January 5, 2022

Apakah Orang Masih Membaca Blog?

January 5, 2022

Apakah Orang Masih Membaca Blog


APAKAH pengguna internet atau orang masih membaca blog? Apakah blog masih bisa menghasilkan uang?

Jawabannya adalah YA, blog masih dibaca banyak orang. YA, blog masih bisa menghasilkan uang. Meskipu, ya juga, blog --dalam konteks blog pribadi-- mengalami penurunan popularitas sejak maraknya media sosial.

Blogging pribadi — dan komunitas blogger yang kuat — dulu ada, dan beberapa masih ada, tetapi mereka sekarat. Kebanyakan orang hari ini tidak ingin menghabiskan waktu mereka browsing melalui blog yang penuh dengan jenis konten "apa yang saya lakukan hari ini". 

Blog pribadi menjadi kurang penting setiap hari karena gempuran situs berita dan situs-situs besar yang menjalankan strategi business blogging dan content marketing. Markeplace seperti Tokopedia pun memiliki blog khusus untuk online marketing.

Jadi, apakah orang masih membaca blogger? Sekali lagi, jawabannya YA.

Sebuah survei yang dikutip Ryrob menunjukkan, sebanyak  40% orang (pengguna internet) tidak pernah membaca blog. Artinya, bahwa 60% konsumen membaca konten blog secara teratur. 

Blogging itu hidup dan sehat. Menurut hasil survei, lebih banyak orang yang benar-benar terdorong untuk membaca blog yang mengajari mereka bagaimana melakukan sesuatu yang baru.

Apakah orang masih membaca blog?

Ya, orang masih membaca blog hari ini (dalam jumlah rekor) dan hampir pasti akan terus membaca blog selama bertahun-tahun yang akan datang. 

Faktanya, 77% pengguna Internet melaporkan secara teratur membaca posting blog menurut statistik blog terbaru. 

Namun, meskipun ada peningkatan yang konsisten dalam jumlah orang yang membaca blog, cara kita membacanya cukup banyak berubah. 

Rata-rata pembaca hanya menghabiskan 37 detik membaca posting blog hari ini, yang menjelaskan bahwa kebanyakan orang tidak mungkin membaca seluruh posting blog dari awal hingga akhir—dan malah memindai informasi yang mereka cari.

Meskipun buktinya jelas bahwa orang masih membaca blog dalam jumlah rekor hari ini, tidak pernah lebih penting untuk menciptakan pengalaman konten yang dapat dipindai yang hebat untuk pembaca Anda—sehingga mereka dapat dengan cepat menemukan jawaban yang mereka cari dan melanjutkan dengan kesibukan mereka. hidup. 

Setelah bekerja sebagai blogger, pemilik bisnis, penulis, dan pemasar konten sendiri, itu adalah sesuatu yang saya punya banyak pengalaman.

Alasan Orang Masih Membuka Blog

Survei-survei sebelumnya menunjukkan, 77% pengguna internet tidak sadar atau tidak tahu, bahwa yang mereka buka/baca adalah blog --website pribadi.

Alasan mengapa orang membaca blog bervariasi, sepanjang sejarah blogging. Namun pada akhirnya, pada akhirnya, orang membaca blog karena mereka mencari solusi untuk masalah yang mereka miliki… dan blog sering kali merupakan salah satu format terbaik untuk memberikan solusi semacam itu kepada orang-orang secara online—baik melalui konten tertulis, video, atau audio.

Dari sini kita melihat, para blogger sudah membantu banyak orang dengan berbagi pengalaman, pengetahuan, dan --ini paling disukai-- tips atau tutorial. Biasanya blogger berbagi tips berdasarkan pengalaman pribadi --dan ini kekuatan blog yang sesungguhnya!

Sebuah blog dapat mengakomodasi format konten apa pun, dan dapat digunakan untuk mendidik, menginformasikan, mengadvokasi (untuk sudut pandang Anda sendiri), menjual produk atau layanan, memberikan dukungan, dan banyak lagi…

Berikut adalah beberapa alasan mengapa orang masih membaca blog hari ini:
  • Untuk menemukan jawaban atas pertanyaan cepat yang mereka miliki
  • Untuk mempelajari keterampilan baru dengan mengikuti panduan mendalam
  • Untuk menonton video tutorial yang menjelaskan cara menyelesaikan tugas tertentu
  • Untuk mengikuti ajaran seorang ahli atau influencer dalam ceruk tertentu
  • Untuk meminta saran di forum atau di bagian komentar dari blog yang relevan
  • Untuk mendapatkan berita, informasi, atau pembaruan yang relevan tentang kejadian lokal
  • Untuk terhubung dengan individu lain yang berpikiran sama dan berpartisipasi dalam komunitas online
  • Untuk memutuskan apakah mereka harus membeli produk atau layanan yang mereka pertimbangkan
  • Untuk lebih memahami cara kerja produk atau layanan baru yang baru saja mereka beli

3 Alasan Orang Membaca Blog

Menurut studi HubSpot, ada tiga alasan utama mengapa blog masih banyak dibaca atau mengapa orang membuka blog.

1. Orang membaca blog untuk mempelajari sesuatu yang baru.

Sejauh ini, alasan paling umum orang akan membaca posting blog adalah untuk mempelajari sesuatu yang baru. 

Postingan yang menyertakan panduan, proses langkah demi langkah, video tutorial, atau fakta cepat sering kali mendapatkan banyak lalu lintas pencarian. Ini karena orang mencari petunjuk tentang cara melakukan sesuatu di Google setiap hari.

Bahkan, ketika postingan tidak memberi tahu orang-orang tentang cara melakukan sesuatu pada tingkat yang terperinci, blog yang membahas topik kompleks seperti studi, tren, atau topik yang kurang dikenal orang dapat membangkitkan rasa ingin tahu seseorang.

Secara psikologis, para peneliti telah melaporkan bahwa manusia mendambakan informasi berharga serupa dengan bagaimana mereka mendambakan makanan dan kekayaan finansial. 

Sebagai seorang blogger, Anda dapat memanfaatkan ini untuk membuat konten yang membangkitkan rasa ingin tahu, sambil mendiskusikan topik yang terkait dengan merek, layanan, atau produk Anda.

Misalnya, di Blog Pemasaran, kita mungkin menunjukkan kepada pembaca kami cara menggunakan jaringan media sosial baru. Dengan melakukan ini, pemasar atau pengguna media sosial yang ingin mempelajari cara melakukan ini dapat menemukan konten kami di pencarian atau di media sosial dan membacanya untuk mempelajari cara membuat konten ini.

Pada lingkup yang lebih luas, blog kita mungkin membuat banyak konten yang membahas tren dari berbagai sudut. 

Misalnya, ketika aplikasi TikTok muncul, kita menulis beberapa posting blog untuk menjawab pertanyaan umum pemasar seperti, "Apa itu TikTok?", "Bagaimana merek memasarkan diri mereka di TikTok?", atau "Bagaimana caranya Anda memanfaatkan pemasaran influencer di TikTok?"

Selain membantu pembaca kami, panduan atau blog terkait tren memungkinkan kami menyoroti tingkat penelitian dan pengetahuan yang kami peroleh sebagai pemasar. Ini juga dapat menunjukkan kepada prospek bahwa HubSpot adalah perusahaan kredibel yang menjual produk berkualitas dalam industri pemasaran.

2. Orang membaca blog untuk hiburan.

Sementara orang mendambakan pengetahuan, mereka juga suka dihibur. Setiap hari, orang mungkin membaca blog yang menceritakan kisah menarik, membuat mereka tertawa, atau membuat mereka penasaran dengan cara lain.

