Fokus

Masuk lebih dalam ke konten Anda akan memiliki banyak keuntungan. Paling tidak fakta bahwa Anda dapat mengharapkan peringkat Anda di mesin pencari meningkat.

Pemasar digital, Eric Enge, mengatakan: 

“Kami melacak kinerja SEO dari sejumlah situs berbeda. Situs-situs yang memberikan kedalaman luar biasa dalam cakupan konten berkualitas benar-benar melonjak peringkatnya sepanjang tahun. Situs yang lebih lemah dalam kedalaman kontennya menderita dibandingkan.”

Jadi ini membawa arti yang sangat berbeda untuk 'kualitas', di mana Anda perlu memperluas topik Anda tanpa meninggalkan kebutuhan bisnis yang terlewat. Dan di situlah letak keajaiban SEO.

Kata kunci jelas penting, saya tidak menyangkalnya. Tetapi jika Anda fokus pada posting berkualitas yang mendalam, Anda akan berusaha keras untuk membuat blog Anda sukses.

Inilah cara melakukannya:
  • Tulis posting panjang yang memberi Anda kesempatan untuk menjelajahi suatu topik.
  • Datang pada topik dari berbagai sudut dan sudut pandang. Gunakan kesempatan untuk menunjukkan bahwa Anda memahami kedua (atau banyak) sisi mata uang, bukan hanya sisi Anda sendiri.
  • Tulis 'Panduan Utama'. Pembaca menyukainya, tetapi mereka juga merupakan cara yang bagus untuk memaksa diri Anda memahami detail kecil. Faktanya, di sini, di The Creative Copywriter, kami telah melakukan hal itu. Lihat Panduan Bebas Fluff untuk Strategi Konten di sini jika Anda membutuhkan inspirasi.
  • Tanyakan kepada pelanggan Anda – “Anda berharap ada satu sumber daya, yang saat ini tidak dapat Anda akses?”

Jawaban mereka akan memberi Anda indikasi yang cukup bagus tentang ke mana harus pergi selanjutnya.

Pikiran Akhir … Apakah Blog Masih Relevan?

Pemasaran adalah entitas yang berkembang. Jika saya memiliki satu sen untuk setiap kali seorang pemasar memberi tahu saya dengan kepastian mutlak bahwa 'blogging sudah mati', atau 'SEO sudah mati', atau 'itu yang terakhir kita lihat dari Facebook', saya akan berlayar ke matahari terbenam.

Itu sebabnya pertanyaan apakah blog masih relevan, dengan sendirinya, tidak relevan.

Sebenarnya, kita harus berhenti mengucapkan garis datar hanya karena kita tidak tahu bagaimana beradaptasi.

Apakah blogging masih relevan di tahun 2021?

Ya! Blogging benar-benar masih relevan di tahun 2021. Faktanya, sekitar 409 juta pengguna internet membaca sekitar 20 miliar halaman blog setiap bulan. 

Inilah sebabnya mengapa 53% of pemasar memprioritaskan blogging sebagai strategi pemasaran konten utama mereka. Selanjutnya, blogging terus berkembang dengan peningkatan 12% dalam 5 tahun terakhir.

Apakah blog pribadi masih relevan?

Membangun hubungan yang kuat dengan audiens target Anda sangat penting dalam pemasaran. Dan cara terbaik untuk menghubungkan mereka adalah dengan menghubungkan mereka secara pribadi. 

Sebagian besar audiens berinteraksi dan terlibat dengan sesuatu yang secara pribadi dapat mereka hubungkan. 

Oleh karena itu, blog pribadi masih penting dan dianggap sebagai salah satu jenis blog paling populer.

Apakah orang masih membaca blog?

Orang tidak dapat disangkal masih membaca blog. Faktanya, 77% pengguna internet di seluruh dunia suka membacanya. 

Orang-orang di Amerika Serikat saja membaca blog 3X lebih banyak daripada email. Akibatnya, jumlah blogger di AS diperkirakan meningkat menjadi 31,7 juta tahun ini dari 31,2 juta tahun lalu.

Apakah blogging mati pada tahun 2021?

Tidak, blogging tidak mati pada tahun 2021 dan akan tetap relevan untuk beberapa waktu. Blog sangat kuat dan merupakan sumber informasi paling andal ke-5 di internet. 

Pembaca mempercayai apa yang mereka baca di posting blog. Statistik menunjukkan bahwa 63% konsumen telah membeli barang karena direkomendasikan dalam posting blog.

Apakah blog membuang-buang waktu?

Blogging akan selalu bermanfaat terutama jika Anda menemukan niche yang Anda sukai. Baik itu untuk merek, bisnis, atau untuk alasan pribadi, blogging akan selalu memberi Anda hasil. 

Blogging adalah outlet yang bagus untuk blogger yang ingin mendidik, memberikan saran, berbagi pengalaman dan pemikiran pribadi, dan mengiklankan merek/bisnis mereka. (Source)

Post a Comment