February 16, 2022

Pengertian Skill Digital dan Contohnya

February 16, 2022

Pengertian Skill Digital dan Contohnya

SAAT ini kita berasa di era digital. Hampir semua lini kehidupan mengalami digitalisasi sehingga kita dituntut memiliki skill digital. Apalagi kalau mau jadi content creator.

Apa itu skill digital? Apa contohnya? Apa saja yang termasuk keterampilan digital yang sangat dibutuhkan saat ini? Berikut ini pengertian skill digital dan contohnya.

Blogging merupakan salah satu pintu masuk ke dunia digital dan penguasaan skillnya. Setidaknya, blogging membuka jalan bagi pemahaman dan penguasaan dasar-dasar coding, desain web, dan SEO yang merupakan bagian dari skill digital.

Pengertian Skill Digital

Skill adalah keterampilan atau keahlian. Secara bahasa, digital adalah "berhubungan dengan angka-angka untuk sistem perhitungan tertentu; berhubungan dengan penomoran" (KBBI).

Digital dalam konteks ini adalah digital dalam pengertian "menggunakan atau berhubungan dengan komputer dan internet" sebagaimana salah satu arti digital dari Cambridge Dictionary.

Lalu, apa itu skill digital?

Per definisi, skill digital, digital skill, atau keterampilan digital adalah kemampuan memahami dan menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak untuk kehidupan sehari-hari secara efektif.

Keahlian ini termasuk --tetapi tidak terbatas-- pada bagaimana orang menggunakan gawai dan aplikasi untuk pertemuan daring atau kelas daring, juga bagaimana orang menggunakan gawai dan aplikasi untuk mempermudah banyak aspek dalam kehidupan.

Skill digital juga dipahami sebagai kemampuan dalam memahami, mengoperasikan, menggunakan dan memanfaatkan teknologi untuk mengakses dan mengelola informasi.

Contoh Skill Digital

Berikut ini contoh skill digital sekaligus keterampilan digital yang sangat dibutuhkan dunia industri saat ini. Termasuk skill digital adalah sebagai berikut:

1. Coding/Programming

Programming atau coding adalah keterampilan memasukkan, mengoperasikan, menyusun kode atau bahasa komputer, termasuk membangun dan mengembangkan website dan aplikasi (apps).

2. Design UI dan UX

Keterampilan UI (User Interface) dan User Experience (UE) yaitu skill untuk merancang website dan aplikasi yang mudah digunakan dan memberi pengalaman yang baik bagi pengguna.

3. Analis Data

Internet menghadirkan data besar (big data) yang bisa dimanfaatkan untuk beragam kepentingan, termasuk ekonomi, bisnis, dan bahkan politik. Analis data mengolah data yang tersedia untuk keperluan strategi pemasaran dan sebagainya.

4. SEO

SEO adalah singkatan dari Search Engine Optimization atau pengoptimalan mesin pencari. Skill digital SEO memainkan peran oenting dalam meningkatkan ranking website pada mesin pencarian sehingga mendatangkan pengunjung dan menaikkan trafik.

5. Strategi Media Sosial

Strategi media social adalah keterampilan mengatur mengatur konten-konten menarik agar menghadirkan brand awareness. Social media strategist bukan hanya sebagai admin melainkan juga konseptor dan analis performa media sosial.

6 . Digital Marketing

Untuk mempromosikan produk dan layanan mereka, perusahaan teknologi akan menggunakan pemasaran digital. Pemahaman tentang cara mendapatkan nilai terbaik untuk uang dari jangkauan jaringan terluas akan menjadi kunci di sini. 

Keterampilan yang dibutuhkan untuk Pemasar Digital meliputi alat pemasaran digital, alat analisis, pemasaran media sosial, pemasaran konten, SEO, dan UX (Desain Pengalaman Pengguna).

Demikian pengertian skill digital dan contohnya.  Digitalisasi yang terjadi di semua sektor kehidupan membuat keterampilan ini dibutuhkan, baik untuk kepentingan sendiri maupun bisnis dan organisasi. (Sumber)

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian Skill Digital dan Contohnya

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *