Pengertian dan Cara Menjadi Content Creator


UNGKAPAN konten adalah raja (content is king) bukan hal asing bagi kalangan blogger. Pasalnya, ungkapan itu bagian dari strategi SEO.


Di luar SEO, ternyata konten memang benar-benar menjadi fokus banyak orang di era digital ini. Ada istilah haus konten, demi konten, dan tentu saja pembuat konten (content creator).


Kamera untuk foto (memotret) dan video (syuting) selalu siaga di kalangan pemegang HP cerdas (smartphone). Momen unik dan menarik paling ditunggu dan dicari, agar viral.


Banyak orang menjadi content creator untuk update statud atau posting di akun media sosialnya, terutama Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, dan TikTok.


Menjadi content creator merupakan salah satu cara menghasilkan uang dari internet. Anda bisa menjadi vlogger atau youtuber untuk konten video.


Anda juga bisa menjadi blogger untuk konten tulisan dan jadi podcaster untuk membuat konten audio (suara). Intinya, content creator bisa dilakukan dengan blogging, vlogging, dan podcasting.


Content creator kini menjadi profesi. Ia termasuk jenis pekerjaan yang dibutuhkan banyak perusahaan atau lembaga. Cek saja "lowongan content creator" di Google, maka akan muncul banyak link yang mengarah pada informasi lowongan kerja content creator.


Siapapun bisa menjadi seorang content creator, asal mereka punya kemauan dan keterampilan. Sebagai langkah awal menjalani profesi tersebut, Anda bisa memulainya dengan membuat blog.


Blogger juga termasuk content creator. Blogging melatih Anda untuk menjadi pembuat konten yang andal, khususnya konten tulisan (writing). 


Lalu, apa sebenarnya content creator dan bagaimana cara menjadi content creator yang baik? Berikut ini CB sadurkan tentang pengertian content creator dan tipsnya dari VOI.

Pengertian Content Creator

Apa Itu Content Creator?

Content creator adalah sebutan kepada seseorang yang mampu memproduksi berbagai materi konten untuk diunggah di beberapa platform, baik berupa tulisan, gambar, video, bahkan suara.


Jenis platform yang dimaksud bisa bermacam-macam, mulai dari website, media sosial, YouTube, Snapchat, WordPress, dan masih banyak lagi.


Tidak hanya memproduksi, seorang content creator juga bertanggung jawab atas kontribusi materi yang telah ia buat ke berbagai media, termasuk media digital.


Dalam bahasa Indonesia, content creator bisa diartikan sebagai "pembuat konten". 


Sebenarnya content creator tidak melulu berkaitan dengan platform digital atau media online, namun juga offline. 


Seseorang yang bisa membuat produk, seperti brosur, media presentasi, dan sebagainya, juga bisa disebut content creator. Hanya saja, di era 4.0 seperti sekarang, content creator sering bersinggungan dengan digitalisasi atau media internet.


Dalam perkembangannya, definisi content creator makin luas atau bahkan menyempit. 


Seseorang bisa disebut content creator jika ia mampu memproduksi konten, bahkan jika ia tidak memiliki pengetahuan yang dalam mengenai teknologi. 


Pengertian content creator juga menyempit ketika dipahami hanya sebagai pembuat video  dan mengunggahnya ke Youtube, IG, atan TikTok.

Cara Menjadi Content Creator

Anda sudah bisa disebut sebagai content creator jika Anda mampu memproduksi sebuah konten, bahkan jika kualitas video Anda kurang baik. 


Cukup gunakan kamera ponsel, rekam aktivitas Anda saat melakukan sesuatu yang sekiranya menarik penonton. Jangan lupa, unggah di platform digital.


Yang paling pokok dalam proses pembuatan konten adalah kreativitas, harus orisinil, dan kemampuan berkomunikasi. Beberapa hal tersebut harus dimiliki para pembuat konten agar dapat menghasilkan konten yang baru dan dapat diterima oleh masyarakat. 


Anda memang tak perlu memiliki kemampuan teknis seperti mengedit video,menyunting tulisan, dan sebagainya. 


Namun, seorang  content creator dituntut untuk mengetahui hal itu agar konten yang dihasilkan sesuai dengan keinginan.


Seorang content creator bisa bekerja secara profesional, baik terikat oleh perusahaan maupun tidak (freelance). 


Mereka bisa memilih salah satu atau keduanya jika sudah menjadi pembuat konten. Jika Anda tertarik menjadi seorang content creator, ada kiat-kiat yang harus Anda lakukan.


Di beberapa perusahaan, content creator banyak bersinggungan dengan bagian pemasaran. Mereka dituntut untuk membuat konten yang dimaksudkan untuk menggaet pelanggan baru agar tertarik dengan produk perusahaan. Selain itu mereka juga harus ikut membranding produk perusahaan tempatnya bekerja.


Oleh karenanya content creator diharuskan mahir mempromosikan produk perusahaan dengan berbagai bentuk konten, mulai dari video hingga artikel. 


Untuk membuatnya, pembuat konten tidak bisa sembarangan. Mereka harus memahami target audiens, ikut memberi edukasi, memberi informasi yang valid, bahkan mereka juga harus menyesuaikan antara konten dan platform yang digunakan.


Anda bisa menjadi content creator dengan topik atau "niche" apa saja, sesuai dengan bakat-minat atau passion.


Keaslian dan keunikan adalan kunci keberhasilan seorang content creator.  Setiap orang punya keunikan sendiri-sendiri. Begitu pula dengan Anda. 


Sajikan gaya konten yang mewakili Anda secara konsisten. Audien semakin lama akan tertarik dengan Anda dan menonton konten yang Anda produksi.  

Jadi Blogger

Menjadi blogger adalah cara termudah dan paling terbuka bagi semua orang untuk menjadi content creator dan menghasilkan uang secara online. Siapa pun Anda.


Untuk menjadi Youtuber, Anda harus orang terkenal, artis, sehingga mudah mendapatkan subscriber atau follower yang banyak agar channel Youtube Anda menghasilkan uang. Bahkan jika konten video Anda "receh" sekalipun, jika Anda seorang artis, orang akan menontonnya.


Jadi, jika Anda bukan selebritas atau orang terkenal, maka menjadi blogger adalah jalan terbaik, minimal sebagai langkah awal menjadi content creator.


Tidak seperti Youtuber yang harus menggunakan kamera dan mengedit video, seorang blogger cukup bermodalkan komputer atau handphone dan ide-ide tulisan yang unik-menarik, mulai dari pengalaman, pemikiran, hingga pengetahuan atau bidang keilmuan Anda.


Baca Juga: Cara Menjadi Influencer bagi yang Bukan Artis.


Demikian Pengertian dan Cara Menjadi Content Creator. Para blogger termasuk content creators.


Good Luck and Happy Blogging!


Post a Comment