November 26, 2022

Perbedaan Football vs Soccer

November 26, 2022

Perbedaan Football vs Soccer

Football vs Soccer trending di media sosial Twitter, menjelang dan sesudah pertandingan Inggris vs Amerika Serikat di Piala Dunia 2022 Qatar, Sabtu (26/11/2022). Apa perbedaan Football vs Soccer?

Pertandingan Inggris vs Amerika atau England versus United States of America (USA) dinamakan juga oleh warganet sebagai Football vs Soccer. Pasanya, sepakbola di Inggris dan dunia pada umumnya disebut Football (bola kaki). Sedangkan di Amerika disebut Soccer.

ESPN Sport bahkan mengatakan, jika Inggris menang, maka sepakbola harus disebut Football di Amerika. Jika USA yang menang, maka sepakbola harus disebut Soccer di Inggris. Namun, duel Inggris vs Amerika Serikat berakhir imbang 0-0.

Alhasil, masih terjadi duel seru antara istilah Football vs Soccer. Football juga sering disebut Footy.

Perbedaan Football vs Soccer

Disebutkan laman Byjus, salah satu perbedaan paling terkenal antara bahasa Inggris Britania dan Amerika adalah kenyataan bahwa olahraga yang dikenal sebagai sepak bola (Football) di Britania Raya biasanya disebut Soccer di Amerika Serikat. 

Karena olahraga bola sepak ini berasal dari Inggris, sering diasumsikan bahwa Soccer adalah Amerikanisme.

Di Indonesia, tidak ada perbedaan istilah. Semua sepakat itu sepakbola. Hanya penulisannya antara sepak bola (dipisah/baku) dan sepakbola (disatukan/tidak baku).

"Sepak bola dalah permainan beregu di lapangan, menggunakan bola sepak dari dua kelompok yang berlawanan yang masing-masing terdiri atas sebelas pemain, berlangsung selama 2 x 45 menit, kemenangan ditentukan oleh selisih gol yang masuk ke gawang lawan"

Kembali ke Football vs Soccer. Perbedaan antara Football dan Soccer antara lain sebagai berikut.

- Fooball adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada banyak olahraga yang menggunakan kaki dan tangan untuk mencetak gol. Di sebagian besar dunia, Football berarti sepak bola dan di Amerika, Football berarti "Sepak Bola Amerika" (American Football).

- Soccer adalah istilah yang digunakan di Amerika, Kanada, dan Australia untuk merujuk pada olahraga global paling populer yaitu Sepak Bola, yang juga dikenal sebagai Sepak Bola Asosiasi (Association Football).

Persamaan antara Sepak Bola (American Football) dan Soccer adalah:
  • Baik American Football dan Football memiliki 2 tim lawan dengan masing-masing 11 pemain
  • Keduanya adalah olahraga kontak
  • Kedua permainan memungkinkan pergantian pemain, meski jumlahnya berbeda.
  • Kedua olahraga tersebut memiliki tiang gawang, meski dimensinya berbeda.
  • Kedua cabang olahraga tersebut memiliki lapangan berbentuk persegi panjang, namun panjang dan lebarnya berbeda-beda.
Jadi, apa perbedaan mendasar antara Football dan Soccer?

Football adalah istilah umum yang digunakan untuk merujuk pada banyak olahraga yang menggunakan kaki dan tangan untuk mencetak gol. 

Sedangkan Soccer adalah istilah yang digunakan di Amerika, Kanada, Australia, untuk merujuk pada olahraga global paling populer yaitu sepak bola (football), yang juga dikenal sebagai Football Association.

Mengapa Football disebut Soccer?

Dua olahraga terpisah, Rugby Football atau rugger, dan Association Football atau assoccer digabungkan untuk menciptakan istilah baru "Sepak Bola". Inilah alasan mengapa sepak bola disebut Soccer.

Kesimpulan

Kata Soccer dan Football merujuk pada permainan yang sama, yakni sepak bola. Jadi, perbedaan Football vs Soccer hanya soal istilah atau pilihan kata.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

1 comment on Perbedaan Football vs Soccer

  1. Mana ajalah, kalau di Indonesia, ada bal-balan, balsepak, dll. Kira² apalagi tuh istilah buat menyebut permainan sepak bola di daerah masing²?

    ReplyDelete

Contact Form

Name

Email *

Message *