October 5, 2022

Webmaster Tools: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

October 5, 2022

Webmaster Tools: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Bagi blogger maupun web developer, pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah webmaster tools. 

Platform besutan Google yang bisa dimanfaatkan untuk mengoptimalkan situs web tersebut merupakan salah satu senjata rahasia para praktisi SEO jika ingin mengoptimalkan website agar lebih SEO Friendly.

Kamu akan mendapatkan berbagai insight serta data dari Google yang bisa bermanfaat untuk website. Misalnya seperti keyword yang berhasil diakuisisi, jumlah klik organik, posisi website di mesin pencari, hingga masalah error yang disebabkan oleh web hosting murah yang kamu gunakan.

Agar semakin mengenal terkait webmaster tools, pada artikel kali ini kita akan membahas lebih lengkap soal apa itu webmaster tools serta fungsi dan cara menggunakannya. Simak terus artikelnya sampai bagian akhir ya!

Mengenal Apa itu Webmaster Tools

Secara umum, Webmaster tools merupakan salah satu tools optimasi website yang dihadirkan Google untuk memudahkan para blogger dan web developer mengembangkan website mereka. 

Platform ini punya fungsi dan fitur yang sangat spesifik, yakni menyajikan data internal dari Google ke dalam antarmuka yang mudah dipahami oleh kalangan praktisi SEO.

Webmaster tools merupakan tools gratisan yang sangat powerfull dalam proses kerja SEO (Search Engine Optimization), pasalnya di dalam platform ini kamu bisa menemukan banyak informasi, mulai dari ranking, jumlah klik, hingga error apa saja yang saat ini sedang terjadi di website kamu. Luar biasa, bukan?

Fungsi Webmaster Tools

1. Melihat Keyword yang Masuk ke Website

Fungsi pertama dari webmaster tools yang paling kami sukai adalah penyajian data keyword yang terus diupdate setiap hari. 

Di sini kamu bisa memantau perkembangan website bisnis, perusahaan atau website personal, apakah sudah berhasil masuk ke dalam target keyword atau masih perlu dilakukan pembenahan.

2. Menampilkan Statistik Jumlah Klik Organik

Berikutnya, kamu juga bisa mendapatkan data jumlah klik organik yang masuk kedalam website. Karena tools ini merupakan salah satu produk Google, jadi data tersebut tentu bisa dijamin keakuratannya.

Kamu bisa memilih data jumlah klik berdasarkan hari, per pekan, per bulan, atau bahkan per tahun. Semuanya bisa dilihat dan dibandingkan via webmaster tools.

Untuk login ke sana kamu memasukan mail hosting

3. Menemukan Error di Website

Sebuah website tentu tidak bisa dilepaskan dari error dan masalah teknis. Baik yang disebabkan oleh server, maupun human error karena kesalahan coding. Menariknya, melalui webmaster tools kamu bisa menemukan berbagai jenis error tersebut dalam satu menu.

Soal error akibat server misalnya, kamu bisa mengetahui jumlah halaman yang mengalami error 4xx, 5xx atau bahkan 3xx. Sehingga hal ini bisa langsung kamu benahi agar tidak menurunkan pengalaman pengguna ketika mengakses situs.

4. Submit URL Agar Terindex

Fitur powerful lainnya dari webmaster tools adalah fungsinya dalam mengakomodir request indexing. 

Pada dasarnya, Google melalui web crawler memang akan mengindex secara otomatis konten kamu, cepat ataupun lambat. Akan tetapi, bagi yang tidak sabar, kamu bisa melakukan request indexing via webmaster tools dengan cara melakukan submit URL artikel.

5. Mendapatkan Saran untuk Optimasi Website

Terakhir, kamu juga bisa mendapatkan banyak saran atau rekomendasi dari Google Webmaster tools untuk membuat website kamu semakin optimal. Sebagai pemilik website, tentu kamu ingin website menjadi lebih SEO Friendly dan ramah untuk pengguna, bukan?

Nah, melalui data webmaster tools ini kamu bisa menemukan beberapa aspek yang bisa ditingkatkan. Sebagai contoh, soal kecepatan situs yang bisa kamu akses via menu Core Web Vitals, soal keyword yang seharusnya dioptimasi, hingga masalah keamanan di menu security dan manual action.

Semua informasi dan data yang disajikan via webmaster tools adalah gratis. Kamu hanya perlu menyiapkan akun gmail serta proses verifikasi website yang sangat mudah dan gampang.

Cara Menggunakan Webmaster Tools

Berikut ini merupakan panduan terkait cara menggunakan webmaster tools yang bisa kamu jadikan sebagai rujukan.

1. Pendaftaran Akun

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum bisa menggunakan webmaster tools adalah melakukan pendaftaran. 

Mengingat Google menerapkan konsep SSO atau single login untuk seluruh produknya, kamu hanya perlu mendaftar Gmail agar bisa memakai layanan webmaster tools.

2. Proses Verifikasi Website

Setelah melakukan pendaftaran, kamu bisa langsung melakukan verifikasi website dengan cara memilih metode HTML Tag, Verifikasi via DNS, atau via File yang diunggah ke dalam server.

Pilih saja metode verifikasi yang dirasa paling mudah untuk kamu jalankan. Namun, untuk pengguna Blogspot kalian hanya bisa memilih opsi HTML Tag yang disematkan ke dalam bagian Head.

3. Submit Sitemap Website

Jika proses verifikasi website kamu sudah sukses. Selanjutnya kamu perlu melakukan submit sitemap website ke webmaster tools. Langkah ini sangat penting karena dengan sitemap web crawler akan lebih mudah membaca isi website.

Itulah penjelasan terkait apa itu webmaster tools lengkap dengan fungsi dan cara menggunakannya. Semoga artikel di atas bermanfaat ya!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Webmaster Tools: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *