February 18, 2022

7 Alasan Bisnis Anda Harus Punya Website Sendiri

February 18, 2022

7 Alasan Bisnis Anda Harus Punya Website Sendiri

Banyak bisnis mengandalkan media sosial dan marketplace (Tokopedia, Shopee, Bukalapak, dll) untuk jualan online. Itu tidak salah.

Bisnis memang harus menggunakan semua saluran dan peluang yang ada.

Namun, jangan hanya mengandalkan marketplace atau media sosial. Berjualan di medsos dan Tokopedia dkk artinya Anda “menumpang” di rumah orang lain.

Bisnis Anda harus punya website atau toko online sendiri.

Mengapa?

Postingan yang disadur dari Forbes ini menjelaskan betapa pentingnya website bisnis milik sendiri bagi pertumbuhan bisnis atau usaha Anda. Kredibilitas salah satu alasan atau manfaat bisnis atau sebuah usaha memiliki website sendiri.

Alasan Setiap Bisnis Membutuhkan Situs Web

Kehadiran online sebuah bisnis, terlepas dari industrinya, dapat berdampak besar pada kesuksesannya. 

Di zaman sekarang ini, beberapa bisnis masih tidak menyadari bahwa mayoritas pelanggan mereka akan mengunjungi situs web mereka sebelum melakukan pembelian!

Memiliki kehadiran online yang kuat, terutama situs web, dapat membuat atau menghancurkan untuk menghasilkan lebih banyak pendapatan. Ya, kualitas situs web Anda memengaruhi hasil, tetapi tujuan artikel ini untuk menekankan pentingnya memastikan Anda memiliki situs web.

Berikut adalah alasan utama dan terpenting mengapa bagi bisnis Anda harus memiliki website sendiri, toko online sendiri, tidak hanya “nebeng” di media sosial atau marketplace.

1. Kredibilitas

Salah satu alasan utama Anda harus memiliki situs web untuk bisnis Anda adalah untuk meningkatkan kredibilitas organisasi perusahaan Anda.

Kemungkinan ada beberapa penyedia yang menawarkan layanan serupa dengan Anda. Salah satu cara Anda dapat menonjol adalah dengan memiliki situs web yang terlihat bagus dan mengomunikasikan informasi berkualitas dengan jelas kepada konsumen Anda.

Tanpa situs web, orang mungkin mempertanyakan legitimasi Anda sebagai bisnis terpercaya. Memiliki situs web adalah peluang untuk membuat kesan pertama yang baik dan memberikan kenyamanan kepada orang-orang bahwa Anda adalah bisnis yang nyata.

2. Merek

Menampilkan merek (brand) Anda kepada calon pelanggan Anda adalah salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan.

Dengan menetapkan dengan jelas siapa Anda, apa yang Anda wakili, dan apa yang Anda perjuangkan, Anda meningkatkan peluang pelanggan membeli dari Anda.

Website juga dapat membedakan Anda dari pesaing Anda. Tanpa situs web, melakukan hal ini dapat menjadi sangat menantang karena orang tidak dapat dengan mudah menemukan informasi yang berkualitas dan dapat diandalkan tentang bisnis Anda.

3. Memimpin

Mungkin salah satu alasan paling menarik untuk memiliki situs web untuk bisnis Anda adalah karena dapat meningkatkan peluang Anda untuk mendapatkan prospek dan memenangi persaingan.

Begitu orang menemukan Anda di Google, tertarik dengan produk atau layanan Anda, dan ingin tahu lebih banyak, mereka akan tahu cara menghubungi Anda berkat informasi di situs web Anda.

Benar! Punya website sendiri memberi Anda peluang untuk meningkatkan penjualan. Meskipun situs web memiliki biaya, bila digunakan dengan benar, mereka memiliki ROI (Return of Investment) yang positif.

4. Lalu Lintas Organik

Setelah Anda online dan memiliki situs web sendiri yang dioptimalkan SEO-nya, Anda memiliki peluang untuk muncul di hasil pencarian Google.

Ini berarti bahwa ketika orang mencari produk atau layanan, ada kemungkinan situs web Anda akan muncul di hasil. Ini memberi Anda kesempatan untuk meningkatkan basis pelanggan Anda secara drastis.

5. Menghemat Waktu Anda + Layanan Pelanggan

Banyak bisnis mendapat telepon dari calon pelanggan atau pelanggan lama yang menanyakan pertanyaan sederhana tentang lokasi dan jam operasional.

Jika Anda melewatkan panggilan, pelanggan dibiarkan tidak senang. Panggilan telepon juga dapat mengalihkan perhatian staf Anda dari fokus pada bagian terpenting dari bisnis Anda.

Sebuah situs web adalah toko online Anda yang buka selama 24 jam! Karenanya, web Anda dapat mengurangi panggilan ini dan meningkatkan produktivitas internal. Pada saat yang sama, ini membantu pelanggan menemukan informasi yang berguna tanpa perlu menelepon, yang pada akhirnya memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik.

6. Pembaruan dan Pengumuman

Karena situs web Anda aktif 24/7, mudah untuk memposting pembaruan dan pengumuman kepada pelanggan Anda. Ini adalah cara untuk membuat mereka tetap up to date pada semua yang Anda lakukan.

Ketika ada sesuatu yang sangat relevan bagi mereka, itu meningkatkan peluang Anda untuk dapat menjualnya lebih tinggi.

7. Pemasaran Digital

Jika Anda berencana memanfaatkan pemasaran digital untuk meningkatkan prospek dan mengembangkan bisnis Anda, Anda mungkin ingin mengarahkan lalu lintas ke situs web atau halaman arahan.

Untuk melakukan ini secara efektif, manfaatkan lalu lintas historis yang telah pergi ke situs web Anda sehingga Anda dapat menargetkan pelanggan yang paling memenuhi syarat dan mendapatkan ROI terbaik untuk pembelanjaan iklan Anda.

Demikianlah, website telah menjadi penting untuk bisnis saat ini. Jika usaha Anda belum memiliki website sendiri, segeralah membuatnya.

Anda bisa membuat web bisnis gratis di Blogger. Bagi pemula, ini panduan Cara Membuat Blog. Lalu pilih template toko online untuk menampilkan produk--produk Anda!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on 7 Alasan Bisnis Anda Harus Punya Website Sendiri

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *