January 15, 2023

Pengertian Aplikasi (App) dan Jenis-Jenisnya

January 15, 2023

Pengertian Aplikasi (App) dan Jenis-Jenisnya

Aplikasi atau app bukan hal asing saat ini, khususnya bagi pengguna smartphone atau ponsel pintar. Apa sebenarnya pengertian aplikasi? Mari kita bahas sebagai bagian dari literasi digital.

Platorm blog Blogger juga ada versi aplikasinya. Kita bisa mengunduh dan memasangnya dengan mudah di ponsel pintar melalui Google Play. Hanya saja, aplikasi Blogger tentu terbatas fiturnya dibandingkan Blogger versi desktop atau komputer.

Aplikasi paling populer saat ini adalah aplikasi perpesanan Whatsapp (WA) dan media sosial. Setiap hari 'kan kita menggunakannya?

Pengertian Aplikasi

Secara bahasa, aplikasi (application) artinya "penerapan". Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI Daring) mengartikan aplikasi sebagai berikut:
  • karya hias dalam seni jahit-menjahit dengan menempelkan (menjahitkan) guntingan-guntingan kain yang dibentuk seperti bunga (buah, binatang, dan sebagainya) pada kain lain sebagai hiasan
  • tambahan: dalam beberapa fakultas diadakan kursus -- bahasa Inggris
  • penggunaan; penerapan
  • lamaran; permohonan; pendaftaran: ia mendapatkan formulir -- di cabang bank terdekat
  • program komputer atau perangkat lunak yang didesain untuk mengerjakan tugas tertentu.
Dalam bahasa Inggris, application artinya lamaran, permintaan, penggunaaan, penrapan, dan ketekunan.

Dalam konteks perangkatr digital atau media internet, aplikasi merupakan sebuah program perangkat lunak (software) untuk keperluan tertentu. 

Aplikasi tidak hanya program yang terdapat di ponsel. Program-program yang berada di dalam komputer pun dapat disebut aplikasi.

Per definisi, pengertian Aplikasi adalah sebuah perangkat lunak atau program yang diciptakan untuk melakukan tugas-tugas tertentu pada perangkat komputer, laptop, ataupun smartphone.

Secara teknis, aplikasi dibuat oleh para programmer atau app developer dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu.

Disebut juga pengembang aplikasi seluler (mobile app developer), pengembang aplikasi menggunakan bahasa pemrograman dan keterampilan pengembangan untuk membuat, menguji, dan mengembangkan aplikasi di perangkat seluler. 

Mereka bekerja di lingkungan sistem operasi populer, seperti iOS dan Android, dan sering mempertimbangkan prinsip UI (User Interface) dan UX (User Experience) saat membuat aplikasi.

Setelah selesai, aplikasi dapat digunakan oleh para pengguna dengan menginstalnya pada perangkat elektronik (kompute, tablet, ponsel) agar dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengolah dokumen, komunikasi, desain grafis, manajemen perangkat keras, bermain game, dan sebagainya.

Jenis-Jenis Aplikasi

Mengutip Merdeka, aplikasi terbagi menajdi tiga jenis, yaitu aplikasi dekstop atau kompuer, aplikasi web, dan plikasi mobile yang dapat dijalankan di perangkat mobile.

1. Aplikasi desktop

Aplikasi desktop yaitu aplikasi yang hanya dijalankan di perangkat PC komputer atau laptop. Terdapat banyak sekali jumlah aplikasi desktop, dan aplikasi jenis ini memiliki beberapa kategori. 

Beberapa fitur aplikasi seperti Microsoft Word lebih lengkap, sementara aplikasi seperti jam atau kalender hanya menjalankan satu fungsi saja.

2. Aplikasi web

Aplikasi web yaitu aplikasi yang dijalankan menggunakan komputer dan koneksi internet. Aplikasi web adalah sebuah program yang disimpan di server dan dikirim melalui internet dan diakses melalui antarmuka browser.

3. Aplikasi mobile

Aplikasi mobile yaitu aplikasi yang dijalankan di perangkat mobile seperti smartphone dan tablet. Kategori aplikasi mobile saat ini penggunaannya sudah sangat banyak, seiring dengan kepemilikan gadget di kalangan masyarakat.

Di komputer, aplikasi dibedakan menjadi beberapa jenis sebagai berikut:

1. Aplikasi Pengolah Kata

Awalnya, aplikasi pengolah kata identik dengan MS Word. Namun, seiring berkembangnya waktu, semakin banyak saja aplikasi yang dapat mengolah kata.

Aplikasi-aplikasi itu misalnya seperti Evernote,Notes, dan lain sebagainya. Aplikasi pengolah kata sangat membantu Anda dalam membuat beragam dokumen.

2. Aplikasi Pengolah Angka

Aplikasi juga dapat digunakan untuk mengolah angka. Contohnya seperti Ms. Excel, kalkulator, dan sebagainya.

Aplikasi pengolah angka sangat penting karena dengan aplikasi-aplikasi ini, Anda tidak perlu lagi pusing-pusing menghitung manual.

3. Aplikasi Pengolah Data

Aplikasi pengolah data merupakan jenis aplikasi seperti Ms. Access yang berguna untuk mengolah data menjadi sebuah kesimpulan atau analisis yang lengkap.

3. Aplikasi Pengolah Grafis

Ada pula aplikasi yang bertujuan untuk mengolah gambar atau grafis. Aplikasi-aplikasi itu antara lain Adobe Photoshop, Corel Draw, dan sebagainya.

Aplikasi-aplikasi pengolah grafis tersebut kiwari ini tidak hanya bisa digunakan di komputer, tetapi juga di ponsel.

Demikian Pengertian Aplikasi (App) dan Jenis-Jenisnya.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian Aplikasi (App) dan Jenis-Jenisnya

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *