Marketplace Terpopuler di Indonesia, Tempat Belanja Online Favorit Terpercaya


Suka belanja online? Pastinya, salah satu marketplace terpopuler di Indonesia ini menjadi tempat belanja online favorit Anda. 

Kita biasanya tertarik belanja di tempat yang ramai pembeli. Banyaknya konsumen mengindikasikan sebuah toko atau tempat belanja itu terpercaya, kualitas barangnya oke, dan aman.

Nah, berikut ini CB bikinkan list Marketplace Terpopuler di Indonesia, Tempat Belanja Online Favorit para konsumen online tanah air.

Marketplace Terpopuler di Indonesia

Menury data Alexa, diakses 5 Agustus 2021, tiga marketplace berikut ini menempati peringkat teratas sebagai tempat belanja online paling populer di Indonesia:

1. Tokopedia
2. Bukalapak
3. Shopee

Marketplace Terpopuler di Indonesia, Tempat Belanja Online Favorit Terpercaya

Mari kita bandingkan dengan data situs lain, yaitu Similarweb. Tempat Belanja Online Favorit tidak jauh dari tiga pasar online tersebut:

1. Tokopedia
2. Shopee
3. Bukalapak
4. Lazada
5. Blibli

Kelengkapan produk, kemudahan cara pembayaran, kenyamanan dan keamanan, diskon, dan biaya ongkos kirim, kemungkinan menjadi alasan banyaknya pembeli di sana.

Popularitas marketplace juga dipengaruhi oleh promosi besar-besaran mereka di berbagai media, termasuk di televisi. Shopee bahkan menjadi sponsor utama Liga 1 selama dua musim lalu.

Diberitakan Kompas, data April 2021 menunjukkan ada 5 marketplace Indonesia yang paling banyak dikunjungi versi Riset Shopback.

Dalam riset ShopBack, platform e-commerce Shopee menjadi aplikasi dengan kunjungan tertinggi.

Posisi kedua sebagai platform e-commerce yang paling banyak dikunjungi adalah Tokopedia, kemudian Lazada, Bukalapak, dan terakhir Blibli. 

1. Shopee
2. Tokopedia
3. Lazada
4. Bukalapak
5. Blibli. 

Alasan utama konsumen berkunjung ke marketplace tersebut, 56 persen responden mengatakan banyak promo menarik yang diberikan. 

Alasan lain yang membuat banyak konsumen berkunjung ke top 5 marketplace tersebut adalah karena marketplace tersebut terpercaya, yakni berdasarkan pengakuan 53 persen responden. 

Sebanyak 52 persen mengatakan proses memesan dan membayar produk sangat mudah, 51 persen responden mengatakan adanya fasilitas gratis ongkir, dan 48 persen sisanya menilai aplikasi atau situs mudah digunakan. 

Jika diibaratkan balap MotoGP, maka yang selalu naik podium adalah Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak. Di data ShopBack podium ketiga dihuni Lazada, Bukalapak keempat.

Profil Marketplace Populer Indonesia

Mari kita lihat profil singkat kelima marketplace terpopuler di Indonesia yang menjadi Tempat Belanja Online Favorit itu. Profil ringkas ini diambil dari Wikipedia.

1. Tokopedia

Tokopedia merupakan perusahaan perdagangan elektronik atau sering disebut toko daring. Sejak didirikan pada tahun 2009, Tokopedia telah bertransformasi menjadi sebuah unicorn yang berpengaruh tidak hanya di Indonesia tetapi juga di Asia Tenggara.

2. Shopee

Shopee adalah situs elektronik komersial yang berkantor pusat di Singapura di bawah naungan Sea Limited, yang didirikan pada 2009 oleh Forrest Li. Shopee pertama kali diluncurkan di Singapura pada tahun 2015, dan sejak itu memperluas jangkauannya ke Malaysia, Thailand, Taiwan, Indonesia, Vietnam, dan Filipina.

3. Bukalapak

Bukalapak merupakan salah satu perusahaan e-commerce di Indonesia. Didirikan oleh Achmad Zaky, Nugroho Herucahyono, dan Muhamad Fajrin Rasyid tahun 2010. Bukalapak awalnya merupakan toko daring yang memungkinkan para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) untuk merambah ke dunia maya. Pada tahun 2017, Bukalapak menjadi salah satu startup unicorn asal tanah air.

4. Lazada

Lazada Group adalah sebuah perusahaan e-commerce Asia Tenggara yang didirikan oleh Rocket Internet dan Pierre Poignant pada 2012, dan dimiliki oleh Alibaba Group. 

5. Blibli

Blibli adalah salah satu situs web perdagangan elektronik di Indonesia. Blibli adalah produk pertama PT Global Digital Niaga yang merupakan anak perusahaan Djarum di bidang digital yang didirikan pada tahun 2010. 

Apa Itu Marketplace?

Marketplace secara bahasa artinya "tempat pasar". Bisa dikatakan, marketplace adalah pasar online atau mal online, tempat banyak kios atau toko tempat jual-beli online.

Marketplace adalah suatu platform yang berperan sebagai perantara antara penjual dan pembeli untuk melakukan proses transaksi produk secara online.

Marketplace berbeda dengan toko online atau ecommerce atau online shop. 

Marketplace adalah website atau aplikasi yang dibuat untuk memfasilitasi proses jual beli antara penjual dan pembeli pada satu tempat.

Toko online adalah website bisnis milik sebuah perusahaan dengan produknya sendiri. Di toko online, penjual langsung menjual produknya di platform mandiri kepada pembeli.

Anda punya bisnis? Pastikan Anda membuka kios di salah markeplace di atas, plus website sendiri.

Jadi, selain membuka kios di marketplace, bisnis Anda juga sangat bagus jika punya website toko online sendiri. 

Setidaknya, Anda bisa membuat toko online dengan Blogger. Bikin blog di Blogger, dan gunakan template toko online terbaik. Good Luck!

Post a Comment