Julid dan nyinyir adalah kata-kata dalam bahasa gaul di media sosial. Apa arti julid dan nyinyir?

Arti Julid dan Nyinyir Adalah

DKI Jakarta sukses menggelar Formula E pada 4 Juni 2022. Yang namanya "haters", tetep aja julid dan nyinyir! Komentar negatif terus dengan mencari-cari kelemahan atau hal negatif seputar itu. 

Berikut ini arti JULID dan NYINYIR yang menjadi "pekerjaan utama" para haters dan buzzers (tepatnya buzzerp) di media sosial. Keduanya bukan kata gaul, tapi memang kata baku dalam bahasa Indonesia.

Arti Julid

Pengertian julid dan nyinyir agak berbeda di media sosial dan kata baku dalam Kamus Bahasa Indonesia.

Julid artinya iri atau dengki terhadap orang lain.

Arti julid berasal dari kata “julita” yang artinya anak-anak. Ini menunjukkan arti kata julid adalah berhubungan dengan sifat kekanak-kanakan

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Daring), julid diartikan sebagai "iri dan dengki dengan keberhasilan orang lain, biasanya dilakukan dengan menulis komentar, status, atau pendapat di media sosial yang menyudutkan orang tertentu".

Tak heran bila kemudian istilah julid populer digunakan oleh akun-akun gosip di media sosial untuk menggambarkan perilaku nyinyir.

Arti Nyinyir 

Kata nyinyir dipahami sebagai komentar pedas atau komentar negatif di media sosial. Yang paling "ganas" dan kasar sering terjadi di Twitter.

Arti resminya, menurut KBBI, nyinyir berarti "mengulang-ulang perintah atau permintaan; nyenyeh; cerewet" atau "banyak omong".

Jadi, sebenarnya nyinyir itu digunakan oleh orang yang suka banyak omong. Ketika orang tersebut sedang banyak omong pasti dibilang nyinyir.

Kata nyinyir ini mirip nyindir atau menyindir. Demikian juga maknanya mirip-mirip lah.

Arti kata menyindir adalah mengkritik (mencela, mengejek, dan sebagainya) seseorang secara tidak langsung atau tidak terus terang. Menyindir berasal dari kata dasar sindir.

Demikian pengertian julid dan nyinyir yang merupakan kata baku sekaligus bahasa percakapan dan kata gaul di medsos. Sengaja judulnya dibuat "arti julid dan nyinyir adalah" biar rada aneh aja :)

Post a Comment