May 31, 2022

Website vs Aplikasi: Pengertian, Persamaan, Perbedaan, dan Kelebihannya

May 31, 2022

Website vs Aplikasi: Pengertian, Persamaan, Perbedaan, dan Kelebihannya

Website dan aplikasi adalah dua jenis konten internet. Apa pun informasi yang Anda cari di internet, Anda pasti membuka website dan/atau aplikasi (app) --disebut juga mobile aplication.

Jika dibandingkan, website vs aplikasi, mana yang lebih unggul?

Secara umum, website lebih unggul dalam menjangkau audiens daripada aplikasi karena situs web tidak memerlukan banyak upaya untuk menjangkau audiens dengan jumlah besar.

Website dapat diakses dengan mudah oleh user menggunakan browser. Pengguna tidak perlu mendownload apa pun. 

Aplikasi adalah halaman untuk perangkat mobile. Pengguna harus mendownload dan install pada perangkat mobilenya melalui App Store atau Play Store. Unduh dan pasang aplikasi sering terkendala storage atau kapasitas ponsel.

Perbedaan utama antara website dan aplikasi adalah sebagai berikut: Website adalah halaman web yang bisa diakses langsung melalui web browser. Aplikasi adalah sebuah software berupa halaman web yang bisa diakses setelah diunduh dan dipasang (download & install).

Pengertian Website 

Website adalah sekumpulan halaman di dalam suatu domain internet yang dapat diakses melalui browser. Situs web bisa diakses melalui komputer ataupun ponsel. Contoh website: www.detik.com, www.republika.co.id, www.contohblog.com.

Konten website umumnya berupa informasi dalam format teks (tulisan), gambar, animasi, audio, video maupun gabungan dari semuanya (multimedia).

Website diakses langsung dengan cara membuka sebuah nama domain atau subdomain yang ada di dalam World Wide Web.

Kita tidak perlu mengunduh website pada smartphone. Anda hanya perlu mengunjungi URL website untuk bisa mengakses website yang anda maksud.

Website pertama kali ditemukan oleh Sir Timothy John, Tim Berners-Lee. Pada tahun 1991 website terhubung dengan jaringan. Tujuan website pertama kali adalah untuk mempermudah tukar-menukar dan memperbaharui informasi antar-sesama peneliti.

Pengertian Aplikasi

Aplikasi --singkatan dari Aplikasi Mobile-- adalah perangkat lunak aplikasi yang dikembangkan untuk bisa digunakan pada perangkat seluler atau handphone. 

Kata atau istilah aplikasi berasal dari bahasa Inggris, application, yang artinya "penerapan" atau "penggunaan".

Per definisi, pengertian aplikasi adalah suatu perangkat lunak (software) yang mempunyai beberapa fitur tertentu dengan cara yang dapat diakses oleh pengguna.

Menurut Jogiyanto (1999), aplikasi adalah penggunaan dalam suatu komputer, instruksi (intruction) atau pernyataan (statement) yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat memproses input menjadi output.

Disingkat app (application), umumnya aplikasi hanya bisa dibuka di perangkat mobil atau ponsel pintar (smartphone) dan pengguna harus mengunduh atau memasang aplikasi terlebih dahulu untuk bisa menggunakannya.

Menginstall aplikasi mobile ke dalam smartphone membutuhkan ruang penyimpanan. Aplikasi diunduh melalui Google Play Store atau Apple App Store.

Perbedaan Website vs Aplikasi

Situs web dan aplikasi seluler dapat terlihat sangat mirip pada pandangan pertama. Padahal, keduanya berbeda.

Situs web seluler mirip dengan situs web lain karena terdiri dari halaman HTML berbasis browser yang ditautkan bersama dan diakses melalui Internet (untuk seluler biasanya jaringan WiFi atau 3G atau 4G). 

Karakteristik jelas yang membedakan situs web seluler dari situs web standar adalah fakta bahwa situs web tersebut dirancang untuk tampilan genggam yang lebih kecil dan antarmuka layar sentuh. 

Desain web responsif (mobile friendly) menjadi standar baru untuk situs web yang tidak hanya ramah seluler, tetapi juga dapat disesuaikan ke perangkat berukuran apa pun - mulai dari desktop hingga tablet dan ponsel pintar.

Seperti situs web apa pun, situs web seluler/situs responsif dapat menampilkan konten teks, data, gambar, dan video. Mereka juga dapat mengakses fitur khusus seluler seperti klik untuk menelepon (untuk menghubungi nomor telepon) atau pemetaan berbasis lokasi.

Aplikasi adalah aplikasi sebenarnya yang diunduh dan dipasang di perangkat seluler Anda, bukan dirender dalam browser. Pengguna mengunjungi portal khusus perangkat, seperti Apple App Store, Android Market, atau Blackberry App World untuk menemukan dan mengunduh sebuah aplikasi. 

Aplikasi dapat menarik konten dan data dari Internet, dengan cara yang mirip dengan situs web, atau dapat mengunduh konten sehingga dapat diakses tanpa koneksi internet.

Mana yang Lebih Baik – Aplikasi atau Web?

Ketika memutuskan untuk membuat aplikasi asli atau situs web seluler, pilihan yang paling tepat sangat bergantung pada tujuan akhir Anda. 

Jika Anda mengembangkan game interaktif, aplikasi mungkin akan menjadi pilihan terbaik Anda. Tetapi jika tujuan Anda adalah menawarkan konten yang sesuai untuk seluler kepada audiens seluas mungkin, maka situs web seluler mungkin adalah cara yang tepat. 

Dalam beberapa kasus, Anda mungkin memutuskan bahwa Anda memerlukan situs web seluler dan aplikasi seluler, tetapi cukup aman untuk mengatakan bahwa jarang masuk akal untuk membangun aplikasi tanpa sudah memiliki situs web seluler.

Secara umum, situs web seluler harus dianggap sebagai langkah pertama Anda dalam mengembangkan kehadiran web seluler, sedangkan aplikasi berguna untuk mengembangkan aplikasi untuk tujuan yang sangat spesifik yang tidak dapat dicapai secara efektif melalui browser web.

Jika tujuan Anda terutama terkait dengan pemasaran atau komunikasi publik, situs web seluler/responsif hampir selalu masuk akal sebagai langkah pertama yang praktis dalam strategi penjangkauan seluler Anda. Ini karena situs web seluler memiliki sejumlah keunggulan yang melekat pada aplikasi, termasuk aksesibilitas yang lebih luas, kompatibilitas, dan efektivitas biaya.

Situs web seluler dapat diakses secara instan oleh pengguna melalui browser di berbagai perangkat (iPhone, Android, BlackBerry, dll). 

Aplikasi, di sisi lain, mengharuskan pengguna untuk mengunduh dan menginstal aplikasi terlebih dahulu dari pasar aplikasi sebelum konten atau aplikasi dapat dilihat - penghalang yang signifikan antara keterlibatan awal dan tindakan/konversi.

Satu situs web seluler dapat menjangkau pengguna di berbagai jenis perangkat seluler, sedangkan aplikasi asli memerlukan versi terpisah untuk dikembangkan untuk setiap jenis perangkat. 

Selain itu, URL situs web seluler mudah diintegrasikan dengan teknologi seluler lainnya seperti SMS, Kode QR, dan komunikasi jarak dekat (NFC).

Situs web seluler jauh lebih dinamis daripada aplikasi dalam hal fleksibilitas murni untuk memperbarui konten. 

Jika Anda ingin mengubah desain atau konten situs web seluler, Anda cukup mempublikasikan hasil editnya sekali dan perubahannya langsung terlihat; memperbarui aplikasi di sisi lain mengharuskan pembaruan didorong ke pengguna, yang kemudian harus diunduh untuk memperbarui aplikasi di setiap jenis perangkat.

Situs web jauh lebih mudah ditemukan oleh pengguna karena laman mereka dapat ditampilkan di hasil penelusuran dan dicantumkan dalam direktori khusus industri, sehingga memudahkan pengunjung yang memenuhi syarat untuk menemukan Anda. 

Yang terpenting, pengunjung situs web biasa Anda dapat secara otomatis dikirim ke situs seluler Anda saat berada di perangkat genggam (menggunakan deteksi perangkat). Sebaliknya, visibilitas aplikasi sebagian besar terbatas pada toko aplikasi pabrikan.

Keunggulan Wesbite atas Aplikasi

URL situs web seluler mudah dibagikan di antara pengguna melalui tautan sederhana (mis. dalam email atau pesan teks, kiriman Facebook atau Twitter). 

Penerbit dapat dengan mudah mengarahkan pengguna ke situs web seluler dari blog atau situs web, atau bahkan dalam bentuk cetak. Sebuah aplikasi tidak bisa dibagikan dengan cara ini.

Karena situs web seluler dapat diakses di seluruh platform dan dapat dengan mudah dibagikan di antara pengguna, serta mesin telusur, ia memiliki kemampuan jangkauan yang jauh lebih besar daripada aplikasi asli.

Umur simpan rata-rata aplikasi cukup pendek, kurang dari 30 hari menurut beberapa penelitian, jadi kecuali aplikasi Anda adalah sesuatu yang benar-benar unik dan/atau berguna (idealnya, keduanya), patut dipertanyakan berapa lama itu akan bertahan di perangkat pengguna . Situs web seluler di sisi lain selalu tersedia bagi pengguna untuk kembali ke sana.

Sama seperti situs web standar, situs web seluler dapat dikembangkan sebagai aplikasi web berbasis basis data yang bertindak sangat mirip dengan aplikasi asli. Aplikasi web seluler dapat menjadi alternatif praktis untuk pengembangan aplikasi asli.

Terakhir, tetapi tentu tidak kalah pentingnya, pengembangan situs web seluler jauh lebih hemat waktu dan biaya daripada pengembangan aplikasi asli, terutama jika Anda perlu hadir di platform yang berbeda (memerlukan pengembangan beberapa aplikasi).

Pemeliharaan Aplikasi 'Ribet'

Pertimbangan investasi aplikasi vs situs web tidak berakhir dengan peluncuran awal; mendukung dan memelihara aplikasi dengan benar (peningkatan versi, pengujian, masalah kompatibilitas, dan pengembangan berkelanjutan) jauh lebih mahal dan terlibat daripada mendukung situs web dari waktu ke waktu.

Terlepas dari banyak manfaat yang melekat pada web seluler, aplikasi masih sangat populer, dan ada sejumlah skenario penggunaan khusus di mana aplikasi akan menjadi pilihan terbaik Anda. 

Secara umum, jika Anda memerlukan salah satu dari yang berikut, sebuah aplikasi masuk akal:

1. Interaktivitas/Game

Untuk game yang sangat interaktif (pikirkan Angry Birds), sebuah aplikasi kemungkinan akan menjadi pilihan terbaik Anda, setidaknya untuk masa mendatang. 

Untuk game yang lebih sederhana (mis. teka-teki dan semacamnya) mungkin ada sedikit perbedaan dalam hal pengalaman pengguna dengan versi berbasis browser vs. aplikasi asli.

2. Penggunaan/Personalisasi Reguler 

Jika pengguna target Anda akan menggunakan aplikasi Anda dengan cara yang dipersonalisasi secara teratur (pikirkan EverNote, Facebook, Perbankan online), maka aplikasi asli menyediakan cara yang bagus untuk melakukannya yang mudah diakses di hampir semua skenario.

3. Pelaporan Kompleks dengan Visualisasi

Jika Anda memerlukan sesuatu yang akan mengambil data dan memungkinkan Anda untuk memanipulasinya dengan perhitungan, bagan, atau laporan yang rumit (pikirkan alat keuangan atau ilmiah), aplikasi akan membantu Anda melakukannya dengan sangat efektif.

4. Pemrosesan 

Peramban web seluler semakin mahir mengakses fungsi khusus seluler tertentu seperti fungsi klik untuk menelepon, SMS, pustaka perangkat, dan GPS. Namun, jika Anda perlu mengakses kamera pengguna atau kekuatan pemrosesan, aplikasi masih akan melakukannya dengan lebih efektif.

5. Pemberitahuan Push

Kemampuan bawaan aplikasi adalah kemampuan untuk mengirim pemberitahuan push kepada pengguna yang telah menginstal aplikasi di perangkat mereka, sehingga penerbit aplikasi dapat mengirim pesan kepada pengguna secara langsung. 

Tentu saja mengasumsikan pengguna telah mengizinkan aplikasi untuk mengirim pemberitahuan push di pengaturan mereka (tidak semua orang melakukannya). Juga menarik untuk dicatat adalah bahwa banyak browser sekarang memungkinkan pemberitahuan push berbasis web, memungkinkan pemilik situs web untuk mengirimkan pemberitahuan yang sama kepada pengunjung yang memilih untuk menggunakan desktop dan perangkat seluler yang kompatibel.

6. Tidak Perlu Koneksi

Jika Anda perlu menyediakan akses offline ke konten atau menjalankan fungsi tanpa koneksi jaringan/nirkabel, maka aplikasi masuk akal, karena Anda dapat menyimpan data secara lokal dan kemudian mengunggahnya setelah koneksi dibuat.

Seperti halnya proyek apa pun, saat mengembangkan aplikasi, Anda ingin memastikan bahwa Anda mendapatkan pengembalian investasi yang optimal. Apa yang ingin Anda hindari dengan cara apa pun adalah latihan yang tidak perlu dan mahal dalam membangun aplikasi untuk melakukan sesuatu yang mendasar yang dapat dicapai dengan situs web seluler.

Kesimpulan

Karena penggunaan seluler terus berkembang di seluruh dunia, pertanyaan "aplikasi vs website" akan tetap menjadi pertimbangan yang sangat nyata bagi organisasi yang ingin membangun kehadiran seluler. 

Jika sasaran seluler Anda terutama didorong oleh pemasaran, atau jika tujuan Anda adalah menyampaikan konten dan membangun kehadiran seluler yang luas yang dapat dengan mudah dipertahankan, dibagikan di antara pengguna, dan ditemukan di mesin telusur, maka situs web responsif yang ramah seluler adalah pilihan logis.

Di sisi lain, jika tujuan Anda adalah memberikan pengalaman pengguna yang lebih terasa seperti antarmuka game atau program komputer daripada situs web, atau jika Anda memerlukan akses ke penyimpanan ponsel dan fungsi asli pengguna, maka aplikasi mungkin akan diperlukan.

Penting juga untuk diingat bahwa situs web seluler/responsif dan aplikasi asli tidak selalu eksklusif satu sama lain. 

Banyak organisasi memiliki situs web publik ramah seluler untuk keberadaan web umum mereka, serta aplikasi asli yang dapat diunduh untuk mengakomodasi persyaratan yang lebih spesifik. 

Pada akhirnya, ini semua tentang memilih alat yang tepat untuk pekerjaan itu. Yang jelas, bisnis Anda wajib memiliki website dan lebih bagus lagi web dan aplikasi. (HS Solution)

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Website vs Aplikasi: Pengertian, Persamaan, Perbedaan, dan Kelebihannya

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *