Apakah Desain Blog Memengaruhi SEO? Cari Tahu Jawabannya di Sini!


Sebuah blog terdiri dari desain tampilan atau template/tema dan konten atau postingan.  Apakah Desain Blog Memengaruhi SEO? Cari Tahu Jawabannya di Sini!

Pengaruh Desain Blog dan SEO

Pengelolaan dan pengembangan blog memang membutuhkan banyak teknik. Salah satu teknik yang bisa diterapkan adalah SEO. 

Ketika Anda mulai membuat blog atau menyusun blog, strategi SEO ini penting untuk dipelajari dan diaplikasikan agar blog mendapat traffic tinggi dan semakin berkembang. Lalu muncul pertanyaan, apakah desain dari sebuah blog akan berpengaruh pada SEO?

Peran Desain Website

Pertanyaan tersebut sebenarnya bisa dijawab singkat dengan jawaban ya! Tentu saja ada keterkaitan antara desain website dengan efektivitas SEO. Seringkali orang berpikir bahwa SEO hanya berhubungan dengan optimasi kata kunci supaya laman website mudah ditemukan. Padahal secara tidak langsung desain website juga memberikan pengaruh pada efektivitas SEO tersebut.

Sebelum mencari tahu apa hubungannya, mari pahami dulu peran dari sebuah desain website. Mengapa sebuah website butuh desain yang bagus? 

Desain website ini akan menjadi daya tarik pertama bagi para pengunjung. Mari posisikan diri sebagai pengguna website. Anda tentu akan merasa lebih tertarik dan nyaman jika berkunjung ke website dengan desain yang bagus, bukan?

Desain website menjadi tampilan yang akan menarik perhatian. Desain ini pula yang akan berperan sebagai identitas dari sebuah website. Tidak hanya namanya, desainnya juga ikut memperkuat identitas yang dimiliki oleh website tersebut. 

Jika Anda ingin website berkembang secara baik dan mendapatkan penilaian bagus dari Google maupun pengguna, maka susunlah dengan sebaik mungkin.

Memulai blog atau website tidak hanya dilakukan dengan memikirkan konsep dan nama blog saja. Penting sekali untuk mencari desain yang bagus dan bisa memberikan nilai positif bagi website tersebut.

Pengaruh Desain Website terhadap SEO

Lalu apa saja pengaruh desain sebuah website terhadap SEO? Telah disebutkan sebelumnya bahwa SEO ternyata tidak hanya bergantung pada pemakaian kata kunci tetapi juga penerapan desain website tersebut. 

Berikut ini adalah beberapa hal yang berhubungan dengan pengaruh desain website terhadap prinsip SEO:

1. Desain yang Buruk Menurunkan Minat pengunjung

Baik atau tidaknya desain sebuah website akan berpengaruh pada pengalaman penggunanya. Mudah saja, jika desainnya baik maka pengguna atau pengunjung akan merasa senang dengan website tersebut. 

Bahkan mereka tak akan ragu untuk berkunjung lagi ke website tersebut karena memang desainnya bagus dan nyaman untuk dilihat.

Selain desain visual, desain penempatan navigasi juga bisa berpengaruh pada pengalaman para pengguna website. Misalnya, Anda menerapkan sistem navigasi yang terlalu rumit di sebuah website. 

Hal ini akan membuat pengunjung kesulitan untuk mengakses laman website Anda sesuai kebutuhan. Akibatnya, mereka mungkin akan malas untuk datang kembali karena akses yang dirasa tidak praktis.

Perlu diketahui bahwa user experience merupakan salah satu hal yang dipakai mesin pencari Google untuk menilai peringkat website. Jika user experience-nya saja buruk maka peringkat website tersebut juga tentu akan jadi buruk. 

Itulah mengapa sangat penting untuk merencanakan desain website dan membuatnya sebagus mungkin agar memberikan nilai positif di mata para pengunjung.

2. Tipe Desain Memengaruhi Waktu Loading

Bagi para pengunjung website, waktu loading sangat berpengaruh pada pengalaman yang didapatkan. Kepuasan pengunjung adalah layanan website yang mudah diakses dan tidak membutuhkan waktu loading yang lama. 

Akan sangat memuaskan jika pengunjung bisa mengakses website dalam waktu cepat. Hal ini pula yang akan meningkatkan user experience dan membantu efektivitas SEO.

Jika desain sebuah website tidak dipikirkan dengan baik dan terlalu berat maka proses loading akan berjalan lebih lama. Ada banyak sekali tipe website yang konten dan desainnya bagus tapi ternyata waktu loading-nya lambat. 

Jenis website seperti ini disebut sebagai website wahyah yang artinya memiliki tampilan ‘wah’ namun waktu loading yang dibutuhkan ‘yah’ alias mengecewakan.

Penting sekali untuk memilih jenis tema atau template yang tidak begitu berat untuk desain website Anda. 

Desain website bisa tetap terlihat menarik tanpa membuatnya terbebani. Perhitungkan dengan baik apakah desain yang digunakan bisa membantu akses website secara cepat atau tidak. Ingat, rata-rata pengguna website akan langsung meninggalkan laman website jika waktu tunggu aksesnya lebih dari 3 detik.

3. Struktur Website Berpengaruh pada Kerja Mesin Pencari

Pada dasarnya mesin pencari akan melihat website berdasarkan kode pemrograman yang ada di balik website tersebut. Jika kode yang digunakan tidak memiliki struktur yang baik maka mesin pencari secara otomatis akan merasa kebingungan untuk menemukannya. 

Hal ini juga secara otomatis akan mengurangi nilai website di mata mesin pencari dan menurunkan efektivitas SEO.

Perlu diketahui bahwa desain website tidak hanya soal visual atau tampilan fisiknya saja, melainkan juga ke struktur yang digunakan. Struktur ini berhubungan dengan template yang dipakai oleh website. 

Ada beberapa tipe template yang ternyata memakai banyak jenis tag HTML. Jadi penting untuk diperhatikan lagi apakah website sudah menerapkan struktur yang baik atau tidak agar bisa mendapat peringkat atas oleh mesin pencari.

Tips Desain Website Ramah SEO

Apa yang bisa dilakukan agar desain sebuah website dapat meningkatkan efektivitas SEO? Menyusun blog atau website memang tidak semudah yang dibayangkan. Tidak semudah merencanakan nama serta konten yang akan dimuat. 

Perencanaan desain website begitu penting untuk dilakukan dengan matang. Berikut adalah beberapa tips pembuatan desain website yang ramah SEO:

1. Gunakan Desain yang Responsif

Pertama, silakan pakai jenis desain yang bersifat responsif. Artinya desain website yang diterapkan bisa mudah diakses lewat perangkat mobile maupun PC. 

Jika desain website tidak responsif maka Anda bisa saja kehilangan lebih dari 50% traffic mengingat saat ini banyak pengguna yang mengakses website melalui perangkat mobile.

2. Pertimbangkan Kecepatan Loading

Jangan asal memilih tema atau template yang menarik. Upayakan untuk memeriksa terlebih dahulu seperti apa kecepatan loading-nya. 

Jika jenis tema yang dipilih tepat maka kecepatan loading juga akan berjalan lebih efektif dan memuaskan. Sebaiknya template yang dipakai memuat bagian paling awal dari situs kemudian data kode perlu mengambil space yang seminimal mungkin.

3. Periksa Tag HTML

Penting juga untuk diketahui bahwa HTML adalah salah satu komponen penting yang dipakai untuk mengetahui apakah tema website sudah SEO friendly atau belum. 

Anda harus memastikan bahwa tag HTML yang digunakan benar-benar akan menyorot konten yang paling penting. Template yang dipakai nanti harus mempermudah mesin pencari untuk memahami isi dari sebuah website.

4. Utamakan Kenyamanan Pengunjung

Zaman sekarang ini tidak penting sebuah blog memiliki desain yang rumit. Pengunjung website justru lebih memilih desain website yang simpel namun tetap mempermudah akses. 

Terapkan tipe desain website yang mengutamakan kenyamanan pengguna. User experience yang baik akan membantu meningkatkan peringkat website Anda secara signifikan.

Memulai blog atau website memang tidak mudah. Ada banyak aspek yang harus dipikirkan dengan baik. Setelah mendapatkan desain website yang SEO friendly, segera pikirkan konsep dari konten-konten yang akan diunggah. 

Pastikan setiap konten website bisa membantu meningkatkan efektivitas SEO dan membuat peringkat website naik tajam.

Koleksi desain blog di Galeri Template sudah memenuhi kriteria tersebut.*

Post a Comment