Pentingnya Attitude, Pelajaran dari Kasus Tri Suaka Zidan vs Andika Kangen Band

Jagat media sosial, terutama TikTok, diramaikan oleh kasus penyanyi cover Tri Suaka dan Zidan vs Andhika Kangen Band. 

Tri dan Zidan dinilai melecehkan atau mengejek cara bernyanyi Andhika. Tri dan Zidan dinilai "gak ada akhlak" atau tidak punya attitude yang bagus. 

Netizen, terutama fans Kangen Band, marah besar karena menilai Tri-Zidan tidak menghormati penyanyi senior. Aksi unsubscribe, unfollow, dan boikot pun menimpa Tri Suka-Zidan yang populer berkat media sosial itu.

Kasus ini mengingatkan kita akan pentingnya attitude atau sikap. Banyak komentar netizen soal pentingnya attitude ini. Attitude dinilai lebih penting ketimbang skill atau ilmu. Attitude yang buruk menghancurkan karier, dijauhi teman dan manusia pada umumnya.

Perusahaan juga menomorsatukan attitude yang merupakan bagian dari "soft skills" ini. Soft skill seperti attutide adalah sikap mental atau kepribadian seseorang.

Pengertian Attutude

Dalam bahasa Indonesia, sikap adalah sikap atau laku. Attitude adalah perilaku; perbuatan dan sebagainya yang berdasarkan pada pendirian, keyakinan.

Dalam bahasa Inggris, attitude adalah cara berpikir atau perasaan yang menetap tentang seseorang atau sesuatu, biasanya yang tercermin dalam perilaku seseorang; posisi tubuh yang tepat atau menyiratkan suatu tindakan atau keadaan mental. (Oxford Dictionary).

Attitude adalah cara seseorang berpikir atau merasa tentang orang, tempat, tindakan, atau pengalaman tertentu. 

Mirip dengan perspektif individu, sikap mencakup emosi tertentu seseorang dan cara mereka bertindak terhadap seseorang atau sesuatu. 

Sikap adalah disposisi spesifik yang menggabungkan faktor-faktor seperti keyakinan, opini, suasana hati, dan emosi. 

Kadang-kadang, sikap disebut sebagai pandangan atau keadaan mental yang mempengaruhi cara orang memandang dunia di sekitar mereka dan cara mereka mengalami kehidupan, pekerjaan, hubungan dan banyak lagi.

Dalam bahasa agama (Islam), sikap adalah akhlak atau budi pekerja. Nabi Muhammad Saw bahkan diutus oleh Allah SWT untuk mengurusi sikap. "Sesungguhnya aku diutus untuk menyempurnakan akhlak yang mulia" (Hadits).

Attitude atau sikap adalah dasar dari segala sesuatu dalam hidup kita. Sikap kita menentukan bagaimana kita bereaksi terhadap kesulitan, kemampuan kita untuk tumbuh dan belajar, kemampuan kita untuk mengatasi tantangan, dan menciptakan ikatan dengan orang lain.

Mengapa Attitude Itu Penting?

Attitude atau sikap itu penting karena dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk bergerak di dunia. 

Misalnya, mempertahankan sikap positif dapat membantu Anda mencapai kesuksesan yang terukur dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda.

Attitude positif membantu Anda mengatasi masalah kehidupan sehari-hari dengan lebih mudah. Ini membawa optimisme ke dalam hidup Anda, dan membuatnya lebih mudah untuk menghindari kekhawatiran dan pemikiran negatif. 

Jika Anda mengadopsinya sebagai cara hidup, itu akan membawa perubahan konstruktif ke dalam hidup Anda, dan membuatnya lebih bahagia, lebih cerah, dan lebih sukses.

Mempertahankan sikap positif sepanjang kehidupan pribadi dan profesional Anda dapat membantu Anda menemukan mekanisme koping yang sehat untuk stresor dan tantangan. 

Dengan attitude positif, Anda mungkin dapat mengatasi rintangan dengan lebih mudah, menemukan lebih banyak kesempatan untuk mengungkapkan rasa syukur dalam hidup Anda, dan bahkan menempa jalan yang dapat ditindaklanjuti untuk mencapai impian Anda. 

Meskipun memupuk pandangan positif setiap hari terkadang terasa menantang, terutama ketika Anda mengalami ketegangan dalam hidup Anda, ini adalah upaya yang berharga untuk dilakukan.

Attitude juga penting karena ia dapat memengaruhi kemampuan Anda untuk bergerak di dunia. Misalnya, mempertahankan sikap positif dapat membantu Anda mencapai kesuksesan yang terukur dalam kehidupan pribadi dan profesional Anda. 

Pandangan Anda dapat sangat memengaruhi kesehatan, kehidupan sosial, potensi penghasilan, produktivitas, kemampuan untuk mengatasi rintangan, dan banyak lagi. 

Dengan sikap positif, unggul dalam berbagai bidang kehidupan ini dapat menjadi upaya yang jauh lebih sederhana—menciptakan manfaat besar yang secara signifikan dapat meningkatkan kualitas hidup Anda. 

Relatif, jika Anda mempertahankan sikap negatif atau skeptis, Anda mungkin tidak dapat mengakses manfaat yang sama.

Attitude positif memungkinkan Anda untuk mengurangi tingkat stres, mengatasi tantangan dengan cara yang sehat dan produktif, mencapai tujuan yang dapat ditindaklanjuti, dan menjaga kesehatan mental dan fisik secara keseluruhan. 

Oleh karena itu, penting untuk secara sengaja mencari metode untuk mempertahankan sikap positif selama interaksi Anda dengan orang lain, waktu yang dihabiskan di tempat kerja dan dalam waktu pribadi atau rekreasi Anda. 

Meskipun ini bisa menjadi tugas yang menantang, terutama dalam menghadapi tekanan hidup, ini dapat membantu menumbuhkan keuntungan penting dalam kehidupan sehari-hari Anda dan mengarah pada peningkatan kepuasan dalam karier, hubungan, dan banyak lagi. (Sumber)

Video: Kangen Band - Cinta Sampai Mati

Post a Comment