Tips SEO Blog kali ini membahas Cara Membuat Posting Blog SEO Friendly Versi Plugin WordPress Yoast SEO. Plugin ini terbukti ampuh membantu blog WP menembus halaman satu Google.

Plugin WordPress Yoast SEO


ANDA yang ngeblog dengan blog selfhosted CMS WordPress atau mengelola website wordpress tentu tidak asing lagi dengan plugin Yoast SEO atau WordPress SEO ini.

Dalam deskpsinya disebutkan, Yoast SEO adalah plugin SEO WordPress nomor satu. Nyatanya memang plugin ini paling banyak digunakan, selain plugin All in One SEO Pack.

Sejak 2008 Yoast SEO telah membantu jutaan situs web di seluruh dunia untuk mudah terindeks Google dan meraih peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari.

Plugin WordPress SEO ini membantu para pemilik blog WP dengan optimasi mesin pencari. Yoast SEO adalah plugin WordPress SEO favorit jutaan pengguna di seluruh dunia!

Fitur utama Yoast SEO adalah parameter posting atau artikel yang ramah mesin telusur. Ada 14 elemen SEO yang harus dipenuhi agar posting blog 100% SEO friendly.

Saat menulis posting baru di WP, Yoast SEO memberikan panduan berupa list elemen SEO yang harus dipenuhi. 

Menurut Neil Patel, tidak mesti semua hijau. Minimal 80% saja indikatornya hijau sudah cukup bagus.

Indikator SEO Posting Blog versi Yoast


Indikator SEO Posting versi Yoast

Cara Membuat Posting Blog SEO Versi Yoast

Ke-14 indikator itu ada di plugin versi premium. Di versi gratis hanya memunculkan 8 indikator. 

Praktisnya, sebuah postingan, tulisan, atau artikel akan ramah mesin telusur 100% jika memenuhi semua elemen berikut ini.

1. Outbound Links

Outbound Links adalah tautan keluar (external link). Postingan yang kita buat harus minimal ada tautan ke website lain, misalnya Wikipedia, situs berita, terutama web/blog yang menjadi salah satu sumber tulisan.

Jadi, jangan "pelit" dan jangan ragu mencantumkan link blog atau website orang lain. Ternyata itu bagus buat SEO.

Contoh inbound link dalam postingan yang sedang Anda baca ini a.l. link Yoast SEO dan Neil Patel di awal postingan ini.

2. Internal Links

Ini kebalikan Inbound Link. Internal Link adalah tautan kedalam atau link ke postingan sendiri di blog yang sama.

Minimal, artikel yang kita buat berisi satu link ke artikel lain yang sudah dibuat sebelumnya, khususnya postingan berlabel sama atau relevan dengan tulisan yang dibuat.

Contoh internal link dalam postingan ini adalah Posting Blog SEO Friendly di alinea pertama.

Elemen nomor 1 dan 2 ini dengan sangat baik dipraktikkan Wikipedia. Simak saja artikel-artikel di Wikipedia yang sarat link, baik link internal maupun tautan keluar.

Perhatikan kata/frasa warna biru dalam artikel tentang Martin Luther King berikut ini:


3. Keyphrase in introduction

Frasa kata kunci di awal tulisan. Kita harus menempatkan Keyphrase atau frasa kata kunci di bagian awal paragraf atau alinea pembuka artikel. Kata kunci yang dibidik minimal ada dalam 100 kata pertama.

Jadi, pastikan kata kunci ada di judul dan di awal postingan, misalnya di alinea pertama. 

4. Keyphrase Lenght

Panjang frasa kata kunci. Keyphrase sebaiknya terdiri dari 2-3 kata saja. Misalnya, "posting seo" atau "posting seo blogger".

5. Keyphrase Density

Kepadatan frasa kata kunci yaitu pengulangan kata kunci dalam postingan. Disarankan, kata kunci tiga kali saja diulang dalam artikel. 

Namun, secara umum, kepadatan kata kunci tidak lebih dari 3% dari jumlah kata keseluruhan postingan. 

Jika terlalu banyak mengulang kata kunci, mesin pencari bisa menilainya sebagai "spam" atau artikel yang hanya ditujuan untuk mesin pencari, sedangkan Google menyatakan kita harus menulis untuk pembaca, bukan mesin.

Menurut Google, biasanya, hasil positif bisa didapatkan dengan merancang situs sesuai kebutuhan pengguna, dan memastikan situs dapat diakses dengan mudah oleh mesin telusur.

"Hindari: Kata kunci yang tidak perlu dan dalam jumlah banyak untuk ditujukan ke mesin telusur namun bersifat mengganggu atau tidak masuk akal bagi pengguna."

6. Keyphrase di Meta Description

Keyphrase atau frasa kunci harus juga ditulis ulang di meta deskripsi. Di Blogger, kolom meta deskripsi ini ada di kanan bawah: "Search Description" (Deskripsi Pencarian).

Silakan dituliskan di situ intisari artikel kamu yang mengandung target keyphrase tadi, minimal dalam 56 karakter dan maksimal 150 karakter. CB sendiri biasanya copas judul aja biar cepat.

Meta deskripsi postingan ini adalah "Cara membuat posting blog SEO di Blogger versi Yoast SEO agar artikel blog mudah terindeks Google dan banyak dibaca."

7. Pengulangan Keyphrase 

Tidak boleh ada kata kunci yang sama dengan kata kunci yang sudah digunakan sebelumnya. Artinya, setiap artikel harus memiliki frasa kunci yang berbeda. Kita bisa mengakalinya dengan memilih kata yang berbeda, namun masih satu arti.

8. Keyphrase di Subheading

Selain di judul dan bagian awal artikel, kata kunci atau frasa kunci juga harus ada di subjudul.

9. Image Alt 

Pastikan gambar atau foto yang disisipkan ke artikel memiliki teks alternatif (alternative text) sebagai antisipasi gambar tidak muncul saat halaman postingan dibuka.

Pastikan juga nama filenya deskriptif. Ubah nama file foto hasil pemotretan atau hasil kiriman di WA. CB sudah membahasnya di Optimasi SEO Gambar Postingan Blog.

10. Panjang Postingan

Minimal artikel yang dibuat 300 kata atau 800 karakter. Character adalah setiap huruf, tanda baca, seperti titik, koma, tanda tanya, dan spasi. 

Makin panjang tulisan, maka semakin bagus buat SEO, asalkan menunjukkan bahasan yang lengkap dan detail.

11. Keyphrase di Judul Tulisan

Pastikan kata kunci ada di judul tulisan, selain di alinea pertama dan subjudul, serta di tengah tulisan dan di bagian akhir.

Kesimpulan

Artikel, tulisan, atau postingan SEO di Blogger versi Yoast sebenarnya sama dengan tips SEO pada umumnya, yaitu soal penempatan kata kunci (keywords) atau frasa kunci (keyphrase), penyisipan tautan (link building) dalam tulisan, alt text gambar, dan panjang tulisan (long post).

Demikian Cara membuat posting blog SEO di Blogger versi Yoast SEO agar artikel blog mudah terindeks Google dan banyak dibaca.. Good Luck and Happy Blogging!

2 Comments

Post a Comment