September 2, 2021

Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Saat Ini

September 2, 2021

Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Saat Ini

Berapa jumlah pengguna internet di Indonesia saat ini? Kepo 'kan? Mari kita lihat data berapa orang dari 274 juta penduduk yang menggunakan internet.


Menurut data Internet Lives Stats, diakses CB per 2 September 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia hingga 2016 mencapai 53,2 juta. Tahun 2000, pengguna internet di Indonesia hanya 1,9 jutaan.


Mayoritas pengguna internet menggunakan handphone dan browser Google Chrome. Mayoritas pengguna internet juga membaca berita via smartphone.


Btw, apa itu pengguna intenet atau internet user? Pengguna internet adalah individu yang dapat mengakses internet melalui semua jenis perangkat dan koneksi.


Kembali ke data jumlah pengguna internet. Data di atas 'kan tahun 2016 alias lima tahun lalu. Tahun 2021 lebih banyak dong?


Pastinya begitu. Mari kita lihat data terbaru berikut ini.

Pengguna Internet di Indonesia Awal 2021 Capai 202,6 Juta

Diberitakan Kompas, Pengguna internet di Indonesia pada awal 2021 ini mencapai 202,6 juta jiwa. 


Jumlah ini meningkat 15,5 persen atau 27 juta jiwa jika dibandingkan pada Januari 2020. Total jumlah penduduk Indonesia saat ini adalah 274,9 juta jiwa.


Data pengguna internet di Indonesia tersebut dimuat dalam laporan terbaru yang dirilis oleh layanan manajemen konten HootSuite, dan agensi pemasaran media sosial We Are Social, dalam laporan bertajuk "Digital 2021". 


HootSuite melaporkan, pengguna internet berusia 16 hingga 64 tahun, diketahui memiliki beberapa perangkat elektronik berbeda, termasuk telepon genggam (baik smartphone maupun non-smartphone), laptop/PC, tablet, smartwatch, dan sebagainya. 


Dari berbagai jenis perangkat tersebut, smartphone menjadi perangkat yang paling populer. Pengguna internet Indonesia (usia 16 hingga 64 tahun) yang memiliki telepon genggam adalah 98,3 persen. 


Tak ayal, telepon genggam juga tampil menjadi perangkat favorit pengguna internet untuk mengakses internet. 


Tercatat ada 96,4 persen atau 195,3 juta orang Indonesia yang mengakses di internet melalu ponsel genggamnya. 


Masih di laporan yang sama, pengguna internet Indonesia rata-rata menghabiskan waktu selama 8 jam 52 menit untuk berselancar di internet. 


Aktivitas berinternet yang paling digemari oleh pengguna internet Indonesia ialah bermedia sosial. 


Saat ini, ada 170 juta jiwa orang Indonesia yang merupakan pengguna aktif media sosial. Rata-rata dari mereka menghabiskan waktu 3 jam 14 menit di platform jejaring sosial. 


Selain media sosial, aktivitas lain yang sering dilakukan oleh pengguna internet Indonesia ialah: 

  • Menonton televisi (baik streaming atau broadcast) selama 2 jam 50 menit.
  • Membaca berita dari perusahaan media (online atau cetak) selama 1 jam 38 menit
  • Mendengarkan musik di layanan streaming selama satu jam 30 menit. 


Konten berbasis audio, seperti podcast dan radio, menjadi konten yang paling sedikit diakses oleh pengguna internet Indonesia. (Wah, mohon perhatian para radio broadcaster dan podcaster nih!)


Rata-rata pengguna internet Indonesia hanya menghabiskan waktu tak lebih dari 44 menit untuk mendengarkan radio atau podcast. 


Menurut laporan Digital 2021, hampir semua pengguna internet Indonesia atau sekitar 98,5 persen menonton video online setiap bulannya. Sedangkan sebanyak 74,3 persen pengguna internet Indonesia juga menonton video blog (vlog) setiap bulannya.


Data lain tentang Jumlah Pengguna Internet di Indonesia pernah dirilis dari hasil survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII). 


Namun, data itu periode 2019-kuartal II/2020. Disebutkan, jumlah pengguna internet di Indonesia tahun 2019 mencapai 196,7 juta jiwa. Jumlah ini meningkat 23,5 juta atau 8,9% dibandingkan pada 2018.

Jumlah Pengguna Internet di Seluruh Dunia

Bagaimana dengan jumlah pengguna internet di seluruh dunia?


Diberitakan Liputan6, jumlah pengguna internet di dunia kini ada 4,66 miliar jiwa. Mayoritas dari pengguna internet adalah pengguna media sosial. Jumlah pengguna medsos sendiri sebanyak 4,2 miliar pengguna.


Laporan itu menunjukkan bahwa per Januari 2021, pupulasi dunia mencapai angka 7,83 miliar jiwa. Berdasarkan laporan PBB, jumlah tersebut meningkat 1 persen per tahun, jika dibandingkan dengan tahun lalu.


Artinya, sejak awal 2020, jumlah populasi global telah meningkat setidaknya 80 juta orang. Dengan 5,22 miliar orang memakai smartphone, angka tersebut setara dengan 66,6 persen dari populasi dunia.


Sejak Januari 2020, jumlah pengguna smartphone pun telah meningkat 1,8 persen (sekitar 93 juta pengguna baru).


Sementara, total koneksi mobile, dengan kemungkinan satu orang memiliki lebih dari satu perangkat, meningkat 0,9 persen (atau sekitar 72 juta), menjadi 8,02 miliar per Januari 2021.


Itu dia Jumlah Pengguna Internet di Indonesia dan dunia. Bagaimana dengan data jumlah blog di Indonesia? CB cari belum ada data terbaru. Anda punya?


Kalau data enam tahun lalu sih, seperti diberitakan Antara, jumlah blogger di Indonesia hanya 3,5 persen dari 88,1 juta pengguna internet di Tanah Air.*


Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Jumlah Pengguna Internet di Indonesia Saat Ini

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *