December 14, 2022

Pengertian Digital

December 14, 2022

Pengertian Digital

Istilah digital saat ini sangat populer dan familiar. Apa sebenarnya pengertian digital? Apa bahasa Indonesianya digital? Kali ini CB akan berbagi catatan tentang arti digital ini.

Digital adalah bahasa Inggris. Bahasa Indonesianya juga digital. Karenanya, kita sering mendengar istilah agensi digital, digital creator, dan tentu saja TV digital.

Juga sering disampaikan banyak pihak pentingnya skill digital di era serbaonline saat ini. Masyarakat perlu literasi digital karena zaman kini serbadigital atau semua sektor mengalami digitalisasi.

Banyak deh pokoknya istilah yang menggunakan kata digital. Lalu, apa sebenarnya digital itu? Berikut ini pengertian digital.

Pengertian Digital

Kita buka kamus bahasa Indonesia. Di KBBI Daring disebutkan, arti digital adalah "berhubungan dengan angka-angka untuk menunjukkan informasi atau sistem perhitungan tertentu; berkaitan dengan atau menggunakan komputer atau internet".

Jadi secara bahasa, pengertian digital adalah hal-hal yang berkaitan dengan angka, komputer, dan internet.

Digital berasal dari kata digitus dalam bahasa Yunani berarti "jari-jemari". Apabila kita hitung jari jemari kita, maka berjumlah sepuluh (10). Nilai sepuluh tersebut terdiri dari 2 radix, yaitu 1 dan 0, oleh karena itu digital merupakan penggambaran dari suatu keadaan bilangan yang terdiri dari angka 0 dan 1 atau off dan on (bilangan biner). 

Semua sistem komputer menggunakan sistem digital sebagai basis datanya. Disebut juga dengan istilah Bit (Binary Digit).

Dari indeks Google:

Apa yang kita maksud dengan digital?

Digital menggambarkan teknologi elektronik yang menghasilkan, menyimpan, dan memproses data dalam dua keadaan: positif dan non-positif. Positif dinyatakan atau diwakili dengan angka 1 dan non-positif dengan angka 0. Dengan demikian, data yang dikirimkan atau disimpan dengan teknologi digital dinyatakan sebagai rangkaian 0 dan 1.

Apa saja contoh digital?

Teknologi digital adalah alat, sistem, perangkat, dan sumber daya elektronik yang menghasilkan, menyimpan, atau memproses data. Contoh terkenal termasuk media sosial, game online, multimedia dan ponsel.

Mengapa digital disebut digital?

Kata digital berasal dari sumber yang sama dengan kata digit dan digitus (bahasa Latin untuk jari), karena jari sering digunakan untuk menghitung.

Apakah digital berarti Internet?

Digital, sementara itu, adalah format atau proses. Ini menggambarkan teknologi elektronik yang menghasilkan, menyimpan, dan memproses data. Digital dengan demikian bisa online dan offline—misalnya; file audio digital dapat dialirkan secara online dan disimpan di disk atau hard drive.

Jadi, digital tidak sama dengan internet atau online. Digital itu lebih ke perangkat elektronik dan saat ini perangkat elektronik seperti komputer dan HP bisa dikoneksikan dengan internet.

Maka, pengertian digital adalah perpaduan perangkat elektronik dan internet, termasuk website dan aplikasi yang disebut platform digital.

Itu dia pengertian digital yang dirangkum dari berbagai sumber.

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian Digital

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *