Cara Blokir Kontak WhatsApp Diam-Diam Tanpa Diketahui

Pengguna WhatsApp (WA) sering merasa tertanggu oleh kiriman pesan teks, audio, atau panggilan dari kontak tak dikenal ataupun yang sudah dikenal. Cara mengatasinya adalah memblokir kontak. 

Berikut ini cara memlokir kontak WhatsApp diam-diam, tanpa diketahui pemiliknya. Terkesan "jahat" memang, tapi mau bagaimana lagi kalau kita merasa terganggu!

Kita sering menerima pesan dari nomor tak dikenal. Kita heran juga, dari mana mereka mendapatkan nomor HP kita? Nomor tak dikenal itu bisa telemarketer, sales pinjaman online (pinjol), atau siapa pun.

Jika merasa terganggu dengan pesan-pesan yang masuk, kita bisa memblokir saja nomor kontak yang mengganggu.

Mengutip websites resminya, WhatsApp menyediakan fitur Block untuk memblokir kontak atau nomor tertentu. Fitur blokir diciptakan WhatsApp untuk memberi rasa aman dan nyaman bagi penggunanya. 

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memblokir pesan dari kontak tidak dikenal, spam chat, ataupun alasan lainnya. 

Selain memblokir, kita juga bisa melaporkan sekaligus memblokir (report and block) sebuah nomoryang suka mengirim pesan yang meresahkan atau mengganggu. 

Untungnya, orang yang nomornya diblokir, tidak akan langsung mengetahui bahwa dirinya telah diblokir. Tidak akan ada notifikasi dari WA bahwa nomornya diblokir.

Nomor kontak yang diblok tidak akan bisa mengirim pesan maupun menelpon. Namun, tidak semua pengguna menyadarinya bahwa mereka telah diblokir. Sebabnya, pemblokiran kontak WhatsApp terjadi secara diam-diam, tanpa ada notifikasi sama sekali. 

Cara Blokir Kontak WhatsApp Diam-Diam

Dirangkum Kompas dari berbagai sumber, ada beberapa cara memblokir kontak WhatsApp secara diam-diam. 

1. Hapus Terakhir Terlihat (Last Seen)

- Hapus kontak tertentu dari telepon Anda. 
- Buka Menu > Pengaturan > Akun 
- Bika Privasi dan hapus Last Seen to My Contacts. 

2. Sembunyikan Foto Profil 

Foto profil hanya akan bisa dilihat oleh teman. 

- Buka Pengaturan> Akun> Privasi
- Buka Foto profil dan atur ke "Kontak Saya". 

3. Sembunyikan Status 

Status WhatsApp dapat dismbunyikan dengan cara yang sama seperti yang disebutkan di atas. 

4: Hapus Centang Biru 

Centang biru ganda adalah fitur WhatsApp sebagai tanda  sebuah pesan sudah dibaca. Tapi, terkadang fitur ini bisa menjadi alasan iritasi ketika Anda tidak mau membalas, tetapi Anda terus-menerus di-ping. 

- Buka Pengaturan> Akun
- Buka Privasi dan hapus centang 'Baca tanda terima'. 

Tetapi, kerugiannya, dengan cara ini Anda juga tidak akan dapat melihat saat orang lain sudah membaca pesan Anda atau belum. 

5: Blokir Kontak

Memblokir kontak ini langkah pamungkasnya. Buka Tombol Menu > Pengaturan > Akun > Privasi > Kontak yang Diblokir. 

Kemudian klik ikon Tambah di kanan atas dan pilih kontak yang akan diblokir. Dengan cara ini orang tersebut tidak akan pernah melihat aktivitas Anda di WhatsApp. 


Demikian cara blokir nomor atau kontak WhatsApp. WA memang sangat populer sebagai aplikasi kirim-terima pesan. Fitur SMS pun sudah mulai jarang digunakan, apalagi jika orang hanya mengisi nomor HP-nya dengan paket data.

Orang tak suka iklan. Minimalkan melakukan promosi atau jualan di WA! Baiknya Anda bikin blog atau website sebagai toko online. Kita bisa membagikan link atau alamat blog di WA. Itu lebih disukai daripada promosi langsung di WA. Bisa-bisa nomor kita diblokir!

Video Cara Blokir Kontak WA

Post a Comment