Ini sejalan dengan penelitian tahun 2020 yang mencatat bahwa lebih banyak konsumen menonton video dan mengonsumsi konten online demi kesenangan dan pelarian.

Tapi, sebagai blogger bisnis, Anda mungkin bertanya pada diri sendiri, "Bagaimana saya bisa menghibur pembaca saya sambil tetap menjaga blog saya tetap profesional?"

Sebenarnya, ketika Anda berpikir kreatif, ada beberapa cara untuk menghibur audiens Anda sambil tetap mempertahankan merek.

Misalnya, Anda dapat membuat postingan infografis atau foto yang menyenangkan tentang tren viral di industri Anda, Meskipun pembaca Anda mungkin tidak mau berinvestasi dalam tren viral ini, citra dan informasi tentang tren tersebut mungkin menghibur mereka. 

Di salah satu posting, kita menyoroti meme lucu yang digunakan pemasar dalam kampanye mereka yang sebenarnya.

Sebagai alternatif, Anda juga dapat membuat video atau podcast yang menyenangkan namun informatif untuk disertakan dengan postingan blog Anda. 

Dengan lapisan konten tambahan ini, Anda dapat menyelami lebih dalam untuk membahas tren pemasaran viral, atau mewawancarai pakar industri yang diikuti oleh orang-orang di bidang Anda. 

Meskipun ini mungkin tidak "menghibur" bagi orang-orang di luar industri Anda, ini mungkin lebih menarik daripada rata-rata blog yang mungkin dibaca oleh orang-orang di bidang Anda.

3. Orang-orang membaca blog untuk mempelajari tren yang terkait dengan industri pekerjaan mereka.

Meskipun orang mungkin tidak tertarik membaca blog yang secara khusus membahas produk atau merek Anda, mereka mungkin lebih tertarik dengan blog yang membahas industri yang berafiliasi dengan produk Anda.

Sementara hasil jajak pendapat yang dicatat dalam pendahuluan berasal dari konsumen umum dengan latar belakang profesional yang beragam, kemungkinan mereka yang bekerja akan membaca blog jika itu mendidik mereka atau memberi mereka informasi berharga tentang industri mereka.

Saat melihat jumlah pembaca dan data Blog HubSpot, jelas bahwa audiens mereka menikmati membaca konten yang terkait dengan tren dalam industri pemasaran, penjualan, layanan, atau situs web. 

Dan, ketika HubSpot mendapatkan kiat dari para ahli atau data tentang cara menavigasi tren ini, pembaca bahkan lebih terlibat.

Selain menanggapi tren, Anda juga dapat menulis tentang berita terbaru yang terkait dengan bidang Anda. Misalnya, inilah pos lain di mana kami membahas bagaimana penghentian cookie pihak ketiga dapat berdampak pada pemasar.

Dengan menanggapi tren dan berita di situs web Anda, Anda memposisikan blog Anda sebagai tempat tujuan untuk wawasan tren industri terbaru, serta informasi pendidikan dan tip umum.

Jadi, apakah orang masih membaca blog? Jawabannya: Ya, masih! Meski popularitasnya menurun, blogger yang konsisten, berusaha tetap bertahan, masih banyak. Contoh Blog salah satu yang masih bertahan sejak 2014 hingga saat ini, 2022.

Konsistensi tidak akan mengecewakan. Sikap konsisten akan berbuah manis. Insya Allah! Happy Blogging!

Video: Mana Lebih Bagus, Blogger vs WordPress?

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Apakah Orang Masih Membaca Blog?

  1. Sejak kurang lebih tahun 2009 hingga saat ini masih, meskipun sempat fakum sekitar 6 tahunan :D akhirnya kembali ngeblog lagi di tahun 2022 ini. Youtube dengan videonya memang sangat menarik, lebih memudahkan, tapi semoga dengan masih adanya blogger yang masih eksis sekarang bisa menumbuhkan kembali minat baca utamanya para pemuda.

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *