June 24, 2022

Tips SEO: 5 Penentu Website/Blog Tampil di Halaman #1 Google

June 24, 2022

Banyak faktor penentu sebuah website atau blog tampil di halaman satu Google dan banyak pengunjung. Ada lima penentu utama yang harus dilakukan dalam SEO-nya.

Tips SEO: 5 Penentu Website/Blog Tampil di Halaman #1 Google


CB belakangan ini sering mendapatkan email yang menawarkan jasa SEO. Mereka menawarkan jasa agar website atau blog CB tampil di halaman satu (page one) atau #1 Google.

CB suka iseng balas: "I'm SEO expert too..." Kalau ada duit mah, mau aja sih menggunakan jasa SEO agar blog tampil di peringkat atas hasil pencarian Google (SERP).

Baiknya, mereka menyebutkan lima faktor yang bisa membuat blog atau website muncul di halaman satu Google:
  1. Page Titles
  2. Meta Descriptions
  3. Meta Tags
  4. URL Structure
  5. Content Optimization
Nah, CB bahas saja ya, apa saja sih kelima faktor SEO yang menentukan peringkat web/blog di Google itu?

5 Tips SEO Halaman #1 Google

Sebenarnya banyak faktor SEO yang menentukan peringkat blog di Google. Backlinko misalnya menyebutkan 200 lebih faktor SEO. Kelima tips SEO termasuk dalam ratusan faktor tersebut.

1. Page Title, Judul Halaman

Apa Itu Judul Halaman? Judul halaman adalah elemen HTML di bagian atas halaman web atau blog yang harus secara ringkas menjelaskan konten dan tujuan halaman kepada pengguna dan mesin telusur.

Ini contoh judul halaman:

Judul Halaman

Sering juga disebut sebagai 'tag judul', 'judul meta', atau kadang-kadang 'judul SEO', judul halaman adalah deskripsi singkat dari halaman web dan muncul di bagian atas jendela browser dan di SERP. 

Ini adalah elemen penting dari halaman SEO yang dioptimalkan. Judul halaman harus menyertakan kata kunci (keywords) halaman dalam tag judul. 

Meskipun tidak ada batasan karakter untuk tag judul, praktik terbaik adalah tetap berada di bawah 70 karakter, yang merupakan panjang optimal dari judul yang muncul di Google SERPs (halaman hasil mesin pencari). Tag judul terletak di dalam elemen <title> HTML halaman.

2. Meta Description, Deskripsi Meta

Mernurut MOZ, meta description atau deskripsi meta adalah elemen HTML yang memberikan ringkasan singkat dari halaman web. 

Tag deskripsi meta halaman ditampilkan sebagai bagian dari cuplikan pencarian di halaman hasil mesin pencari (SERP) dan dimaksudkan untuk memberi pengguna gambaran tentang konten yang ada di dalam halaman dan bagaimana kaitannya dengan permintaan pencarian mereka.

Deskripsi meta adalah "janji" yang Anda buat kepada pencari. Di antara lautan halaman web yang bersaing, ia memanggil mereka dan berkata, "Ini adalah halaman yang Anda cari!" 

Saat Anda mengetikkan kueri penelusuran ke Google—mari kita gunakan “tato sementara” sebagai contoh—algoritme menampilkan hasil di halaman hasil mesin telusur (SERP).

Contoh meta deskripsi:

Contoh meta deskripsi

Jadi, deskripsi meta adalah cuplikan informasi di bawah tautan biru hasil pencarian. Tujuannya adalah untuk menggambarkan isi halaman kepada pencari. Setiap kata yang cocok dengan istilah pencarian dicetak tebal dalam deskripsi. Tujuan akhirnya adalah untuk meyakinkan dan membujuk pencari untuk mengklik ke situs web Anda.

Untuk di Blogger, meta deskripsi ditulis di bagian "Deskripsi Pencarian" (Search Description) di kanan bawah halaman saat menulis postingan. Aktifkan dulu Meta Tagsnya di Dashboard > Setting > Meta tags.

3. Meta Tags, Tag Meta 

Disebut juga elemen meta, tag meta adalah deskripsi yang ditampilkan atau muncul pada halaman hasil pencarian. Secara sederhana, meta tag merupakan deskripsi dari sebuah konten. Ia terdiri dari meta judul dan meta deskripsi --seperti disebutkan di poin 2.

Pengertian lain meta tag adalah elemen HTML yang mendeskripsikan dan merangkum konten halaman Anda untuk kepentingan pengguna dan mesin pencarian seperti Google.

Menurut Wikipedia, elemen meta adalah elemen atau tag dalam bahasa pemrograman HTML atau XHTML yang berfungsi sebagai pemberi informasi metadata dari sebuah halaman web. Elemen meta ini harus diletakkan pada bagian “head” dalam HTML tersebut.

Tag yang digunakan adalah <meta>. Diletakkan pada bagian atas dari struktur halaman HTML yaitu di antara <head> dan </head>. Tag Meta ini memiliki atribut atau properti, diantaranya adalah name, content, scheme, http-equiv. 

Contoh meta tag:

<title>Contoh Judul</title>
<meta name="description" content="Ini adalah contoh meta descriptions. Akan sering muncul di hasil pencarian."/>

Video tentang Meta Tag

 

4. URL Structure, Struktur URL

Struktur URL dikenal juga dengan permanent link (permalink), yaitu alamat postingan di adress bar. Di Blogger, struktur ini bisa dibuat manual di menu Permalink.

Sebuah URL terdiri dari lima bagian: skema, subdomain, domain tingkat atas, domain tingkat kedua, dan subdirektori.

Contoh URL yang baik dari Neil Patel:

Struktur URL

URL merupakan singkatan dari Uniform Rescure Locator. Yakni sebuah karakter yang memiliki standar tertentu yang menunjukkan alamat dari sumber-sumber internet. 

Untuk bisa tampil di halaman satu Google, pastikan URL konten Anda berisi kata kunci yang dibidik. Hindari URL yang tidak deskriptif --misalnya https://www.contohblog.com/p/page. Sebaiknya: https://www.contohblog.com/p/galeri-template.html

Contoh format optimal struktur URL atau permalink:

http://www.example.com/category-keyword/subcategory-keyword/primary-keyword.html

5. Content Optimization, Pengoptimalan Konten

Pengoptimalan Konten merupakan penentu utama sebuah website/blog tampil di halaman satu Google, bahkan di peringkat teratas. Kita tahu, Content is King. Isi atau postingan blog adalah raja penentu kesuksesan sebuah web/blog.

Pengoptimalan Konten


Pengoptimalan konten adalah proses memastikan konten ditulis sedemikian rupa sehingga dapat menjangkau audiens target sebesar mungkin. 

Proses pengoptimalan konten harus mencakup memastikan kata kunci terkait ada, menambahkan meta dan tag judul, serta tautan yang relevan.

Tips Mengoptimalkan Konten untuk SEO:
  • Temukan Topik yang Tepat dan Kata Kunci yang Tepat. 
  • Temukan Kata Kunci Terkait Semantik. 
  • Tetapkan Struktur Anda. 
  • Kelola Kepadatan Kata Kunci. 
  • Tambahkan Visual (Foto dan Video)
  • Bahas Topik secara Mendalam.
  • Pastikan berisi minimal satu link internal dan satu link eksternal.
Demikian tips SEO kali ini tentang 5 penentu website/blog tampil di halaman #1 Google. Butuh pemahaman dan kerja keras memang. Good luck and happy blogging!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Tips SEO: 5 Penentu Website/Blog Tampil di Halaman #1 Google

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *