May 19, 2022

Definisi dan Jenis-Jenis Asuransi Mobil yang Ada di Indonesia

May 19, 2022

Definisi dan Jenis-Jenis Asuransi Mobil yang Ada di Indonesia

Hadirnya produk asuransi mobil Sinar Mas, Garda Oto, dll dengan berbagai manfaat dan keunggulannya, menjadi bukti nyata bahwa keberadaan asuransi kendaraan ini begitu dibutuhkan oleh banyak masyarakat Indonesia, khususnya dalam memberikan proteksi finansial dari risiko kerusakan atau kehilangan kendaraan.

Terlepas dari hal tersebut, tahukah Anda mengenai apa sebenarnya asuransi mobil itu sendiri dan apa saja jenis serta isi polis dari asuransi ini? Agar tidak penasaran, simak ulasan lengkapnya di artikel berikut ini.

Sekilas Definisi Asuransi Mobil

Umumnya, asuransi mobil sendiri dikatakan sebagai produk asuransi yang hadir dengan memberikan jaminan perlindungan finansial berupa ganti rugi dari perusahaan asuransi apabila sewaktu-waktu terjadi risiko kerusakan atau kehilangan pada kendaraan nasabah.

Dalam hal ini, pihak perusahaan asuransi akan menanggung kerugian berupa kerusakan total (risiko kehilangan maupun risiko mobil tidak bisa dipakai sama sekali) sampai dengan kerusakan ringan (mobil terjadi lecet atau penyok karena kecelakaan yang tidak disengaja).

Dengan adanya asuransi mobil, maka pihak nasabah akan terbebas dari pengeluaran biaya besar atas risiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan pada mobil kesayangannya.

Sehingga, hal inilah yang akan membuat mereka lebih tenang dan aman jika sewaktu-waktu terjadi hal-hal tak terduga yang menimpa kendaraan mereka.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil yang Ditawarkan Perusahaan Asuransi

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya di definisi asuransi mobil, untuk jenis asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi sendiri yakni terbagi dalam 2 jenis, yakni asuransi mobil All Risk dan asuransi mobil Total Loss Only (TLO).

Dari kedua jenis asuransi mobil tersebut terdapat perbedaan signifikan yang bisa Anda lihat secara lengkap berikut ini.

1. Asuransi Mobil All Risk

Merupakan jenis asuransi mobil yang hadir dengan menanggung segala jenis kerusakan yang terjadi pada kendaraan.

Jenis kerusakan yang ditanggung ini yakni mulai dari rusak total yang membuat kendaraan tidak dapat digunakan sama sekali sampai dengan kerusakan kecil seperti penyok, lecet, baret dan lain-lain.

Untuk jenis asuransi mobil all risk ini hadir dengan premi yang lebih mahal dibandingkan jenis asuransi mobil TLO lantaran uang pertanggungannya dinilai lebih luas.

Adapun untuk jenis asuransi mobil ini hanya bisa menanggung sampai dengan usia mobil mencapai usia 5 tahun.

2. Asuransi Mobil Total Loss Only (TLO)

Jauh berbeda dengan jenis asuransi mobil All Risk, untuk jenis asuransi Total Loss Only (TLO) ini hadir dengan menanggung kerusakan total saja.

Di mana pihak perusahaan asuransi hanya akan memberikan ganti rugi apabila nilai kerusakan kendaraan mencapai 75% dari nilai mobil yang diasuransikan pada awal pembelian asuransi ini. Atau dengan kata lain yakni mobil sudah tidak bisa digunakan atau tidak berfungsi lagi.

Mengingat manfaat pertanggungannya yang hanya terbatas pada kerusakan total saja, maka untuk premi asuransinya dikatakan jauh lebih murah dibanding asuransi mobil All Risk. Adapun asuransi ini hanya menanggung hingga usia mobil yakni 10 tahun.

Apa Saja Isi Polis Asuransi Mobil?

Membahas mengenai asuransi, tentu tidak akan jauh-jauh dengan yang namanya polis asuransi yang terdapat di dalamnya, bukan?

Sebelum membahas mengenai apa isi polis asuransi mobil, Anda perlu tahu bahwa polis asuransi sendiri merupakan suatu perjanjian asuransi yang dilakukan antara pihak perusahaan asuransi dengan pemegang polis atau nasabah.

Pada polis asuransi biasanya berisi perjanjian pengalihan risiko, syarat-syarat dan komitmen kedua belah pihak.

Oleh sebab itu, sangat penting bagi setiap nasabah untuk mengetahui isi yang ada dalam polis asuransi untuk memperoleh hak pertanggungan atau ganti rugi dari asuransi yang dipilih.

Pada isi polis asuransi khusus untuk mobil sendiri yakni memuat beberapa hal yang mana berhubungan dengan dana pertanggungan yang diberikan pihak perusahaan asuransi atas kerugian yang terjadi pada kendaraan nasabah.

Adapun isi dari polis asuransi secara keseluruhan yakni memuat beberapa hal-hal penting di antaranya:

• Hak pelajari polis asuransi
• Data penting dari pemegang polis (perusahaan asuransi) dan nasabah
• Manfaat asuransi mobil yang diberikan bagi nasabah
• Pengecualian yang sering kali mengakibatkan pengajuan klaim nasabah ditolak perusahaan asuransi
• Syarat dan ketentuan premi asuransi mobil
• Potongan biaya untuk mengurangi manfaat yang nasabah terima pada asuransi mobil

Demikian ulasan lengkap mengenai definisi, jenis sampai dengan isi dari polis asuransi mobil yang perlu Anda perhatikan baik-baik sebelum membelinya di pasaran.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Definisi dan Jenis-Jenis Asuransi Mobil yang Ada di Indonesia

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *