January 18, 2022

Tips Sukses Jualan Online di Marketplace dan Toko Online Sendiri

January 18, 2022

Jika Anda mencari informasi tentang cara sukses bisnis online, berikut ini Tips Sukses Jualan Online. Apa pun jualan Anda, yang penting halal, insya Allah laris dengan mengikuti kiat sukses jualan online berikut ini.

Tips Sukses Jualan Online di Marketplace dan Toko Online Sendiri

Tips ini CB sadur dari dua sumber terpercaya, Detik dan Kompas. Jualan online menjadi tren bisnis jual-beli di era internet saat ini. Selain berjualan di marketplace, kita juga bisa membuat toko online sendiri.

Didorong kondisi pandemi, orang kini banyak belanja online. Tinggal buka HP atau komputer, konsumen dengan mudah memilih dan membeli produk, jasa, atau barang yang mereka butuhkan dan inginkan.

Sebelum menjalankan Tips Sukses Jualan Online ini, hal pertama yang harus diperhatikan adalah kesiapan mental! Ya, mental!

Mental Anda harus sekuat baja ketika jualan online. Perilaku konsumen itu beragam, mulai yang ramah, santun, hingga yang "judes" dan bahkan pemarah. Secara, di online itu kita tidak bertemu muka, tidak melihat ekspresi wajah, tidak melihat senyum, dll.

Tips Sukses Jualan Online

Berikut ini 9 tips sukses cara jualan online untuk pemula atau cara jualan online laris sebagaimana dilansir dari Bob Vila

1. Tetapkan harga yang wajar 

Konsumen mencari harga termurah, namun juga wajar. Terlalu murah akan mencurigakan. Terlalu mahal takkan ada yang beli.

Sangat penting untuk menetapkan harga yang wajar untuk memastikan bahwa barang Anda terjual tepat waktu. Strategi paling mudah menentukan harga, tentu dengan melihat pesaing. 

Jika ingin cepat terjual, Anda bisa menggunakan strategi potongan harga atau diskon, namun dengan tetap mempertimbangan keuntungan. 

 Selain itu, jangan ragu untuk menetapkan harga yang sedikit lebih tinggi jika menurut Anda item yang dijual memiliki kualitas yang lebih baik daripada produk serupa. 

2. Ambil foto berkualitas tinggi 

Gambar atau foto produk menjadi daya tarik tersendiri. Pastikan gambaran produk ditunjukkan sedetail mungkin dan lebih bagus lagi ada video.

Sediakan foto berkualitas tinggi untuk menarik calon pembeli dan membiarkan mereka melihat seperti apa barang itu sebenarnya (real pic). 

 Jika memungkinkan, atur foto produk dengan latar depan, latar belakang, samping dan usahakan minimalkan gangguan sehingga fokusnya ada pada produk itu sendiri. 

Ambil foto dari beberapa sudut untuk memberikan gambaran yang lengkap bagi calon pembeli. Manfaatkan cahaya alami dengan menempatkan barang di depan jendela yang cerah atau menggunakan lampu khusus jika memungkinkan. 

Jangan ragu untuk menggunakan aplikasi untuk mencerahkan foto. Meskipun mengambil foto di ponsel saat ini terbilang sudah cukup canggih. 

3. Memberikan deskripsi rinci 

Ini terkait keterampilan menulis naskah iklan (copy writing). Buatlah deskripsi produk selengkap mungkin dan dengan bahasa yang mudah dipahami.

Tawarkan sebanyak mungkin detail tentang produk sehingga bisa menjawab semua pertanyaan dari calon pembeli. 

 Pastikan untuk menyertakan detail lengkap seperti tentang merek, pabrikan, dan nomor model. Berikan pula informasi yang akurat dan detail yang relevan tentang kondisi barang, termasuk cacat apabila memang ada. 

Jujurlah saat menjelaskan barang tersebut, terutama dalam hal ukuran, tempat asal, dan kondisinya. 

4. Pastikan untuk menyertakan tag pencarian 

Tips sukses jualan online untuk pemula berikutnya terkait kata kunci (keywords) yang bisa jadi tag dalam pencarian. 

 Dalam marketplace, biasanya juga menyediakan fitur tagging untuk semakin memudahkan pencarian produk, termasuk membaginya dalam kategori barang. 

5. Menanggapi pertanyaan dengan cepat 

Usahakan online selama 24 jam! Pembeli sangat suka resposn cepat seller. Jika seller lambat merespons, mereka bisa membatalkan pesanan dan beralih ke seller yang sedang online dan fast respons.

Seller harus siap-siaga menjawab pertanyaan calon pembeli. Transaksi di media sosial maupun marketplave cenderung bergerak cepat, jadi penting untuk memantau pesan masuk setiap saat. 

Jika Anda tidak menanggapi pertanyaan dalam waktu 24 jam, calon pembeli mungkin telah membeli barang serupa dari penjual lain. 

6. Buka opsi menawar 

Tak bisa dipungkiri, banyak pembeli menyukai untuk menawar barang. Penjualan online rupanya tak bisa membatasi perilaku tersebut. 

Sudah umum bagi calon pembeli untuk menawar sedikit di plaform jual beli online. Sebagai tips cara jualan online untuk pemula, Anda bisa bersikap fleksibel dan menerima penawaran yang masuk akal apabila harga yang ditawar dirasa masih menguntungkan. 

7. Gratis ongkir 

Ongkos kirim (ongkir) bisa menjadi pemicu sekaligus kendala pembelian barang. Pembeli sangat suka gratis ongkir.

Gratis pengiriman atau ongkir tentu jadi daya tarik tersendiri. Buat penawaran gratis ongkir bila pembeli mau membeli dengan minimal pembelian tertentu. 

Strategi ini cukup manjur sebagai salah satu cara jualan online laris. Nah saat ini, sudah banyak marketplace yang menyediakan fitur gratis ongkir. Anda bisa mengaktivkan fitur tersebut untuk meningkatkan penjualan. 

8. Bersikaplah realistis dan sabar 

Banyak yang terjun ke bisnis online namun kemudian tutup karena kurangnya kesabaran. Bersabarlah, dan pertimbangkan untuk menurunkan harga produk setelah satu atau dua minggu jika pembeli belum juga datang. 

Selain memberikan diskon, perbarui setiap 2 minggu untuk hasil terbaik seperti mengubah foto produk apabila masih kurang menarik. 

9. Ketahui batasan platform 

Tips sukses jualan online untuk pemula berikutnya yakni ketahui aturan pada marketplace atau platform media sosial. 

Item tertentu dilarang di Facebook maupun marketplace, dan ada baiknya untuk memeriksa pedoman platform sebelum memposting produk. 

Beberapa produk yang dilarang seperti alkohol, narkoba, produk palsu, kosmetik tak berizin, senjata, dan sebagainya. Itulah beberapa tips sukses cara jualan online untuk pemula yang bisa dipraktikan untuk menggenjot penjualan di awal (cara jualan online laris).

Itu dia Tips Sukses Jualan Online dari Kompas. Berikut 5 tips sukses untuk mulai jualan online bagi pemula dari Detik.

1. Ikut Kelas Bisnis Online

Penjual bisa mengikuti pendampingan bisnis dalam bentuk kelas online atau webinar gratis untuk mulai belajar soal bisnis online. 

Para mentor biasanya saling berbagi kiat sukses jualan online, mulai dari cara membuka toko, tips mendapat pesanan pertama, keuntungan berjualan online, membuat konten promo menarik, dan lainnya.

2. Rumus untuk Gaet Perhatian Pembeli

Rata-rata pembeli hanya butuh 50 detik untuk memilih produk yang ingin dilihat lebih lanjut, maka penjual perlu menampilkan foto dan deskripsi produk yang tepat dan menarik.

Untuk itu, ia memberi tips agar penjual menampilkan foto yang oke. Pastikan cahaya cukup dan gunakan background putih untuk menonjolkan kelebihan produk.

Selain itu, penjual juga bisa menggunakan rumus penamaan produk untuk deskripsi yang terdiri dari jenis produk, merek, dan keterangan (model/pola, tipe, atau warna). Hindari juga penggunaan karakter atau simbol sulit agar pembeli bisa dengan mudah menemukan produk.

3. Manfaatkan Fitur Platform Online

Ada beragam fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penjual dari platform online. Fitur-fitur ini bisa dimanfaatkan demi memaksimalkan penjualan dan menjangkau lebih banyak pembeli di luar pulau. Beberapa fitur yang tersedia di Tokopedia seperti Dekorasi Toko, Voucher Toko, Broadcast Chat, TopAds hingga Bebas Ongkir.

Fitur Bebas Ongkir, kini sudah bisa diaktifkan oleh seluruh keanggotaan seller di Tokopedia, termasuk Regular Merchant.

4. Gabung Kampanye untuk Raih Banyak Keuntungan

Salah satu cara untuk meraih banyak keuntungan bagi penjual ialah mengikuti beragam kampanye. 

Dengan ikut kampanye di Tokopedia seperti Kejar Diskon, Tokopedia NYAM, TokoMart, hingga festival belanja bulanan Tokopedia Waktu Indonesia Belanja (WIB), bisa membantu penjual menarik lebih banyak pembeli.

Jumlah pengunjung saat WIB periode Juni-Desember 2020 meningkat hingga 2x lipat. Kami juga mencatat peningkatan penjualan para pegiat usaha hingga lebih dari 3x lipat selama periode 2020 berkat WIB.

5. Pantau Toko 

Manfaatkan aplikasi khusus seller, seperti Tokopedia Seller. Tampilan yang sederhana dan fokus pada menu penjualan membuat penjual dapat mengoptimalkan pengelolaan toko hanya melalui satu aplikasi.

Itu dia Tips Sukses Jualan Online. Ada yang Anda lewatkan? Selamat berbisnis online and... good luck!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Tips Sukses Jualan Online di Marketplace dan Toko Online Sendiri

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *