December 20, 2022

3 Pilar SEO Website/Blog Terbaru

December 20, 2022

Kita mengenal 200 faktor ranking Google. Semuanya soal SEO. Jika diringkas, ada 3 Pilar SEO. Apa saja? Berikut ulasannya.

Jika menurut Anda SEO tidak mungkin, itu bisa dimengerti: Ada begitu banyak informasi yang kontroversial atau saling bertentangan yang beredar tentang SEO website atau blog. Mari kita uraikan menjadi hal-hal yang benar-benar dapat Anda tangani dan tingkatkan sendiri!

SEO tidak mudah, tidak ada perbaikan cepat, dan selalu ada yang dapat Anda lakukan. Algoritma Google terus berubah.

Tetapi ada banyak tugas SEO yang dapat Anda atasi sendiri untuk mulai meningkatkan sinyal yang digunakan mesin telusur -untuk menentukan peringkat situs web Anda. 

SEO untuk Peringkat Situs Web

SEO umumnya digambarkan sebagai semua peningkatan di situs web Anda (on-page) dan pada sinyal di luar situs Anda (off-page). Optimalisasi ini akan membantu peringkat situs web Anda lebih baik dalam hasil pencarian (SERP).

Bagaimana cara kerja optimisasi mesin pencari (SEO)?

Mesin telusur mengambil sinyal di situs web Anda, di luar situs web Anda, dan dari perilaku pengguna pengunjung Anda. 

Di antara ratusan sinyal yang mereka gunakan, Anda dapat memengaruhi beberapa secara langsung dan lainnya secara tidak langsung. 

SEO untuk Peringkat Situs Web

Anda menghadapi dua tantangan SEO:
  1. SEO adalah permainan di mana aturannya tidak didefinisikan dengan jelas.
  2. SEO berubah dari waktu ke waktu ketika mesin pencari berkembang.
Ulasan berikut ini memisahkan SEO menjadi tiga pilar. Masing-masing pilar SEO memiliki pengaruh pada hasil akhir di mesin telusur. 

Tiga Pilar SEO

Ada tiga pilar SEO: Arsitektur, Konten, dan Otoritas. Masing-masing membutuhkan pendekatan dan keahlian yang berbeda. 

Mengerjakan masing-masing dari ketiga pilar tersebut akan meningkatkan sinyal yang diperhitungkan oleh mesin telusur untuk menentukan peringkat situs.

Ada berbagai macam alat SEO yang tersedia. Beberapa di antaranya hanya mencakup satu pilar, sedangkan suite tertentu mencakup seluruh spektrum alat, termasuk pemantauan peringkat, perayapan situs, penelitian kata kunci SEO, analisis backlink, dan analisis pesaing.

1. Arsitektur: SEO Teknis

Masuk akal untuk memulai proyek SEO Anda di pilar arsitektur web karena di sinilah fondasi teknis situs web Anda berada. 

Ini tentang mengonfigurasi hosting Anda dengan benar, mengoptimalkan kecepatan halaman, menghilangkan hambatan perayapan, dan memastikan halaman Anda membawa elemen struktural yang tepat. 

Namun, itu adalah pendekatan paling teknis yang dapat Anda ambil, dan area di mana Anda mungkin memerlukan bantuan eksternal.

2. Konten: Kata kunci dan halaman

Anda dapat meningkatkan SEO Anda tanpa menyentuh pilar arsitektur. Titik awal yang lebih mudah adalah pilar konten. 

Di sini, Anda mengidentifikasi kata kunci yang harus diperingkat oleh situs Anda, dan mengoptimalkan atau membuat konten yang dapat diberi peringkat untuk kata kunci tersebut.

Langkah pertama adalah meneliti kata kunci untuk situs Anda. Anda dapat melakukan brainstorming, bertanya kepada pelanggan Anda, melihat pesaing Anda, dan melihat kata kunci apa yang sudah bekerja untuk Anda.

Tempat yang baik untuk memulai adalah mengaktifkan Google Search Console untuk situs Anda. Ini terintegrasi dengan Google Analytics dan merupakan tambang emas informasi untuk SEO Anda. Ini akan menunjukkan kata kunci apa yang sudah Anda peringkatkan.

Saat Anda mengaktifkan Google Search Console dan mengintegrasikannya dengan Google Analytics, Anda dapat melihat semua kata kunci yang muncul di situs Anda.
 
Judul dan deskripsi

Setelah Anda memiliki daftar kata kunci yang diprioritaskan, Anda memiliki tugas besar yang disiapkan untuk Anda: 

Pasangkan setiap kata kunci dengan halaman di situs Anda, dan tulis judul dan deskripsi kaya kata kunci untuk masing-masing kata kunci tersebut. Ini adalah langkah pertama dalam mengoptimalkan konten di situs Anda, sering disebut SEO on-page.

Pengoptimalan konten

Langkah kedua dalam optimasi on-page adalah memperkaya konten yang sudah Anda miliki. Ini tentang menggunakan kata kunci lebih menonjol dan lebih sering. Ini juga tentang penggunaan sinonim dan variasi serta topik terkait.

Pembuatan konten

Tidak mungkin halaman diberi peringkat untuk kata kunci yang tidak ada kontennya. Pasti ada kata kunci dalam daftar prioritas Anda yang tidak memiliki konten apa pun. 

Di sinilah Anda mulai menulis artikel dan membuat ilustrasi untuk menanggapi pengguna yang mencari jawaban tentang kunci tersebutkata-kata.

3. Otoritas: Informasi pakar, merek, dan backlink

Pilar SEO terakhir adalah otoritas. Efek yang terkait dengan kekuatan merek Anda tidak dapat diakses secara langsung, tetapi konten otoritatif di tempat, seperti yang dibuat oleh pakar yang teridentifikasi, dapat diakses.

Misalnya, meminta Tiger Woods menandatangani artikel di situs terkait golf mencentang kotak otoritas. Pengungkit yang paling dapat ditindaklanjuti untuk SEO Anda adalah membangun backlink yang mengarah ke situs Anda. 

Mesin pencari menganggapnya sebagai sinyal yang menunjukkan bahwa situs Anda adalah referensi yang layak untuk ditunjuk.

Pengenalan merek

Mesin pencari bertujuan untuk memberikan tanggapan terbaik untuk permintaan pencarian. Mereka membaca sinyal untuk mengidentifikasi popularitas sebuah situs, sangat mirip dengan apa yang kita sebut pengenalan merek. 

Anda dapat membandingkan merek Anda dengan merek lain dengan menelusurinya di Google Trends. Alat pemasaran pencarian seperti Moz Pro dan SEMrush juga memberikan evaluasi kekuatan merek yang didasarkan pada kekuatan SEO nama domain Anda.

Meningkatkan pengenalan merek Anda adalah tujuan bisnis yang jauh lebih luas daripada tujuan SEO, jadi ini bukan sesuatu yang akan Anda kerjakan dalam batas-batas proyek SEO.

Konten otoritatif

Dalam industri tertentu, mesin pencari sangat berhati-hati tentang peringkat situs mereka. Ini adalah kasus, misalnya, untuk informasi terkait kesehatan dan nasihat keuangan. Dalam industri ini, sinyal otoritas tambahan diyakini sangat penting.

Sinyal-sinyal ini disebut sebagai faktor E-A-T (Experience, Authority, dan Trustworthiness), tetapi sulit untuk diukur. Mereka tentang menyediakan konten yang sangat berwibawa, ditulis oleh para ahli dan diakui oleh orang lain.

Tautan balik (backlink)

Dimensi otoritas yang lebih nyata adalah backlink. Kekuatan domain dan faktor E-A-T juga menggunakan ini, jadi ini mungkin tempat untuk memusatkan upaya Anda. 

Tautan balik adalah tautan dari situs lain yang mengarah ke situs Anda. Tautan balik yang ideal berasal dari situs yang kuat dan bereputasi, menunjuk ke halaman yang Anda targetkan, dan menggunakan kata kunci yang ingin Anda peringkatkan di jangkar.

Tautan terbaik, tentu saja, adalah tautan yang dibuat secara organik ketika orang hanya menautkan ke situs Anda karena kontennya yang bagus dan nilai tambah. Namun seringkali, backlink tidak datang secara alami. 

Jadi, Anda harus mengirimkan situs Anda ke direktori bisnis, meminta mitra untuk menyebutkannya, dan menjangkau orang-orang yang mungkin tertarik dengan konten Anda dan meminta tautan ke sana.

Demikian 3 pilar SEO website atau blog, versi Fool. Good Luck and Happy Blogging!

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on 3 Pilar SEO Website/Blog Terbaru

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *