October 19, 2022

Nama Channel YouTube Kini Pakai @username

October 19, 2022

Nama Channel YouTube Kini Pakai @username

YouTube kini memberikan username kepada para pengguna atau Youtuber dengan format yang mirip Twitter yakni berupa simbol @ (at sign).

Melalui blog resminya, YouTube mengumumkan fitur handle @namapengguna ini untuk mempermudah para content creator memperkenalkan kanal (channel) mereka.

Ketika sebuah channel YouTube memiliki handle, misalnya, @Kompas.com, maka saat handle tersebut diklik, pengguna bakal diarahkan untuk menuju profil/kanal tersebut.

Misalnya, alamat channel YouTube CB yang lama adalah https://www.youtube.com/user/CBBloggerz dan https://www.youtube.com/c/CBBlogger.

Kini, URL kanal YouTube CB adalah https://www.youtube.com/@cbblogger. Ini mirip dengan alamat URL akun Tiktok: https://www.tiktok.com/@cbblogger

Dengan demikian, username atau nama pengguna CB di YouTube adalah @cbblogger.

Google sebagai pemilik YouTube menyebutkan, fitur handle @username ini dapat digunakan untuk berinteraksi dengan penonton di YouTube Shorts, kanal YouTube, deskripsi video, memberi komentar, dan sebagainya. 

YouTube menegaskan, fitur baru ini tidak akan mengubah nama kanal yang sudah dibuat sebelumnya. Handle atau yang disebut username ini dapat dibuat secara bebas.

“Setiap saluran (kanal) akan memiliki handle yang unik, sehingga memudahkan penggemar untuk menemukan konten serta berinteraksi dengan pembuat konten yang disukai,” tulis YouTube di blog resminya. 

Untuk menghindari adanya kesamaan handle di masa mendatang, kanal YouTube yang sudah memiliki alamat web (URL) yang dipersonalisasi akan secara otomatis dijadikan sebagai handle bawaan. 

Fitur @ ini juga ditujukan untuk mempermudah para kreator mempromosikan kanal YouTube mereka di platform lain. 

Twitter, Instagram, Telegram, Facebook, TikTok dan lainnya sudah lebih dulu menghadirkan fitur ini. Penyediaan fitur username ini menunjukkan YouTube terus beradaptasi dengan perkembangan media sosial lain.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Nama Channel YouTube Kini Pakai @username

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *