September 2, 2021

Dasar SEO: Cara Kerja Google Mengindeks Blog dan Website

September 2, 2021

Cara Kerja Google Mengindeks Blog dan Website


GOOGLE adalah situs mesin pencari yang mengindeks jutaan halaman web dengan beragam topik informasi. 


Berikut ini cara kerja Google mengindeks blog dan website dan memeringkatnya di halaman hasil pencarian (SERP).


Google yang kita bahasa di sini adalah Google Search atau Google Penelusuran. Kita tahu, Google bukan hanya mesin pencari. Layanannya sangat banyak, termasuk Blogger dan Email (Gmail).


Menurut data Statista, Google merupakan situs pertama yang dikunjungi pengguna internet ketika mencari info. Hingga 90% pengguna internet menggunakan Google. Sisanya Bing dan Yahoo di kisaran 2-4 persean dan lainnya di bawah 1%.


Istilah "Googling" pun populer di kalangan pengguna, yang artinya "cari di Google". 


Google ibaratnya "website serbaada". Apa pun informasi yang diinginkan pengguna, hampir selalu ada. Google hanya mengindeks dan menyajikan linknya. Pembuat kontennya adalah para content creator seperti blogger. 


Wajar, jika SEO pun difokuskan ke indeks Google. Untungnya, Google juga "terbuka" soal cara kerja mereka dalam mengindeks blog atau website. Mereka juga memberikan panduan berupa Pedoman Pengoptimalan Mesin Telusur.


Google menggunakan berbagai jenis Algoritma untuk mengenali, mengindeks, dan memeringkat sebuah halaman website. Halaman web atau blog paling unik, menarik, dan berkualitas akan menempati peringkat teratas di halaman hasil pencarian.

Cara Kerja Google

Berikut ini Cara Kerja Google, yakni Google Search atau Google Penelusuran. Dari cara kerja ini pula para pakar SEO menyusun teknik pengoptimalan website/blog dan aplikasi (app).


Menurut Google sendiri, Google mendapatkan informasi dari berbagai sumber, termasuk:

  • Halaman web
  • Konten yang dikirim pengguna seperti kiriman pengguna Google Bisnisku dan Maps
  • Pemindaian buku
  • Database publik di internet
  • Berbagai sumber lainnya


Namun, halaman ini difokuskan pada halaman. Google mengikuti tiga langkah dasar untuk menampilkan hasil dari halaman:

  • Crawling
  • Pengindeksan
  • Penayangan (dan pemberian peringkat)
Cara Kerja Google Mengindeks Blog dan Website


1. Crawling, Perambahan


Langkah pertama adalah mencari tahu halaman apa yang ada di web. Tidak ada registry pusat untuk semua halaman web, sehingga Google terus-menerus menelusuri halaman baru dan menambahkan halaman ke daftar halaman yang dikenal. 


Beberapa halaman sudah dikenal karena telah dikunjungi Google sebelumnya. Halaman lain akan ditemukan saat Google mengikuti link dari halaman yang dikenal ke halaman baru. 


Selain itu, halaman lain akan ditemukan saat pemilik situs mengirim daftar halaman (peta situs) untuk di-crawl oleh Google. 


Jika Anda menggunakan host web terkelola, seperti Wix atau Blogger, host web tersebut mungkin memberi tahu Google untuk meng-crawl halaman yang diperbarui atau baru yang Anda buat.


Setelah Google menemukan URL halaman, Google akan mengunjungi atau meng-crawl halaman untuk mencari tahu apa yang ada di dalamnya. 


Google akan merender halaman dan menganalisis konten teks, non-teks, serta tata letak visual secara keseluruhan untuk menentukan tempat halaman ditampilkan dalam hasil penelusuran. 


Semakin baik Google memahami situs Anda, semakin baik kami dapat mencocokkannya kepada orang yang mencari konten Anda.


Untuk meningkatkan crawling situs:

  • Verifikasi bahwa Google dapat menjangkau halaman di situs Anda, dan pastikan halaman tersebut sudah terlihat benar. 
  • Google mengakses web sebagai pengguna anonim (pengguna tanpa sandi atau informasi). 
  • Google juga harus dapat melihat semua gambar dan elemen lain pada halaman agar dapat memahaminya dengan benar. 
  • Anda dapat melakukan pemeriksaan cepat dengan mengetikkan URL halaman Anda pada Pengujian Situs Mobile-Friendly.


Jika sudah membuat atau memperbarui satu halaman, Anda dapat mengirimkan setiap URL ke Google. Untuk memberi tahu Google tentang banyak halaman baru atau yang diperbarui sekaligus, gunakan peta situs (sitemap).


Jika Anda meminta Google untuk meng-crawl satu halaman saja, pastikan halaman tersebut adalah halaman beranda Anda. 


Sejauh yang diperhatikan Google, halaman beranda Anda adalah halaman paling penting di situs Anda. 


Untuk mendorong crawl situs yang lengkap, pastikan halaman beranda Anda (dan semua halaman) memiliki sistem navigasi situs yang bagus yang ditautkan ke semua bagian dan halaman penting di situs Anda. 


Tindakan ini membantu pengguna (dan Google) menjelajahi situs Anda. Untuk situs berskala lebih kecil (kurang dari 1.000 halaman), cukup pastikan Google mengetahui halaman beranda Anda saja, asalkan Google dapat menjangkau semua halaman lain dengan mengikuti jalur link yang dimulai dari halaman beranda Anda.


Tautkan halaman Anda ke halaman lain yang sudah diketahui Google. Namun, perhatikan bahwa link di iklan, link yang Anda bayar untuk ditempatkan di situs lain, link di komentar, atau link lain yang tidak mengikuti Pedoman Webmaster Google tidak akan diikuti oleh Google.


Google tidak menerima pembayaran untuk meng-crawl situs tertentu lebih sering, atau memberinya peringkat lebih tinggi. Jika Anda mendapatkan informasi sebaliknya, artinya informasi tersebut tidak benar.


2. Indexing, Pengindeksan


Setelah halaman ditemukan, Google akan mencoba memahami apa yang ada di halaman tersebut. Proses ini disebut pengindeksan (indexing). 


Google akan menganalisis konten halaman, membuat katalog file gambar dan video yang disematkan pada halaman, dan mencoba memahami halaman tersebut. Informasi ini disimpan di indeks Google, sebuah database besar yang disimpan di banyak (sangat banyak) komputer.


Untuk meningkatkan pengindeksan halaman:

  • Buat judul halaman yang pendek dan bermakna.
  • Gunakan judul halaman yang menyampaikan subjek halaman.
  • Gunakan teks untuk menyampaikan konten, bukan gambar. Google dapat memahami sebagian gambar dan video, tetapi tidak sebaik memahami teks. Setidaknya beri keterangan pada video dan gambar dengan teks alternatif dan atribut lain yang sesuai.


3. Ranking, Penayangan (dan pemberian peringkat)


Saat pengguna mengetik kueri (kata atau informasi yang dicari di kolom pencarian), Google mencoba menemukan jawaban yang paling relevan dari indeksnya berdasarkan banyak faktor. 


Google mencoba menentukan jawaban dengan kualitas tertinggi, dan memperhitungkan pertimbangan lain yang akan memberikan pengalaman pengguna terbaik dan jawaban yang paling tepat, dengan mempertimbangkan hal-hal seperti lokasi, bahasa, dan perangkat pengguna (desktop atau ponsel). 


Misalnya, jawaban untuk penelusuran "bengkel reparasi sepeda" bagi pengguna di Bandung akan berbeda dengan jawaban bagi pengguna di Bangkok. Google tidak menerima pembayaran untuk memberi peringkat halaman lebih tinggi, dan pemberian peringkat dilakukan secara terprogram.


Untuk meningkatkan penayangan dan pemberian peringkat:

  • Buat agar halaman Anda dapat dimuat dengan cepat, dan mobile-friendly.
  • Isi halaman Anda dengan konten yang berguna dan pastikan konten tersebut tetap relevan.
  • Ikuti Pedoman Webmaster Google, yang membantu memastikan pengalaman pengguna yang berkualitas.

Membantu Google menemukan konten Anda

Ini tips SEO paling dasar dari Google. Meski mesin pencari ini sangat cerdas, Google masih butuh bantuan kita --para blogger dan webmaster.


Langkah pertama untuk menampilkan situs Anda di Google adalah memastikan bahwa Google dapat menemukannya. 


Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan mengirimkan peta situs. Peta situs adalah file di situs yang memberi tahu mesin telusur tentang halaman baru atau yang diubah di situs Anda. 


Karena itu, setelah membuat website atau blog, kita harus mendaftarkannya ke Google Search Console dan mendaftarkan sitemap. Untuk blog Blogger, kode sitemapnya adalah sitemap.xml dan atom.xml.


Google juga menemukan halaman melalui link dari halaman lain. Ini yang kita kenal sebagai backlink atau tautan balik ke blog kita.

Kesimpulan

Dari penjelasan Google di atas, maka dapat disimpulkan, cara kerja Google mengindeks blog atau website melalui tiga tahap, yakni crawling, indexing, dan ranking, yang dikenal dengan istilah Three Musketeers SEO.


Mesin pencari adalah sumber utama pengunjung. Sumber kedua pembaca membuka blog kita adalah link atau tauran dari website lain.


Itu artinya, konten berkualitas yang disukasi Google dan backlink merupakan sumber trafik pengunjung blog/website.*


Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Dasar SEO: Cara Kerja Google Mengindeks Blog dan Website

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *