October 28, 2022

Pengertian Digital Creator dan Tips Menjadi Pencipta Digital

October 28, 2022

Digital creator atau kreator digital merupakan salah satu propfesi baru di era internet. Apa itu digital creator?

Pengertian Digital Creator dan Tips Menjadi Pencipta Digital

Pengertian digital creator sebenarnya sama dengan pengertian content creator, yaitu pembuat konten berupa tulisan, gambar, audio, maupun video berisi informais yang dipublikasikan di platform digital, terutama website dan aplikasi.

Vlogger atau Youtuber dan blogger termasuk digital creator/content creator. Untuk menjadi digital creator dibutuhkan skill digital mumpuni.

    Pengertian Digital Creator

    Berikut ini CB sadurkan ulasan tentang pengertian digital creator dari laman HubSpot. .Agar kita kian paham apa sih sebenarnya digital creator dan bagaimana caranya jika ingin menjadi "pencipta digital".

    Digital creator atau pencipta digital adalah seseorang yang membuat konten di seluruh platform digital. Konten dapat berupa video, foto, grafik, posting blog, atau bentuk media lainnya — dan platformnya dapat berupa YouTube, TikTok, Instagram, Twitter, situs web, atau media digital apa pun.

    Sering disebut content creator (pembuat konten), digital creator menghasilkan konten yang dimaksudkan untuk melibatkan audiens. 

    Konten yang menarik dapat mencakup format seperti ulasan acara TV, tutorial, atau vlog sehari-hari. 

    Namun, tidak peduli seperti apa konten mereka, pembuat konten digital harus menghasilkan materi berkualitas tinggi dan menarik —pada akhirnya, itulah tugas mereka.

    Digital creator berbeda dengan influencer. Influencer adalah kepribadian media sosial yang isinya dimaksudkan untuk mempengaruhi pengikut mereka untuk melakukan atau membeli sesuatu.

    Biasanya, influencer mendapatkan persentase dari penjualan atau menerima beberapa insentif lainnya. Pembuat konten digital dapat memengaruhi audiens mereka, tetapi bukan itu maksud konten mereka. Tujuannya adalah untuk mendidik, menghibur, dan melibatkan orang.

    Cara Menjadi Digital Creator

    Menjadi blogger --membuat dan mengelola website pribadi-- termasuk menjadi digital creator. Di blog itu, Anda membuat konten yang disebut postingan atau blog post. Postingan blog Anda bisa berupa tulisan, gambar/foto, video, atau gabungan semua jenis konten (multimedia).

    Tidak ada satu cara untuk memulai sebagai digital creator, tetapi jika Anda mengikuti tips di bawah ini, Anda dapat mempersiapkan diri untuk sukses.

    1. Temukan niche Anda.

    Niche atau "ceruk" secara praktis artinya bidang khusus yang Anda bidik dan kuasai. Anda harus fokus ke satu bidang, misalnya kuliner, desain, atau apa pun.
     
    Anda harus memiliki niche atau ceruk yang jelas karena beberapa alasan. 

    Pertama, akan sulit untuk menarik audiens yang setia jika konten Anda terlalu luas, karena audiens Anda tidak akan tahu konten seperti apa yang diharapkan dari Anda. 

    Kedua, niche tertentu akan membantu Anda tetap fokus dan konsisten. Jika Anda mengalami hambatan mental dan Anda tidak yakin bagaimana untuk bergerak maju, Anda dapat memutar kembali ke niche Anda untuk mengingat mengapa Anda membuat konten di tempat pertama.

    Misalnya Therapy for Black Girls adalah podcast dengan niche yang berfokus pada kesehatan mental yang berlaku untuk wanita kulit hitam dan masalah spesifik yang mereka hadapi. 

    Ceruk ini menarik audiens setia yang menginginkan konten semacam itu. Itu juga membuat podcast tetap fokus pada tujuannya — memberi wanita kulit hitam nasihat dan sumber daya kesehatan mental.

    2. Kumpulkan bahan-bahan yang Anda butuhkan.

    Setelah Anda mengetahui jenis konten yang ingin Anda buat, saatnya untuk mengumpulkan peralatan yang Anda perlukan, seperti mikrofon, kamera, dan pencahayaan. Ingat saja — Anda tidak perlu berbelanja secara royal pada bahan yang paling mahal untuk memulai, terutama jika Anda baru dalam membuat konten.

    Misalnya, jika Anda ingin memulai saluran YouTube, Anda mungkin dapat menggunakan kamera ponsel sambil menabung untuk membeli yang berkualitas lebih tinggi. 

    Untuk penerangan, sinar matahari alami dari jendela terdekat dapat bekerja dengan baik. 

    Tidak hanya itu baik-baik saja untuk menggunakan peralatan yang lebih terjangkau di awal perjalanan pencipta Anda — itu juga lebih bijaksana. Anda tidak ingin menghabiskan ribuan dolar untuk peralatan hanya untuk menyadari bahwa Anda tidak menikmati pembuatan konten yang cukup untuk tetap menggunakannya.

    3. Buat.

    Sekarang Anda mengetahui niche Anda, memahami jenis konten yang ingin Anda buat, dan memiliki peralatan yang tepat — saatnya untuk mulai membuat! Jangan berkecil hati jika konten Anda tidak sempurna di awal. Cara terbaik untuk menjadi lebih baik adalah terus melakukannya.

    Pantau proses kreatif Anda, dan catat apa yang berhasil dan yang tidak. Misalnya, Anda mungkin menemukan bahwa syuting di pagi hari lebih baik daripada syuting di malam hari karena Anda mendapatkan lebih banyak pencahayaan alami lebih lama. 

    Baik Anda membuat podcast, memposting ke YouTube, atau blogging, pastikan untuk kembali dan mengevaluasi pekerjaan Anda sehingga Anda bisa menjadi lebih baik dengan setiap postingan.

    4. Tetapkan tujuan.

    Salah satu cara terbaik untuk berkembang sebagai pencipta digital adalah dengan menetapkan tujuan. Misalnya, tujuan Anda sebagai podcaster adalah meningkatkan pendengar Anda sebesar 30% di tahun depan. 

    Untuk membantu Anda menetapkan sasaran yang tepat dan menjaga diri Anda tetap fokus selama perjalanan pembuat konten, Anda harus menetapkan sasaran:
    • Spesifik, jelas dan terdefinisi dengan baik.
    • Terukur dan dapat dilacak dengan angka — seperti contoh podcaster.
    • Achievable, yang membutuhkan kejujuran tentang apa yang bisa Anda selesaikan.
    • Realistis dan relevan dengan tujuan Anda secara keseluruhan.
    • Tepat waktu dan termasuk tanggal target untuk tujuan yang akan diselesaikan.
    Sasaran tersebut lebih mungkin untuk dicapai karena mereka berfungsi sebagai peta jalan untuk mencapai tujuan akhir Anda sebagai pembuat konten — apa pun tujuan itu bagi Anda.

    5. Terorganisir dan pada jadwal yang konsisten.

    Untuk membuat audiens Anda tetap terlibat, mereka perlu tahu bahwa mereka dapat mengharapkan konten berkualitas dari Anda secara teratur — jadi penting untuk membuat jadwal yang konsisten. 

    Pertimbangkan strategi seperti merekam konten dalam kelompok dan menjadwalkannya selama periode waktu tertentu. 

    Misalnya, selama akhir pekan Anda dapat merekam lima video TikTok dalam satu hari dan menjadwalkannya untuk diposkan satu per satu selama minggu depan.

    Dalam hal organisasi, beberapa pembuat konten digital baik-baik saja dengan perencana fisik dan kalender, tetapi ada juga aplikasi dan alat digital yang dapat membuat Anda tetap pada jalurnya. 

    6. Aktif di media sosial.

    Tidak peduli apa pun jenis digital creator Anda, Anda harus aktif di media sosial untuk menampilkan karya Anda di depan sebanyak mungkin orang. Menjadi aktif bisa sesederhana menanggapi komentar di bawah posting sosial Anda.

    Anda juga harus membuat grafik, video, jajak pendapat, dan pos media sosial unik lainnya untuk membangun keterlibatan dan berkomunikasi dengan pengikut Anda. 

    Contohnya, Anda dapat memposting klip pendek dari video YouTube Anda ke TikTok atau Instagram Reels. Anda juga dapat membuat konten video untuk podcast Anda untuk mempromosikan tamu istimewa.

    7. Manfaatkan peluang monetisasi.

    Platform seperti YouTube, TikTok, dan Instagram memiliki peluang berbayar bagi pembuat konten yang memiliki jumlah pengikut dan keterlibatan tertentu. 

    Pantau kemajuan Anda di aplikasi ini untuk melihat apakah Anda memenuhi syarat atau hampir memenuhi syarat. Cara lain untuk menghasilkan uang sebagai kreator adalah melalui kemitraan merek, sponsor, dan kolaborasi.

    Jika merek tidak menjangkau Anda secara organik, buat kit pers yang berisi informasi tentang konten, jumlah pengikut, media sosial, dan keterlibatan Anda —dan mulailah menjangkau merek sendiri.

    Jalan menuju pembuatan konten digital terlihat berbeda untuk semua orang, tetapi jika Anda menggunakan tips di atas untuk memulai menjadi digital creator, Anda akan lebih mudah menavigasi perjalanan Anda. 

    Dengan perencanaan dan penetapan tujuan yang tepat, Anda akan mengetahui jenis pencipta digital yang Anda inginkan dan bagaimana Anda dapat berkembang seiring waktu.

    Demikian pengertian digital creator yang sama dengan pengertian content creator plus tips cara menjadi digital creator.*

    Previous
    « Prev Post
    Author Image

    CB Blogger

    Recommended Posts

    Related Posts

    Show comments
    Hide comments

    No comments on Pengertian Digital Creator dan Tips Menjadi Pencipta Digital

    Post a Comment

    Contact Form

    Name

    Email *

    Message *