Daftar Istilah TikTok yang Wajib Diketahui Creators


TikTok adalah layanan jejaring sosial berbagi video yang dimiliki oleh perusahaan Cina, ByteDance.


Platform media sosial yang dikenal di Cina sebagai Douyin ini digunakan untuk membuat berbagai video berdurasi pendek, mulai dari genre seperti dance, comedy, hingga edukasi, dengan berdurasi 15 detik hingga satu menit.


Pengguna TikTok disebut Creators. Ada beberapa istilah TikTok yang wajib diketahui agar semakin fasih menggunakan aplikasi TikTok.

Daftar Istilah TikTok

Berikut ini daftar Istilah TikTok yang wajib diketahui creators. CB himpun dari berbagai sumber.

1. FYP

Ini istilah TikTok paling populer. FYP adalah singkatan dari For Your Page. Di Facebook atau Twitter sama dengan Homepage (Beranda).


Arti FYP di TikTok ini berasal dari kalimat For Your Page, yang merujuk pada kolom “For You” di Beranda TikTok.
 

Saat pertama kali membuka aplikasi TikTok, biasanya pengguna disajikan halaman FYP dengan url https://www.tiktok.com/foryou dan akan disajikan dengan video-video yang berada pada kolom FYP.


Biasanya video yang masuk sebagai FYP adalah konten yang banyak mendapatkan likes dan views. Tak jarang pengguna TikTok juga berlomba-lomba agar videonya bisa masuk di kolom FYP ini, salah satunya dengan menambahkan hashtag #fyp

2. Creators

Ini sebutan bagi pengguna TikTok. Jadi, pengguna dikenal dengan sebutan "creators", seperti Facebooker di Facebook dan Tweeps (Twitter).


Melalui konten yang dibuat, pengguna bisa berbagi pengalaman dan ide mereka. Inilah alasan kenapa pengguna TikTok disebut sebagai creators. Secara bahasa, creator artinya "pembuat" atau "pencipta".

3. CEO

Secara umum CEO dipahami sebagai singkatan dari Chief Executive Officer atau pimpinan tertinggi atau kepala sebuah lembaga.


Di TikTok, CEO adalah sebutan bagi pengguna TikTok yang sudah ahli di bidang tertentu, seperti konten menari, menyanyi atau informasi-informasi terbaru.


Di Instagram biasanya disebut selebgram. Orang yang terkenal di Twitter juga biasanya disebut selebtwit. Nah, kalau di TikTok biasanya disebut CEO. 

4. Check

Istilah “Check” ini cukup populer di kalangan pengguna TikTok. Istilah ini biasanya digunakan pada konten-konten yang memperlihatkan atau menonjolkan sesuatu, seperti rich people check atau private school check.

5. OK Boomer

Istilah “OK Boomer” muncul pertama kali saat anggota parlemen Selandia Baru, Chloe Swarbrick merespon politisi generasi boomer yang mengganggunya saat pidato. 


Awalnya istilah ini ditujukan untuk menyindir para generasi boomer (generasi kelahiran tahun 1946-1964). Namun, lama kelamaan, istilah ini ditujukan untuk merespon sikap orang lain yang dianggap kolot.

6. VSCO

Istilah VSCO atau VSCO Girl berasal dari aplikasi VSCO, yaitu aplikasi edit foto menggunakan warna-warna yang khas. Penggunaan istilah “VSCO Girl” ini ditujukan untuk mengejek penggunanya yang sering dianggap cari perhatian (caper) atau yang sering menunjukkan konten-koten pamer foto yang diedit menggunakan aplikasi VSCO.

7. Profile

Hampir semua media sosial memiliki Profile. Profile digunakan untuk mengenalkan diri ke pengguna lain. Zoom sekalipun ada fitur Profile.


Untuk membuat Profile, pengguna hanya perlu memasukkan email atau nomor telepon. Profile bisa dikustomisasi dengan foto atau nama tampilan (berbeda dengan nama pengguna).

8. Community

Community adalah tempat pengguna TikTok membuat komunitas. Jadi pengguna bisa membuat konten, berbagi atau menginspirasi orang lain.


Pengguna bebas bergabung ke komunitas mana pun sesuai minat. Demi keamanan, TikTok melarang komunitas yang berisi konten berbahaya, aktivitas seksual, cyberbullying, dll.

9. Fans

Jika dilihat dari namanya, kalian pasti sudah tahu arti ‘Fans.’ Ya, ini adalah sebutan untuk pengguna yang menyukai konten orang lain. Mereka bisa menjadi fans dan mengikuti profil pengguna lain.

10. Duets

Ini adalah fitur yang memungkinkan pengguna kolaborasi dengan pengguna TikTok lain. Para creators hanya bisa berduet dengan orang yang memberikan izin duet dengan pengguna lain.

11. Report

Report merupakan fitur untuk melindungi komunitas dan pengalaman menggunakan TikTok. Pengguna atau pengunjung bisa melaporkan profil pengguna, video, hingga obrolan yang bersifat negatif.


Beberapa konten bisa dilaporkan jika mengandung pelecehan, cyberbullying, dan perbuatan negatif lainnya.


Itu dia beberapa istilah TikTok. Terpopuler tentu saja FYP karena para creators berlomba-lomba agar tampil di halaman depan. Jadi, yang bukan followers pun bisa menonton, mengomentari, bahkan membagikan (share) video yang dibuatnya.*

@cbblogger

FYI, Lirik Lagu Gratatata dan Artinya ##fyp ##gratatata ##konfuz

♬ original sound - CB Blogger

Post a Comment