May 29, 2022

Pengertian dan Contoh Blog Bisnis sebagai Media Online Marketing

May 29, 2022

Blog bisnis adalah cara yang paling hemat

Sebelumnya CB sudah membahas tentang contoh blog bisnis dalam postingan contoh blog pribadi dan bisnis. Blog atau blogging bukan hanya web pribadi, tapi berkembang menjadi strategi dan media marketing.


Kali ini CB akan berbagi tentang blog bisnis, yaitu blogging yang dilakukan berbagai lembaga bisnis atau perusahaan.


Blog bisnis atau blog perusahaan ini merupakan media online marketing atau pemasaran internet. Lembaga bisnis atau perusahaan membuat blog bisnis untuk kepentingan branding dan mengembangkan bisnisnya.


Berikut ini pengertian dan contoh blog bisnis sebagai media pemasaran online yang dilakukan beragam lembaga bisnis besar.

Pengertian Blog Bisnis

Blog bisnis adalah website khusus sebuah perusahaan yang berisi berita atau artikel dengan gaya blog. Menurut bigcommerce, blog bisnis merupakan sarana perusahaan berkomunikasi dengan pelanggan, calon pelanggan, dan warga internet secara umum.


Menurut Guardian, blog bisnis adalah salah satu cara yang paling hemat biaya dan termudah untuk mempromosikan bisnis. 


Jika dilakukan dengan benar, blog bisnis dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web utama, meningkatkan penjualan, menjadikan sebuah bisnis sebagai otoritas di industri dan juga membantu untuk menjangkau pasar baru. 


Sayangnya, banyak usaha kecil yang belum menyadari manfaat dari alat bernama blog bisnis ini. Alasan yang valid berkisar dari kurangnya waktu untuk menulis posting blog hingga kurangnya ide untuk posting yang berkualitas. 


Di Wikipedia, blog bisnis disebut corporate blog atau blog perusahaan. Disebutkan, blog perusahaan adalah blog yang diterbitkan dan digunakan oleh suatu organisasi, perusahaan, dll untuk mencapai tujuan organisasinya. 


Keuntungan dari blog adalah posting dan komentar mudah dijangkau dan diikuti karena hosting terpusat dan utas percakapan yang umumnya terstruktur.


Blog bisnis tidak berisi postingan yang terkait dengan topik bisnis, produk, atau jasa (layanan) tertentu, namun juga topik aktual dan menarik lain yang sekiranya dicari pengguna internet. Dengan topik umum inilah sebuah blog bisnis biasanya mendapatkan pelanggan atau klien baru.


Sebuah blog bisnis biasanya akan ditampilkan di situs web perusahaan --berupa subdomain atau kategori/menu khusus blog, meskipun beberapa blog bisnis mungkin muncul di situs web tersendiri.


Jika di situs perusahaan, blog akan memiliki beberapa hubungan dengan produk atau layanan yang ditawarkan oleh perusahaan itu atau dengan sesuatu yang sangat erat kaitannya dengan apa yang mereka tawarkan. 


Ini adalah taktik pemasaran yang dirancang tidak hanya untuk menginformasikan pembaca, tetapi untuk meningkatkan visibilitas bisnis dan, pada akhirnya, mendorong pembaca untuk membeli produk atau layanan Anda.

Mengapa Harus Memiliki Blog Bisnis?

Mengutip laman bigcommerce, situs web Anda adalah alat pemasaran dan aset pemasaran. Anda ingin sebanyak mungkin orang melihat situs Anda. 


Cara paling umum orang menemukan situs web adalah dengan menggunakan mesin pencari, jadi Anda ingin situs web Anda mendapat peringkat setinggi mungkin dalam pencarian yang relevan. Semakin banyak konten bermanfaat yang dimiliki situs, semakin baik peringkat Anda.


Ada juga faktor lain yang berperan, terutama menggunakan kata kunci dan frasa SEO untuk membantu orang menemukan Anda. Tetapi hal hebat tentang blog bisnis adalah setiap kali Anda, atau penulis tamu, membuat blog, Anda menambahkan halaman berkualitas ke situs web Anda. Ketika orang mencari istilah, misalnya, 'Cara Memulai Bisnis CBD', maka mereka diharapkan akan menemukan blog informatif yang juga dapat menghasilkan arahan.


Ini bukan hanya tentang blog Anda berada di situs web Anda sendiri atau menghasilkan lalu lintas pencarian. Jika Anda menghasilkan artikel yang informatif dan menarik, maka Anda juga akan menemukan bahwa situs lain dapat memilih untuk menautkannya, sehingga memperluas jangkauan Anda tanpa usaha ekstra. 


Jika pembaca menyukai bagian blog tertentu, mereka dapat membagikannya di saluran media sosial, memperluas jangkauan itu lebih jauh.


Kiranya jelas apa itu blog bisnis dan manfaarnya sebagai media pemasaran internet untuk promosi, branding, penjualan, dan lainnya. Kini kita lihat apa saja contoh blog bisnis yang dibuat oleh perusahaan besar.

Contoh Blog Bisnis

Banyak sekali blog bisnis yang bisa ditemui lewat halaman pencarian Google. Bisnis modern yang "melek digital" tidak akan mengabaikan blog bisnis sebagai bagian penting marketing mereka.


Berikut ini CB ulas ringkas contoh blog bisnis yang bisa menjadi inspirasi sekaligus motivasi bagi pelaku bisnis, baik usaha besar maupu --apalagi-- usaha kecil.

1. Blog Bisnis Google

Contoh blog bisnis pertama CB pilihkan blog Google. Raksasa internet ini juga memiliki blog bisnis dengan nama The Keyword dan menggunakan subdomain blog.google.com. Cek: Blog Google.


Blog Bisnis Google


Blog resmi Google ini memiliki meta tags "Temukan semua yang terbaru tentang produk, teknologi, dan budaya Google kami di blog resmi kami" (Discover all the latest about our products, technology, and Google culture on our official blog).

2. Blog Bisnis Apple 

Contoh blog bisnis kedua adalah blog bisnis Apple yang bernama Newsroom. Di blognya ini, Apple mempublikasikan berbagai produk dan layanan, termasuk siaran pers. 


Blog Bisnis Apple


Apple Newsroom adalah sumber berita tentang Apple. Baca siaran pers, dapatkan pembaruan, tonton video, dan unduh gambar. (Apple Newsroom is the source for news about Apple. Read press releases, get updates, watch video and download images.)

3. Blog Bisnis Tokopedia

Tokopedia adalah marketplace papan atas di Indonesia. Guna menunjang bisnisnya, Tokopedia juga membuat blog bisnis bernama Blog Tokopedia


Blog Bisnis Tokopedia


Di web khusus sebagai salah satu alat marketing online ini, Tokopedia menyajikan beragam informasi serta tips jual beli online di Tokopedia, promo terbaru, kisah inspiratif penjual online dan berita gaya hidup terkini.

4. Blog Gramedia

Gramedia merupakan salah satu toko buku di Indonesia yang kerap kali mengadakan book fair di mana kamu bisa membeli lima buah buku dengan harga di bawah 10.000 rupiah.


Blog Bisnis Gramedia


Website utamanya, gramedia.com, berupa toko buku online yang menyediakan aneka buku berkualitas dan terlengkap. 


Blog bisnis Gramedia bernama Gramedia Blog dengan nama halaman Review Buku Gramedia. Beragam postingan dengan banyak topik dipublsilasikan di menu Literasi.

5. Blog Acer

Acer Inc. adalah perusahaan perangkat keras dan elektronik multinasional Taiwan yang berspesialisasi dalam teknologi elektronik canggih, yang berkantor pusat di Xizhi, Kota New Taipei.


Brand yang identik dengan laptop ini membuat blog bisnis yang terintegrasi dengan website utama. Kunjungi Blog Bisnis Acer Indonesia.


Blog Acer


Blog Acer ini menyajikan informasi terkini seputar produk, harga dan promo Acer untuk kebutuhan kantor, pendidikan, hiburan atau rumah. Salah satu contoh artikelnya tentang cara merawat baterei laptop agar awet.

Penutup: Apa Blog Bisnis Anda?

Demikian ulasan tentang Pengertian dan Contoh Blog Bisnis sebagai Media Online Marketing. Jadi, lembaga bisnis sekelas Google, Apple, Tokopedia, Gramedia, dan Acer aja bikin blog bisnis juga! 


Bagaimana dengan bisnis Anda, terutama Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM)? Sudah punyakah blog bisnis? Apa blog bisnis Anda? Silakan cantumkan di kolom komentar. Tanpa live link ya! Kalau mau dofollow link, silakan kontak admin!


Untuk usaha kecil, Anda bisa membuat blog di Blogger dan "menyulapnya" menjadi blog bisnis! Good Luck and Happy Blogging!


Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Pengertian dan Contoh Blog Bisnis sebagai Media Online Marketing

  1. Artikel yang bermanfaat sekali untuk program go digital umkm, perkenalkan saya alfath dari larispage.com, sangat suka sekali membaca artikel mengenai digital marketing.

    kunjungi juga blog saya terima kasih
    https://larispage.com/blog

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *