March 8, 2023

Pengertian Bisnis Digital, Contoh, dan Peluangnya

March 8, 2023

Pengertian Bisnis Digital, Contoh, dan Peluangnya

ERA internet membawa kita ke era digital. Bisnis dan bidang lain pun saat ini serbadigital yang memerlukan skill digital. Ulasan berikut ini membahan pengertian bisnis digital, contoh, dan peluangnya. 

Blog atau blogging pun bisa menjadi lahan bisnis digital dengan menawarkan konten atau informasi bermanfaat. 

Pengertian Bisnis Digital

Apa itu bisnis digital atau digital business? Para ahli dan praktisi memiliki definisi yang berbeda tentang apa artinya menjadi digital. 

Bisnis digital adalah perusahaan atau jenis usaha yang menggunakan teknologi digital sebagai bagian integral dari model dan operasi bisnisnya. Ini bisa termasuk menggunakan media sosial untuk mengiklankan produk dan layanan mereka, menyelesaikan transaksi, dan mengelola keuangan mereka secara online. 

Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi pergeseran menuju bisnis digital, karena semakin banyak konsumen beralih ke Internet untuk membeli barang dan jasa. Tren ini hanya akan berlanjut ketika Internet menjadi lebih mudah diakses dan ramah pengguna.

Secara umum, bisnis digital mengandalkan teknologi untuk beroperasi dan tumbuh. Bergantung pada industri Anda, itu mungkin terlihat seperti:
  • Menggunakan aplikasi produktivitas dan sistem manajemen tugas untuk mengotomatiskan alur kerja
  • Memanfaatkan AI untuk meningkatkan pengalaman pelanggan
  • Menangkap data untuk meningkatkan kecerdasan bisnis
Atau, untuk perusahaan khusus online, lakukan 100 persen pekerjaan Anda melalui platform digital

Tetapi hanya mengunduh beberapa aplikasi tidak menjadikan Anda bisnis digital. Transformasi digital sejati adalah proses lambat untuk beralih dari proses manual ke model bisnis yang berfokus pada pelanggan dan teknologi.

Bisnis digital adalah proses penerapan teknologi digital untuk menemukan kembali model bisnis dan mengubah produk perusahaan dan pengalaman pelanggan—menginovasi produk yang menciptakan nilai baru dan menghubungkan orang dengan berbagai hal, wawasan, dan pengalaman.

Bisnis digital memungkinkan perusahaan untuk lebih melibatkan pelanggannya dengan:
  • Menemukan kembali cara mereka berinteraksi dengan pelanggan, karyawan, dan mitra mereka
  • Menciptakan model bisnis yang mengganggu
  • Membayangkan dan membangun produk, layanan, dan pengalaman inovatif
  • Mengembangkan pendekatan go-to-market
Semua itu, pada gilirannya, memungkinkan bisnis menghasilkan pertumbuhan baru, diferensiasi yang bermakna, dan nilai ekonomi riil.

Pendekatan terbaik untuk menciptakan bisnis digital?

Pendekatan yang terbukti berhasil adalah mengambil ilmu data, pemikiran desain, dan pengetahuan industri dan proses yang mendalam, dan menggabungkannya dengan kemampuan teknologi mendalam untuk menyatukan aspek fisik dan virtual perusahaan secara mulus, di setiap saluran. 

Dengan menerapkan big data dan kecerdasan buatan (AI), bisnis dapat:
  • Temukan wawasan yang dapat mereka tindaklanjuti
  • Kembangkan model bisnis baru dan strategi masuk ke pasar
  • Merancang, membuat prototipe, dan menskalakan pengalaman bermakna bagi pelanggan mereka

Komponen Bisnis Digital

1. Artificial Intelligent

Dengan AI atau kecerdasan buatan, bisnis dapat tetap berada di depan perubahan pasar, mengantisipasi keinginan pelanggan, dan memperkirakan lebih cepat dan lebih akurat daripada pesaing. 

Ia tahu apa yang terjadi dan mengapa, kemudian menentukan keputusan terbaik untuk diambil. Dan itu dapat memodelkan setiap aspek operasinya untuk memecahkan hasil multi-tujuan bahkan dalam kondisi yang paling kompleks sekalipun.

2. Rekayasa digital. 

Rekayasa digital mengubah perjalanan pelanggan, memungkinkan inovasi cepat yang meluncurkan merek baru dan teknologi pertama di industri yang mengatur ulang ekspektasi pelanggan.

3. Strategi digital. 

Seiring alat digital berkembang biak, begitu pula jumlah permintaan pelanggan dan tekanan internal untuk menghadirkan produk dan layanan siap digital. Menerapkan strategi digital yang efektif di seluruh lingkungan TI front-office, middle-office, dan back-office sangat penting untuk tetap relevan.

4. Interaktif. 

Pengalaman interaktif yang dirancang dengan baik dimulai dengan menyelaraskan sistem dan cerita perusahaan, menggunakan proses yang didasarkan pada filosofi bahwa setiap pengalaman manusia harus diinformasikan oleh apa yang orang rasakan, apa yang mereka butuhkan—melebihi apa yang mereka inginkan—dan apa yang diperlukan untuk membuatnya. terjadi.

5. IoT, Internet of Thing

Internet untuk segala. Produk dan solusi pintar yang didorong oleh Internet of Things (IoT) dan kedatangan 5G akan segera menyentuh setiap aspek kehidupan kita. Beberapa bahkan akan berpikir untuk kita. 

Di seluruh industri, perusahaan yang menghubungkan produk, operasi, dan perusahaan menciptakan kecerdasan yang dapat ditindaklanjuti—memberi mereka peningkatan efisiensi, peningkatan produktivitas, dan transformasi produk.

Manfaat Bisnis Digital

Apa itu bisnis digital dan apa manfaatnya? Untuk menjawab pertanyaan ini: ada banyak keuntungan mengubah bisnis menjadi bisnis digital. Ini meningkatkan efektivitas dan efisiensi organisasi. 

Selain itu juga meningkatkan produktivitas. Di bawah ini diberikan beberapa kelebihan bisnis digital:

1. Meningkatkan Produktivitas

Mengotomatiskan proses manual memiliki dampak yang sangat besar. Misalnya, bayangkan Anda mengotomatiskan sektor perakitan di dalam industri Anda. Sekarang, tidak ada lagi kebutuhan tenaga kerja manual untuk bekerja di sektor tersebut karena semuanya akan dilakukan dengan bantuan robot. Oleh karena itu, hanya akan ada sedikit kesalahan. Selain itu, prosesnya juga lebih cepat.

2. Biaya Operasional Lebih Rendah

Tujuan utama dari setiap bisnis adalah untuk menghemat waktu dan uang. Melakukan proses dan tugas manual sangat memakan waktu dan relatif lebih lambat daripada teknik otomatis. Selain itu, Anda juga perlu membayar pekerja secara bulanan atau per jam, yang akan membutuhkan banyak uang.

Telah terbukti bahwa proses yang tidak efisien dapat merugikan perusahaan hingga 25% dari pendapatan mereka. Ketika proses dilakukan secara manual, ada kemungkinan kesalahan yang lebih tinggi. Dalam kasus seperti itu, digitalisasi organisasi akan lebih efisien dan lebih murah.

Fakta menarik tentang digitalisasi adalah dapat menghemat hingga 90% biaya operasional perusahaan.

3. Kualitas dan Konsistensi Tinggi

Keuntungan utama memiliki bisnis digital adalah dapat menjamin bahwa semua operasi dilakukan secara konsisten. Ini memberikan output berkualitas tinggi.

Misalnya, mengotomatisasi sektor layanan pelanggan akan memberi konsumen sektor itu informasi dan dukungan berkualitas tinggi.

4. Tata Kelola dan Keandalan

Layanan otomatis sangat konsisten, memungkinkan pengguna untuk mengandalkannya. Ini akan membantu dengan cara berikut:
  • Jalankan bisnis Anda.
  • Ini membantu dalam memberikan prosedur dan metode yang andal kepada klien.

5. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Manajemen informasi dan digitalisasi bekerja sangat erat. Ketika informasi dianalisis, itu akan membantu mengubahnya menjadi pengetahuan. Pengetahuan membantu dalam membuat keputusan yang lebih baik.

Konsep Bisnis Digital

Menjadi bisnis digital adalah perubahan mendasar, jadi penting untuk mempertimbangkan konsep utama yang memandu transformasi Anda.

Apa yang ingin dicapai bisnis dengan menjadi digital? Sebagian besar organisasi mengutip empat konsep berikut:

1. Fleksibilitas

Dunia kita terus berubah, dan perusahaan mencari model bisnis yang memungkinkan mereka menjadi lebih fleksibel. Selama pandemi COVID-19, misalnya, bisnis menyadari bahwa teknologi dapat membantu mereka beralih dari tempat kerja ke kerja-dari-rumah dan kembali lagi tanpa menciptakan mimpi buruk logistik. Menjadi digital memungkinkan Anda untuk beradaptasi dengan perubahan dengan cepat tanpa beban proses manual yang memakan waktu.

2. Skalabilitas

Dengan skalabilitas, proses menyesuaikan fluktuasi beban kerja Anda. Bisnis digital dapat dengan cepat ditingkatkan atau diturunkan untuk memenuhi kebutuhan organisasi. Sebagai contoh, bisnis yang dapat diskalakan dapat secara efisien merekrut karyawan baru selama periode pertumbuhan atau memperluas penyimpanan data mereka saat menangani klien besar.

3. Budaya

Bisnis digital memerlukan perubahan cara Anda beroperasi, dan ini dimulai dengan mengubah cara berpikir Anda. Untuk benar-benar menjadi bisnis digital, Anda membutuhkan staf Anda untuk bergabung. 

Meskipun pemimpin teknologi di organisasi Anda mungkin berada di garis depan pekerjaan ini, membangun filosofi produktivitas, efisiensi, dan otomatisasi ke dalam misi setiap departemen sangat penting untuk kesuksesan.

4. Kualitas

Konsep bisnis digital terakhir kami tampaknya mudah, tetapi penting untuk diingat bahwa kualitas adalah kunci saat Anda membuat perubahan besar. Seringkali, kita terhanyut dalam inovasi demi inovasi. Tetapi ini tidak akan menambah nilai bagi bisnis Anda. Jika proses baru Anda tidak meningkatkan kualitas, Anda perlu memikirkan kembali strategi Anda.

Contoh Bisnis Digital Populer

Bisnis digital bukan hanya tren transformatif bagi perusahaan besar seperti Home Depot dan GE. 

Banyak bisnis digital mulai daring (dan tetap daring) dengan 100 persen operasi mereka ada di ruang digital. Bisnis digital khusus online sering kali memiliki biaya awal yang rendah dan dapat berkembang dengan cepat untuk memenuhi permintaan pasar, menjadikannya pilihan populer bagi pengusaha berpengalaman dan pemula.

Penjual di Etsy, platform ecommerce populer yang menawarkan barang buatan tangan, adalah contoh umum dari tren bisnis digital. 

Etsy melaporkan pada tahun 2017 bahwa 97 persen pemilik bisnis yang menjual di platform mereka menjalankan bisnis mereka dari rumah, dan lebih dari 75 persen adalah operasi satu orang. Meskipun dianggap sebagai "bisnis mikro", banyak pemilik bisnis digital yang sukses di Etsy mengatakan bahwa itu adalah satu-satunya pekerjaan mereka – sekitar 32 persen penjual.

Bisnis digital populer lainnya termasuk:
  • Media sosial dan pemasaran konten
  • Desain web
  • Ritel online (perusahaan pakaian, toko roti online, toko buku, dll.)
  • Pengiriman drop
  • Konsultasi industri
  • Rencana pernikahan
  • Asisten virtual
Seperti yang telah kita bahas segala sesuatu yang berhubungan dengan digitalisasi dan bisnis digital, mari kita lihat beberapa contoh untuk memahami konsep ini dengan jelas:

1. Netflix

Ini adalah contoh bisnis digital yang luar biasa, yang telah beralih dari bisnis elektronik ke bisnis digital. Dulu, Netflix biasa memasok DVD ke toko ritel, dan orang biasa membelinya. Namun, dengan dimulainya teknologi baru, Netflix dapat mengubah dirinya menjadi bisnis digital. 

Orang merasa lebih nyaman karena mereka diizinkan untuk melakukan streaming video secara online tanpa harus membeli CD atau DVD. Sekarang, mereka dapat menonton film atau acara TV apa saja dengan sangat nyaman.

2. Uber

Uber adalah teknologi transportasi yang memungkinkan penggunanya untuk berkendara dari satu tempat ke tempat lain. Uber menggunakan teknologi GPS untuk menemukan pengguna dan memberi mereka tumpangan ke tempat mana pun yang mereka butuhkan, hingga jarak tertentu. 

Taksi, mobil, dll., dioperasikan di bawah uber. Sebagian besar, pemilik kendaraan dapat mengikat diri untuk memberikan layanan uber kepada penumpangnya. Bahkan pengiriman makanan dimungkinkan melalui uber. Uber memiliki basis pelanggan yang sangat besar dan sangat sukses di banyak negara.

3. Disney

Disney dulunya adalah bisnis tradisional yang baru-baru ini beralih ke bisnis digital. Ini meningkatkan pengalaman pengguna. Disney menyediakan banyak layanan. Ini adalah situs streaming, taman hiburan, perusahaan produksi film, dll. Anak-anak telah menikmati Disney sejak dulu dan masih akan meningkat karena digitalisasi.

Cara Membangun Bisnis Digital yang Sukses

Dengan banyaknya manfaat memulai bisnis digital, Anda mungkin bertanya-tanya: bagaimana cara memulainya?

Apakah Anda membawa bisnis tradisional Anda ke dunia digital atau memulai perusahaan dari nol, berikut adalah lima tip untuk membantu Anda membangun bisnis digital yang sukses.

1. Otomatisasi

Bisnis digital memiliki satu kesamaan: mereka mengotomatiskan semuanya. Mengapa membuang-buang waktu melakukan tugas-tugas biasa yang dapat dilakukan AI untuk Anda ketika Anda dapat menghabiskan waktu itu untuk mengembangkan bisnis Anda? Periksa proses Anda dan mulailah mengotomatiskan jika memungkinkan.

2. Latih Tim Anda

Orang adalah dasar dari semua yang Anda lakukan. Investasikan dalam meningkatkan tim Anda sehingga mereka merasa percaya diri menggunakan teknologi baru. Mereka akan membantu Anda menemukan cara baru untuk memanfaatkan teknologi seiring pertumbuhan bisnis Anda.

3. Tetap Gesit

Transformasi digital membutuhkan waktu, dan tetap gesit adalah salah satu konsep dasar bisnis digital. Dengan melakukan penyesuaian mikro pada strategi bisnis digital Anda seiring berjalannya waktu, Anda akan memiliki produk akhir yang lebih memuaskan. Evaluasi transformasi Anda sesering mungkin dan kumpulkan data sebanyak mungkin untuk membantu Anda membuat keputusan jangka panjang yang tepat.

4. Berinvestasi dalam Pemasaran Digital

Anda dapat memiliki organisasi yang paling efisien di dunia, tetapi tidak ada gunanya bagi Anda jika Anda tidak memiliki pelanggan. Investasikan dalam strategi pemasaran digital cerdas untuk organisasi Anda. 

Latih tim pemasaran Anda tentang strategi pemasaran digital terbaik untuk pasar saat ini, mulai dari pengoptimalan SEO hingga manajemen media sosial dan seterusnya.

Demikian pengertian bisnis digital, contoh, dan peluangnya berkat teknologi internet dan perangkat elektronik komputer dan smartphone. (Cognizant, Simplelearn).

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian Bisnis Digital, Contoh, dan Peluangnya

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *