February 3, 2023

Pengertian QRIS dan Cara Mengucapkannya yang Benar

February 3, 2023

Pengertian QRIS dan Cara Mengucapkannya yang Benar

QRIS treding topic di Twitter, Jumat (3/2/2023). Triggernya adalah cara mengucapkannya antara KYURIS (Inggris) dan KRIS (Indonesia). 

Berikut ini CB share tentang Pengertian QRIS dan Cara Mengucapkannya yang Benar. Hasil Googling lah!

Pengertian QRIS

QRIS adalah singkatan dari Quick Response Code Indonesia Standard atau Kode QR Standar Indonesia.

QRIS merupakan standarisasi pembayaran menggunakan metode QR Code dari Bank Indonesia agar proses transaksi dengan QR Code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya. (BI)

QRIS dirilis untuk memfasilitasi pembayaran kode QR di Indonesia dan diluncurkan oleh Bank Indonesia (BI) bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) pada 17 Agustus 2019.

Kita dapat menemukan kode QRIS di berbagai tempat pembayaran, bahkan di masjid juga banyak yang sudah menggunakan QRIS untuk memudahkan donasi. 

Agar bisa menggunakan QRIS, di HP kita harus terpasang aplikasi mobile banking atau dompet dgital yang sudah dilengkapi Scan QRIS. 

Aplikasi mobile banking seudah dilengkapi QRIS reader dan tinggal dibuka dan diarahkan ke QRIS yag dituju.

Jika berbelanja, cara transaksi menggunakan QRIS adalah pembeli belanja di Merchant Penjual. Merchant menginformasikan nominal pembayaran. Pembeli membuka aplikasi uang atau dompet elektronik, misalnya LinkAja, lalu pilih tombol Scan QR.

Cara Mengucapkan QRIS

Bagaimana cara mengucapkan QRIS? Karena bahasa Inggris, maka mestinya pengucapan QRIS adalah KYU-RIS, sebagaimana KEY-EF-SI untuk KFC atau MEK-DI untuk McD.

Namun, meski QRIS merupakan singkatan dalam bahasa Inggris, pengucapan resmi QRIS adalah KRIS.

Dari video yang dibagikan akun Twitter Bank Indonesia (BI), ternyata pengucapan yang benar untuk QRIS adalah Kris. Pelafalan itu bahkan dicontohkan langsung oleh Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo.

Bayar pakai QRIS kena biaya berapa?

Tak seperti transaksi pakai transfer bank atau sejenisnya, bayar pakai QRIS bebas biaya admin.

Saat ini, dengan QRIS, seluruh aplikasi pembayaran dari Penyelenggara manapun baik bank dan nonbank yang digunakan masyarakat, dapat digunakan di seluruh toko, pedagang, warung, parkir, tiket wisata, donasi (merchant) berlogo QRIS.

Demikian Pengertian QRIS dan Cara Mengucapkannya yang Benar. Bebas sih, mau KYU-RIS atau KRIS. Yang penting sama-sama paham lah. Amanya sih, bilang aja: "KRIS atau KYU-RIS". Dua-duanya disebutin.

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian QRIS dan Cara Mengucapkannya yang Benar

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *