December 15, 2022

Algoritma Google Terbaru Penentu Ranking Website Blog

December 15, 2022

Algoritma Google terus diperbarui. Berikut ini algoritma Google terbaru penentu ranking atau peringkat website dan blog di halaman hasil pencarian. Faktanya sih, peringkat atas selalu situs berita, situs lembaga resmi pemerintah, dan situs web kampus! 

Algoritma Google Terbaru Penentu Ranking Website Blog

Algoritma Google Terbaru Penentu Ranking Website Blog ini merupakan hasil studi First Page Sage yang melakukan studi berkelanjutan terhadap algoritme Google sejak 14 tahun lalu.

Selama beberapa tahun terakhir mereka mempublikasikan hasilnya secara publik. Sebagai perusahaan SEO terbesar di Amerika Serikat, mereka memiliki kumpulan data yang cukup besar untuk mendasarkan pemahamannya tentang faktor-faktor peringkat web di algoritme pencarian Google

Di bawah ini adalah pembaruan tahun 2023, beserta deskripsi setiap faktor dan ringkasan perubahan dari tahun lalu.

Faktor Peringkat Algoritma Google

  1. Publikasi Konten Menarik yang Konsisten 24% ▼
  2. Kata kunci dalam Tag Judul Meta 15% ▼
  3. Backlink. Tautan balik 15%
  4. Keahlian Ceruk (niche) 14% ▲
  5. Keterlibatan Pengguna seperti like, komen, dan share 12% ▲
  6. Trustworthiness. Dapat dipercaya (kredibilitas) 5% 
  7. Situs Web Ramah Seluler (mobile-freiendly) 4%
  8. Internal links. Tautan Internal 3%  ▼
  9. Page Speed. Kecepatan Halaman (fast loading) 3%
  10. Keamanan Situs/Sertifikat SSL 2%
  11. Markup Skema/Data Terstruktur 1%
  12. Kata kunci di URL 1%
  13. Kata kunci dalam Tag Deskripsi Meta + 19 Faktor Lainnya 1%

Pembaruan dalam Algoritma Google 

Pembaruan dan perubahan yang dilakukan Google pada algoritmenya pada tahun 2023 yang berbeda dari tahun 2022 adalah sebagai berikut: 

1. Kepercayaan (Trustworthiness) 

Kepercayaan muncul sebagai faktor terbaru dalam algoritme Google, menghasilkan 5% dalam penentu ranking web. 

Perubahan tersebut terjadi setelah Google mengajukan paten untuk teknologi AI yang menentukan sifat faktual konten dan meluncurkan pembaruan algoritme "Uang Anda, Hidup Anda", yang meneliti halaman yang menawarkan saran tentang topik keuangan dan kesehatan. 

Google menyarankan untuk mengutip sumber akademis --jika memungkinkan-- dan menghindari klaim yang tidak terbukti untuk mengoptimalkan faktor ini.

2. Keterlibatan Pengguna 

User Engagement sedikit meningkat (11% → 12%), menempati urutan kelima faktor terpenting dalam algoritme Google pada tahun 2023, di eselon faktor inti seperti Tautan Balik (backlinks) dan Kata Kunci (keywords) dalam Tag Judul. 

Ini adalah faktor yang meningkat setiap 3 tahun terakhir, jadi wajar untuk mengatakan bahwa menciptakan respons yang paling memuaskan terhadap maksud pencari – baik tersurat maupun tersirat – harus menjadi fokus utama pembuat konten.

3. Niche Expertise

Keahlian Niche naik nilainya dalam jumlah kecil (13% → 14%), lebih lanjut menggarisbawahi pentingnya Hub and Spoke SEO , salah satu strategi SEO terpenting yang muncul selama dekade terakhir. 

Hub and Spoke SEO adalah praktik membuat halaman tingkat tinggi yang menargetkan kata kunci utama yang tertaut ke sekelompok halaman sekunder yang menargetkan kata kunci yang terkait erat.

4. Faktor #1

Publikasi Konten Menarik yang Konsisten, sedikit menurun dari 26% menjadi 24% pada tahun 2023, yang tidak menunjukkan banyak hal kecuali bahwa faktor terbaru, keandalan, mengambil bagian dari faktor lainnya. 

Google terus memberi penghargaan kepada penghasil informasi berkualitas tinggi yang konsisten, memberikan situs web ini pengindeksan yang lebih cepat dan peringkat yang lebih tinggi. 

Lebih banyak konten bagus juga berarti peluang lebih besar untuk menarik backlink, faktor utama lainnya dalam akrual Google Trust. 

5. Keywords in Meta Titles 

Kata kunci dalam Judul Meta sedikit menurun (17% → 15%) karena Google sedikit melonggarkan definisinya tentang apa yang membuat kata-kata berbeda. 

6. Internal Links

Tautan internal turun secara substansial (5% → 3%), memberikan sebagian sahamnya kepada Kepercayaan. Sementara Google Trust terus diteruskan di antara halaman-halaman situs web Anda, itu adalah sinyal yang kurang ke Google daripada di tahun-tahun sebelumnya. 

7. Backlink

Tautan balik tetap stabil di 15%, menyoroti bahwa faktor yang, pada satu titik, membentuk lebih dari 50% algoritme, masih penting, meskipun jauh lebih sedikit daripada sebelumnya. 

Sebagai faktor algoritme terberat keempat, backlink adalah peninggalan era ketika AI Google tidak cukup canggih untuk mengevaluasi kualitas dan kepercayaan konten web sendiri dan membutuhkan situs web lain untuk melakukan pekerjaan itu. 

Meskipun konsep menilai keterpercayaan suatu halaman berdasarkan tautan dari situs web lain – relatif dari sistem kutipan akademik – akan selalu relevan, namun mungkin tidak akan pernah menjadi semakin penting dalam algoritme.

Salah satu strategi backlinking terampuh adalah Content Placement.

8. Keywords in Header Tags

Kata kunci dalam Tag Header telah dihilangkan sebagai faktor, diturunkan ke kelompok 21 faktor yang hanya membentuk 1% dari algoritme secara keseluruhan. 

Saat membaca laporan ini, perhatikan bahwa faktor-faktor tertentu seperti Kata Kunci dalam Judul Meta tetap menjadi prasyarat untuk peringkat. 

Mengoptimalkan situs Anda untuk faktor-faktor ini hanya akan meningkatkan peringkat Anda sepadan dengan bobot algoritme faktor tersebut; namun, Google akan menghukum situs Anda secara tidak proporsional karena jatuh di bawah ambang batas minimum. 

Faktor-faktor tersebut adalah: Kata kunci dalam Judul Meta, Keterlibatan Pengguna, Kepercayaan, Ramah Seluler, dan Kecepatan Laman.

Penjelasan Faktor Pemeringkatan Algoritma Google 

Publikasi Konten Menarik yang Konsisten

Sudah lima tahun sejak konten menarik melampaui backlink sebagai faktor teratas dalam algoritme pencarian Google. Tahun lalu menegaskan tanpa keraguan bahwa Google menguji konten yang baru diterbitkan untuk melihat apakah itu merespons dengan baik maksud pencarian kata kunci. 

Jika perilaku pencari menunjukkan bahwa niat mereka terpuaskan melalui konten halaman, itu dipromosikan. Sebagai aturan umum, AI Google menghargai konten berkualitas tinggi yang diproduksi setidaknya dua kali seminggu .

Kata kunci dalam Tag Judul Meta

Memasukkan kata kunci yang ditargetkan halaman Anda ke tag judul meta sangat penting untuk menentukan peringkat sejak akhir 1990-an. Meskipun fakta ini jelas bagi pemasar SEO berpengalaman mana pun, strategi kata kunci adalah tugas intelektual yang ketat yang dapat dengan mudah memakan waktu 20-30 menit per halaman. 

Perlu dicatat juga bahwa penempatan dan konsentrasi kata kunci dalam tag judul itu penting. Idealnya, tag judul Anda hanya berisi kata kunci yang Anda targetkan; tetapi pada kenyataannya, menambahkan artikel dan kata sifat di sekitarnya penting untuk keterbacaan. 

Backlink

Tautan balik adalah fondasi asli algoritme Google, seperti yang tercantum dalam makalah penelitian yang mendirikan Google . Namun, pada tahun 2018, mereka mulai kehilangan landasan karena dua faktor di atas: Publikasi Konsisten dari Konten Menarik dan Kata Kunci dalam Tag Judul Meta. 

Sementara backlink masih menjadi faktor utama dalam keputusan Google untuk menentukan peringkat situs web dalam hasil pencariannya, kualitas konten harus menjadi fokus utama Anda karena menarik tautan secara organik sekaligus menjadi faktor peringkat terpenting dalam dirinya sendiri.

Keahlian 

Pada pertengahan 2017, Google mulai menyukai situs web yang dianggapnya sebagai pakar khusus. Dalam konteks ini, menjadi ahli ceruk berarti memiliki sekelompok 10+ halaman otoritatif yang berputar di sekitar kata kunci "hub" yang sama. 

Konsistensi kata kunci hub di seluruh halaman situs web menciptakan semacam daya tarik: situs tersebut menarik lalu lintas dari pencarian Google apa pun yang berisi kata kunci hub.

Keterlibatan Pengguna

Perubahan terbesar pada algoritme Google dalam lima tahun terakhir adalah semakin pentingnya Keterlibatan Pengguna , yang diintegrasikan ke dalam algoritme peringkat pada tahun 2016. 

Google biasanya berhati-hati dalam memberikan bobot pada faktor di tempat yang dapat dengan mudah dimanipulasi oleh situs pemilik. Namun teknologi Google yang semakin canggih—dipinjam dari sisi deteksi penipuan klik dari bisnis periklanannya—telah menjadikan keterlibatan pengguna sebagai bagian yang cukup besar dari algoritmenya. 

Keterlibatan pengguna terkait dengan faktor keseluruhan #1, Publikasi Konten yang Konsisten. Keterlibatan, yang menggabungkan rasio pentalan, waktu di halaman, dan halaman per sesi, merupakan indikator kualitas konten yang baik. 

Perlu diingat, bagaimanapun, bahwa pencarian memiliki maksud yang berbeda di belakangnya, beberapa di antaranya menunjukkan bahwa pencari ingin mencari informasi dengan cepat; Lebih tidak selalu lebih baik. 

Pada tahun 2022, Google menegaskan kembali komitmennya terhadap Keterlibatan Pengguna dengan pembaruan algoritme Bermanfaat .

Dapat dipercaya

Dalam 2 tahun terakhir, Google meningkatkan pengawasannya terhadap konten untuk memastikan pengguna tidak menemukan misinformasi atau disinformasi. 

Contoh upayanya termasuk pembaruan algoritme Your Money, Your Life dan paten bersama dengan IBM untuk mendeteksi informasi faktual dalam sebuah dokumen. 

Untuk mengoptimalkan faktor baru ini, pastikan konten Anda bebas dari klaim palsu yang terbukti dan berisi kutipan dari akademisi, pemerintah, atau sumber tepercaya lainnya.   

Situs Web Ramah Seluler - Mobile-First

Jika Anda ingin menjangkau pengunjung pada tahun 2023, situs Anda harus mudah dinavigasi di ponsel dan tablet. Standarnya dulu adalah "keramahan seluler" (mobile-friendliness), tetapi Google telah beralih ke dunia yang mengutamakan seluler, yang berarti mengharapkan pengunjung seluler menjadi target utama desain web Anda. 

Idealnya, versi desktop situs web Anda seharusnya tidak ada. Situs harus terlihat persis sama di seluler dan desktop: tata letaknya harus cukup sederhana dan navigasi situs dioptimalkan untuk pengalaman pengguna seluler.

Tautan Internal

Google lebih menekankan faktor ini, yang sering dibahas bersama hub , pada tahun 2017. Semakin besar konsentrasi halaman dengan kata kunci yang sama di tag judulnya, semakin tinggi peringkat situs untuk kata kunci tersebut, selama ada internal link yang menghubungkan mereka. 

Menerbitkan 25 artikel tentang berbagai aspek subjek dan menautkan semuanya kembali ke satu halaman otoritatif akan menjadi ekspresi yang kuat dari nilai halaman itu, dan akan memberikan kemampuan peringkat yang lebih tinggi ke halaman itu.

Catatan: Strategi SEO paling komprehensif dan efektif di tahun 2023 tetap dengan pendekatan hub and spoke , yang menggabungkan Kata Kunci dalam Tag Meta Title, Keahlian Niche, dan Tautan Internal.

Kecepatan Halaman

Google selalu berusaha memprioritaskan pengalaman pengguna di atas segalanya, oleh karena itu berinvestasi di ribuan pusat data di seluruh dunia sehingga dapat menyajikan hasil pencarian dalam milidetik. Situs Anda harus mengambil satu halaman dari buku Google dan fokus pada kecepatan situs. Anda ingin halaman dimuat secepat mungkin. 

Dengan setiap detik tambahan yang diperlukan untuk memuat situs Anda, kemampuan peringkat hilang. Anda dapat menguji kecepatan halaman Anda di alat PageSpeed ​​Insights gratis dari Google .

Keamanan Situs / Sertifikat SSL

Karena web menjadi lebih sentral dalam hidup kita, peretas menjadi lebih canggih. Mimpi buruk Google adalah menyajikan situs yang berbahaya bagi pencarinya. 

Pada akhir tahun 2017, Google mulai menandai situs sebagai tidak aman ketika mereka tidak memiliki atau tidak mengonfigurasi sertifikat SSL dengan benar (ditunjukkan dengan "s" di akhir "https")—dan mengurangi kemampuan peringkatnya. Sertifikat SSL biasanya gratis dan dapat diperoleh dari registrar Anda dengan cukup mudah.

Markup Skema / Data Terstruktur

Versi modern tag meta, markup skema adalah kode yang dapat Anda tambahkan ke laman situs web untuk membantu Google menampilkan lebih banyak hasil penelusuran visual seperti cuplikan. 

Jika Anda pernah melihat hasil pencarian yang lebih panjang dan mencantumkan halaman utama situs; atau sorot bagian penting dari data; atau berisi sistem peringkat bintang 5 atau daftar acara, maka Anda sudah familiar dengan markup skema. 

Google menyukai halaman yang menggunakan markup skema karena membuat hasil pencarian halaman tersebut lebih bermanfaat bagi pencari. Sebagai bonus, mereka juga menyebabkan hasil pencarian menonjol dari yang lain di halaman.

Kata kunci di URL

Sisa dari SEO jadul dari tahun 2000-an, menempatkan kata kunci yang Anda targetkan di URL halaman masih merupakan praktik terbaik, meskipun bobotnya dalam algoritme minimal.

Kata kunci dalam Tag Deskripsi Meta + 21 Faktor Lainnya

Ada 22 faktor lain yang ditemukan tim kami untuk membuat beberapa perbedaan dalam kemampuan peringkat situs web dan/atau halaman – misalnya, menempatkan kata kunci di tag judul meta dan tag tajuk, penyebutan merek Anda di luar situs, dan kepadatan kata kunci teks jangkar. 

Meskipun situs web yang berjuang melawan pesaing untuk berpindah dari posisi #2 ke #1 harus melihat setiap peluang untuk berkembang, mayoritas pemasar tidak perlu berpikir terlalu keras tentang mereka.

Kesimpulan

Pada tahun 2023, algoritme kompleks yang pernah dipertahankan Google Penelusuran telah masuk ke dalam daftar faktor yang lebih pendek yang memerlukan perhatian tetapi bukan obsesi. 

Karena pemberantasan berkelanjutan dari SEO berkualitas rendah — upaya yang pertama kali dilakukan pada tahun 2009 dan sekarang hampir selesai — Google jauh lebih mampu memenuhi misinya untuk menciptakan pengalaman penelusuran terbaik bagi penggunanya dengan melayani pengguna tersebut dengan cepat. , relevan, dan hasil penelusuran berkualitas tinggi. 

Artinya bagi pemasar adalah Anda harus memiliki strategi yang tepatmemandu upaya SEO Anda, dengan setiap halaman menargetkan kata kunci yang berbeda yang akan dicari oleh prospek bisnis Anda. 

Setiap halaman harus menjadi perlakuan terbaik dari subjek yang mungkin dapat Anda sampaikan. Dari sana, tautan, keterlibatan, kepercayaan, dan faktor algoritme penting lainnya akan bertambah secara organik sesuai keinginan Anda.

Demikian Algoritma Google Terbaru Penentu Ranking Website Blog. Anda juga mungkin sudah tahu ada 200 faktor peringkat Google yang populer itu.

Blogging dan/atau mengelola website/blog memang bukan sekadar bikin posting, tapi ngurusin SEO juga bisa banyak pengunjung.

Good Luck and Happy Blogging!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Algoritma Google Terbaru Penentu Ranking Website Blog

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *