Blogging is Dead: Dilibas Provider dan Situs Berita, Blogger Sekarat!

blogging is dead
Is Blogging Dead? (Business Life Project)

Provider domain-hosting dan situs-situs berita menggerus blogger. Kata-kata kunci atau "ceruk" (niche) yang menjadi andalan para blogger selama ini, diembat juga oleh mereka!

Habislah "jatah" para blogger. Blogging pun kini sekarat (dying), tapi belum mati (dead).

CB coba bertahan dengan berusaha terus membuat postingan baru atau update posting lama. Hasilnya lumayan. Trafik relatif stabil, namun kadang naik drastis hingga 200%, lalu turun lagi ke pageviews "standar".

trafik blog cb

Provider domain hosting banyak mengulas soal blogging dan topik-topik lain yang biasa ditulis para blogger. Demikian pula situs-situs berita sudah banyak yang bergaya "ngeblog".

Sebagai contoh, kita coba cek di Google kata kunci "cara membuat blog" yang dulu didominasi blogger.

Kini artikel tentang cara membuat blog di halaman satu Google dikuasai provider domain hosting dan situs berita yang nota bene situs-situs besar, seperti Hostinger, Dailysocial, Niagahoster, Dewaweb, Merdeka, dan Domainesia.

CB merasakan juga bertumbangannya para blogger. Dulu, awal-awal contohblog.com muncul, tiap hari banyak komentar dari para blogger. Kini sepi. Bahkan, komentar spam pun satu dua saja per hari.

Kesimpulannya, jika ngeblog dengan niche blogging (metablog), maka kemungkinan blogging mati sangat terbuka.

Untuk bisa bertahan, blogger harus terus meningkatkan kemampuan SEO, selain membuat konten berkualitas seperti disarankan Google dalam Pedoman Kualitas.

Kerja sama antarblogger juga diperlukan untuk saling kunjung dan komentar.

Blog yang akan bertahan kemungkinan niche blog yang dikelola blogger yang benar-benar fokus dan kompeten di bidangnya. Itu pun harus ditunjang SEO Skills dan backlink berkualitas di blognya.

Blogging Takkan Mati

Berikut CB sarikan tulisan bagus soal kematian bloggin dari N2Growth. Tulisan ini menumbuhkan harapan karena ada alasan blogging takkan mati.

Sebuah artikel di Majalah Inc. berjudul "Is Blogging Dead?" menunjukkan blogging sedang menurun.

Artikel tersebut mengutip sebuah studi dari University of Massachusetts. Responden (170 eksekutif dari 500 perusahaan Inc.) menunjukkan penggunaan blogging turun 13% dari tahun sebelumnya.

Microblogging (Facebook, Twitter, dll.) tidak menggantikan blogging tradisional Media sosial sebenarnya berfungsi sebagai katalis untuk mengekspos konten blog ke basis pembaca yang lebih luas.

Pengamatan saya adalah orang-orang yang mengatakan blogging sudah mati entah sudah punya blog yang mati, atau mereka tidak punya blog sama sekali. Kebenaran dari masalah ini adalah blogging membutuhkan upaya yang berkomitmen.

Blogging sedang melalui fase konsolidasi yang sangat alami (dan sehat) di mana kontributor yang lemah disingkirkan. Ini adalah tanda positif - bukan bayangan malapetaka dan kesuraman.

Blogging tidak sedang sekarat - itu disempurnakan oleh mereka yang paling mengerti, dan ditinggalkan oleh mereka yang tidak memiliki bakat atau kemampuan untuk mempertahankan upaya mereka.

Bagaimana pendapat Anda?

Thanks for reading Blogging is Dead: Dilibas Provider dan Situs Berita, Blogger Sekarat! | Labels: Blogging edit this post
Author Image

About CB Blogger
Contoh Blog --sebut saja CB -- Panduan Blogging untuk Pemula - Tips SEO, Desain, Template SEO Friendly, Cara Membuat Blogger Keren, Google Adsense, dll. Subscribe! to get update via email.

14 komentar on Blogging is Dead: Dilibas Provider dan Situs Berita, Blogger Sekarat!

  1. menurut saya sih blogging ga akan mati, karena masih banyak lahan basah di dunia internet ini yang hanya saja belum tereksploitasi hehe

    ReplyDelete
  2. tetap eksis aja mas selama dunia provider internet masih on time seiring itu juga blog mendapinginya seperti halaman CB ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip! Mari kita saling menyemangati. Blogger bersatu tak bisa dikalahkan :)

      Delete
  3. yuk gannsali menyemangati dan bekerja sama seperti blogwalking,, biar gk blog is dying

    ReplyDelete
  4. tetap semangat dan buat konten yang menarik.. cb tetap eksis dan jadi panutan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ini dia teman setia, baru nongol lagi :)
      Siippp!!!

      Delete
  5. aku baru aktif blog lagi dan bikin beberapa postingan minggu ini
    lumayan pas liat statistik ada yang baca dari luar negeri gtau itu beneran orang sana atau bot atau apa lahh
    seengganya cukup bikin seneng heehe

    happy blogging

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang mah bis jadi banyak pembaca luar, soalnya ada Google Tanslate otomatis.

      Delete
  6. Saya setuju dengan pendapat N2Growth...dibidang apapun pasti terjadi 'seleksi alam'. 5 tahun lalu menurut saya blogging malah menyebalkan karena baru masuk aja kita udah diarahkan ke iklan (ingat pop up window Klik 2x untuk menutup iklan ini tapi klik macam manapun tetap aja iklannya terbuka wkwkwk). Dulu klik ini-itu mengarahnya ke iklan. Klik download juga sering muter-muter ke banyak iklan dulu dan akhirnya enggak bisa/jadi dunlut karena link rusak/dihapus. Era 2012-2018 banyak blogger tukang pasang jebakan batman untuk visitor.
    Kalo soal komentar yang makin dikit emang benar. Di blog saya komentar terbaru pun....2 tahun yang lalu...wkakakak!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener, jebakan batman link muter-muter palin menyebalkan, termasuk download template banyak yang pasang link-link begituan. CB Blogger mah kagak muter-muter kalau kasih link download

      Delete

Contact Form

Name

Email *

Message *

Back To Top