Blog Sepi Pengunjung Menyedihkan, Bagaimana Mengatasinya?

BLOG sepi pengunjung dan/atau sepi komentar memang menyedihkan. Bagaimana mengatasinya? Bagaimana meningkatkan jumlah pembaca blog?


Barusan, CB iseng-iseng ngintip forum di blog wordpress. Ada yang tanya, kenapa blognya sepi pengunjung, padahal sudah 6 bulan usia blognya?


Nih, CB rangkumkan buat Anda. Semoga menemukan solusi. Blog CB ini juga menurun kok jumlah pengunjungnya. Dulu bisa mencapai 20-30 ribu pageviews. Kini 4-5 ribu saja, stagnan euy! Sedih memang. Tapi... konsisten aja lah. Blogging is my life!

Cara Mengatasi Blog Sepi Pengunjung

Ini rangkuman diskusi soal blog sepi pengunjung dalam forum tadi. Gak jauh sih solusinya, yaitu rajin posting, artikel unik dan menarik, share ke media sosial, serta blogwalking.


Mengapa blog Tidak ada Visitor? (Umur Blog 6Bulan) HELP!

1. Blogwalking dan Share ke Medsos!

"Coba sering blogwalking,mas….habis gitu sering-sering saja share link artikel terbaru melalui facebook, twitter,pinterest,dsb. Biar lebih dikenal orang/teman sekitar…. ;)


"Sering-sering dishare lewat sosmed dan juga blogwalking aja, Gan. Kalo blog mau dibaca orang ya sendirinya juga harus sering baca blog orang, jangan lupa tinggalin jejak. :)"


"Blogwalking dan rajin posting :)"


"Dulu 3 bulan pertama pengunjung blog ane dikit banget gan. tapi setelah tiga bulan ane promosiin lewat akun twitter dan fb ane. bahkan ane bikin halaman khusus di facebook jadinya pengunjung terus meningkat. jadi kita harus ninggaling link kita di jejaring sosial, forum” kaya kaskus, atau diblog lainnya gan."

2. Bikin blog baru

"Bikin blog yang baru aja gan… kalau umur blog sudah 3 bln tapi sepi, berarti, bikin blog baru, blog itu biarin aja, karena gak bakal naik lagi biasanya gan… pengalaman para blogger biasanya gitu".


3. Abaikan, jika catatan pribadi


"Kalau blognya lebih untuk catatan pribadi, nggak perlu ambil pusing. Tapi kalau lebih untuk mempromosikan sesuatu, berarti butuh target market. Siapa? (segmen umur, pengalaman dsb)."


4. Rajin posting


"Harus rajin posting, Mas Bro. Saya liat arsip blog ente cuma bulan Oktober 2013 doang. Sama Mbah Google ngga bakal dimasukin ke Search engine-nya. Pagerank blog ente masih n/a alias nol. Coba mulai posting lagi yah, Mas Bro. :)"


"Mungkin kurang rajin di update… lebih sering update bro."


"Rajin update, rajin blogging, dan rajin-rajin sedekah :D"


5. Jangan copas!


"Dengan WP sebenarnya cukup dengan perbanyak posting sudah akan dapat posisi yang bagus di search engine Google yang otomatis visitor akan bertambah dengan sendirinya. Syaratnya, artikel mesti unik dan jangan copy paste."


Nah, itu dia. Masih banyak yang lain, silakan buka link di atas.

Apa itu blogwalking?

Blogger senior sudah gak asing dengan istilah ini. Bagi newbie, tentu saja kemungkinan masih belum paham apa itu blogwalking.


Blogwalking artinya "jalan-jalan ke blog orang lain" lalu tulis komentar yang baik


Jika komentar Anda bagus, mempunyai nilai tambah bagi postingan yang ada, maka kemungkinan akan menarik minat pengunjung lain klik profil Anda, lalu membuka blog Anda.


Maka, kasih komentar yang baik di blog orang lain ya. Jangan nyepam!

Jangan Abaikan SEO

SEO adalah cara klasik dan terbaik hingga kini untuk mengatasi blog sepi pengunjung. Dari ratusan tips SEO, tips terbaik adalah membuat konten berkualitas dan unik.


Lihat panduan membuat konten berkualitas dari Google!


Blogging memang bukan sekadar menulis artikel atau membuat postingan. Ngeblog juga meliputi pengetahuan dan penerapan SEO, agar blog bisa bersaing di Google dan mesin pencari lainnya.


Belakangan, memang terasa banget, trafik blog di menurun. Mungkin dialami banyak blogger. Salah satu sebabnya, topik-topik yang biasa dibahas blogger, kini ditulis juga oleh situs-situs berita. CB sudah membahasnya di posting Blogging is Dead.


Tetap semangat! Good Luck and Happy Blogging!


1 Comments

  1. Mantap. Makasih banyak ilmunya.
    www.yoviekyu.com

    ReplyDelete

Post a Comment