June 7, 2022

Misteri File Other (Lainnya) di HP Android yang Bikin Lambat dan Penuh

June 7, 2022

Terpecahkan! Cara Hapus Isi File Other di HP Android yang Bikin Lambat dan Penyimpanan stau Storage Penuh.

Misteri File Other (Lainnya) di HP Android yang Bikin Lambat dan Penuh

HP Android atau Smartphone Anda lambat? Memory dan penyimpanannya penuh? Berikut ini tips mengatasi HP lemot dan penyimpanan penuh, terutama storage internal (penyimpanan) file pada folder Others (Lainnya).

Salah satu penyebab HP lemot atau lambat adalah banyaknya aplikasi yang dipakai. Aplikasi mengkonsumsi banyak penyimapan internal. Ada juga kemungkinan berhubungan dengan file atau folder Others yang menyimpan cache aplikasi yang digunakan.

Manajemen file pada smartphone dibagi data dalam beberapa kategori, seperti Games, Gambar, video, Aplikasi dan Dokumen. Kemudian ada Others.

Dalam storage internal Android, Others merupakan file data yang tidak masuk dalam kategori data yang disiapkan oleh manajemen file smartphone. Other juga menghabiskan storage internal smartphone.

Isi File Others

Apa saja isi file atau folder Others? Beberapa file data dimasukkan ke dalam Others:

1. Data aplikasi pribadi

Data aplikasi pribadi dilaporkan mungkin sebagai penyebab paling umum dari penuhnya file data Others. Data itu mencakup file unduhan, patch OTA yang gagal, file cadangan server, dan banyak lagi.

Hal lainnya seperti aplikasi streaming yang terkadang tidak berfungsi dan lupa menghapus data cache, juga berpotensi memenuhi ruang penyimpanan ponsel Android.

2. Kegagalan cadangan

Google dan layanan cloud lainnya mengizinkan pengguna untuk melakukan pencadangan data yang dimiliki. Salah satu tujuannya untuk mengamankan data yang dimiliki jika terhapus.

Namun terkadang pencadangan data tersebut tidak berhasil. Sebagian data yang berhasil dicadangkan ini akan dimasukkan ke Others.

3. Data Sementara dan Cache

Halaman web, aplikasi, dan permainan pengguna selalu terhubung ke web, mengunduh data dalam jumlah besar dalam format teks, gambar, dan video.

Biasanya Android membuat data-data yang tidak diperlukan dari proses tersebut dibersihkan oleh sistem. Namun terkadang data-data tersebut disimpan oleh sistem jika pengguna tidak menghapus konten.

Jika pengguna memeriksa manajemen penyimpanan di bagian Pengaturan, masing-masing temporary data dan data cache ini akan muncul sebagai 'Others'.

File Others HP

Cara Hapus Isi File Others

Kita dapat membersihkan data-data yang termasuk dalam kategori Others secara langsung dari perangkat. Berikut caranya:
  1. Buka Pengaturan (Settings). Kemudian pilih Storage.
  2. Temukan dan pilih file 'Others'
  3. Klik Clean Up
Untuk melakukan pembersihan, pengguna smartphone Android bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tersedia di Google Play Store.

Cara Hapus Chache di File Others

CB tidak bisa mengikuti tutorial tersebut. Beda HP kali. HP CB Samsung Galaxy. 

Jadi,  jika cara di atas tidak bisa seperti dilami CB, maka ini dia cara yang berhasil CB lakukan, khususnya menghapus Cache Aplikasi yang ada di file Others.

File Others sebenarnya bisa saja cache dari masing-masing aplikasi ataupun file di luar foto video dan dokumen, ataupun file yangg terhidden.

Untuk menguranginya, kita bisa dihapus cache dari masing-masing aplikasi. Biasanya yang besar-besar itu cache dari aplikasi media sosial, seperti Facebook, Youtube, Instagram, WhatsApp, atau halaman internet lainnya, termasuk dari Chrome.

Berikut ini cara menghapus cache aplikasi yang bikin HP lemot dan penuh:

1. Buka Settings 
2. Buka Apps 
3. Pilih Aplikasi 
4. Tekan Storage (Penyimpanan)
5. Tekan "Clear cache".

Contoh file others lainnya adalah folder Database dari WhatsApp. Folder database berisikan backup chat whatsapp 

1. Buka My Files 
2. Pilih Internal 
3. Whatsapp 
4. Hapus folder database

Itu dia cara menghaspus file Others HP Android, termasuk Samsung Galaxy. Folder atau file Others ini beberapa hari jadi misteri bagi CB. Alhamdulillah sudah terpecahkan! Selengkapnya bisa cek sumber ya!

Cara Hapus File Sampah

Selain cara di atas, untuk menghapus file-file sampah yang bikin memory HP Android penuh dan lambat, lakukan cara ini:
  1. Buka File Manager atau My Files
  2. Cari satu-satu atau Search tiga jenis file ini: msg, cnt, thumb
  3. Hapus Semua!
Itu dia Misteri File Other (Lainnya) di HP Android yang Bikin Lambat dan Penuh dan cara hapus file sampah di HP Android.  (cnbc/samsung community).*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Misteri File Other (Lainnya) di HP Android yang Bikin Lambat dan Penuh

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *