October 31, 2022

Pengertian Halloween yang Identik dengan Kostum Seram dan Horor

October 31, 2022

Pengertian Halloween yang Identik dengan Kostum Seram dan Horor

Halloween tengah jadi sorotan terkait Tragedi Itaewon yaitu perayaan Halloween di kawasan Itaewon, Korea Selatan, Sabtu (29/10/2022) malam yang berubah menjadi horor. Ratusan ratusan orang tewas dan terluka. Apa itu Halloween? Berikut ini pengertian Halloween yang identik dengan "horor".


Dalam kamus bahasa Inggris, halloween artinya "malam 31 Oktober". Menurut Britannica, Halloween berasal dari kata All Hallows' Eve, yaitu hari libur yang diperingati pada tanggal 31 Oktober, malam sebelum Hari All Saints (atau All Hallows'). 

Perayaan ini menandai hari sebelum hari raya Semua Orang Kudus di Kristen Barat dan memulai musim Allhallowtide, yang berlangsung selama tiga hari dan diakhiri dengan Hari Semua Jiwa.

Mengutip Wikipedia, penggunaan kata Halloween atau Hallowe'en berawal pada sekitar tahun 1785. Kata ini dan berasal dari Kekristenan.

Kata "Hallowe'en" berarti "malam yang dikuduskan" atau "malam suci", dan berasal dari suatu istilah Skotlandia untuk All Hallows' Eve (Malam Para Kudus, yaitu malam sebelum Hari Raya Semua Orang Kudus). 

Dalam bahasa Skot, kata "eve" adalah even, dan dipendekkan menjadi e'en atau een. Seiring berjalannya waktu, (All) Hallow(s) E(v)en berevolusi menjadi Hallowe'en

Frasa "All Hallows" ditemukan dalam bahasa Inggris Kuno, namun frasa "All Hallows' Eve" tidak terlihat hingga tahun 1556.

Halloween adalah perayaan yang dapat dijumpai di sejumlah negara pada tanggal 31 Oktober, yaitu malam Hari Raya Semua Orang Kudus (All Hallows' Day) di Kekristenan Barat. 

Perayaan tersebut mengawali peringatan trihari Masa Para Kudus (Allhallowtide), suatu periode dalam tahun liturgi yang didedikasikan untuk mengenang orang yang telah meninggal dunia, termasuk para kudus atau santo/santa (saints, hallows), martir, dan semua arwah umat beriman.

Kegiatan saat Halloween meliputi Trick or treat (atau hal terkait penyamaran dengan kostum seram), menghadiri pesta kostum Halloween, mendekorasi, mengukir waluh menjadi Jack-o'-lantern, menyalakan api unggun besar, permainan ramalan atau penenungan, apple bobbing, bermain lelucon praktis, mengunjungi atraksi berhantu, menceritakan dongeng menakutkan, dan menonton film horor. 

Di banyak belahan dunia, perayaan keagamaan Kristen saat Malam Para Kudus, misalnya menghadiri ibadah gereja dan menyalakan lilin pada makam, masih tetap populer, meskipun di tempat lain berlangsung perayaan yang lebih sekuler dan komersial. 

Beberapa umat Kristen secara historis berpantang daging pada Malam Para Kudus, suatu tradisi yang tercermin dengan makan makanan tertentu pada hari vigili ini, misalnya apel, panekuk kentang, dan kue jiwa.

Demikian pengertian Halloween. Pada perayaan Halloween, orang-orang biasanya akan menggunakan kostum atau aksesoris yang bernuansa menyeramkan, seperti kostum hantu.*

Previous
« Prev Post
Author Image

CB Blogger

Recommended Posts

Related Posts

Show comments
Hide comments

No comments on Pengertian Halloween yang Identik dengan Kostum Seram dan Horor

Post a Comment

Contact Form

Name

Email *

Message *