Pengertian dan perbedaan Antara Headphone, Headset, Earphone, Earbud, dan Handsfree.

Pengertian dan perbedaan Antara Headphone, Headset, Earphone, Earbud, dan Handsfree


Kita memerlukan aksesori atau alat untuk mendengarkan suara (audio) dari perangkat elektronik smartphone ataupun laptop.

Aksesori itu sudah menjadi kebutuhan untuk membantu agar suara atau audio seperti lagu/musik, terdengar lebih jelas dan jernih.

Aksesori bernama Headphone, Headset, Earphone, Earbud, dan Handsfree. Berikut ini pengertian dan perbedaannya.

Perbedaan Headphone, Headset, Earphone, Earbud, dan Handsfree

1. Headphone 

Headphone

Headphone adalah alat yang hanya bisa digunakan untuk mendengarkan, tanpa bisa digunakan untuk komunikasi atau tanpa microphone. Kualitas suara headphone bagus karena memang didesain hanya untuk mendengarkan audio saja. 

Headphone terdiri dari dua buah speaker yang terpasang menutupi telinga. Keduanya tersambung oleh bando untuk diletakkan di kepala.

Jadi, headphone hanya untuk mendengarkan, seperti headphone yang biasa digunakan penyiar radio atau podcaster. Untuk berbicara, mereka menggunakan mikrofon terpisah.

2. Headset

Headset

Headset adalah headphone yang dilengkapi mikrofon sehingga tidak hanya bisa digunakan untuk mendengarkan, tetapi juga untuk komunikasi atau berbicara. 

Headset idealnya diguanakan untuk berkomunikasi seperti via Skype, Zoom, call center ataupun video call yang lainnya.

Headset maupun headphone lebih sering dipasang pada PC atau laptop. Biasanya headset mempunyai 2 jack audio, jack pertama untuk input yakni mikrofon dan jack kedua sebagai output yakni speaker.

3. Earphone

Earphone

Dari segi kegunaannya, earphone sama headphone. Namun, earphone memiliki bentuk yang mungil (kecil), hanya bisa menutupi lubang telinga, sehingga gampang dibawa ke mana-mana. Earphone sering dipakai untuk perangkat mobile atau smartphone.

4. Earbud

Earbud

Earbud adalah nama lain dari earphone. Bentuk earbud atau earphone lebih kecil dari headset dan headphone. Earbud/earphone dipasang dengan cara diselipkan ke rongga telinga dan sama sekali tidak menutupi daun telinga kita dan hanya menutupi lubang telinga.

5. Handsfree

Handsfree

Handsfree ini merupakan earphone yang diberi tambahan tertentu, seperti mikrofon dan tombol fungsi, untuk menaikkan atau menurunkan volume dan menerima atau memutus panggilan.

Handsfree biasanya disertakan dalam dashbook smartphone. Sebagaimana namanya, handfree ini tanpa kabel.

Mana yang lebih baik dari segi kesehatan?

Menurut Hellosehat, headphone ataupun headset untuk mendengarkan lagu sangat berpengaruh terhadap kesehatan Anda. 

Jika dilihat dari kualitas suara, keduanya sama-sama memiliki keistimewaan masing-masing. 

Menurut World Health Organization (WHO), 50% pendengaran orang dewasa beresiko turun akibat penggunaan headphone untuk mendengarkan musik atau lagu.

Selain itu, CDC atau setara dengan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit mengungkapkan, terdapat 5.2 juta orang yang menderita gangguan pendengaran akibat suara bising.

Kisaran umur penderitanya adalah 6-19 tahun. Di sisi lain, penderita pada usia 20-69 tahun mencapai 26 juta. Tentu saja hal ini sangat meresahkan.

Walaupun lebih nyaman mendengarkan musik dengan headphone, ternyata terdapat bahaya yang mengintai Anda jika tidak digunakan dengan benar.

Jika Anda mendengarkan suara atau musik yang terlalu keras ke telinga Anda, rambut-rambut kecil yang ada di telinga dapat terbunuh.

Nah, matinya rambut-rambut kecil yang bertugas untuk mengirimkan sinyal suara ke otak Anda ini bisa membuat Anda kehilangan pendengaran.

Di sisi lain, penggunaan headphone ternyata lebih baik dibandingkan headset. Headphone melakukan tugasnya memblokir suara dari luar dengan baik.

Hal tersebut tentu membuat Anda mendengarkan lagu dengan suara yang lebih kecil ketimbang saat memakai headset.

Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih headphone berkualitas tinggi agar resiko gangguan pendengaran dapat berkurang.

Nah, jika ditanya lagi manakah yang lebih baik antara headphone atau headset dari segi suara, jelas jawabannya adalah headphone.

Disarankan tidak menggunakan headset dalam jangka waktu yang panjang, walaupun memang dari segi desain lebih praktis dan baik daripada headphone.

Kesimpulannya, Anda bisa memilih headphone sebagai alternatif untuk mendengarkan musik dengan kualitas yang bagus dan mengurangi resiko kehilangan pendengaran.

Akan tetapi, jika Anda ingin tetap menggunakan headset, silahkan ikuti anjuran di bawah ini agar tidak menyesal nantinya.

Mendengarkan musik tidak lebih dari 60% dari batas maksimal suara headset. Batasi penggunaan headset setidaknya paling lama 1 jam.

Demikian Antara Headphone, Headset, Earphone, Earbud, dan Handsfree.*

Post a Comment