February 21, 2023

Mudahkan Pekerjaan HR dengan 4 Aplikasi HRD Berikut Ini!

February 21, 2023

Mudahkan Pekerjaan HR dengan 4 Aplikasi HRD Berikut Ini!

Semenjak perkembangan yang terjadi dalam dunia teknologi, kini masyarakat bisa menyelesaikan persoalan sehari-hari mereka secara mudah hanya melalui aplikasi-aplikasi yang tersedia di smartphone.

Beberapa aplikasi yang tersedia tersebut bahkan bisa didapatkan secara gratis oleh para masyarakat. Contohnya adalah empat aplikasi HRD berikut ini yang dapat membantu Anda yang bekerja sebagai staf HRD perusahaan dalam mengelola pekerjaan sehari-hari yang Anda miliki.

1. Aplikasi Absensi Online

Salah satu produk perkembangan dalam dunia teknologi adalah dengan kehadiran Aplikasi Absensi Online yang dapat memudahkan perusahaan dan karyawan dalam melakukan kegiatan absensi melalui jarak jauh.

Melakukan kegiatan absensi secara manual atau melalui finger print untuk mendata kehadiran karyawan adalah hal yang sudah biasa. Maka dari itu, sudah banyak perusahaan di luar sana yang beralih menggunakan aplikasi absensi online karena banyaknya kemudahan yang ditawarkan.

Jika Anda adalah seorang HR dalam perusahaan tempat Anda bekerja, Aplikasi Absensi Online dapat memberikan banyak kemudahan kepada Anda dalam memonitoring karyawan khususnya dalam hal absensi karyawan.

2. Personal Administration

Seperti yang Anda ketahui, karyawan adalah aset yang paling penting bagi perusahaan. Dan sudah seharusnya bagi perusahaan, terutama seorang HR perusahaan untuk memiliki berbagai catatan informasi yang lengkap, akurat, dan rapi mengenai setiap karyawan yang ada di perusahaan Anda.

Jika Anda menggunakan aplikasi Personal Administration pada kegiatan pekerjaan Anda, maka Anda akan meminimalisir terjadinya masalah-masalah pada data karyawan yang berantakan, CV yang entah hilang kemana, hingga permasalahan lainnya dapat Anda atasi dengan mudah.

Melalui aplikasi ini, Anda juga bisa mengatur data kandidat karyawan perusahaan, mengelola data kinerja karyawan, baik itu berupa reward atau punishment dan berbagai kemudahan lainnya yang tidak dapat Anda temukan pada aplikasi manapun.

3. Learning Management System

Aplikasi Learning Management System atau LMS adalah aplikasi yang dapat digunakan dalam memberikan dan merencanakan pelatihan kepada karyawan perusahaan.

Sebagai seorang HR, salah satu tugas utama yang Anda miliki adalah dengan mengelola segala kegiatan yang berhubungan dengan sumber daya manusia perusahaan, salah satunya adalah dengan merencanakan pelatihan untuk karyawan perusahaan.

Hal ini dilakukan agar karyawan dapat meningkatkan kinerja, kapabilitas, hingga jiwa kepemimpinan masing-masing karyawan pada perusahaan tempatnya bekerja.

Untuk mencapai hal tersebut, tentu perusahaan akan membutuhkan perencanaan dan strategi yang matang untuk melakukan berbagai jenis pelatihan yang sesuai dengan kebutuhan, agar karyawan yang Anda miliki mampu membawa perusahaan Anda menuju persaingan global.

Dengan menggunakan Aplikasi Learning Management System sendiri, Anda akan mendapatkan banyak manfaat dalam mengelola seluruh kegiatan pelatihan karyawan, mulai dari awal hingga akhir.

4. Performance Management

Aplikasi terakhir yang dapat memberikan Anda kemudahan dalam melakukan pekerjaan HRD adalah Aplikasi Performance Management.

Dalam menjalani sebuah perusahaan, tentu perusahaan perlu melakukan penilaian terhadap kinerja yang dimiliki oleh karyawannya. Hal ini sendiri perlu dilakukan agar perusahaan mengetahui tingkat produktivitas yang dimiliki oleh perusahaan dalam menjalani pekerjaan yang dimilikinya dan dalam mencapai tujuan yang sudah ditetapkan oleh perusahaan.

Dengan menggunakan Aplikasi Performance Management, Anda akan sangat dimudahkan dalam melakukan penilaian karyawan yang terdiri dari berbagai instrumen penilaian, seperti KPI (Key Performance Indicator) maupun behavior competencies.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi satu ini, perusahaan juga akan dimudahkan dalam mengelola data kinerja karyawan secara lengkap dan jelas, sehingga dapat memudahkan manajemen untuk melakukan controlling dan mengambil berbagai keputusan bisnis yang tepat.

Itulah informasi mengenai aplikasi HRD yang perlu Anda ketahui. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang sedang mencari aplikasi yang dapat memudahkan pekerjaan Anda ya! (Source: LinovHR)

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Mudahkan Pekerjaan HR dengan 4 Aplikasi HRD Berikut Ini!

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *