50 Ide, Jenis, dan Peluang Bisnis Online


LAGI cari ide bisnis online atau menghasilkan uang dari internet? Mungkin salah satu atau lebih dari 50 Ide, Jenis, dan Peluang Bisnis Online berikut ini cocok untuk Anda. Syarat utamanya Anda memiliki komputer/laptop, smartphone, dan koneksi internet!

Saat ini, salah satu alat utama yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis adalah koneksi internet. Ada begitu banyak peluang berbeda di luar sana untuk memulai bisnis online. Dan dalam beberapa kasus, Anda bahkan tidak perlu lebih dari koneksi internet atau paket data/kuota untuk menjalankan bisnis online Anda.

Ketika bisnis online terus mengambil bagian yang lebih besar dari pasar ritel tradisional di seluruh dunia, ini adalah saat yang tepat untuk menjalankan dan menjalankan ide bisnis online Anda.

Ini karena mayoritas warga dunia diperkirakan akan membeli produk yang mereka butuhkan secara online. Karena makin banyak orang menggunakan eCommerce, toko online, atau marketplace, pelanggan akan mencari ide bisnis online baru dan inovatif untuk menjadikan pengalaman itu lebih baik.

Sementara teknologi dan titik harga akan mencapai paritas di mana akan ada sedikit diferensiasi, pengalaman pelanggan (customer experience) akan memainkan peran penting dalam bisnis online.

Bisnis online di mana pengalaman pelanggan menjadi prioritas akan melihat lebih banyak orang mengklik toko eCommerce mereka.

Ini termasuk memberikan ulasan (review) pelanggan, keterlibatan media sosial, situs web atau toko online yang dioptimalkan untuk seluler, aplikasi seluler, chatbots, dan lainnya.

Tujuannya adalah untuk menerapkan ide bisnis online terbaru sehingga bisnis online Anda terus berkembang.

Ide Bisnis Online

Berikut adalah 50 ide bisnis online yang dapat Anda mulai segera. Ide bisnis online berikut ini termasuk peluang karier atau lowongan kerja online. Anda bekerja dari rumah, work from home, ataupun bekerja di rumah, work at home. Jadi content creator adalah peluang bisnis online yang lagi trending.

1. Blogger

Ini jenis bisnis online yang sedang CB jalani. Blogging adalah peluang bisnis yang memungkinkan Anda memilih ceruk yang benar-benar cocok untuk Anda. Dan Anda dapat menghasilkan uang melalui iklan --khususnya AdSense, tautan afiliasi, infoproduk, atau sejumlah jalan lain.

Blog bukan sekadar buku harian atau jurnal online untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman. Situs web pribadi yang bisa dibuat gratis di Blogger ini bisa juga menjadi media bisnis online Anda.

Blogging memang tidak mudah. Kita harus bersaing ketat dengan situs-situs berita atau situs populer yang juga melakukan content marketing ala blogger. Namun, jalani saja. Rezeki takkan tertukar 'kan?

2. Asisten virtual

Bisnis dan profesional sering dapat menggunakan bantuan asisten untuk mengelola tugas seperti email dan media sosial. Dan Anda dapat menawarkan layanan Anda kepada klien-klien tersebut secara online sebagai asisten virtual.

3. Manajer Media Sosial

Jika Anda memahami media sosial, Anda dapat menawarkan layanan Anda ke merek (brand) yang ingin membantu mengelola akun media sosial mereka setiap hari.

Banyak lembaga yang kekurangan personel yang cakap mengelola media sosial. Anda bisa cek betapa banyak lowongan "social media admin" di situs-situs lowongan kerja.

4. Konsultan Media Sosial

Mirip manajer media sosial, Anda juga bisa menawarkan keahlian media sosial Anda kepada klien secara online alih-alih mengelola akun untuk mereka.

5. Influencer Media Sosial

Anda bisa fokus mengembangkan akun media sosial Anda sendiri. Jika Anda mendapatkan follower dan pengaruh yang cukup dalam jaringan Anda, Anda dapat membangun bisnis sebagai influencer yang bekerja dengan merek untuk mempromosikan produk dan layanan di akun Anda.

Influencer adalah seorang yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi orang lain karena kapasitas yang dimilikinya. Biasanya, influencer adalah seseorang yang berprofesi sebagai blogger, YouTuber, selebritas, atau seorang public figure.

6. Penulis eBook

Jika Anda memiliki ide buku, Anda dapat menulis ebook atau buku elektronik sendiri dan menerbitkannya di platform online seperti Amazon.

7. Pembuat Kursus Online

Anda juga dapat membagikan pengetahuan Anda dengan orang-orang online dengan membuat kursus Anda sendiri dan menjualnya di situs web atau daftar email Anda.

8. Pelatih Bisnis

Jika Anda memiliki cukup banyak keahlian bisnis, Anda dapat menawarkan layanan konsultasi atau pelatihan kepada klien dan berkomunikasi dengan mereka melalui aplikasi obrolan email atau video seperti Skype.

9. Konsultan SEO

Anda juga dapat menawarkan jenis layanan yang lebih khusus seperti SEO untuk bisnis yang ingin meningkatkan peluang situs web mereka muncul dalam hasil pencarian.

10. Pemasar Afiliasi

Program afiliasi memberi Anda kesempatan untuk mendapatkan uang secara online dengan memposting tautan ke berbagai produk dan layanan dan kemudian mendapatkan bagian dari setiap penjualan yang Anda referensikan. Silakan cek: Cara Memulai Bisnis Afiliasi.

11. YouTuber

Bagi wirausahawan yang merasa nyaman di depan kamera, Anda dapat memulai saluran YouTube Anda sendiri dan mendapatkan penghasilan melalui pembagian iklan.

Youtuber menjadi profesi favorit di kalangan anak muda. Mudah dibuat, namun memang perlu konsistensi, kemampuan speaking dan editing video yang mumpuni. Konten video Anda harus unik, menarik, dan tentu saja dicari orang.

12. Podcaster

Anda juga dapat memulai podcast Anda sendiri dan menjual iklan atau sponsor untuk membangun bisnis di sekitar konten Anda.

Untuk menjadi podacster, Anda perlu menentukan format podcast (monolog, wawancara, obrolan) dan memilih topik atau niche yang sesuai dengan passion serta keahlian Anda.

13. Penjual eBay

Jika Anda ingin menjual produk yang sebenarnya, Anda dapat dengan mudah membuat toko online di platform seperti eBay dan menjual berbagai produk yang berbeda.

14. Pemilik Bisnis Buatan Tangan

Atau Anda dapat memilih untuk membuat produk sendiri dan mendirikan toko ecommerce buatan tangan sendiri (handmade) atau mendirikan toko online di platform seperti Etsy.

15. Desainer website

Jika Anda memiliki pengetahuan desain dan pengetahuan tentang situs web, Anda dapat menawarkan layanan Anda kepada klien sebagai desainer web. Web Designer adalah orang yang memiliki keahlian untuk membuat tampilan website jadi menarik.

16. Pengembang Situs Web

Web developer adalah orang yang bertugas membuat dan mengembangkan website. Anda dapat membangun bisnis dengan membantu di bagian belakang proses pembuatan situs web. Ini membutuhkan pengetahuan teknis yang sedikit lebih banyak tetapi tidak banyak pengetahuan desain.

17. Perancang grafis

Desainer grafis merupakan sebuah pekerjaan menciptakan ilustrasi, tipografi, fotografi, atau grafis motion. Anda dapat menawarkan beberapa layanan desain yang kurang teknis tetapi masih berkomunikasi dengan dan menarik klien secara online sebagai desainer grafis.

18. Pengembang Aplikasi

Jika Anda memiliki banyak pengetahuan teknis tentang aplikasi seluler, Anda dapat membangun bisnis sebagai pengembang aplikasi untuk klien atau Anda bahkan dapat membangun aplikasi sendiri untuk dijual.

19. Pengecer Domain

Setiap orang yang ingin memulai situs web mereka sendiri terlebih dahulu membutuhkan domain. Itu berarti mereka perlu membeli domain itu dari suatu tempat. 

Jadi, Anda dapat membangun bisnis dengan membeli domain dan menjualnya. Bergabung dengan program pengecer adalah cara untuk menghasilkan uang tambahan dengan biaya awal yang sangat rendah.

20. Penulis lepas

Bagi mereka yang ingin memulai bisnis penulisan tanpa memulai blog Anda sendiri, Anda dapat menawarkan layanan penulisan Anda kepada klien luar sebagai freelancer writer.

21. Desainer Kaos

Platform online seperti Redbubble dan CafePress membuatnya sangat mudah bagi pengusaha untuk menambahkan desain ke t-shirt dan produk serupa dan kemudian menjualnya kepada pelanggan online.

22. Tutor jarak jauh

Anda tidak harus bertemu dengan orang secara langsung untuk menjadi tutor yang efektif. Anda dapat mengatur pertemuan online dengan klien untuk membantu mereka dengan berbagai subjek berbeda.

23. Spesialis Periklanan Online

Jika Anda memiliki pengetahuan tentang opsi iklan online, Anda dapat menawarkan layanan Anda kepada bisnis yang ingin menggunakan iklan online untuk mempromosikan penawaran mereka.

24. Konsultan perjalanan

Agen perjalanan tidak sepopuler dulu. Tetapi Anda masih dapat membangun bisnis sebagai konsultan perjalanan online untuk membantu pelanggan dan grup menemukan penawaran terbaik yang memungkinkan pada pilihan perjalanan.

25. Korektor

Ide, jenis, dan peluang bisnis online lainnya adalah Anda dapat membangun bisnis sebagai korektor atau editor untuk berbagai bisnis, penulis, dan klien lain yang ingin mengirimi Anda pekerjaan mereka secara online.

26. Fotografer Saham

Jika Anda ingin membangun bisnis fotografi yang sebagian besar online, Anda dapat mengambil foto dan kemudian menjualnya di situs web stok foto.

27. Copywriter situs web

Peluang bisnis menulis potensial lainnya, copywriter membantu bisnis membuat naskah atau tulisan untuk situs web mereka. Juga, banyak website lembaga atau perusahaan yang tidak update karena tidak ada yang mengisinya. 

28. Dukungan Teknis Virtual

Jika Anda memiliki cukup banyak pengetahuan teknologi, Anda dapat mengatur layanan yang menyediakan dukungan teknis jarak jauh untuk klien yang menghubungi Anda secara online.

29. Layanan Pelanggan Kontrak

Anda juga dapat menawarkan layanan kepada bisnis yang ingin mengalihdayakan komunikasi layanan pelanggan mereka.

30. Pengembang perangkat lunak

Software developer. Bagi mereka yang terbiasa dengan seluk beluk membuat perangkat lunak, Anda dapat menawarkan layanan Anda secara freelance ke bisnis, atau bahkan membuat program perangkat lunak Anda sendiri untuk dijual.

31. Konsultan pemasaran

Jika Anda seorang pemasar yang berpengalaman, Anda juga dapat menawarkan layanan untuk bisnis yang ingin membantu membuat dan menjalankan rencana pemasaran online mereka.

32. Pengembang Template Blog

WordPress adalah platform populer untuk blog dan situs web. Jadi, Anda dapat membangun bisnis dengan membuat tema pra-buat untuk orang-orang yang menginginkan cara mudah untuk menyatukan situs web mereka sendiri di WordPress.

Selain WP, Anda juga bisa menjadi desainer template Blogger "hanya" dengan customize template bawaan Blogger.

33. Peneliti

Ada banyak peluang di luar sana bagi para peneliti untuk menawarkan layanan kepada penulis, bisnis, dan klien online lainnya.

34. Operator Situs Keanggotaan

Jika Anda memiliki ide untuk situs web niche, Anda dapat menawarkan keanggotaan berbayar untuk orang-orang yang tertarik menjadi bagian dari komunitas atau mengakses manfaat lain yang ditawarkan oleh situs Anda.

35. Pembuat Jaringan Blog

Anda juga dapat mengatur jaringan yang khusus untuk blogger dan meminta anggota membayar biaya atau mendapatkan uang melalui iklan atau infoproduk.

36. Pembuat Jaringan Iklan

Atau, Anda dapat mengatur jaringan yang ditujukan untuk blogger, pemilik situs dan bisnis online lainnya yang ingin mencari sponsor atau pengiklan dan sebaliknya.

37. Humas Online

Hubungan masyarakat (Humas) tentu saja merupakan peluang bisnis yang layak. Dan Anda dapat membangun bisnis yang terutama berkomunikasi dengan klien dan publikasi online.

38. Layanan Pemeliharaan Situs Web

Bagi mereka yang ingin bekerja dengan bisnis yang sudah memiliki situs web, tetapi dapat menggunakan beberapa bantuan untuk memelihara atau mengelolanya, Anda dapat menawarkan layanan Anda sebagai pengelola situs web atau penyedia pemeliharaan.

39. Layanan Kritik Situs Web

Anda juga dapat berspesialisasi dalam mengkritik situs web untuk bisnis yang merasa mereka perlu membuat beberapa perubahan atau peningkatan pengalaman pengunjung online mereka.

40. Perekrutan Online

Bagi mereka yang ingin membantu klien bisnis menemukan anggota tim terbaik, Anda dapat memulai layanan perekrutan yang menemukan dan menghubungi kandidat secara online.

41. Layanan Penulisan

Anda juga dapat bekerja dengan klien yang mencari pekerjaan dengan memulai layanan yang membantu mereka menyusun resume dan surat pengantar.

42. Pelatih seumur hidup

Jika Anda ingin membantu klien dengan berbagai masalah berbeda, Anda dapat memulai bisnis sebagai pelatih kehidupan dan berkomunikasi dengan klien terutama secara online.

43. Layanan Paket Makanan

Atau jika Anda ingin mendapatkan yang lebih spesifik dan membantu klien merencanakan makanan dan nutrisi mereka, Anda dapat menawarkan layanan perencanaan makanan di mana Anda berkonsultasi dengan klien secara online dan kemudian mengirimkan mereka rencana berdasarkan konsultasi Anda.

44. Ilustrator Khusus

Jika Anda seorang seniman yang terampil, Anda dapat menawarkan layanan ilustrasi khusus untuk klien yang menjangkau Anda melalui situs web Anda atau saluran online lainnya.

45. Pembuat Iklan Video

Anda juga dapat berspesialisasi dalam bekerja dengan klien yang membutuhkan bantuan untuk membuat iklan video agar muncul di YouTube atau platform online lainnya.

46. Pemasar Penjualan Langsung

Bagi mereka yang terampil dalam penjualan, Anda dapat membangun business dengan menawarkan layanan Anda kepada klien bisnis dan kemudian menjangkau pelanggan potensial secara online.

47. Konsultan keuangan

Jika Anda memiliki pengetahuan keuangan yang cukup, Anda dapat membangun bisnis sebagai konsultan keuangan dan bekerja dengan klien yang menjangkau Anda secara online.

48. Layanan Pembukuan

Atau Anda dapat menawarkan layanan pembukuan ke berbagai bisnis dan hanya menyiapkan sistem komunikasi online untuk mempermudah.

49. Layanan Newsletter Online

Menyiapkan buletin online cukup mudah. Dan jika Anda membangun jaringan yang cukup besar, Anda dapat menggunakan daftar Anda untuk menjual produk, layanan, atau mendapatkan penghasilan dengan bekerja dengan bisnis lain.

50. Layanan Generasi Pimpinan

Anda juga dapat memberikan layanan kepada klien bisnis yang membutuhkan bantuan untuk menghasilkan prospek online.

Itu dia 50 Ide, Jenis, dan Peluang Bisnis Online. Dari sekian banyak peluang kerja online itu, tentu ada yang cocok untuk Anda. Good Luck!

Sumber

Post a Comment